Review ProdukTekno

22 Dual Camera Phone: Smartphone Fotografi dengan Dual Fungsi

HP dual kamera tengah menjadi trend smartphone keluaran terbaru. Setelah memanjakan pengguna smartphone dengan kamera selfie, sekarang berbagai vendor pencipta smartphone memanjakan para pecinta fotografi ponsel dengan mengeluarkan HP dual kamera. Handphone dual kamera menjadi trend setelah sebelumnya ponsel dengan kamera depan berresolusi tinggi sempat populer.

HP dual kamera sebenarnya bukanlah hal baru. HP dual kamera sudah mulai beredar sejak pertengahan 2014 lalu. Namun hingga kini masih banyak vendor yang memproduksi smartphone dual kamera. Bahkan vendor besar sekelas Apple juga mengeluarkan produk flagshipnya pada akhir tahun 2016 lalu, yaitu iPhone 7 Plus yang menjadi ponsel dual kamera terbaik.

Vendor lain yang juga mengeluarkan smartphone dual kamera terbaru diantaranya Xiaomi, Huawei, LG, ZTE, Asus, Vivo, HTC dan Motorola.

Baca juga: Moto Z2 Play, ponsel dengan berbagai aksesoris

Ponsel dual kamera menawarkan dua pilihan pengambilan gambar dengan ponsel yang sama. Beberapa vendor mengeluarkan ponsel dual kamera dengan fungsi zoom dan wide angle, ada juga yang mengeluarkan ponsel dual kamera dengan fungsi zoom dan lensa fix. Selain itu, ponsel dual kamera juga masih dilengkapi dengan kamera depan yang tidak kalah mumpuni. Hal ini tentu saja sangat memanjakan para pengguna smartphone dual kamera.

Berbagai vendor mengeluarkan Smartphone dual kamera terbaru tahun 2017 ini. Tidak semua mengeluarkannya sebagai ponsel premium. Beberapa vendor juga merilis hp dual kamera murah dan bisa dijangkau oleh kalangan menengah kebawah. Sehingga tidak hanya pengguna smartphone kelas premium yang bisa menikmati smartphone dual kamera.

Berikut ini referensi untuk anda yang menginginkan hp dual kamera, mulai dari hp dual kamera terbaru hingga ponsel dual kamera yang sudah dirilis sejak lama.

1. Apple iPhone 7 Plus Smartphone Dual Kamera Terbaik

hp dual kamera
via gsmarena.com

Apple iPhone 7 Plus sampai saat ini masih diakui menjadi ponsel dual kamera terbaik. Ponsel dual kamera yang dirilis akhir tahun 2016 ini bukan hanya menawarkan kualitas kamera yang sangat bagus. iPhone 7 Plus juga menawarkan berbagai pesona lainnya, mulai dari sistem operasi, RAM, memori, chipset dan grafis yang memang diakui sangat berkualitas.

Loading...

Apple memang bukan vendor yang rajin mengeluarkan ponsel versi terbaru. Dalam satu tahun Apple biasanya hanya merilis dua type ponsel saja. Ini adalah strategi yang baik agar penggunanya tidak menyesal apabila keluaran selanjutnya lebih baik, karena setidaknya sudah menggunakan ponsel dalam waktu cukup lama.

Karena kualitas dan spesialnya ponsel ini, jadi tidak heran jika harga iPhone 7 Plus baru dan bekas masih tetap mahal.Tahun ini rencananya Apple akan meluncurkan smartphone flagship terbarunya yaitu iPhone 8. Kita tunggu saja seberapa keren ponsel premium yang satu ini.

Baca juga: iPhone 8, hadiah ulang tahun Apple ke 10

LayarLED-backlit IPS LCD, 5.5 inches 1080 x 1920 pixels (~401 ppi)
ChipsetApple A10 Fusion
ProsesorQuad-core 2.34 GHz (2x Hurricane + 2x Zephyr)
Sistem OperasiiOS 10.0.1, upgradable to iOS 10.2
RAM/Internal3GB/32,128,256GB
Kamera BelakangDual 12 MP, phase detection autofocus, quad-LED flash
Kamera Depan7 MP
BateraiNon-removable Li-Ion 2900 mAh battery

Smartphone Xiaomi Dual Kamera

2. Xiaomi Mi 5X

Xiaomi Mi 5X dibekali dengan dual kamera belakang 12 megapiksel. Ponsel dual kamera ini memiliki dua fungsi kamera yaitu telephoto atau lensa jarak jauh dan lensa sudut lebar atau wide lens.

HP dual kamera ini menawarkan kemampuan zoom optik 2X dan zoom digital 10X. Smartphone ini diakui memiliki kemiripan yang besar dengan iPhone 7 Plus.

Baca juga: Xiaomi Mi 5X dual kamera super gahar

hp dual kamera
pict via geekbuying.com

3. Xiaomi Mi 6

Smartphone dual kamera yang tengah populer adalah Xiaomi Mi 6. Ponsel dual kamera ini membawa dua lensa belakang dengan resolusi masing 12MP. Ditambah lagi dengan dual LED flash yang membantu pengambilan gambar di tempat yang minim cahaya. Kamera juga tidak kalah mumpuni karena sudah beresolusi 8 MP.

Dari sisi performa, Xiaomi Mi 6 tidak bisa diremehkan. HP dual kamera ini sudah dilengkapi dengan Chipset Snapdragon 835 dengan sistem operasi Android versi terakhir yaitu android Nougat. Dua perpaduan ini dianggap mampu memberikan performa yang kuat dan memuaskan pada berbagai smartphone.

hp dual kamera
pict via geekbuying.com

4. Xiaomi Redmi Pro

Xiaomi Redmi Pro adalah produk Xiaomi pertama yag menyuguhkan dual kamera belakang. Dual kamera tersebut memiliki resolusi 13MP dan 5MP. Ponsel dual kamera ini memiliki fitur Phase Detection Autofocus danDual LED Flash. Ponsel dual kamera ini juga memasang kamera depan dengan resolusi sebesar 5MP.

Xiaomi Redmi Pro dibandrol dengan harga yang cukup murah, tetapi kualitas kamera dan performanya bisa dibilang cukup memuaskan. HP dual kamera ini sudah mengadopsi sistem penguncian menggunakan fingerprint atau sidik jari. Teknologi ini diadopsi pleh hampir semua HP keluaran terbaru

dual camera
pict via xiaomidevice.com

Smartphone Huawei Dual Kamera

5. Huawei P9

Ponsel dual kamera dari Huawei yang terbaik dan masih ada di pasaran adalah Huawei Leica P9. Huawei mengadopsi teknologi kamera bikinan Leica, dan ini lah yang membuatnya menjadi sangat populer. Huawei P9 bersama Leica mampu menghasilkan gambar yang sangat menawan. Bukan hanya dual kamera 12MP yang dilengkapi Leica optic dan Dual LED flash, HP dual kamera ini juga dilengkapi dengan kamera depan 8MP.

Yang membuatnya menjadi semakin populer adalah performanya yang sangat gahar. Bagaimana tidak, smartphone dual kamera ini membawa dapur pacu super keren yaitu prosesor Octacore 64-Bit didukung chipset Hisilicon Kirin 955 yang sangat identik pada Huawei. Ditambah lagi RAM 3 dan 4 GB yang mendukung performanya.

6. Huawei Honor V9

Vendor smartphone dual kamera yang selanjutnya adalah Huawei. Huawei sudah mengadopsi teknologi ponsel dual kamera dan memasangnya di perangkat HP keluaran terbaru yang cukup banyak. Hal ini karena Huawei tidak hanya meluncurkan HP dual kamera berkelas flagship, tetapi juga pada kamera yang tergolong murah.

Huawei Honor V9 tergolong ponsel kelas menengah yang sudah dibekali dengan dual kamera 12 MP. Ditambah lagi dengan dual LED flash dan laser autofokus untuk mempermudah pengambilan gambar. Ponsel ini juga dibekali dengan RAM 4GB dan 6GB serta memori internal 64GB dan 128GB yang mendukung untuk menyimpan banyak gambar hasil jepretan tanpa perlu menambah memori eksternal.

LayarLTPS IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors, 5.7 inches, 1440 x 2560 pixels (~515 ppi pixel density)
ChipsetHiSilicon Kirin 960
ProsesorOcta-core (4×2.4 GHz Cortex-A73 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)
Sistem OperasiAndroid OS, v7.0 (Nougat)
RAM/Internal4/6GB, 64/1228GB
Kamera BelakangDual 12 MP, f/2.2, phase detection and laser autofocus, dual-LED (dual tone) flash, [email protected], [email protected]
Kamera Depan[email protected], [email protected]
BateraiNon-removable Li-Po 4000 mAh
Fitur lainFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass

7. Huawei Honor 8 Pro

hp dual kamera
via androidauthority.net

Sama seperti Honor 8, Honor 8 Pro memiliki dua sensor 12MP – satu standar dan menangkap foto berwarna sementara yang lainnya berwarna monokrom (hitam & putih). Yang terakhir tidak memiliki filter Bayer yang digunakan pada kamera konvensional untuk menghasilkan gambar berwarna.

