Panduan Migrasi Custom Domain Blogger Ke WordPress Self Hosting

Akhirnya kesampaian juga menulis artikel ini, setelah saya sendiri mencoba memindahkan semua postingan dari blogspot yang sebelumnya di custom domain ke wordpress self hosting. Sebenarnya hal ini cukup mudah, sebab sudah banyak yang menulis tentang hal ini juga.

Tetapi memang harus dilakukan secara cermat agar tidak terjadi hal yang di inginkan, seperti yang saya alami kemarin banyak terjadi ” page not found atau eror 404″ alias halaman tidak ditemukan. Tetapi alhamdulilah hal tersebut bisa di atasi, sehingga tidak kehilangan trafik (pengunjung) yang menemukan artikel blog ini dari search engine google.

Yang di maksud dengan migrasi custom domain blogger ke wordpress self hosting adalah blog kita yang dari blogspot sudah dalam keadaan di custom domain, yang awalnya blogspot sudah berganti nama menjadi domain sendiri, setelah itu baru di pindahkan ke wordpress yang di hosting sendiri, gambarannya seperti di bawah ini.

http://budigaul.blogspot.com >> http://www.budigaul.com >> wordpress self hosting

Jadi tutorial ini hanya berlaku untuk blogger yang sudah di custom domain, tujuannya agar tidak kehilangan aset yang sangat penting, yaitu trafik pengunjung. Dan yang pasti posting atau artikel anda tetap bisa di baca di wordpress yang baru tanpa ada kesalahan eror atau halaman tidak di temukan.

Perlu di perhatikan bahwa sebelum melakukan hal ini, kita harus mempersiapkannya dengan baik, sebab dengan custom domain berarti sebelumnya artikel sudah mendapat tempat di halaman google, sudah mendapatkan backlink dan sudah mendapatkan trafik pengunjung.

Selama menggunakan blogspot custom domain berarti juga sudah ada diskripsi blog, kode verifikasi google, bing alexa dan sebagainya. kita harus simpan baik baik itu sebelumnya. Nantinya akan kita pasang jika sudah berubah menjadi wordpress.

Baca juga :Persiapan Sebelum Migrasi Custom Domain Blogger Ke WordPress Self Hosting

Loading...

Tujuan utama artikel ini di buat adalah memindahkan postingan dari blogger custom domain ke wordpress self hosting tanpa kehilangan trafik sedikitpun, baik dari pencarian halaman dekstop maupun pencarian halaman seluler di google.

Sebab saya sendiri sudah mencoba sampai 3 cara, dari plugin blogger importer sampai plugin redirect 301 serta pengeditan file di htaccess. Jadi harap di perhatikan secara cermat dan teliti, terutama untuk seting permalink nya.

Tahap demi tahap migrasi custom domain blogger ke wordpress self hosting

  • Backup postingan di blogger
  • Menyewa jasa hosting (Bisa di hosting mana saja)
  • Add Domain
  • Seting Nameserver domain
  • Instal wordpress di cPanel
  • Seting permalink
  • Impor posting (category, artikel, gambar, komentar, draft)
  • Selesai

Backup posting/artikel di blogger.

1. Buka menu setelan
2. Geser ke bawah, buka sub menu “Lainnya”
3. Pilih ekspor blog, dan silahkan klik pada “unduh blog”
Simpan file XML dokumen tersebut di tempat penyimpanan komputer.

Menyewa jasa hosting

Kita hanya perlu menyewa jasa hosting saja, karena kita sudah memiliki domain. Hosting bisa kita sewa di mana saja, (terserah anda ) bisa dari dalam negri atau dari luar negri, bisa menggunakan shared hosting ataupun cloud hosting.

Saya sendiri menggunakan fasilitas cloud hosting yang banyak di percaya mampu meningkatkan performa dan kecepatan website. Pastikan anda memilih jasa hosting yang bagus dan berkualitas.

Baca :Tips memilih hosting yang bagus dan berkualitas

Add Domain

Dengan menggunakan jasa hosting otomatis kita akan mendaftarkan domain yang kita pakai sekarang ini ke hosting tersebut. Tenang saja, hal ini langsung di lakukan saat kita pertama kali mendaftar ke jasa penyedia hosting tersebut.

Jadi sewaktu memesan order domain, pilih “Saya sudah punya domain dan akan mengupdate nameservernya”

daftar hosting
Gambar pemesanan hosting di rumahweb

Setelah itu anda akan di minta mengisi form seperti nama, email, alamat dan sebagainya. Selama proses ini, blog anda di blogspot masih tetap bisa di akses seperti biasa walupun hosting sudah aktif.

Seting nameserver domain

Setelah hosting aktif kita akan ada pemberitahuan melalui email, di dalam email tersebut terdapat informasi tentang nameserver dari hosting anda. seperti contoh di bawah ini.

informasi namesever
informasi nameserver dari indowebsite.net

Dalam proses ini kita tidak perlu melakukan perubahan apapun yang sebelumnya sudah kita seting dalam proses custom domain di blogspot, seperti seting DNS dan lain sebagainya. yang kita perlu hanya merubah name sever di tab pengelola domain.

Biasanya jika kita menyewa hosting dalam satu domain yang kita beli, tidak perlu melakukan hal ini. Dalam kolom nameserver biasanya sudah terseting secara default. Tapi alangkah baiknya memastikan bahwa dalam kolom namesever sudah sama persis dengan nameserver yang diberikan melalui email, jika belum silahkan ganti dan simpan.

mengarahkan domain ke hosting

  1. Unlock domain, pastikan dalam kondisi disable.
  2. Arahkan ke menu name server.
  3. Ganti name server yang di dapatkan melalui email, setelah itu change nameserver
  4. Tunggu hingga proses selesai.

Bagaimana jika domain dan hosting berlainan provider? Misalnya kita beli nama domain di tempat A dan kita sewa hosting di tempat B ? yang kita lakukan adalah mengarahkan nama domain tersebut ke hosting yang baru, istilahnya di sebut pointing domain.

Untuk masalah tersebut, sudah saya persiapkan artikel yang membahas tentang itu, silahkan baca di bawah ini.

Baca :seting nameserver jika domain dibeli di tempat lain

Untuk melakukan seting nameserver ini pastikan domain sudah dalam kondisi unlock. Sesudah itu kita hanya bisa menunggu proses propagasi atau proses mengarahkan nama domain ke hosting ini paling lama 24 jam.

Tetapi dalam pengalaman saya kemarin, proses ini hanya berlangsung kurang dari 1 jam saja.

Jika sudah berhasil, blog anda akan berganti penampilan, biasanya ada ucapan dalam browser tersebut . “Selamat, hosting anda sudah aktif dan siap untuk di gunakan”.

Instal wordpress di cPanel

  • Masuk dan login ke dalam cPanel hosting anda
  • Pilih software / perangkat lunak
  • Pilih Softaculous Apps Instaler
instal wordpress di cPanel
Instal wordpress di cPanel

Setelah memilih gambar wordpress, anda akan di bawa masuk kedalam aplikasi Softaculous, proses instal wordpress ini langsung di tangani oleh aplikasi tersebut, jadi kita tidak perlu lagi mendownload CMS wordpress dari wordpress.org.

instal wordpress dengan Softaculous

Pada bagian Software Setup

  • Chose protocol : Isikan dengan awalan www atau tanpa www. Pilih yang www saja.
  • Choose domain : Isikan dengan nama domain anda.
  • In directory : Kosongkan.
  • Databbase name : Biarkan, jangan di rubah
  • Site Name : Isikan dengan nama situs blog wordpress anda.
  • Site Description : Isikan deskripsi situs blog wordpress anda.
  • Centang Import sample data, untuk menambahkan contoh data artikel saat pertama instalasi.
  • Isikan Admin Username : User administrator situs blog anda
  • Password : Isi password administrator situs blog anda
  • Isikan Admin Email Isi dengan email anda.
  • Setelah itu klik Install, tunggu proses hingga proses selesai.

Setelah proses instalasi selesai, anda dapat mengakses dashboard wordpress  dengan menuliskan di browser dengan menuliskan : Http://www.namabloganda.com/wp-admin

Seting URL permalink

Sebelum mengimpor semua postingan blog, kita harus melakukan seting permalink dari awal, tujuannya adalah mencegah halaman eror dari permalink asli blogspot ke permalink wordpress yang baru.

Ini hal yang paling penting di lakukan, agar semua link posting di alihkan secara otomatis.

seting url permalink

Dalam dashboard wordpress pilih setting > permalink. Arahkan ke post name kemudian save.

Impor posting

Sekarang tiba waktunya untuk mengimpor semua postingan dari blogspot yang sebelumnya sudah di simpan dalam komputer dalam proses pertama tadi, file itu berupa XML file hasil dari backup dari blogger. Untuk proses ini lama waktunya tergantung dari besarnya file yang sudah di simpan dalam ukuran MB, dan juga tergantung dari koneksi internet.

Proses lamanya seperti waktu kita mengupload file biasa di internet, jadi tenang saja.

impor postingan

Dalam dashboard wordpress pilih tools > import > blogger. 

Atau bisa instal plugin Blogger Importer Extended (recomended) lalu aktifkan pluginnya.

Kembali ke dashboard wordpress pilih tools > import > blogger importer extended

Pilih file XML yang tadi anda simpan dalam komputer, lalu tekan upload and impor.

Dalam proses ini kita harus memastikan file XML tersebut terupload semua dengan baik, plugins ini akan otomatis memindahkan semua postingan yang ada di blogspot sebelumnya, di antaranya posting, gambar, komentar, draft dan author (nama penulis di blog).

Setelah selesai kita akan di minta mengkonfigurasi nama admin, pilih nama admin semula dari blogspot. Jika proses ini sudah dilalui maka proses migrasi custom domain blogger ke wordpress self hosting sudah selesai. Kita bisa langsung mengujinya.

SELAMAT…isi posting blogspot dari custom domain telah berpindah ke wordpress.

Penambahan file di htaccess (jika terjadi halaman tidak ditemukan)

Sesudah proses di atas selesai sebenarnya kita sudah bisa mengakses link url lama dari blogspot ke wordpress yang baru, yaitu dengan melakukan test menuliskan alamat URL homepage, maka sudah otomatis meredirect ke halaman wordpress. Ini karena seting permalink yang kita tetapkan dari awal. Url yang berasal dari blogspot akan otomatis menjadi url wordpress.

Contohnya : Http://www.namadomainanda.com/2015/09/manfaat-pentingnya-menulis-artikel.html akan Menjadi Http://www.namadomainanda.com/manfaat-pentingnya-menulis-artikel/

Akan tetapi tidak semua URL di redirect dengan benar (hanya beberapa), untuk memastikannya anda bisa mengecek satu per satu dengan menuliskan site:http://www.namadomainanda.com di browser.

Cek apakah semua sudah ter-redirect secara benar, sebab dalam pengalaman saya masih ada beberapa halaman URL yang masih tidak ditemukan. terutama untuk halaman seluler.

Hal ini di sebabkan karena struktur URL versi seluler berbeda dengan struktur URL pertama blogspot, sehingga tidak meredirect langsung secara otomatis. Untuk contoh struktur URL dari tampilan seluler adalah seperti berikut ini Http://www.namadomainanda.com/2015/09/manfaat-pentingnya-menulis-artikel.html?m=1

Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa menambahkan file di htaccess agar halaman dekstop dan seluler ter-redirect dengan benar. Login ke cpanel anda , pilih file manager dan langsung menuju public_html. (jangan lupa centang hidden file) agar file htaccess tidak tersembunyi.

edit file htaccess

Pilih edit pada file htaccess dan tambahkan file di bawah ini tepat di atas file htaccess.

RewriteEngine on
RedirectMatch 301 /([0-9]+)/([0-9]+)/(.*)\.html$ /$3/
RewriteCond %{QUERY_STRING} ^m=1$
RewriteRule (.*) $1? [R=permanent]

Sehingga nanti akan tampil seperti di gambar di bawah ini

 penambahan file di htaccess

Jika sudah simpan untuk melakukan perubahan, dan tutup file manager dari cPanel.

Ini seting yang saya lakukan untuk menghindari halaman tidak di temukan atau eror 404 yang disebabkan redirect tidak sempurna, begitu juga untuk tampilan halaman seluler.

Alhamdulilah sekarang di blog ini sudah tidak terdapat halaman eror baik dari tampilan dekstop maupun tampilan seluler. (Thanks to Mbak Indri – Juragan cipir)

Revisi halaman tak ditemukan secara manual

Jika kebetulan masih terdapat halaman tak di temukan ketika melakukan pengecekan, kita bisa merevisi secara manual, caranya adalah mengedit URL link yang terdapat dalam postingan wordpress. Buka post di halaman wordpress anda, pilih postingan yang tidak ditemukan, pilih quick edit, pilih slug.

Samakan persis dengan URL halaman yang tidak ditemukan tadi, misalnya Http://www.namadomainanda.com/manfaat-pentingnya-menulis-artikel/ di wordpress dan ganti menjadi Http://www.namadomainanda.com/2015/09/manfaat-pentingnya-menulis-artikel.html . (URL asli blogspot).

Namun hal tersebut jarang terjadi, jika kita sudah menerapkan perubahan pada file htaccess. Perlu di garis bawahi jika saya menulis artikel ini berdasarkan pengalaman migrasi blog saya sendiri, dan sebelumnya juga sudah menerapkan plugins redirect 301 yang hasilnya tidak sebaik cara ini.

Lalu bagaimana nasib blogspot yang lama? apa perlu di hapus?

Blogspot yang lama jangan di hapus, dan biarkan saja. karena tidak akan terjadi duplikat konten ataupun dupilkat apapun karena setiap URL sudah di alihkan secara otomatis. jadi tidak perlu khawatir tentang hal ini.

Bagaimana nasib backlink serta internal link yang ada di blogspot?

Backlink tidak akan hilang dan tetap aman, anda bisa cek dan pastikan di google webmaster bahwa backlink tidak akan hilang dan internal link dari blogspot akan terkonfigurasi secara otomatis. Jika anda menginstal dan mengaktifkan plugins akismet nanti akan meuncul konfigurasi approve dan unapproved tentang internal link tersebut.

Layaknya moderasi komentar yang minta persetujuan, jika anda mengaitkan link dari halaman satu ke halaman lain dalam postingan anda.

Semoga dapat berbagi pengalaman bagi anda yang kebetulan berniat untuk migrasi custom domain blogger ke wordpress self hosting, jika kebetulan anda membaca dan masih ada kekurangan bisa di tambahkan melalui kolom komentar.

Apabila masih bingung juga, silahkan lihat video dibawah ini :


Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Avatar

    Afaizan

    ( - 14:15)

    Jika migrasi telah selesai apakah, blognya perlu daftar search console google lagi mas? Atau biarkan saja

    Avatar

    agung

    ( - 09:14)

    Saya masih bingung disini, saat kita pertama kali mendaftar ke jasa penyedia hosting tersebut.

    Jadi sewaktu memesan order domain, pilih “Saya sudah punya domain dan akan mengupdate nameservernya”. Saya tidak menemukan ini di rumahweb setelah registrasi. Mohon pencerahan

    Avatar

    Adam Muiz

    ( - 12:12)

    Bang, kalau redirect permalinknya mau aku ubah ke > blog-com/%author%/%name-post% bagaimana ya set di htaccess?

    wirahadi85

    wirahadi85

    ( - 00:54)

    Terima kasih banyak mas Gani, sangat membantu sekali.. saya udah 2 hari galau gara2 ini 😀 hee sebenarnya masalah ini sudah sy serahkan ke penyedia layanan hosting..tapi tim mereka blm bisa menyelesaikan masalah direct link lama ke yg baru…itu yg membuat sy galau nyari tutorial kemana-mana tapi gk ada yg work..paginya nyari lagi tutorial akhirnya ketemu jodohnya disini..terima kasih banyak mas..sekarang postingan lama udah direct ke yg baru..
    cuma ada sdkt masalah saat sy cek di mobile malah larinya ke home page mas..kira2 itu kenapa ya? Terima kasih sebelumnya.

    Avatar

    Sam

    ( - 06:24)

    Mas, saya mau migrasi ke wordpress tapi bingung dan takut..

    Misalnya:
    Saya punya trlala.net mau migrasi ke wordpress tapi dengan domain baru, jadi tralala.id.

    Apakah bisa pakai cara ini? Untuk mempertahankan trafik..

    Avatar

    Lutfi Hamid

    ( - 10:21)

    Halo Mas Gani
    Saya ingin bertanya nih..

    Jika saat di custom domain blogspot saya menggunakan custom permalink, misal judul artikelnya “Tips Dahsyat Menjadi Langsing dalam 2 Hari” dan permalinknya “com/2018/12/tips-langsing.html”

    Apakah ketika migrasi ke wordpress, bisa otomatis redirect dengan mengikuti tutorial di atas atau masih ada edit2 ulang? Soalnya, standart permalink wp itu ikut judul artikel..

    Mohon pencerahannya, mas Gani
    Ini dah mau migrasi soalnya, tapi dipause dulu 😀

    Avatar

    Adi

    ( - 10:11)

    Lumayan juga ribet juga, klo di webmaster google perlu di rubah ga??

    Avatar

    Anton

    ( - 03:51)

    Maaf hu mau tanya,, Visitorku turun gratis itu kenapa?

    Avatar

    yayan

    ( - 00:29)

    dari banyak tutorial yang ada.. tutorial mas Gani ini yang paling jelas dan menyelesaikan masalah.. simple dan mudah dimengerti.. great job mas Gani.

    Avatar

    Den

    ( - 20:12)

    Mas kok permalinknya jadi ngikutin judul ya?
    Yang asalnya https: //contoh,com/2018/03/kok-jadi,html
    Jadi..https: //contoh,com/2018/03/kok-jadi-gini-ya,html

    Solusinya kira2 gimana ya?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 01:13)

      Ubah pengaturan permalink di WordPress baru, seperti tutorial diatas.
      dan tambahkan kode htaccess di cPanel.

    Avatar

    Den

    ( - 22:42)

    Min kalo pindah ke wordpres, tema dari blogspotnya bisa dipake gak?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 00:57)

      Tema blogspot sudah tidak bisa digunakan lagi, silahkan pilih tema wordpress, tersedia ribuan tema gratis yang bisa digunakan.

    Avatar

    Saefulloh

    ( - 14:42)

    Mau mindahin blog satunya tapi kok masih ragu, prosesnya memanga agak panjang..

    Avatar

    Bambang W

    ( - 17:18)

    top markotop, jos margojos nih tutorial
    sip tenan pokoe

    Avatar

    Uhendrayanana

    ( - 14:10)

    Baru rencana mau pindahan, nemu trik nya di sini, makasih mas gani, sukses selalu

    Avatar

    fajrin

    ( - 16:34)

    Harus latihan dulu kayanya nih pake blog lain sebelum mengaplikasikan di blog utama.

    Avatar

    Reza

    ( - 05:47)

    hallo mas gani, saya sudah berhasil migrasi dengan lancar menggunakan cara ini.

    …tapi.

    Ketika saya mengakses situs saya melalui ponsel kok malah di arahkan ke Home Page bukan ke artikelnya langusng?

    contohnya kalau saya buka URL ini di ponsel :

    anu[.]com/2017/09/cara-nganu-di-anu.html?m=1

    Malah diarahkan ke:

    anu[.]com (home page)

    Untuk mengatasinya bagaimana ya mas, sebetulnya di komentar ini juga sudah ada yang nanya soal ini cuma belum di jawab.

    mohon pencerahannya mas gani.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 06:36)

      Halo mas Reza, pastikan sudah melakukan penambahan kode di htacces, atau silahkan lihat tutorial videonya diatas secara lengkap.

        Avatar

        reza

        ( - 14:18)

        Satu lagi mas gani, kenapa URL saya jadi ngikutin judul artikel ya?

        Misalnya:
        Judul : cara nganu di anu bareng si anu
        URL (blogger) : anu[.]com/2017/08/cara-nganu.html

        setelah migrasi, Jadi seperti ini:

        URL (WordPress) : anu[.]com/cara-nganu-di-anu-bareng-si-anu

        Kenapa ngga seperti ini:

        anu[.]com/cara-nganu

        bagaimana solusinya mas gani?

          Avatar

          reza

          ( - 00:14)

          Saya sudah ikuti semua cara di atas mas gani, tapi kenapa ngga redirect ya malah 404 ketika artikel saya yang ada di google di klik 🙁 dari malam nyampe pagi nyari solusi seperti ini nga dapet-dapet.

          Kebanyakn kan URL nya setelah di redirect ngikutin judul, misalnya seperti ini :
          Judul : Cara menanam bunga di kebun
          domain .com/cara-menanam-bunga-di-kebun

          Tapi saya malah seperti ini:
          URL artikel blogger : domain .com/2018/09/cara-menanam-bunga.html

          setelah redirect domain .com/cara-menanam-bunga > jadinya 404

          Kenapa URLnya ngga ngikutin judul ya mas, padahal kalau ngikutin pasti saya berhasil redirect.

          apakah script nya sudah ngga work atau bagaimana ya mas, Solusinya gimana mas gani?

    Avatar

    Arif

    ( - 14:45)

    Terima kasih Min sukses pindah ke wp, tapi masih ada masalah di thumbnailnya.Thumbnailnya hanya ada dibeberapa pos awal saja.sudah pake Plugin Auto Post Thumbnail tetep gak bisa. saya Gambarnya dihosting di Blogger. Gimana cara ngatasinya min? apa harus saya upload satu per satu ke WP nya?

    Avatar

    tri

    ( - 10:06)

    mau nanya Min apakah blog lama yg isinya sudah kita migrasi ke wordpress Boleh kita gunakan

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 11:50)

      Otomatis, domain akan mengarah ke wordpress baru. Jadi mending buat artikel baru dari blog WordPress.
      Kalau boleh digunakan atau tidak ya jelas boleh, kan blog nya mas sendiri:D

    Avatar

    Sigit

    ( - 20:40)

    wis mumet larang sisan regane,enak blogger gratis hosting mung modal domain,hehehe…

    Avatar

    Thohari Anwar

    ( - 22:50)

    Mau tanya mas, kenapa ini saya sudah mencoba tapi pas menginstal wordpressnya tidak bisa masuk ke admin, tetapi di alihkan ke blogger yang lama. makasih sebelumnya

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 01:32)

      Pastikan untuk mengakses dari Alamat blog/WP-admin, clear cache browser terlebih dahulu.

        Avatar

        lucky septian

        ( - 17:57)

        yang saya alami sama. sudah clear cache tapi pas masuk wp-admin page not found

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 04:21)

          Pastikan juga domain sudah terpointing ke hosting baru, waktu tunggu propagasi adalah maksimal 1 x 24 jam

    Avatar

    Kholis Sihabudin

    ( - 09:23)

    Mas mau tanya,, kan kata mas diatas gunakan saja yg www (saat menginstall wordpress)
    nah apakah klo installnya yg tanpa www apa akan terjadi masalah? apakah nanti permalink dari blogspot tld yg www (www.sample.com) akan bisa teredirect ke wp yg tanpa www (sample.com) ?
    makasih
    oia klo boleh tau perbedaannya dg menggunakan www atau tanpa www apa ya? apa ada kekurangan atau kelebihan? lebih baik dengan www atau tanpa www?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 11:24)

      Perbedaan www dan tanpa www adalah masalah ektensional saja mas, tidak begitu berpengaruh.
      Apabila instalasi WordPress tanpa WWW, maka otomatis semua akan teredirect dengan tanpa WWW dengan penambahan file di htacces.

        Avatar

        Kholis Sihabudin

        ( - 23:40)

        Mas saya udah migrasiin blog saya,, tapi kok masih mengarah ke blogger ya?? saya si kefikiran buat hapus dns zone record blogger nya, tapi kata mas nya kan jangan..
        dari pihak domainnya si katanya domain sudah mengarah ke ns yg dituju, mungkin masih proses propagasi. Masalahnya ini udah cukup lama tapi blm juga mengarah ke wp..
        Ini saya domain & hostingnya beda tempat..

        Avatar

        Kholis Sihabudin

        ( - 11:37)

        Klo sekarang masalah barunya gini mas,, tadi siang si udah berhasil pindah ke wp, eh sekarang kok malah balik lagi ke blogger ya..
        Mungkin mas bisa cekin blog saya filmblurayku.com

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 15:48)

          Saya cek NS nya sudah menuju ke idwebhosting.net, dalam hal ini propagasi sudah dikatakan selesai.
          Pastikan untuk clear cache browser, untuk melihat tampilan web saat ini.

    Avatar

    Aditya Reza

    ( - 10:46)

    Selamat sore mas

    Oia di web mastertool yang di submit ulang apa saja? selain sitemap.xml, fetch as google home page apakah perlu dilakukan? Untuk property blog sebelumnya di webmaster dihapus atau tidak?

    Avatar

    Samsat

    ( - 06:11)

    Mas mau tanya:
    1. Jadi custom domain kita di Blogger dihapus apa dibiarin?
    2. Kalau dihapus dan instal domain+wp di hosting baru kan ada propagasi server, kita belum bisa apa2 nih di titik ini. Saat ini saya lagi di posisi ini, nunggu domain mengarah ke server WP biar bisa login WP , impor, sett permalink dll. sepertinya diatas belum dijelaskan soal propagasi.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 06:38)

      Halo mas, langsung saya jaawab aja.
      1. Sebaiknya jangan dihapus, sebab tidak akan berpengaruh apabila sudah teredirect.
      2. Semua proses propagasi pada umunya adalah maksimal 1 x 24 jam, tergantung kecepatan DNS propagate penyedia hosting.
      Jadi dalam hal ini hanya bisa menunggu saja sampai proses propagasi selesai.

        Avatar

        lucky septian

        ( - 18:01)

        Punya saya DNS management nya saya hapus. pas tanya ke hostingnya suruh hapus. Gimana ya mas kalo sudah begini.

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 04:24)

          Sebenarnya tidak masalah kalau semua sudah teredirect dengan benar, tapi waktu kali pertama jangan dihapus dulu. Cukup rubah nameserver apabila menggunakan hosting lain.

    Avatar

    Pas proses impor kok seperti ini ya mas, restart terus.

    http://prntscr.com/inxnaa

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 10:56)

      Pastikan koneksi internet stabil mas, Log -out dan clear browser terlebih dulu.

    Avatar

    androidkuma

    ( - 08:37)

    mas gani.. saya kan ikuti cara diatas.. tapi visitor saya turun ya? kenapa ya kira”..
    padahal saya cek beberapa artikel masih di page one dan bisa saya akses lewat SE…namun visitor turun 90%.. kejadian baru 1 hari.. apa itu wajar?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 10:25)

      Seharusnya tidak akan terjadi penurunan visitor, sebab sifatnya hanya redirect saja (pengalihan). Pastikan semua tahapan dilakukan dengan benar, termasuk perubahan permalink pada WordPress dan index artikel secara benar.

    Avatar

    support

    ( - 18:26)

    terimakasih gan..sangat membantu… sudah mencoba beberapa plugin ttp tidak bisa. dan jumpa postingan ini langsung bisa 😀

    izin save article nya

    Avatar

    Nur Wahid

    ( - 23:16)

    Halo mas gani, saya baru saya migrasi dari blogger tld ke wordpress sesuai tutotorial di atas. Saya sudah mengatur permalink dulu sebelum melakukan import.

    Di saya kenapa masih error ya. Misal:
    memperbaiki-chrome-error.html
    Belum bisa dialihkan ke sini:
    cara-saya-mengatasi-this-site-cant-be-reached-di-google-chrome/

    Bisa tolong bantu saya mas, mungkin saya ada kesalahan..

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 02:39)

      Maaf saya hapus link aktifnya..dan saya lihat masih menggunakan blogspot.
      Dari link yang sampeyan berikan memperbaiki-chrome-error.html menuju cara-saya-mengatasi-this-site-cant-be-reached-di-google-chrome/ sudah sangat beda jauh mas.

      Apabila sudah redirect maka hasilnya adalah memperbaiki-chrome-error/

        Avatar

        Nur Wahid

        ( - 04:10)

        Oh ya, mohon maaf mas.

        Alhamdulillah untuk masalah itu sudah teratasi mas, sekarang hanya tinggal ini aja mas. Jadi saat saya akses link ini dari HandPhone>> yatekno[.]com/2017/09/hp-vivo-harga-2-jutaan.html?m=1

        Kenapa diarahkan ke homepage ya, bukan ke postingan langsung.. Padahal kalau diakses pakai laptop atau tanpa ?m=1 sudah normal mas.

        Kode di htacess sudah saya samakan seperti yang mas gani berikan di postingan ini.

        Jika berkenan, bisa dibantu mas.. Terima kasih

    Avatar

    Wengie

    ( - 04:49)

    Maaf mas mau tanya
    Syaa sudah migrasi dr blogspot ke wp
    Tapi artikel saya yg terindeks (saat di blogspot) ketika di klik ga ter redirect ke postnya mas malah ke homepage
    Solusi dong

      Jesica Putri

      Jesica Putri

      ( - 02:12)

      Gunakan file htacces dalam tutorial ini mas, agar teredirect ke masing – masing URL.

        Avatar

        Wengie

        ( - 11:35)

        sudah saya coba mba, tetapi hanya ter redirect ke home page ( versi mobile nya )
        ada saran?

    Avatar

    Darmaya

    ( - 11:12)

    Salam kenal Mas,
    Browsing sana-sini untuk permalink, akhirnya ketemu di sisni.
    Mas, saya sudah pindah dari blogger ke wp, tapi saya masih menggunakan permalink seperti blogger.
    Saya coba rubah permalink agar sesuai WP, malah error 404.

    2017/05/artikel-saya-sudah-terindex.html/
    Pada intinya saya ingin menghilangkan tahun/bulan dan .html
    Apa cara di atas bisa saya terapkan mas?
    Atau kode Apa yang perlu saya tambahkan lagi pada file htaccess?

    Terimakasih

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 02:20)

      Khusus untuk tutorial ini, gunakan permalink Post Name pada seting permalink WordPress. Nanti permalink dari blogspot akan otomatis teredirect. Jangan lupa untuk menambahkan file di htacces. (cukup kode htacces di atas saja)

        Avatar

        Agris Line

        ( - 08:33)

        Kalau kita edit permalink secara manual, apakah tetap akan redirect otomatis ?

    Avatar

    Indra

    ( - 01:45)

    Alhamdulillah kecantol juga di blog Mas Gani. Sudah lama gak main ke sini he 😀 😀

    Emm… kayaknya menarik juga kalau migrasi dari blogger custom domain ke wordpress self hosting. Rencana pingin juga punya Mas, tapi masih takut-takut gimana gitu…. apalagi selama ini nyemplung di blogger terus. Ingin sesekali ganti suasana rumah dari blogger ke wordpress self hosting biar gak bosen bin jenuh (yang penting istri cukup 1 jangan sampai bosen) 😀 😀

    Kayaknya perlu coba-coba hosting+domain yang murah dulu ini Mas Gani, sebelum merubah domain utama saya. Takutnya kalau langsung merubah domain utama malah gagal total, sedang pengunjung sudah mulai stabil meski gak banyak 😀 😀

    BTW trims atas artikelnya Mas. Nanti kalau masih bingung tak tanya ke Sampean lagi he…

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 00:51)

      Tidak perlu mengganti domain utama mas, apabila sudah custom domain.
      Ok mas, thanks juga untuk apresiasinya.

    Avatar

    Apakah bisa saya minta tolong untuk membantu saya ?
    saya donasi nanti.

    Avatar

    ini tutor paling komplit karena yang lain tidak menyertakan kode hattcesnya jadi pada 404, dan makin ribet, saya coba pake tutor di blog sampean alhamdulillah makin mudah mas,,,
    makasih banyak , saya ijin bokmark ya ;D

    Avatar

    Sangat Membantu mas, sukses pindah dari blogger ke wordpress, tadi sempet ngikutin tutorial yang ada di web sebelah, ehh pas banyak page yang 404 di webnya ngga ada penjelasan. langsung cari tutorial migrasi lagi, akhirnya nemu di blog mas gani. 😀

    Avatar

    Yayan Abdhi

    ( - 09:31)

    dari sekian banyak tutorial migrasi, tips kang gani ini paling bener menurut saya. apalagi terkait permalink, dengan htaccess itu luar biasa tepat.. saya coba tutorial dari niagahost, malah bikin blog saya gak bias diakses dan bahkan saya jadi gak bias masuk wp-admin.
    4 thums up untuk kang gani! saya sempat dibuat stress gegara redirect yg gak jadi2.. akhirnya tutorial ini yang selamatin blog saya..

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 00:15)

      Thanks apresiasinya..Tutorial ini sudah saya praktekkan ke blog ini secara langsung.

    Avatar

    Yayan

    ( - 07:20)

    bagaiamana dengan komentar mas. apakah komentar dari pengunjung yang terkait dengan akun google plus mereka, juga akan ikut pindah saat migrasi?

    kemudian untuk permalink, kan blogger pake tahun/bulan/link-posting. apakah dengan mengganti format jadi tanpa tahun dan bulan itu akan membuat link tidak bermasalah?
    bagaimana jika kita setting persis seperti permalink pada blogger, seperti pilihan no.3 pada setting permalink? apakah itu lebih baik?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 00:14)

      – Semua komentar juga ikut termigrasi. Tetapi untuk balasan (setelah mejadi wordpress) akan berubah menjadi komentar default wordpress.

      – Tidak akan menjadi masalah dengan permalink default blogspot, karena akan di redirect ke WordPress.

      – Sebaiknya gunakan permalink sesuai dengan tutorial, karena disesuaikan dengan file htacces yang yang digunakan. Meta date juga bisa disesuaikan apabila sudah berpindah ke wordpress.

    Avatar

    Bermakeup

    ( - 00:41)

    makasih gan ,,, rencana ingin pindah tapi masih ragu ew

    Avatar

    Umraici

    ( - 19:42)

    Kayaknya saya berminat ni mau pindah ke hosting sendiri, tapi tunggu waktu yang tepat dulu saat tidak sibuk dan sambil cari² template yang cocok buat blog saya. Kayaknya tutorial ini udah lengkap banget. Borkmark dulu deh. !

    Avatar

    Dihaimoma

    ( - 17:13)

    Ulasannya bermanfaat. Oyah, saat ini saya ingin pindahkan blog saya ke WordPress tapi ada satu hal kurang saya pahami.

    Begini ceritanya:

    Saat ini Blogspot saya sudah pakai domain sendiri. Kalau pindah ke wp, kan tinggal beli hosting. Tapi, saya khawatir dengan akun adsence saya. Apakah nanti ketika saya pindahkan ke WP saya harus lalui verifikasi tahap kedua dari adsence atau karena sudah berdomain sendiri maka akun adsence saya termasuk non hosted dan iklannya tinggal saya pasang di wp. Mohon tanggapan dan penjelasanya. Terima kasih.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 08:03)

      Halo mas Dihaimoma, untuk akun Adsense jenis non hosted (Dengan nama domain sendiri) unit iklan bisa dipasang sampai dengan maksimal 500 blog. Tidak memerlukan verifikasi tahap kedua dari pihak adsense lagi. Jadi untuk masalah ini tidak perlu khawatir.

    Avatar

    Fadli

    ( - 10:36)

    Koq di Cpanel Host saya ga da httaccess ya gan ??

    Avatar

    refsa

    ( - 10:08)

    mantap jelas banget dijelaskan secara rinci mas Gani 😀

    Tapi saya sekarang migrasinya lagi diproses sama pihak Dewaw*b nya cepat dan pasti, kalo sendiri takut salah hehe maklum newbie, tapi saya baca ini juga buat pengetahuan saja sambil baca baca komentar yg juga ga kalah bermanfaat sama isi artikel. 😀

    Tadinya saya mau daftar di idcl*udhost seperti saran mas Gani di Hangout, tapi saya live chat untuk jawabannya kelamaan mas, takutnya kalo ada apa apa jadi susah hehe, jadi saya daftar disitu biar gampang soalnya proses migrasi juga diurus sama mereka 😀

    Akhir kata, Terima Kasih Banyak 😀

    Avatar

    Ramdan

    ( - 18:24)

    Assalamualaikum…
    Mas tadi saya sudah migrasi dan berhasil, eror 404 ada sedikit mungkin pstingan sudah banyak,, tapi kenapa ya pas diakses kurang lebih lima jam, tiba-tiba blog saya pindah lagi ke blogspot ?
    Apakah ada solusi buat masalah ini mas gani ? Terimakasih

    Avatar

    MainTekno

    ( - 10:46)

    Dengan menggunakan metode Penambahan file di htaccess, saya sukses melakukan migrasi domain, terima kasih tutorialnya

    Avatar

    Aseps

    ( - 12:08)

    Mas mau tanya, tadi saya nyoba searchsalah satu keyord andalan ane pake google di mobile akan tetapi setelah saya klik bukanya mengarah ke domain.com/artikel akan tetapi malah di arahkan ke home page, padahal waktu ane cek via desktop semua berjalan normal hanya pencarian lewat mobile saja yang redirect ke hompage

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 07:42)

      Bisa coba tuliskan URL nya mas, apa masih teredirect ke homepage?

    Avatar

    Pak gani kalo struktur link di blog saya seperti ini: http://www.bukuacuanku.com/2017/04/anak-berkebutuhan-khusus-abk.html , berarti pengaturan di permalinknya di pilih yang month and name kah? terima kasih sebelumnya

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 00:14)

      Untuk permalink WordPress nya tetap gunakan Post-name mas.

        Avatar

        Baik terimakasih pak gani, oiya kalo sudah impor nanti tema nya harus atur dari awal lagi kah? ndak otomatis sama yang di blogspot?

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 02:56)

          Iya betul, harus di atur dari Awal.
          Tidakmasalahmas, hanya tampilan saja. Untuk pilihan theme WordPress banyak pilihannya. Tinggal Sesuaikan dengan keinginan.

    Avatar

    Arief

    ( - 02:11)

    Mas Gani saya punya banyak pertanyaan yang bikin bingung tentang migrasi blogger ke wordpress diantaranya:
    1. masalah permalink di blogger kan ada tanggalnya, bagaimana kalau kita seting di wordpress tapi yang tidak ada tahun dan tanggalnya apakah tidak akan mengakibatkan broken link? mohon penjelasannya
    2. Pengaturan di blogger tentang siapkan url pihak ketiga tidak perlu dihapus?
    3. Tentang masalah artikel di blogger yang tidak perlu dihapus karena tidak akan menjadi dupikat konten, yang bikin muncul pertanyaan adalah artikel yang di blogger masih nempel di blogger dan yang di wordpress juga ada, memang pengunjung akan di arahkan ke wordpressnya, tapi apakah mesin pencari juga tidak merayapi yang di blogger?
    4. Saya ada baca-baca artikel di tempat lain juga mas katanya kita harus melakukan redirect 301 dengan plugin “Blogger 301 Redirect” biar tidak dianggap kopi paste, terus mengembalikan template yang di blogger dengan template klasik lalu pastekan kode yang sudah di dapat di pluggin tadi, bagaimana dengan cara ini mas? apakah perlu atau tidak perlu?
    5. Idcloudhost bagaimana menurut pandangan mas Gani
    mohon di jawab satu-satu ya mas. terima kasih

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 02:50)

      Halo mas Arif, langsung saja ya.
      1. Tidak masalah mas, ada 6 permalink yang bisa digunakan di WordPress, gunakan yang Post name.
      Nantinya permalink di blogspot (ada tanggal dan tahun) akan otomatis teredirect dan menjadi permalink baru.

      2. Ya betul, Pengaturan di blogger tentang siapkan url pihak ketiga tidak perlu dihapus.

      3. Tidak akan terjadi duplikat konten karena menggunakan metode redirect permalink, mesin pencari tetap akan merayapi URl lama, tetapi ketika dibuka maka akan diarahkan pada permalink wwordpess baru.

      4. Untuk plugin bloggerBlogger 301 Redirect sudah saya coba juga, tetapi (dulu) ada kendala pada redirect tampilan seluler. (tidak semua work)

      5. Saya saat ini gunakan Idcloudhost, hanya saja bagian CS Technical Support seringkali telat karena banyaknya antrian tiket jadi harus bersabar.

      Selebihnya bagus, tidak ada kendala. Saran saya ambil RAM yang 1 GB

        Avatar

        Arief

        ( - 03:58)

        sepertinya pakai yang 512 dulu mas, yang 1GB lumayan harganya, hhe. Kalau punya mas sepertinya harus pakai yang 1GB ke atas. Owh iya mas permalinknya kan mas saranin pakai yang post name, kalau yang pakai custom struktur apakah akan beda mas? bagaimana nanti dengan pengelompokan category/labelnya?

        Biasanya berapa lama proses migrasinya sampai selesai? saya coba backup file xml nya besarnya 4mb, saya juga ada coba-coba di idhostinger berdasarkan informasi dari situsnya mas Gani juga tentang hosting gratis selamanya (sepertinya masimal lima tahun), hitung-hitung buat belajar mas yang di idhostinger, domain yang dibeli dengan harga promo jadi kelinci percobaan hhe.

        ketika kita sudah pointing domain dengan nameserver hosting berarti alamat situs yang di platform blogger sudah dialihkan ke halaman yang baru ya mas, sehingga pengunjung hanya akan melihat hompage atau landing page karena file xmlnya belum di import, apakah begitu mas? kalau iya kan berarti harus dipilih waktu yang tepat untuk migrasi misalnya malam hari saat visitor tidur hhe

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 04:46)

          – Khusus untuk tutorial ini harus menggunakan seting permalink “Post name”
          Sebab ada penambahan file di httaccses yang terkonfigurasi.

          – Untuk label/kategori akan ter – migrasi secara otomatis (tidak ada yang berubah)

          – Lama prosesnya tergantung koneksi internet mas (Proses upload)

          – Ya betul, ketika proses pointing domain dengan nameserver hosting baru, maka URl blog akan menampilkan halaman landing page dari penyedia host.

          Setelah di instal WordPress dan semua file dipindahkan, maka semua isi blog baru bisa diakses.

          Ya, sebaiknya pilih waktu yang tepat 😀

            Avatar

            Arief

            ( - 05:52)

            saya baca di di dua link yang mas rekomendasikan di artikel yang lain blogtowp dan shoutmeloud kalau gak salah. katanya jangan dirubah dulu permalinknya. pilih yang ada tahun dan bulan untuk mencocokan dengan di blogspot dan nanti dapat diubah selanjutnya, penjelasanya mas

    Avatar

    Susantokun

    ( - 04:30)

    Bang Gan, saya sudah mengikuti cara diatas, dan saya sekarang mau tanya.
    1. Nah ko pas saya cek di site:namablog.com ada yang keluar tahunnya gitu tapi pas di klik tetep masuk ke home. Nih bang ss nya : http://prntscr.com/etfsg1
    2. Padahal di yoast nya sudah saya matikan bagian tag tapi masih kedetect sama google :3
    3. Saya sudah ganti nama dan deskripsi buat tampilan saat di search tapi masih tetep sama, butuh waktu berapa sih biar bisa sesuai?
    Terima kasih bang sebelumnya.

    Avatar

    berwirausaha

    ( - 15:42)

    mas akalau merubah httaccses seperti yang mas gani jelaskan apakah redirectnya akan kehalaman awa..karena sudah saya terapkan sesuai tutorial diatas tapi blog saya bukannya diredirect ke postingan yang tepat malah diredirect dke haalaman awal

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 02:34)

      Pastikan untuk merubah permalink wi setingan wordpress terlebih dulu,
      Fungsi penambahan httaccses akan meredirect setiap postingan mas.

    Avatar

    berwirausaha

    ( - 15:35)

    mas gsani saya coba terakan cara diatas tapi kok linknya malah redirect kelahalaman awal ya mas

    Avatar

    berwirausaha

    ( - 17:47)

    mas kok setelah migrasi situs saya kadang tiba tiba jadi error 404 ya

    Avatar

    Gus Nur

    ( - 19:20)

    Mantap jiwa Mas Gani!
    Tutorialnya detil banget! Mudah dipahami..
    Soalnya saya ada kepikiran mau pindah ke WordPress.. Doakan saja supaya lancar tanpa 404! hahahahahahaha..

    Sukses terus buat Mas Gani dan Klikmania!
    dan makasih banyak tutornya 🙂

    Avatar

    Bisa dicobah nih, buat migrasinya, praktek langsung ah

    Avatar

    ade

    ( - 08:52)

    Mas gani, kalau sudah berhasil import, selain resubmit sitemap.xml apalagi ya?apakah /atom.xml dan /atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 juga di resubmit

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 21:07)

      Untuk sitemap WordPress berbeda dengan blogspot mas 😀
      Bisa menggunakan plugin yoast, sebagai generator sitemap yang baru. Caranya juga sangat mudah sekali.

    Avatar

    Ade

    ( - 09:54)

    Mas gani, mohon minta cara lengkapnyanya,
    saya punya 2 domain :
    1. domain xxx.com + hosting wordpress (+ add domain)
    2. domain yyy.com dengan mesin blogspot (postingan lebih dari 1000)
    yang ingin saya tanyakan gimana cara pindah : domain yyy.com (blogspot) pindah ke wordpress (hosting)
    *domain xxx.com tidak akan saya pakai.
    kendalanya saya tidak tahu tahap-tahapnya..

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 21:04)

      bisa juga mas, jadi cukup instal wordpress baru pada domain yyy, setelah itu impor file blogspotnya ke wordpress baru.

      Untuk selanjutnya harus melakukan seting redirect, agar domain xxx mengarah pada domain yyy.
      Tapi kendalanya domain xxx tidak mempunyai hosting, sedangkan pengaturan redirect setau saya bnisa dilakukan dengan seting Htacces dari cPanel.

        Avatar

        Kholis Sihabudin

        ( - 18:22)

        persis seperti apa yg mau saya tanyakan.. adapun tahapan yg saya bayangkan gini:
        1. apa bisa domain xxx.com pd wp diganti dengan domain yyy.com yg udh tercustom diblogspot?
        2. seandainya no.1 bisa dilakukan, apakah bisa melakukan 2 kondisi direct berikut?
        – direct dari xxx.com ke yyy.com (yg udh jadi wp)
        – direct dari yyy.com (yg msh blog) ke yyy.com (yg udh jd wp)

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 16:10)

          Pertama yang harus dilakukan adalah melakukan redirecting domain pada panel domain, pastikan fitur redirecting tersedia pada domain management. Dalam kasus ini Custom domain blogger di redirect ke domain baru.

          Setelah itu baru dilakukan migrasi, hasil ilustrasinya adalah Custom domain blogspot > redirect new domain >instalasi wordpress new domain > migration.

    Avatar

    Maz gani mau tanya.. Setelah migrasi semua artikel yang ada di google not found semua maz kalau di klik, meskipun buat artikel baru juga gitu jika buat artikel baru untuk test lalu kita lihat langsung via dasboard blogger muncul error seperti ini.

    “Not Found

    The requested URL /2016/12/test_12.html was not found on this server.

    Additionally, a 404 Not Found error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.”

    Solusinya mas gani
    Matur nuwon maz.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 20:59)

      Pastikan sudah merubah seting permalink dari pihak blog wordpress yang baru mas.
      Dan juga sudah menerapkan edit pada file Htacces di cPAnel.

    Avatar

    ridho

    ( - 13:56)

    saya sudah berhasil pindahan mas, namun beberapa hari ini terjadi visitor tiba2 terjun bebas,
    setelah sya cek ternyata banyak yang hilang di serp yang menggunakan domen baru, yang ada malah url blogspot lama. dan jika di klik tidak langsung redirect ke blog WP, malah muncul pesan “blog yang biasanya disini sekarang diaihkan ke alamat domen baru, anda yakin mau berkunjung ” seperti itu mas.
    kira2 solusinya gimana ya ?
    kurang lebih seprti ini http://prnt.sc/dcs03x

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 21:01)

      Halo mas Ridho,
      Awalnya bagaimana mas, tutorial ini hanya berlaku untuk blogspot yang sudah dicustom domain, bukan dari domain blogspot lalu di migrasi dengan domain baru ke WordPress self hosting. Apabila domain yang dicustom sebelumnya sudah terpointing dengan baik, maka proses migrasi akan berhasil, semua akan dialihkan secara otomatis dengan cara redirect.
      Saya tunggu kelanjutannya 😀

        Avatar

        ridho

        ( - 02:34)

        blogspot syaa custom domain mas, sudah berjalan lancar, index domain baru juga sudah normal seperti index blogspot.
        kemudian saya pindah ke wp, semua masih normal mas, trafik yang turun setelah custom domain perlahan mulai pulih lagi, kalo akses url blogspot juga langsung redirect ke domain baru dan sudah pindah ke Wp.
        terus tanggal 21 kemaren tiba2 trafik anjlok, cek beberapa keyword di serp ternyata posisi domain baru merosot, malah Url Blogspot yang menggantikan stand by di posisinya.
        Mulai tanggal 21 itu muncul eror, setiap akses blogspot gk bisa langsung redirect ke Wp nya. kemudian inisiatif internal link yang ada di wp dan blogspot semua tak ganti dengan domen barunya. mau cek seting DNS di godeddi juga sudah gak bisa.

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 13:43)

          Untuk seting DNS sudah tidak diperlukan lagi mas, sebab akan langsung ter-redirect ke WP.
          Untuk internal link seharusnya juga tidak perlu diganti karena di Cpanel sudah diatur redirect melalui file Htacces.

          Sebenarnya tutorial ini work 100% karena blog ini awalnya juga melalui proses migrasi dari blogspot tanpa merubah seting apapun di dashboard blogspotnya..

          Url Blogspot yang menggantikan stand by di posisinya bisa jadi ubah sesuaian URL pengalihan di blogspot di nonaktifkan lagi, sehingga custom domain tidak bekerja secara semestinya.

            Avatar

            ridho

            ( - 07:43)

            dibagian file zona dns nanti isinya kosong atau masih ada setelan dari blogspotnya mas ?

    Avatar

    Yohn

    ( - 01:18)

    Halo Kang, salam kenal ya kang. Saya mau tanya mengenai Seting URL permalink di wordpress. tadi si Akang ngasih rekomendasi setting permalink seperti ini http ://www namadomainanda com/manfaat-pentingnya-menulis-artikel/. Sementara permalink saya di blogger adalah
    Http ://www namadomainanda com/2015/09/manfaat-pentingnya-menulis-artikel.html. Apakah ini tidak mempengaruhi backlink yang telah kita tanam dengan menggunakan URL ke dua kang??

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 05:32)

      Halo mas Yohn,,
      Permalink tidak akan mempengaruhi backlink yang pernah didapatkan..karena URL aslinya masih tetap ada. Untuk proses migrasi ke wordpress, permalink asli dari blogspot akan di redirect (dialihkan) saja.

    Avatar

    Nugroz

    ( - 14:19)

    Terimakasih Tutorialnya mas….

    Jadi yang mau saya tanyakan:

    1. Apakah dns record blogger di domain dihapus atau tidak?
    2. Custom domain yang di blogger dicopot atau tidak?
    3. Apakah yang diganti hanya nameserver saja di pengaturan domainnya?
    4. Bagaimana jika sudah terlanjur menghapus dns record dan custom domainnya di blogger? apakah harus dipasang kembali sebelum menerapka tutorial diatas?
    5. Soalnya karena setelah saya mengganti nameservernya dan setelah menunggu lama tapi kok masih masuk ke custom blogspotnya, saya coba-coba untuk menghapus dns record dan custom domainnya dari blogger.

    Mohon tanggapannya…
    Sebelumnya terimakasih.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 15:29)

      Halo mas Nugors, saya langsung jawab aja ya. 😀
      1. DNS record pada domain tidak perlu dihapus.
      2. Custom domain juga tidak perlu dicopot
      3. Betul, hanya ganti nameserver saja untuk pointing ke hosting baru.
      4. kalau sudah terlanjur hapus DNS record pada domain, ya harus dikembalikan lagi (kode record nya) ke pengaturan record domain agar tersambung sebagai custom domain blogspot lagi.
      5. Proses lama..silahkan cek kembali nameerver yang didapatkan pada penyedia hosting, dan pastikan sudah menempatkan dengan benar.
      Untuk proses propagasi sendiri akan memakan waktu 1 x 24 jam agar domain terpointing ke hosting baru.

      Jika masih mengalami masalah dengan pointing nameserver, sebaiknya hubungi penyedia jasa hosting melalui tiket.

        Avatar

        Nugroz

        ( - 23:09)

        Iya mas gani terimakasih cepat sekali responnya 🙂
        sudah berhasil mas, saya sudah mengikuti urutan panduan diatas tapi kenapa ya kok not found semua artikelnya, tidak ada satupun yang bisa ter-redirect, apa mungkin pengaruh templatenya ya….

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 14:51)

          Saya cek blog istana kecilku dan saya test pakai site: di browser gogle semua normal mas.
          Apa itu blog yang di migrasi?

            Avatar

            Nugroz

            ( - 22:42)

            bukan mas hehehe

            Avatar

            Nugroz

            ( - 02:49)

            Halo mas… mau nanya lagi ni.
            rencana mau migrasiin lagi blog saya yang ini, mau nanya gimana nasib pengunjung saat proses propagasi ya? biasanya kan lumayan lama tu bisa seharian prosesnya… apa ada trik nya mas? nuhun….

    Avatar

    mas sy sdh nyobain migrasi blog sy yg basisnya blogspot ke wp, tp kenapa gambar2nya pada hilang ya? mohon penjelasannya mas

    Avatar

    Adhikarta

    ( - 15:45)

    Mas kalau cara pindah dari blog wordpress gratisan pindah ke self host tanpa mempengaruhi jumlah pengunjung bagaimana??
    soalnya pengunjung blog wordpressku udah lumayan tiap harinya hhee…
    Trimakasih mas

    Avatar

    Adhikarta

    ( - 19:18)

    Mas ada artikel cara pindah dari blog wordpress ke self host tpi tanpa kehilangan pengunjung?
    Sama tutorial diterima wordads,
    Trimakssih mas

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 18:50)

      Untuk blog dari WordPress ke self hosting saya belum pernah menerapkan mas Adhikarta.

    Avatar

    mimi

    ( - 01:06)

    Mas, saya sudah berhasil migrasi dari blogger ke worddpress nih, namun tidak semua gambar muncul. gimana solusinya ?

    Avatar

    krisna

    ( - 12:14)

    mas saya punya domain berbayar sudah saya aktifkan..saya bingung mas cara agar web saya di index google,,saya pake hosting niagahoster dan instal wp…bisa bantukah mas bagai mana caranya agar web saya bisa di index google..terimakasih

    Avatar

    Snever

    ( - 20:28)

    Mas kalau blog sudah di pindahkan ke wordpres dan di blogspotnya gak di hapus ga papakan yah atau akan jadi masalah ?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 06:43)

      Tidak perlu dihapus mas, sebab untuk gambarnya kan masih dihosting dari blogspot (google)

    Avatar

    rasyid

    ( - 13:08)

    mas, punya saya kok ada eror ya “The domain is no longer parked by GoDaddy” muncul pesan kaya gitu kalo masuk ke alamat yang tanpa www, padahal sudah diseting dengan benar sewaktu custom domain blogspotnya.
    sampai sekarang juga masih muncul

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 20:44)

      Problem ini biasanya terjadi pada kesalahan name server, coba kembalikan ke nameserver default dan simpan.
      Kalau belum beres, silahkan hubungi peyedia domain, buat tiket ke CS nya.

    Avatar

    ega rahmat

    ( - 05:16)

    saya mau intsall wordpress gagal terus . ada pemberitahuan “Could not open the Configuration File wp-config.ph” kenapa ya ?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 10:51)

      BIsa dicoba kembali, untuk instal WordPress baru.
      Gunakan Softaculous Auto Installer biar lebih mudah.

        Avatar

        ega rahmat

        ( - 13:18)

        sudah sukses install, nameserver sudah mengarah ke hosting. nah mas ke /wp-admin/ malah masuknya ke situs bukan ke dashboard. kenapa ya ? apa harus di nonaktifin dulu bloggern ya ?

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 20:39)

          Biasanya menunggu dulu masa propagasi mas selama maksimal 24 jam agar nameserver benar-benar sudah mengarah ke hosting.

          Untuk blogspot tidak perlu di nonaktifkan.

    Avatar

    purnama

    ( - 02:35)

    makasih banyak informasinya nih gan, saya mau coba pake wordpress nih, maklum mash belajar

    Avatar

    mas, saya baru pidah hosting dari blogger ke blogger yang lain, tapi sewaktu di cari di google tentang blog saya mucul tulisan yang ada dari postingan blog sebelumnya gimana cara menghilangkannya ya mas.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 08:12)

      Kalau ini tutorialnya untuk blogger ke self hosting mas 😀
      kalau blogger lama belum dihapus maka akan terlihat sebagai duplikat.

    zainalmutaqin blog

    Joss mass….
    Pertanyaanku, apakah sesudah pindah ke wordpress halaman seperti privacy police dll scr otomatis jg ikut kepindah?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 12:10)

      Betul mas zainalmutaqin, semua konten (termasuk halaman statis), gambar dan categori semua akan berpindah.

    Avatar

    andy kusnandy

    ( - 04:39)

    Makasih gan infonya saya juga berencana untuk pindah ke wordpress, bisa rekomendasikan gak? template simpel kayak agan ini. saya masih pemula soalnya.

    Avatar

    komputekid

    ( - 16:19)

    cara mengatasi featured image yang ga ada gimana om ?
    kan artikel berhasil di import dari blogspot, namun pada wordpress thumbnail nya itu kan di featured image, kalau di blogspot gambar pertama itulah yang di jadikan gambar thumbnail post , nah cara supaya featured image nya ada di setiap artikel blogspot yang di import gimana om ?
    soalnya kalau hanya import biasa pada wordpress tidak ada thumbnail post nya, harus insert manual di featured image di post, itukan rempong buat yang punya artikel ampe ratusan…

    Avatar

    Agressor

    ( - 02:28)

    Kalau edit htcacess biar redirect ke http://www.domain.com/artike-post.html gimana.. udah coba otak atik scryptnya tetep gak bisa

    Avatar

    deasikumbang

    ( - 02:23)

    Mas Gani, saat melakukan migrasi bagaimana dengan adsense nya. perlu dilepas dulu tidak?
    terima kasih

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 10:58)

      Ya mas, sebaiknya dilepas dulu, setelah berhasil dimigrasi ke wordpress self hosting bisa dipasang kembali menggunakan plugin.

    Avatar

    Lensa Nasrul

    ( - 00:18)

    halo mas saat migrasi sukses apa aja yang terpindah mas?
    seperti image, artikelnya dan apalagi? dan apakah artikel tetap rapi? atau dan masih berantakan?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 03:46)

      Halo mas Nasrul, Untuk plugin blogger importer sudah saya update.
      Semua akan terpindah dengan baik apabila langakah-langkah diatas dicermati dengan benar. Jarang terjadi berantakan, tergantung theme yang digunakan.

        Avatar

        Lensa Nasrul

        ( - 12:33)

        terima kasih untuk jawabannya mas, sedang proses beli hosting, ingin migrasi karena pakai blogger say selalu kalah dalam hal seo hehe,…

    Avatar

    Hady

    ( - 16:12)

    Setelah membaca artikel ini pengen pindah ke self hosting, yg mau saya tanyakan… Saya sdh memiliki blogapot dg custom domain, apakah bisa migrasi ke self hosting dengan domain yg berbeda krn yg custom domain bukan TLD (domain .my.id). Mohon sarannya pak

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 03:39)

      Halo mas Hady..
      bisa saja mas, tetapi dampaknya akan kehilangan visitor,,karena beralih domain.
      Sebenarnya bisa saja dilakukan pengalihan (redirect permanen) dengan pengaturan di htacces, Tapi saya harus buat tutorial baru 😀

    Avatar

    Rans Bastian

    ( - 02:44)

    pagi mas… Salam kenal
    saya masih newbie nih, mau tanya mas. nanti kalo udah migrasi dari blogspot ke WP, kita nulis postingannya tetep di blogspot atau di WP mas? 🙂 mohon pencerahannya.

    Thanks ya Artikelnya sangat membantu buat saya yang masih newbie..

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 02:27)

      Kalau sudah berhasil migrasi nanti sampeyan tidak menulis di blogspot lagi mas Rans, melainkan menulis di WordPress.

