Tekno

7 Kelebihan Snapdragon 855, Chipset Mobile Terbaik 2019

Sebagai salah satu produsen prosesor mobile terbaik saat ini, Qualcomm selalu mengeluarkan terbaru dan terbaik mereka dari tahun ke tahun. Melalui seri chipset Snapdragon yang dirilis pertama kali pada tahun 2007, mereka menawarkan performa yang terus meningkat pada seri terbarunya dengan beberapa kelebihan Snapdragon 855.

Prosesor terbaru mereka tersebut, yakni Snapdragon 855, diperkenalkan ke publik pertama kali pada 5 Desember 2018. Di tahun 2019 ini, berbagai brand pun memercayakan dapur pacu smartphone flagship terbaik mereka di isi dengan prosesor terbaik ini.

Ini dikarenakan Snapdragon 855 dipercaya dapat memaksimalkan berbagai fitur yang ada pada smartphone tersebut.

Baca juga: 5 Smartphone dengan Chipset Snapdragon 855 Terbaik 2019

7 Kelebihan Snapdragon 855, Chipset Mobile Terbaik Saat Ini

Sebagai chipset mobile terbaik tahun 2019, prosesor dari Qualcomm ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan seri sebelumnya maupun prosesor dari produsen lain.

Berikut ini ulasan singkat mengenai 7 kelebihan snapdragon 855 yang harus kamu ketahui.

1. Performa lebih kencang

Kelebihan Snapdragon 855

Apabila dibandingkan dengan seri pendahulunya, yakni Snapdragon 845, chipset Snapdragon 855 memiliki performa yang lebih cepat.

Seri teranyar ini dibekali teknologi pemrosesan 7nm, sehingga memiliki performa yang lebih efisien dibandingkan seri pendahulunya yang masih menggunakan 10nm.

Selain itu, dengan adanya Kyro 485 dan GPU Adreno 640 juga dapat membuat Snapdragon 855 dapat bekerja dengan lebih ngebut.

Dengan berbagai spesifikasi yang dimilikinya, apabila dibandingkan dengan Snapdragon 845 chipset ini merupakan yang terbaik saat ini karena mampu menghasilkan performa 45% lebih cepat.

Sementara untuk pengolahan grafisnya 20% lebih kencang dibandingkan pendahulunya tersebut.

2. Kemampuan gaming yang mumpuni

Kelebihan Snapdragon 855

Dengan kemampuan pemrosesan tugas yang kencang tersebut, tentu membuat Snapdragon 855 menjadi prosesor yang sangat mumpuni digunakan untuk bermain game.

Selain itu, Qualcomm juga membekali chipset terbaru mereka ini dengan fitur Snapdragon Elite Gaming Experience yang mampu menghasilkan kualitas warna gambar yang lebih nyata.

Qualcomm merasa perlu menyematkan fitur tersebut karena adanya pergeseran penggunaan smartphone untuk gaming dari konsol game dan PC.

Selain itu, kualitas grafis game mobile saat ini pun semakin tinggi, sehingga membutuhkan dukungan prosesor yang mendukung pula untuk semakin memaksimalkan game tersebut.

3. Dukungan Artificial Intelligence yang sangat baik

Kelebihan Snapdragon 855

Selain performa yang lebih kencang, Snapdragon 855 juga didukung dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang sangat baik.

Chipset ini hadir dengan dukungan Qualcomm AI Engine generasi keempat yang memiliki kemampuan 7 TOPs (7 trillion operations per second) dan tiga kali lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

Teknologi Qualcomm AI Engine juga dapat mengangkat kemampuan pada Google Android NN-API, Qualcomm Neural Processing SDK, Qualcomm Math Library, dan Hexagon NN.

4. Lebih hemat daya baterai

Kelebihan Snapdragon 855

Dengan fabrikasi 7nm, Snapdragon 855 tak hanya lebih kencang dari segi perfroma, namun juga membuat baterai smartphone menjadi lebih efisien.

Apabila dibandingkan dengan Snapdragon 845, chipset terbaru milik Qualcomm ini mampu menghemat baterai hingga 1,5 jam ketika digunakan untuk bermain game maupun untuk mengakses media sosial.

5. Memaksimalkan kualitas kamera

Kelebihan Snapdragon 855

Fitur lain yang dimiliki oleh Snapdragon 855 ini adalah fitur Computer Vision Image Signal Prosesor (CVI-SP) yang terdapat pada Spectra 380 ISP. Dengan adanya fitur ini, membuat kemampuan fotografi semakin maksimal.

Dengan dual kamera beresolusi 22 MP, Snapdragon 855 dapat dioptimalkan pada 30 fps atau pada kamera tunggal dengan resolusi 48 MP juga pada 30 fps.

Sementara untuk kemapuan perekaman videonya, chipset ini dapat membantu merekam video dengan kualitas 4K HDR pada 60 fps melalui kamera belakang.

Sedangkan dari kamera depan mampu melakukan perekaman HDR 10+ serta fitur slow motion dengan resolusi 720 piksel hingga 480 fps.

6. Konektivitas lebih lancar dan kencang

Sebagai chipset mobile paling mutakhir yang dimiliki Qualcomm saat ini, Snapdragon 855 juga telah dilengkapi dengan dukungan terhadap koneksi 5G.

Dengan adanya modem 5G X50 ini juga memungkinkan smartphone memiliki konektivitas tinggi yang belum bisa dicapai oleh ponsel dengan chipset lainnya.

Selain itu, untuk konektivitas 4G-nya pun mengalami peningkatan dibandingkan seri pendahulunya melalui dukungan modem LTE Snapdragon X24 yang disematkan padanya.

7. Kualitas audio yang semakin meningkat

Keunggulan lain yang terdapat pada chipset Snapdragon 855 adalah adanya audio codec Qualcomm aptX Adaptive. Dengan adanya fitur ini, maka kualitas audio nirkabel juga akan semakin meningkat.

Dengan kualitas suara yang baik tentu akan semakin meningkatkan pengalaman saat nonton video ataupun main game.

Nah, itulah 7 kelebihan Snapdragon 855, chipset mobile dengan kualitas paling tinggi. Saat ini kamu sudah bisa menemukan smartphone flagship yang dibekali dengan prosesor Snapdragon 855 di pasaran. Kamu mau coba merasakan kehebatan Snapdragon 855 ini?


Loading...
Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close