Ada juga dual-tone LED flash. Ini adalah konfigurasi kamera yang sama yang pernah kita temui di Huawei P9, yaitu branding Leica. Ini berarti Anda tidak akan mendapatkan mode film Vivid and Smooth yang eksklusif.

8. Huawei P10 Plus

Merek Leica memiliki tempat yang membanggakan di belakang beberapa perangkat Huawei sekarang. P10 Plus mengklaim untuk mempermanis kesepakatan lebih jauh lagi. Rumus dasarnya tetap sama – sensor monokrom 20MP dan satu RGB 12MP, yang terakhir dilengkapi dengan OIS.

Sementara pasangan P10 dan Mate 9 secara reguler mengandalkan lensa FSI 2,2 Leica SUMMARIT, P10 Plus meningkatkan taruhannya dengan LEI SUMMILUX yang lebih cerah dan lebih cepat.

hp dual kamera
via phonearena.com

9. Huawei P10

Kolaborasi kedua dengan Leica telah membawa P10, Mate 9 dan Mate 9 Pro sebuah setup kamera ganda, yang terdiri dari sensor monokrom 20MP dan RGB 12MP satu, masing-masing di belakang 27mm-equivnya sendiri. Lensa aperture f / 2.2. Ada stabilisasi gambar optik hanya untuk kamera warna, dan sepertinya ini adalah kasus dengan Mate 9 dan Mate 9 Pro.

10. Huawei Honor 6X

The Honor 6X adalah salah satu perangkat mid-range pertama dengan setup sensor kamera ganda untuk foto utama. Perusahaan telah menggunakan dua kamera dengan resolusi yang berbeda secara drastis: kamera 12MP + sensor kedalaman 2MP – kemungkinan besar akan menghemat biaya.

Sensor kedua digunakan hanya untuk mengumpulkan informasi mendalam tentang pemandangan sehingga memungkinkan penerapan efek bokeh faux berkualitas tinggi (menambahkan latar belakang buram di belakang subjek Anda).

11. Huawei Mate 9

Bukan hanya Huawei P9 yang ditawarkan sebagai ponsel dual kamera mumpuni. Verdor asal Tiongkok ini juga memberikan pilihan smartphone dual kamera yang lain. Huawei Mate 9 ini memiliki dual kamera yang lebih gahar. Bagaimana tidak, HP dual kamera ini membawa kamera utama dengan resolusi yang sangat besar yaitu 20MP dan 12 MP. Belum lagi, kamera depan ponsel ini beresolusi 8 MP dengan hasil yang sangat memuaskan.

12. Huawei Mate 9 Pro

Huawei Mate 9 Pro dianggap sebagai ponsel dual kamera yang cukup mahal di kelasnya. HP dual kamera ini memiliki fitur yang hampir sama dengan Huawei Mate 9. Bedanya adalah ponsel ini memiliki RAM yang lebih kecil karena hanya dibekali dengan RAM 2 GB

13. Huawei Honor 6 Plus

Huawei Honor 6 Plus diluncurkan pertama kali pada tahun 2014 lalu. Huawei Honor 6 Plus adalah salah satu pelopor trend ponsel dual kamera. Pada saat itu, HP dual kamera ini dibekali dengan kamera belakang yang memiliki resolusi 8MP masing-masing. Termasuk kamera depan yang diusung juga memiliki resolusi 8MP.

Dual kamera belakang sudah didukung oleh fitur autofocus dan Dual LED flash. Pada saat diluncurkan, smartphone dual kamera ini masih menggunakan sistem operasi Android Kitkat.

Smartphone LG Dual Kamera

14. LG G5

Ponsel dual kamera yang diluncurkan Vendor LG ini memang cukup menarik. LG G5 dibekali dengan dual kamera yang memiliki resolusi 16MP dan 8MP. Layarnya berukuran 5,3 inchi dengan kepadatan piksel 554 ppi membuat setiap hasil jepretan nampak sangat sempurna. Ditambah lagi dengan kamera depan yang memiliki resolusi 8MP dan mampu merekam video dengan kualitas HD.

15. LG X Cam

Selain LG G5, Vendor LG juga meluncurkan ponsel dual kamera untuk kelas menengah kebawah. Harga LG X Cam baru dan bekas memang tidak terlalu memberatkan penggunanya. Namun kualitas yang ditawarkan juga tidak main main.

