Perbedaan Smartphone Flagship dan Smartphone Gaming

Jangan Salah ya, Ini Perbedaan Smartphone Flagship dan Smartphone Gaming

Perbedaan Smartphone Flagship dan Smartphone Gaming – Smartphone flagship atau high-end biasanya dibekali dengan spesifikasi tinggi. Begitu juga dengan smartphone gaming, smartphone ini juga disematkan spesifikasi mumpuni untuk menunjang kinerjanya dalam mengolah grafis game.

Meski sama-sama memiliki dapur pacu mumpuni, namun ada perbedaan antara smartphone flagship dan smartphone gaming ini. Terutama pada desain, material, hardware, dan software.

Lantas bagaimana dengan perbedaan harganya? Apakah sama-sama dibanderol dengan harga tinggi, mengingat jeroan yang di usung kedua smartphone ini rata-rata memiliki spesifikasi tinggi.

Artikel singkat ini akan menjelaskan perbedaan antara smartphone flagship dan smartphone gaming

Apa yang Dimaksud dengan Smartphone Flagship?

Banyak orang menyebut istilah flagship untuk smartphone, namun apa sih sebenarnya pengertian smarphone kelas flagship ini?

Beberapa pihak menyebutkan bahwa smartphone flagship adalah perangat yang paling populer dan paling laris, meskipun tak harus memiliki spesifikasi yang Top of the line.

Meski perangkat itu berbiaya murah, beberapa pabrikan smartphone mempunya perangkat flagship (andalan) mereka sendiri.

Seperti Pocophone F1, Smartphone ini menggunakan prosesor Snapdragon 845 namun dijual dengan harga lebih murah dari smartphone kelas flagship lainnya.

Loading...

Baca juga : 7 Smartphone Snapdragon 845 Terbaru dan Terbaik

Menurut pihak Android Authority, banyak pandangan berbeda-beda mengenai smartphone flagship.

Ada yang berpendapat Flagship adalah perangkat terbaik yang ditawarkan OEM (Original Equipment Manufacturer) dan menganggap Flagship memiliki spesifikasi teratas yang tersedia saat ini.

Ada pula yang berpendapat bahwa status flagship mengacu pada perangkat terbaik di semua brand dan tidak bergantung pada fitur dan spesifikasi.

Tentunya, harga yang ditawarkan setiap vendor yang menjual smartphone kelas flagship juga berbeda-beda. Namun, harga yang ditawarkan adalah harga tertinggi karena merupakan produk unggulannya.

Sebagai contoh, harga smartphone flagship Samsung dan harga smartphone flagship dari Oppo, Xiaomi, Vivo ataupun Huawei tentunya jga berbeda.

Perbedaan harga ini bisa disebabkan karena desain, material, hardware, dan software yang digunakan.

Baca5 Smartphone Flagship Terbaik yang Masuk Indonesia Tahun 2018

Smartphone gaming

Lantas bagaimana dengan smartphone gaming? Apakah smartphone ini bisa digolongkan dalam smartphone kelas flagship.

Mengacu penjelasan diatas, jawabannya adalah bisa iya dan bisa tidak.

Namun, kita tidak mau kan hanya dipusingkan dengan jenis atau golongan kelas untuk smartphone.

Smarphone gaming adalah smartphone yang rancang khusus untuk kebutuhan game, terutama semua game yang dijalankan pada flatform mobile.

Perlu Anda ketahui, smartphone gaming tidak hanya mengunggulkan dapur pacu yang kencang saja, namun juga memiliki seluruh kebutuhan pengguna gamers untuk platform mobile.

Disini terlihat sekali perbedaan antara smartphone flagship dan smartphone gaming.

Smartphone gaming memiliki berbagai aksesoris tambahan untuk menunjang aktivitas gaming penggunanya, sedangkan smarphone flagship tidak.

Sebut saja Asus ROG Phone , smartphone gaming ini memiliki beberapa aksesoris tambahan seperti Active Cooler, Twinview Dock, Mobile Desktop Dock, hingga Gamevice Controller.

Harga Asus ROG Phone dibanderol Rp 12,999 juta untuk varian 128 GB. Sedangkan harga Asus ROG Phone untuk versi 512 GB dibanderol Rp 14,499 juta.

Dilangsir dari inet.detik.com. Asus mulai menjual ROG Phone di Indonesia pada Januari 2019.

Tidak semua smartphone gaming mahal

Meskipun smartphone kelas flagship identik dengan harga tinggi, namun tidak berlaku untuk smartphone gaming.

Perlu digaris bawahi lagi, smartphone gaming adalah smartphone yang dirancang khusus untuk kebutuhan para gamers. Harga smartphone gaming belum tentuharus mahal, semua tergantung pada spesifikasi yang ditawarkan.

Apabila ingin memiliki smartphone gaming dengan harga yang lebih terjangkau, Anda bisa memilih ASUS Zenfone Max Pro M1 atau M2 dengan harga mulai Rp. 2.199.000. Selisih harga hanya tergantung spesifikasi.

Baca disiniASUS ZenFone Max Pro M1, Bukan Sekedar Smartphone Limitless Gaming Biasa

Smartphone limitless gaming dari Asus ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 636, dengan prosesor utama 4x 1,8 GHz Kryo 260, 4x 1,6 GHz Kryo 260.

Menggunakan arsitektur 64 bit dan prosesor grafis Qualcomm Adreno 509 untuk melibas game-game berat dengan resolusi tinggi.

Itulah perbedaan smartphone Flagship dan Smartphone Gaming. Meskipun kelas flagship mampu memainkan game berat, namun tidak dilengkapi dengan aksesoris gamer sebagai penunjang dan desain smartphone biasanya lebih ke arah elegan style.


Loading...

Bagikan

Penulis

Jesica Putri
Jesica Putri
Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"
Jesica Putri

Penulis

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *