Internet

Ikuti Posisi Global, Posisi Realme di Indonesia Juga Tak Berubah

Beberapa hari yang lalu, Counterpoint telah mengeluarkan riset terbarunya terkait vendor smartphone terbesar yang ada di dunia. Dalam riset Counterpoint, posisi puncak vendor smartphone terbesar masih dipegang oleh Samsung yang kemudian diikuti oleh Apple.

Adapun untuk posisi ketujuh atau Top 7 diisi oleh Realme. Sebagai pendatang baru di dunia smartphone, capaian Realme tersebut adalah capaian yang positif mengingat bulan Februari lalu adalah bulan di mana pasar smartphone global mengalami penurunan pengiriman perangkat.

Baca juga: Realme Tetap Bertahan di Top 7 Vendor Smartphone Global

Di Indonesia, Realme Berada di Posisi Top 4

Tahun lalu, Realme berhasil menduduki posisi keempat sebagai smartphone terbesar keempat yang memiliki pangsa pasar terbesar di RI. Laporan tersebut disampaikan oleh Quarterly Mobile Phone Tracker Q3-2019 dari IDC.

Dalam laporan disebutkan jika Realme berhasil mencatatkan peningkatan penjualan hingga 2 kali lipat di kuartal kedua tahun 2019. Di kuartal kedua tahun 2019, Realme memiliki pangsa pasar sebesar 6,1 persen atau merebut pangsa pasar smartphone Indonesia sebanyak 12,6 persen hanya dalam waktu satu kuartal saja.

Tak hanya di kuartal kedua tahun 2019 saja, namun Realme berhasil menutup tahun 2019 dengan menduduki posisi Top 4 sebagai merek smartphone terbesar di Indonesia. Dan untuk tahun 2020 ini, khususnya kuartal pertama tahun 2020, Realme kembali masuk ke Top 4.

Baca juga: Usia Satu Tahun, Ini Ponsel Realme yang Pernah Diluncurkan di Indonesia

Realme Digandrungi Kawula Muda

Berdasarkan laporan IDC Technology Spotlight seperti yang dikutip dari Tek ID, (3/4/2020), para pengguna Realme kebanyakannya adalah para kawula muda. Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh pihak IDC Technology Spotlight, ada beberapa kriteria smartphone yang berhasil menarik minat para pengguna muda.

Kriteria yang berhasil menarik minat para pengguna muda adalah spesifikasi yang layak (45,81%) adalah faktor terbesar dalam membeli smartphone. Lalu dilanjut dengan harga yang kompetitif (13,47%), citra merek (11,08%), dan promosi (8,98%). Survei yang dilakukan pihak IDC itu dilakukan pada responden berusia 16 hingga 25 tahun.

“Seperti yang ditemukan dalam survei, spesifikasi yang layak, harga yang kompetitif, citra merek, dan promosi dianggap sebagai faktor yang mempengaruhi bagi konsumen Gen Z saat membeli smartphone,” ucap Mevira Munindra selaku Senior Research Manager of IDC Indonesia.

“Realme memiliki peluang besar untuk sukses, mengingat ia muncul sebagai salah satu merek pilihan teratas yang memberikan nilai bagus dalam spesifikasi, harga kompetitif, dan promosi yang menarik untuk kelompok usia 16-25 tahun,” tambah Mevira.

Baca juga: Realme Smartwatch Akan Hadir di Indonesia, Berikut Infonya!

Keberhasilan Realme yang tetap berada di Top 4 disyukuri oleh Palson Yi selaku Marketing Director Realme Indonesia. Dirinya juga mengaku bangga karena Realme ternyata menjadi favorit kalangan muda dalam memilih smartphone. Palson juga mengungkapkan bahwa pihak perusahaan akan terus memberikan kejutan menarik untuk anak-anak muda Indonesia.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close