Ulasan Bisnis

Investasi Saham Online, Cara Bermain Saham untuk Pemula di Era Digital

Investasi Saham Online – Ketika mendengar kata saham, banyak orang yang seketika mengernyitkan dahi. Soalnya, saham dianggap sebagai sesuatu yang wah, sukar dipahami, ajaib dan sebagainya.

Meskipun saham, pada kenyataannya terutama investasi saham, sebenarnya ramah juga buat pemula. Keliru jika menyangka butuh modal besar untuk berinvestasi saham.

Pemanfaatan internet saat ini memang luas sekali cakupannya utamanya dalam bidang bisnis, dan salah satu sistem bisnis dengan memakai fasilitas internet yaitu investasi.

Saat ini ada banyak sekali investasi yang bisa dilakukan secara online misalnya saja investasi reksadana online dan investasi peternakan maupun pertanian secara online.

Tidak mau ketinggalan beberapa sekuritas juga membuat layanan investasi saham secara online agar menarik minat masyarakat dan lebih memudahkan calon investor untuk mulai berinvestasi.

Mengenal Saham

Investasi Saham Online

Pengertian Saham sendiri yaitu sebuah surat berharga yang menunjukan kepemilikan badan atau seseorang kepada suatu perusahaan, surat berharga ini dikeluarkan oleh emiten atau perusahaan yang umumnya berbentuk PT (Perseroan Terbatas).

Saham juga menunjukan bahwa seseorang yang mempunyainya adalah pemilik dari beberapa dari perusahaan itu. Wujud dari saham sendiri umumnya berupa kertas yang didalamnya menjelaskan bahwa pemilik kertas itu adalah seseorang yang juga mempunyai perusahaan yang menerbitkannya

Definisi lebih sederhana seperti yang diterangkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI), saham merupakan suatu bukti penyertaan modal di perusahaan atau perseroan terbatas (PT). Jadi, umpamanya kita punya saham di PT MNC Grup, artinya kita ikut serta memodali perusahaan itu.

Atas penyertaan modal ini, kita memiliki hak hadir dalam rapat pemegang saham PT MNC Grup. Kita juga akan mendapat laba perusahaan yang disebut dividen sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Macam-macam saham sendiri ada dua yakni saham biasa dan saham preferen. Saham biasa menunjukan bahwasanya pemilik surat saham adalah pemilik sesungguhnya dari perusahaan itu.

Sementara untuk saham preferen menunjukan bahwasanya pemilik surat saham mempunyai hak istimewa dalam pembayaran deviden daripada dengan pemilik saham biasa.

Kinerja perusahaan betul-betul memberi pengaruh hasil investasi saham.

Saat kinerja perusahaan turun, otomatis harga sahamnya turut merosot. Demikian juga sebaliknya.
Contohnya kita beli saham 100 lembar saham dengan harga Rp10 ribu per lembar.

Artinya, duit yang kita keluarkan Rp1 juta. Seandainya kemudian kinerja perusahaan naik dan harga saham meningkat menjadi Rp20 ribu per lembar, nilai saham kita menjadi Rp2 juta.

Kecuali itu, laba tentu mengikuti kinerja perusahaan yang naik. Jadi, dividen yang dibagikan ke pemegang saham otomatis meningkat pula.

Bagaimana Cara Mulai Investasi Saham Online ?

Ada dua cara yang bisa dipilih untuk mulai investasi saham yang bisa anda pilih :

Secara Offline

Cukup datangi perusahaan sekuritas atau pialang/broker saham. Ada dua macam perusahaan ini, yaitu swasta (asing dan nasional) serta BUMN.

Perusahaan itu antara lain Mandiri Sekuritas dan BNI Sekuritas. Mendaftar ke perusahaan sekuritas sama seperti menabung di bank, jadi jangan kuatir. Siapkan dana untuk disetorkan dan berkas syarat-syaratnya, antara lain

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi NPWP
  • Formulir aplikasi

Setoran dana minimum untuk bikin rekening saham umumnya Rp 1 juta. Sesudah memiliki rekening saham, tinggal jalankan investasi ini.

Secara Online

1. Investasi saham online

Investasi saham menjadi gampang berkat teknologi. Diantaranya dengan adanya investasi saham online. Jual-beli saham dapat dikontrol dan dimonitor melalui gadget.

Sejumlah perusahaan sekuritas punya aplikasi yang dapat diunduh dan dipasang di ponsel, misalnya Simas Equity Mobile dari PT Sinarmas Sekuritas, POEMS ID dari PT Phillip Sekuritas Indonesia, MOST Mobile Mandiri dari Mandiri Sekuritas, BIONS Mobile dari BNI Sekuritas, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk bertransaksi saham, cukup dengan membuka aplikasi itu.

2. Pilih saham

Untuk menentukan profit, pilih saham dari perusahaan yang performanya baik. Kita dapat memantau performanya melalui aplikasi online di atas.

Lihat rekam jejak perusahaan, apakah grafiknya meningkat, menurun, atau turun-naik. Yang kita pilih tentunya yang grafiknya naik.

3. Beli saham

Beli saham via aplikasi online cukup dengan sentuhan jari. Tidak perlu datang ke kantor perusahaan sekuritas. Untuk membeli saham online, kita dapat menyetor dana terlebih dahulu untuk dipotong kemudian.

Berdasarkan regulasi, 1 lot saham kini terdiri atas 100 lembar saham. Dahulu, 1 lot itu 500 lembar. Jadi, kini regulasi lebih ringan dan ramah bagi investor pemula berkantong terbatas.

Dalam investasi saham, kita harus rajin memantau informasi ekonomi dan pasar setiap hari. Gunanya, dapat memilih perusahaan yang kinerjanya baik.

Kiat Jual Beli Saham

1. Kuasai Strategi

Supaya dapat memperoleh keuntungan tentu saja wajib memiliki strategi dalam berinvestasi saham, hal ini penting sebab akan memastikan kesuksesan sobat kedepannya.

Strategi yang dimaksud ialah harus dapat memutuskan waktu yang pas kapan membeli dan jual saham.

2. Lakukan Analisis

Analisis yang dimaksud disini yaitu mengumpulkan info mengenai perusahaan seperti prospek perusahaan, profile, info pasar modal dan juga laporan keuangan.

3. Update Info Terkini

Naik turunnya ekonomi di negara kita banyak berdampak pada naik turunnya harga saham, untuk itu perlu sekali memantau update info dan berita mengenai naik turunnya perekonomian di negara kita, kecuali itu wajib rajin memonitor nilai saham yang kita miliki.

Demikian sedikit ulasan mengenai investasi saham online yang bisa menjadi pilihan bagi anda yang menginginkan keuntungan yang lumayan besar dari hasil investasi yang anda lakukan. Semoga bisa referensi dan bermanfaat untuk anda


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close