        Avatar

        Rans Bastian

        ( - 03:51)

        saya lagi coba migrasi nih mas, ada erorr, muncul pesan :
        /home/u967412328/public_html/wp-content/plugins/blogger-importer/blogger-importer.php on line 227

        Solusinya tolong donk mas..

        terimakasih banyak ya..

    Avatar

    usman

    ( - 11:07)

    daging semua kang isinya..mantap

    Avatar

    usman

    ( - 11:05)

    assalamu’alaikum
    selamat sore master…izin gabung ya…
    saya lakir mikir kencang nih soal migrasi ini,
    dulu saya pernah buat blog wordpress, artikel saya baru 5 dalam jangka waktu 3 bulan saya kebanjiran visitor dan kolom komentarpun penuh, terus saya buat lg versi blogspotnya, sudah 1 tahun dengan jml artikel yang sama blog terlihat sepi dan tidak ada komentar dari pengunjung. padahal saya sudah maksimalkan SEO nya off page dan ON page, saya konsultasi ke beberapa master katanya kalau platform wordpress itu lebih juara di SEO nya dibanding blogspot karena blogspot banyak saingannya.

    saya minta pencerahannya kang apakah wordpress lebih mudah mengoptimalkan SEO nya? atau sama saja dengan Blogspot?

    terus kalau sudah migrasi sitemap di Google webmastertool dan Bing webmastoolnya perlu diresubmit?

    wassalam.
    http://www.kursuskomputergratis.com

    Avatar

    moriuz

    ( - 11:58)

    mas kalo setelah di ekspor/backup , artikel yg ada di bligspot kita hapus itu gak apa2?coz saya setelah backup saya labgsung hpus artikel yg di blogspotnya

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 12:34)

      Sebenarnya tidak dihapus pun tidak menjadi masalah, kan kita tidak bayar hosting blogger. 😀

        Avatar

        moriuz

        ( - 16:29)

        ok makasih mas. trs untuk masalah google analitic ama webmaster, ada yg perlu di edit gak mas setingannya

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 20:34)

          Tidak perlu mas moriuz, hanya butuh memasukkan kode verifikasinya saja, setelah itu lakukan resubmit.

            Avatar

            Hobikami

            ( - 18:02)

            Hallo mas gani… untuk resubmit yang seperti sitemap dan fetch as google itu kan permalinknya yang ada tahunya bawaan blogger.nah kalau kita resubmit itu nanti yang di resubmitnya permalink yang mana mas? Apakah otomatis?

    nikma tahsina

    nikma tahsina

    ( - 09:16)

    Mas Gani kalo umpama kita migrasi lalu mengalami suatu kegagalan apakah blog kita masih bisa dikembalikan? Maklum mas mau migrasi tapi masih takut dan bimbang…mkasih

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 13:00)

      Masih bisa dikembalikan DNS record dari google di pengaturan domain kan tidak dihapus 😀

    Avatar

    Isrofi Achmad

    ( - 07:12)

    Penjelasannya sangat jelas dan detail Mas, saya ctrl+D dulu mas, ada rencana mau migrasi nih saya, tapi masih perlu banyak yang disiapin dulu.

    Makasih mas, nanti kalau saya jadi migrasi, mohon bimbingannya mas.

    Avatar

    hilman

    ( - 05:46)

    ijin bookmark, soalnya ntar malem mau migrasi dari blogspot ke wordpress..mdh2an lancar..mksh

    Avatar

    WAHYUDI

    ( - 18:53)

    selamat malam menjelang pagi mas Gani, mohon infonya nih mas, kebetulan sy berencana merubah custom domain blogger ke Self Hosting Wp, yg ingin sy tanyakan apa tampilan website kita setelah di rubah ke dalam Self Hosting masih tetap atau akan berubah mas. Jika mengalami perubahan tampilan cara settingnya kembali apa membutuhkan theme/ template baru yang sesuai dengan tampilan awal website kita. Mohon infonya mas Gani, Terima kasih sebelumnya

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 21:35)

      Selamat pagi juga mas WAHYUDI 😀
      1. Tampilan website jelas akan berubah total, jadi nanti disesuaikan dengan theme WP yang akan mas persiapkan sebelumnya.
      Jadi pilih Theme yang sesuai dengan pilihan mas Wahyudi.

      2. Dengan migrasi ke WP, berati kita sudah melupakan template lama dari blogspot. Kita masuk ke era baru di wordpress self hosting. Untuk pilihan theme bisa cari dari yang gratis hingga berbayar,,dan pilihannya ada ribuan mas. Pilih yang paling cocok dan mantab dihatinya mas Wahyudi 😀

        Avatar

        WAHYUDI

        ( - 15:28)

        Terima kasih atas infonya mas Gani, mudah2an bisa segera terlaksana. Miris juga lihat banyak blog custom domain dari blogger yg di hapus google tanpa peringatan. Satu lagi mas apa ada rekomendasi theme Wp yg bagus untuk travel mas. Terima kasih banyak attensinya sukses selalu buat mas Gani dengan klikmania,net

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 15:32)

          Ok..sama-sama mas Wahyudi.

          Saya pakai produk MythemeShop mas..kalau mau bisa kasih murah 😀
          Tapi kalau buat travel coba ke http://www.different-themes.com

            Avatar

            WAHYUDI

            ( - 06:10)

            Oh gitu mas, kira-kira ada nggak yang mirip dengan template yang saya pakai untuk website saya saat ini. Bila ada sampai berapa mas Gani harganya, kan katanya bisa murah 🙂 Mohon infonya. Terima Kasih

              ganisebastian

              ganisebastian

              ( - 06:51)

              kalau saya ada dari mythemeshop versi premuim mas. Untuk harga murah bisa ke kontak. 😀

    Avatar

    Fauzan

    ( - 00:28)

    Mungkin sedikit tambahan untuk HTACCESS mas kalau berkenan. Biasanya blogspot juga membaca url?m=1 dan url?m=0.
    Untuk kedua jedis url tersebut saya modif HTACCESS diatas jadi seperti berikut agar bisa semuanya di redirect

    RewriteCond %{QUERY_STRING} ^m=([0-1])$

    Atau mungkin ada yang lebih baik silahkan saya di koreksi

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 11:35)

      Oh terimakasih masukannya mas, barangkali bisa dicoba. Tetapi tutorial ini sebelumnya saya praktekkan langsung di blog saya.
      kalau untuk penambahan file di HTACCESS saya rasa mudah ya mas..tinggal di modifiasi saja. Barangkali bisa jadi rujukan untuk yang lain.

        Avatar

        refsa

        ( - 10:23)

        mas kan blog saya baru selesai migrasi, sebelumnya not found semua tapi udah di rediret dari url lama ke url baru pake plugin Redirection. Tapi masalahnya link artikel yg dari search engine hanya bisa dibuka di pc (ga bisa mobile/handphone) karena di akhir url nya ada tambahan “?m=1”. Apa pake cara diatas bisa teratasi? makasih sebelumnya

          Avatar

          refsa

          ( - 10:27)

          cara yg dikasih mas fauzan maksudnya

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 03:02)

          Gunakan plugin redirection, pasang URL not found dan arahkan ke URL yang bisa diakses, setelah itu simpan.
          Mungkin cara ini sedikit membuat capek, kalau URL not (found m=1) cukup banyak 😀

    Avatar

    saya pengen pindah WP, tapi saya takut, bingung, dan gak tau caranya kang, mungkin bener kalau musti latihan dlu dengan blog asal2an, tapi terlebih dari itu, yg menakutkan adalah katanya mslh permalink..

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 21:38)

      Kalau takut..selamanya tidak akan pernah bermigrasi ke wordpress self hosting 😀

    Avatar

    alif satya

    ( - 16:59)

    trimakasih mas gani akhirnya migrasi blog saya sudah beres..selamat malam..

    Avatar

    Bophi

    ( - 08:39)

    Selmat siang mas, saya memiliki kasus yang berbeda sebenarnya, tapi saya harap masih bisa ditanyakan disini ga OOT hehe..
    Begini mas, saya kan sudah punya blog self hosted di wordpress, domain TLD, nah akhir2 ini saya berencana untuk pindah domain, domain saya awalnya .xyz, tapi karena sering dianggap phising (katanya domain .xyz itu phising) jadi saya berencana untuk ganti domain .com. Pertanyaan saya mas :
    1. Apa kita harus install wordpress dari awal lagi?
    2. Visitor kita akan hilang ga ya?
    3. Menurut mas sendiri saya lebih baik pindah domain atau tetap di .xyz ya mas?
    Pertanyaan lain mungkin menyusul belum kefikiran juga 😀
    Terima kasih mas, ditunggu jawabannya 🙂

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 09:10)

      Wah, agak sedikit repot juga ni mas 😀
      1. Apa domain baru satu hosting dengan domain lama? atau dihosting ditempat lain? bisa dua cara mas, dengan melakukan pengaturan .htaccess cPanel(redirect permanen) atau memindahkan semua file database ke domain baru dan hosting baru.

      2. Visitor akan dialihkan saja, ke alamat domain yang baru.
      3. Nah keputusan itu tergantung Anda sendiri mas Bophi 😀

        Avatar

        Bophi

        ( - 18:08)

        Makasih banyak mas jawabannya 🙂
        1. Hosting sama domainnya terpisah mas, ngomong2 ada artikelnya ga mas tentang .htcacces? Newbie soalnya belum ngerti hehe
        2. Apa total visitor saya bakal ke reset ke 0 lagi ga mas kalo pindah domain gitu?
        Satu lagi mas kebetulan baru inget, saya kan saat ini lagi daftar adsense, kebetulan skarang lagi tahap review 2 dan belum ada balesan dari google, nah menurut mas mending tunggu dulu review 2 selesai atau langsung aja pindah domain?
        Sekali lagi terima kasih banyak mas 🙂

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 21:39)

          Saya kebetulan tidak punya tutorialnya mas, karena tutorial yang ada di blog ini berdasarkan pengalaman sendiri yang sudah saya uji dan kebetulan juga saya belum pernah melakukan redirect domain.

          Tapi saya bisa sedikit kasih gambarannya mas,
          1. Unduh semua database di domain lama.
          2. Instal wordpress di hosting baru dengan domain baru.
          3. Upload databasenya ke hosting baru.
          4. Nah, di cPanel hosting nantinya bisa dilakukan redirect permanaen 301 dari domain lama. dan penambahan dan pengeditan file di htcacces.

          Untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan langsung kepihak penyedia jasa hosting melalui custumer service, pasti tanya jawab dilayani dengan fast Respon. 😀

          Visitor tidak akan hilang karena sifatnya hanya pengalihan domain, jadi otomatis akan diarahkan ke domain baru.

          Contohnya seperti blognya mas sugeng, yang pindah domain dari mas-sugeng dot com ke sugeng dot Id.

          Nah, kalau lagi tahap review ya sebaiknya nunggu aja dulu sampai ada kepastian mas Bophi, kalau udah diterima Adsense nantinya kan tenang.

          Selama database masih ada, tetang aja mas,,,bisa dipindah kemana-mana termasuk pindah domain juga 😀 😀

    Avatar

    Review Harga

    ( - 16:49)

    berhasil mas, thanks ya,
    artikelnya lengkap, jd nggak perlu pakai yg lain lagi untuk redirect nya,, hehe
    alhamdulillah semua bisa terbuak semua tanpa masalah lagi..

    Avatar

    Mas Riyanto

    ( - 13:43)

    Selamat Malam Mas Gani , Website saya didevelop pake jomla kalau mau migrasi ke Wp apakan Bisa ?
    Terima Kasih Infonya .

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 14:04)

      Owh..Bisa mas, tapi tentunya ke wordpress self hosting dengan menggunakan Plugin FG joomla to wordpress. Plugin ini akan memindahkan posting, image post (gambar) dan kategori kedalam wordpress baru.

    Avatar

    aang hasta

    ( - 18:18)

    malam mas, mau nanya nih migrasi blogger ke wordpress

    1. bisa tidak klo misalnya blog kita masih pakai .blogspot.com terus mau migrasi ke WP, tapi beli domain TLD nya sama hostingnya pas mau migrasi ke WP???

    2. klo kita punya domain TLD tapi dihosting ke layanan gratis misalkan ‘hostinger’, nantinya bisa gak di alihkan ke hosting yg berbayar tapi semua content, komentarnya tetap alias tidak hilang atau harus ulang dari awal lagi???

    makasih mas

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 18:26)

      Malam juga mas @Aang Hasta
      1. Bisa mas, dari blogspot langsung ke migrasi ke WP. Tapi jika artikel sudah banyak lebih baiik di custom domain saja dulu agar pengunjung nantinya tidak hilang. Proses ini nantinya akan me-redirect dari domain TLD, bukan domain dari blogspot.

      2. Bisa mas, nantinya proses migrasi hosting membutuhkan file database dan semua file konten dari hosting pertama. cukup download saja keduanya sebelum melakukan migrasi hosting.

      Biasanya penyedia hosting yang baru akan membantu proses migrasi hosting sampai tuntas. Jadi tidak usah khawatir..semua post berikut komentar tidak akan hilang.

        Avatar

        aang hasta

        ( - 15:35)

        jadi bagusnya di custom domain dulu yah mas..

        oia mas, klo di Hostinger itu cara backup datanya gmna mas?

    Avatar

    Krisna

    ( - 12:23)

    mau tanya Mas, apakah setelah migrasi ke wordpress, kita harus submit ulang blog kita ke google webmaster?

    Terima kasih..

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 14:54)

      Betul, karena struktur permalink akan berubah jika sudah menggunakan wordpress.

        Avatar

        olavids

        ( - 15:53)

        nah submitt ulang itu maksdnya gmn ? apa yg lama di hapus dulu di GWT apa gimana gan ?

        thanks gan

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 20:20)

          Submit ulang atau resubmit artinya sama, hanya tinggal tekan tulisan resubmit di pengaturan sitemap untuk URL-nya.

    Avatar

    tohir

    ( - 23:13)

    akhirnya ketemu juga artikelnya…terimakasih sekali mas…

    sangat membantu…

    saya sedang melakukan tranfer dari blogger ke wordpress, semoga sukses..

    Avatar

    agus

    ( - 16:40)

    mas mau tanya, cara munculin htaccesnya gimana ya? soalnya saya cari2 hidden file untuk di centang tidak ada.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 18:49)

      Kalau tidak ketemu bisa dilihat pada tab menu cPanel (yang deretan paling atas )> Hidden file, centang untuk memunculkan file yang tersembunyi

    Avatar

    Emis Sc

    ( - 14:42)

    Jadi modifikasi httaccess yang kaya diatas bisa ngatasin not found buat internal link juga ya mas?

    Tadi saya baru migrasi & ubah permalink tapi banyak artikel yang ada link ke postingan lain & pakai format blogger jadi pas diklik 404. deh

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 18:36)

      Blog ini menggunakan cara itu dan working.
      Tutorial juga saya dapatkan berdasarkan pengalaman migrasi blog ini yang dulunya dari blogspot custom domain ke wordpress self hosting.

    Avatar

    beni78

    ( - 20:04)

    jadi keuntungnya dimana mas? kalu kita migrasi..

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 20:09)

      Kalau bicara keuntungan tergantung sama orangnya masing-masing mas. 😀
      Tapi yang jelas, banyak fitur dari wordpress yang tidak pernah dijumpai di blogspot.

        Avatar

        beni78

        ( - 20:15)

        hmmm blog aku tld saya mau migrasi tapi lum paham mas takut salah seting..

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 07:49)

          Kalau selamanya takut ya gk bakalan jadi migrasi 😀
          Asal Backup semua data secara lengkap, tidak akan menjadi masalah, itu kalau memang benar niatnya mau pindah ke self hosting mas @beni. 😀

    Avatar

    Trima kasih bos.infonya sangat membantu.
    Sukses trus dengan blognya.

    Avatar

    selamat pagi kang, izin bergabung, oya kang saya baru saja menerapkan tutorial itu di hatchess kang, saya liat di perayapan webmaster banyak kesalahan, dengan melakukan langkah demikian ulr not foud akan hilang sendirinya ya kang, terus di kesalahan ulr webmaster apakah kita centng semua terus tandai sudah diperbaiki, apakah gitu kang, mohon solusinya kang, wasalam 🙂

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 07:51)

      Tidak masalah. yang penting artikel bisa diakses.
      Kalau terjadi kesalahan diperayapan di webmaster itu wajar, karena begitu instal di WP baru langsung otomatis ada kategori baru.

      Betul, di fix saja dulu di webmasternya, periksa lagi setiap halaman apa sudah teredirect dengan benar.

      Cara ini sudah saya terapkan di blog saya dan work 100%.
      URL dari blogspot berhasil di redirect semua.

    Avatar

    mas teguh

    ( - 14:38)

    terus terang saya masih awam tg WP,..yg jadi pertanyaan saya cuma atu mas gani…setelah migrasi, apa kita masih bergantung dg search console google?.. thanks jawaban nya..sukses terus blognya…kalo udah mulai migrasi..saya hubungi antum

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 20:51)

      Kalau boleh dibilang saya belum genap 1bulan mempelajari WP, pada dasarnya sama dengan blogspot kok mas teguh, tapi jauh lebih mudah menggunakan WP (ini pengalaman saya setelah hampir 4tahunan menggunakan blogger) Karena semua dikerjakan dengan plugins.

      Sebaiknya dipikirkan dulu matang matang mas teguh, atau kita bisa latihan dengan domain dan hosting gratis dengan menggunakan blogspot yang tidak kita gunakan, artikel copas aja. setelah seminggu baru di migrasikan. (saya sediakan tutornya juga di blog ini tentang domain dan hosting gratis)

      Kita tetap bergantung sepenuhnya dengan search console, ntar tinggal beresin halaman eror 404.karena di WP akan tercipta category baru secara otomatis. Setelah itu baru submit ulang sitemap nya.

      Baik mas teguh, kapan saja dibutuhkan selama saya masih mengupdate blog ini.

    Avatar

    Adi

    ( - 10:03)

    Maaf mas bener ga begini?

    Jadi saya ubah nameserver di penyedia domain yang tadinya ke blogger ke wp saya….
    Setelah itu instal wp dan impor ya..

    Nah setelah pemindahan namserver itu, domain kita masih bisa dikunjungi tidak ya

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 23:24)

      Benar mas Adi, jadi rubah nameserver dari penyedia domain, dan isi dengan nameserver dari hosting baru.
      Untuk hosting berbayar = Nameserver diterima melalui email, saat pemesanan hosting sudah dibayarkan.
      Untuk hosting gratis = Nameserver diterima melalui email saat pendaftaran hosting gratis selesai.

      Tujuan mengganti nameserver adalah mengarahkan domain ke hosting baru, setelah pergantian nameserver domain tetap bisa dikunjungi. kan ada fasilitas dashboard pengelola domain tersendiri, dan kita bisa mengganti namesever kapan saja, asalkan sudah di unlock.

      Kalau yang di maksud mas adi adalah blogspot masih bisa dikunjungi atau tidak, jawabannya adalah masih bisa, dashboard blogspot masih bisa di buka seperti biasa..tetapi alamat URL akan ter-redirect ke wordpress jika proses pointing nameserver nya selesai (max 24jam).

      Setelah masa propagasi selesai, barulah kita instal wordpress di cPanel dan impor backup dari blogspot. Semoga membantu.

    Avatar

    Terima Kasih Masukannya Gan… Saya punya blog 3bulan lebih, dan postingan sudah 50an. Namun, visitor tak kunjung datang, saya pikir ini karena Custom Domain. Apa sebaiknya saya melakukan Tips seperti yang sobat terapkan? Mohon Masukannya….

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 20:42)

      Masalah visitor bukan karena custom domain, justru penggunaan custom domain (nama domain sendiri) itu lebih bagus. Coba perbaiki faktor SEO yang mendukung, sebagai contoh pengunaan template yang valid struktur html -nya, pemasangan meta tag yang benar, serta kata kunci yang tertarget dalam artikel. Sebab yang membawa pengunjung ke artikel anda adalah (sebagian besar) search engine. Migrasi ke wordpress bukan faktor meningkatkan pengunjung, itu semua tergantung anda mengolah artikel agar tampil di halaman pencarian google.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *