Ini Dia Alasan HP Jadul Lebih Baik dibanding Smartphone

Hp jadul merupakan salah satu jenis handphone yang pernah populer di kalangan masyarakat jauh sebelum kedatangan smartphone. Memiliki fitur yang sederhana, yakni hanya untuk mengirim SMS (Short Message Service) dan melakukan panggilan. Serta disertai game-game bawaan yang sangat sederhana. Masih ingat game snake? Game legendaris yang hampir setiap orang pernah memainkannya.

Seiring dengan  perkembangan teknologi yang semakin mutakhir, muncullah inovasi-inovasi baru hingga lahirlah smartphone seperti sekarang. Perlahan tapi pasti orang-orang mulai beralih dari hp jadul ke smartphone. Bahkan penggunaan hp jadul sudah menjadi barang langka di era modern saat ini, mungkin hanya segelintir orang saja yang masih menggunakannya.

Namun, dibalik keterbatasan fiturnya tersebut, ada beberapa kelebihan yang menjadikannya lebih unggul dibanding smartphone saat ini.

Apa saja kelebihan Hp jadul?

Cek di ulasan berikut…

Desain yang Kokoh

Rata-rata semua hp jadul memiliki desain yang kuat dan kokoh. Itulah sebabnya hp jadul memiliki ukuran yang cukup tebal dibanding smartphone masa kini. Namun, justru itulah kelebihannya. Kalaupun terjatuh, hal tersebut tidak serta-merta membuat komponen yang ada di hp tersebut menjadi rusak, berbeda dengan smartphone yang terkesan lebih rapuh dan sensitif untuk bagian touch screennya.

Pengalaman saya pribadi ketika menggunakan hp jadul, saat itu saya menggunakan hp jadul yang berlayar kuning dan meskipun sering terjatuh berkali-kali tetapi tidak ada kerusakan yang berarti, palingan cuma lecet-lecet sedikit namun layar tidak ada masalah. Beda cerita ketika smartphone saya yang jatuh, memang layarnya belum sampai retak atau pecah, tetapi ketika diaktifkan atau menggunakan background berwarna hitam nampak titik-titik kecil yang menurut saya sangat mengganggu.

Desain yang Bervariasi

Hp jadul

Hp jadul via https://jalantikus.com

Loading...

Poin kedua yang menjadikannya unggul dibanding smartphone adalah desainnya yang bervariasi. Silakan lihat desain Nokia 7610 yang bentuknya ketupat atau Nokia N-Gage yang mirip konsol PlayStation, hal itu membuktikan bahwa desain yang diusung selalu bervariasi dan tidak terkesan monoton. Berbeda halnya dengan smartphone sekarang yang rata-rata berbentuk persegi panjang dan terkesan itu-itu saja desainnya.

Hemat Baterai

Untuk urusan baterai, saya rasa kita sama-sama setuju bahwa ketahanan baterai dari hp jadul memang luar biasa. Untuk sekali charge hingga full bisa bertahan hingga berhari-hari. Saking lamanya, terkadang kita sampai lupa untuk mengisi ulang baterai hp kita.

Sedangkan smartphone, saya butuh 1 – 2 kali charge dalam sehari untuk pemakaian normal (dalam artian tidak untuk gaming dan aktivitas yang cukup menguras baterai lainnya). Suka males sih sebenarnya kalau bolak-balik ngecharge, apalagi disaat kita lagi butuh banget ya kan?

Irit Pulsa

Untuk masalah pulsa, kita nggak perlu takut kehabisan kuota seperti di smartphone. Pulsa 50 ribu aja awet banget ya kan.. bisa tahan berhari-hari. Kalau sekarang? Pulsa 50 ribu bisa tahan berapa hari gan? Seminggu aja kadang gak cukup ya kan.. hehe, apalagi kalau kita sering streaming video, main game online, chatting, sosmed, dan lain-lain.

Tidak Perlu Aksesoris Tambahan

Aksesoris tambahan mampu mempercantik dan menjadikan fungsi smartphone menjadi lebih optimal.  Contohnya saja case smartphone yang berfungsi melindungi bodi smartphone dari berbagai benturan, goresan, serta debu. Atau powerbank yang gunanya untuk mengisi ulang baterai smartphone ketika sedang mati lampu atau kita lagi bepergian dan nggak nemuin yang namanya colokan, juga tongsis yang nggak ketinggalan buat agan-agan yang suka selfie dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Aksesoris Smartphone yang Tidak Bisa Ditinggalkan

Android Kamu Terasa Ngelag? Mungkin ini Penyebabnya!!!

Cashtree: Aplikasi Bagi-bagi Pulsa Gratis untuk Android

Jaman dulu mah belum ada yang begituan, karena rata-rata memang kita tidak membutuhkannya. Secara bodi hp jadul yang memang kokoh dan tahan banting, baterainya yang tahan lama, dan belum tersedianya fitur kamera membuat hp jadul tidak memerlukan aksesoris tambahan seperti itu.

No Virusno-virus

Virus merupakan salah satu momok yang paling menakutkan untuk smartphone saat ini. Bagaimana tidak? Virus dapat menyebabkan sebuah smartphone menjadi tidak berfungsi secara optimal. Virus dapat berupa software jahat, iklan, atau hal-hal yang merugikan lainnya. Efek paling buruknya adalah smartphone bisa mati total.

Masalah-masalah di atas tidak pernah kita khawatirkan ketika menggunakan hp jadul. Meskipun sistem operasinya sangat sangat sederhana, tetapi sangat stabil. Buktinya jarang terjadi lag, dan justru tidak disibukkan dengan pembaruan sistem. Tidak seperti smartphone sekarang ya kan?

Lebih Kalem

Kenapa saya bilang lebih kalem? Karena memang nggak ribut dan secerewet smartphone ketika sedang menerima notifikasi-notifikasi tertentu. Terutama sosmed sih, apalagi jika kita menginstall seluruh aplikasi-aplikasi sosial media dan pada saat yang bersamaan semuanya ada notifikasinya..

Bisa Buat Jualan Pulsa

Keunggulan lainnya dari hp jadul adalah bisa buat jualan pulsa. Coba deh perhatiin mas-mas atau mbak-mbak yang punya counter pulsa, mereka kalau ada yang beli pulsa ngisinya pake apa? Pake hp jadul ya kan? Jadi, ternyata hp jadul masih bisa bermanfaat hingga saat ini.. hehe

Akhir Kata

Hp jadul memang bukanlah yang terbaik untuk saat ini, tetapi ada beberapa kelebihan yang menjadikannya lebih unggul dibandingkan smartphone sekarang. Memang.. jika dibandingkan dengan smartphone akan banyak kekurangan yang dimilikinya.

Karena pada dasarnya memang bukan jamannya lagi, sesuai namanya hp jadul ya memang untuk jaman dulu. Tapi.. Ada tapinya nih gan, hp jadul tetap masih bisa bermanfaat kok untuk saat ini tergantung bagaimana kebutuhan kita dan bagaimana menggunakannya untuk hal-hal yang lebih bermanfaat tentunya.


Loading...

Bagikan

Penulis

zakiyfauzi
zakiyfauzi
Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.

Kunjungi: Channel Youtube Saya
zakiyfauzi

Penulis

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.Kunjungi: Channel Youtube Saya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *