Karakteristik wirausaha

Belajar Sukses Dari Stave Jobs Dengan Karakteristik Wirausaha

Sukses dari karakteristik Wirausaha dapat diraih oleh siapa saja termasuk diri sendiri mulai dari sekarang. Banyak orang yang mengawali dirinya menjadi orang sukses sudah melewati berbagai fase- fase yang membuat kesuksesan datang.

Mengenal Stave Jobs dari karakteristik wirausahawan

Stave Jobs merupakan orang yang sukses karena produknya yang mendunia (Apple).

Ia mengawali kesuksesannya sebagai  seorang Wirausahawan  kecil- kecilan dengan tekad awal mulanya. Ia bukan seorang Insinyur atau ahli tehnik computer, tetapi dia adalah orang yang menghargai kreatifitas. Stave Jobs adalah penemu Apple Computer.

 karakteristik Wirausaha
Image from http://www.telegraph.co.uk

Stave Jobs bukan orang kaya pada awalnya, tetapi dengan keberanian dan perhitungan. Produk dagangannya berhasil meyakinkan pemilik modal. Ia adalah seorang ahli strategis bisnis yang tidak tanggung- tanggung. Ia memandang produk kreativitas itu sebagai komoditi yang dapat dijual.

Karakteristik wirausaha yang dapat membuat sukses

Cerita steve jobs diatas adalah sekelumit kisah orang sukses yang mampu membuat perubahan drastis dalam hidupnya, bahkan membuat perubahan dan kemajuan system teknologi untuk masyarakat luas. Dibawah ini adalah karakteristik wirausaha yang perlu diteladani.

Selalu bersikap disiplin

Disiplin mengandung arti yaitu ketaatan pada aturan. Sikap disiplin sendiri bersumber dari kata sendiri “self discipline”. Pembentukan perilaku disiplin bisa melalui upaya- upaya yaitu fokus, membangkitkan perhatian, menunjukkan pentingnya pelajaran, memberitahukan tujuan pelajaran, dan memperagakan.

Memiliki komitmen tinggi

Loading...

Mengandung arti fokus pikiran diarahkan kepada tugas dan usahanya dengan selalu berupaya memperoleh hasil yang maksimal.

Jujur

Kejujuran merupakan hal penting dalamkarakteristik Wirausaha, harus berani mengatakan segala sesuatu dengan benar. Apabila hal ini diterapkan dalam kehidupan sehari- hari termasuk dalam dunia bisnis oleh seorang wirausaha. Pasti akan mempunyai manfaat lebih dikarenakan menimbulkan kepercayaan kepada pelanggan terhadap usaha kita.

Kreatif dan inovatif

Hasil penelitian terhadapat otak manusia menunjukan bahwa fungsi otak manusia dapat dibagi menjadi dua bagian. Yaitu fungsi otak sebelah kiri dan fungsi otak sebelah kanan. Setiap bagian otak mempunyai fungsi spesifik dan menangkat informasi yang berbeda.

Fungsi otak yang satu lebih dominan dari pada bagian yang lain. Otak sebelah  kiri berperan untuk menangkap logika dan simbol- simbol, sedangkan otak sebelah kanan lebih menangkap hal- hal yang bersifat intuitif dan emosional. Otak sebelah kirilah  yang menggerakan kemampuan berfikir lateral dan meletakkan  proses kreatif pada jiwa.

Mandiri

Seorang wirausaha harus mampu mengerjakan sendiri segala hal dan kegiatan yang bisa dikerjakan sendiri tanpa bantuan orang lain. Mandiri dapat ditumbuhkan sejak umur masih kecal atau sejak dini hari.

Realistis

Berfikir secara realistis atau berfiir secara nyata dengan apa yang sedang terjadi dan sesuai dengan akal sehat

Mencintai pekerjaan

Rasa senang sering dapat mengubah keadaan menjadi berbeda. Waktu yang lama akan terasa sangat pendek karena dipengaruhi psikologis, yakni rasa senang. Dalam masalah pekerjaan, rasa suka dan senang sangat menentukan langgeng tidaknya pekerjaan tersebut.

Karakteristik wirausaha

Orang yang senang  bekerja tidak akan membuang waktu, sehingga lebih sukses dalam usaha, serta selalu ingin maju dalam berwirausaha. Tetapi sebaliknya, jika rasa senang terhadap pekerjaan itu sangat kecil atau hampir tidak ada, maka yang terasa hanya mudah bosan dan terkesan sebagai sebuah beban.

Jika pekerjaan itu yang terasa menjadi beban, maka yang ada dibenak pikiran hanya ada satu kata “ingin segera melepaskannya”. Oleh karena itu, penting sekali memilih pekerjaan yang sesuai dengan bakat. Minat dan kesenangan sebagai karakteristik wirausaha.

Selalu mencari yang baru

Seorang wirausaha memiliki daya kreasi dan inovasi yang lebih dari non- wirausahawan. Hal yang belum terpikirkan oleh orang lain sudah dapat terpikirkan olehnya dan mampu membuat hasil inovasi itu menjadi demand.

Baca juga : Bisnis Online Super Minimalis..Mau Coba?

Banyak sekali contoh  yang menunjukan bahwa kreativitas dan inovasi adalah salah satu faktor yang bisa membawa seseorang menjadi wirausahawan sukses seperti Stave Jobs. Perlu diingat bahwa kreativitas dan inovasi bukan merupakan satu- satunya  faktor penentu.


Loading...

Bagikan

Bima saputra

Penulis

welcome to my galery profil instagram.com/bimol7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *