Beberapa Penyebab Dan Cara Mengatasi Gambar Hilang Pada Website

Apa kabar Klik Mania? Saya harap Anda baik-baik saja. Dan senang bisa bertemu dengan Anda, kali ini saya akan share penyebab dan cara mengatasi gambar hilang pada website.

Gambar pada sebuah artikel menurut saya merupakan suatu hal yang harus ada untuk artikel. Apalagi jika gambar itu merupakan petunjuk dalam menggunakan sesuatu. Jika gambar itu tiba-tiba hilang atau tidak muncul pada saat visitor membuka artikel Anda, itu sangat tidak menyenangkan.

Gambar hilang sewaktu berganti domain dan migrasi dari blogspot

Apakah Anda pernah seperti itu? Saya sendiri pernah mengalami sewaktu berganti domain beberapa kali. Dari proses migrasi blogger ke wordpress self hosting terkadang membuahkan masalah, yaitu gambar hilang dan tidak bisa diakses , apalagi jika Anda berganti domain pada wordpress.

Contohnya:

  • Anda migrasi ke wordpress pertama kali menggunakan domain .cf lalu domain itu akan habis masanya, setelah itu Anda pindah ke domain .com.
  • Selama domain .cf itu aktif tidak akan terjadi gangguan, namun jika sudah tidak aktif itu yang akan menyebabkan sedikit masalah. Gambar pun akan menghilang atau tidak bisa diakses.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi Penyebab gambar hilang dan cara mengatasinya. Ini khusus untuk pengguna wordpress jika Anda pengguna blogspot sangat jarang terjadi hilang gambar kecuali Anda menghapusnya.

Ok Ini dia penyebab dan cara mengatasi masalahnya.

Pada kode html pengambilan gambar dari domain lama

Perhatikan gambar dibawah ini

gambar hilang

Di gambar tertera img src dari badubarco.cf (domain ini sudah tidak aktif) otomatis gambar akan hilang karena data disana sudah tidak ada.

Jadi saya ibaratkan seperti ini Anda mau beli ayam untuk teman, nah sampai di pasar ayam itu sudah tiada. Lalu apa yang akan Anda beli untuk teman Anda? Padahal Anda sudah berjanji akan membawakan ayam itu.

Itu juga yang terjadi pada gambar di artikel Anda.

Cara mengatasi gambar hilang sewaktu pindah domain

Ganti domain lama yang tertulis di artikel itu dengan domain Anda yang baru. Jika masih tidak berhasil silakan Anda upload ulang gambar yang hilang tadi.

Jika terjadi pada banyak artikel, silakan Anda ubah pada database dari website Anda.

  • Silakan Anda masuk ke PHP my admin lalu Anda pilih yang berisi database dari artikel yang memiliki gambar blank.
  • Biasanya database yang berisi artikel Anda itu bernama namauserphpmyadmin_post.
  • Jika sudah terbuka silakan Anda cari post yang gambarnya hilang lalu centang dan pilih edit.
  • Setelah pilih Edit silakan ubah semua seperti cara diatas.
  • Jika sudah selesai silakan klik GO.

Cara mengatasi gambar hilang karena kesalahan upload

Mungkin Anda mengupload gambar tersebut sampai 2 kali. Pada saat Anda melihat daftar media Anda pun melihat ada yang double. Anda shapus gambar salah satunya. Saat Anda cek artikel yang berkaitan dengan gambar tersebut, gambar tidak bisa diakses.

Cara mengatasinya

Silakan Anda hapus gambar yang blank tersebut dan ganti dengan yang baru. Ini sering terjadi pada saat koneksi suka lambat. Dan Anda tidak sabar menunggu dan mengupload ulang.

Cara mengatasi gambar hilang pada saat migrasi dari blogspot

Yang satu ini jarang terjadi saat proses migrasi dari blogspot ke wordpress self hosting, apalagi jika Anda menggunakan plugin Blogger Importer Extended yang mengangkut serta semua data blog Anda.

Namun pada kasus tertentu bisa saja terjadi gambar hilang, saat Anda bermigrasi Ada gambar yang nyangkut di pohon. Sehingga tidak ikut berpindah. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Yuk cek dibawah

Cara mengatasi 

Salah satu cara adalah upload ulang kembali gambar yang hilang itu. Jika file itu sudah tidak Ada dikomputer Anda. Silakan Anda remigrasi. Mungkin gambar akan kembali. Jika tidak, Anda harus download dari blog Anda yang lama.

Ikuti tutorial lengkapnya disini : Panduan Migrasi Custom Domain Blogger Ke WordPress Self Hosting

Bagaimana mudah bukan?

Maaf jika kata-katanya berantakan atau membingungkan. Jika Anda punya pertanyaan silakan Anda comment. Terima kasih dan sampai jumpa.

Bagikan

Related Posts

About The Author

Add Comment

shares