Smartphone dual kamera ini dilengkapi dengan kamera belakang 13MP dan 5MP. Namun sayangnya HP dual kamera ini hanya memiliki baterai dengan kapasitas 2520 mAH yang kurang mampu untuk mendukung kualitas kamera yang cukup besar.

HP Dual Kamera Berbagai Merek

16. Nokia 8

Ponsel dual kamera ini dibekali dengan dua kamera belakang beresolusi 13MP. Kamera yang dibawa merupakan produksi dari Zeiss yang membuatnya semakin gahar. Uniknya, HP dual kamera ini bisa mengaktifkan kamera depan dan kamera belakang sekaligus.

Baca juga: Nokia 8 Ponsel dual kamera berfungsi bersama

17. Asus Zenfone 3 Zoom ZE553KL

Asus memang terkenal membawa kamera dengan resolusi yang besar besar. Kali ini Asus membekali Zenfone 3 Zoom dengan dual kamera 12MP yang super bokeh. Ditambah lagi, ponsel dual kamera ini dibekali kamera depan 13 MP

18. HTC One M8

HTC One M8 adalah salah satu pelopor ponsel dual kamera yang diluncurkan pada tahun 2014. Ponsel ini dibekali dengan kamera belakang yang memiliki resolusi 4MP dan 4MP yang diperkuat dengan autofocus dan LED flash. Selain itu HP dual kamera ini memiliki resolusi 5MP pada kamera depan

19. Vivo xplay 6

Di China, Vivo terkenal dengan kemampuan kamera dan kameranya yang kuat dan Xplay 6 berhasil melakukannya dengan benar. Dual 12 megapiksel di bagian belakang (yup, ponsel ini memiliki kamera ganda) mengambil foto menakjubkan dengan cahaya rendah berkat aperture f / 1.7 nya. Dalam tes sisi-by-side dengan Huawei Mate 9 Pro dan Xiaomi Mi Note 2 dan LG V20, foto cahaya rendah Xplay 6 keluar di atas.

20. Gionee s9

Akan ada kamera belakang ganda-13-megapiksel di samping kamera sekunder 5 megapiksel serta kamera 13 megapiksel di bagian depan. Gionee selalu menggunakan prosesor Helio, bukan Snapdragon. Karena ini akan menjadi perangkat andalan, mereka ingin memiliki prosesor kelas tinggi di telepon yang bisa memberi mereka hasil bagus. Sesuai laporan, mereka telah memutuskan untuk menggunakan prosesor 1,84 GHZ Octa Core MediaTek Helio P10. Ini akan dipasangkan dengan RAM 4GB yang bagus yang bisa melakukan semua proses.

21. ZTE nubia z17 mini

Kamera adalah salah satu highlight besar dari Z17 mini dan untuk memberikan keunggulan pada kompetisi ini, Nubia telah memasangnya dengan dua sensor 13 megapiksel (satu RGB dan satu monokrom). Kombinasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan detail dalam foto, namun sayang, hasilnya tidak terlalu mengesankan saat foto terlihat pada layar lebih besar.

Snapdragon 652 menangani pemutaran video 4K dengan sangat baik dan tak perlu dikatakan lagi, ini juga bisa dilakukan dengan video highrate tinggi lainnya.

hp dual kamera
via gadgetsng.com

22. ZTE axon 7 max

Untuk optik, ZTE Axon 7 Max memiliki kamera 13 megapiksel ganda di bagian belakang dengan fitur autofocus laser dan modul flash dual-LED. Kamera yang menghadap ke depan pada perangkat ini adalah penembak 8 megapiksel untuk selfies. ZTE Axon 7 Max memiliki penyimpanan built-in 64GB yang dapat diupgrade melalui kartu microSD (hingga 200GB). Di sisi belakang smartphone duduk pemindai sidik jari melingkar.

Sekian tadi daftar 22 HP dual kamera mulai dari yang paling populer hingga yang dirilis pada awal awal adanya teknologi dual camera smartphone. Setiap ponsel diatas memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing pada beberapa bagian. Semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin memiliki ponsel dual kamera.



Loading...

Baca selengkapnya

Tiara Uji Lishianawati

Belajar menulis, saat ini sedang senang menulis tentang gadai BPKB Motor. Menjadi kontributor di beberapa blog, tetapi menulis informasi gadai BPKB motor hanya di blog sendiri.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *