Internet

Cara Liburan Murah Ke Jepang Tanpa Jasa Tour Guide

Travelling atau liburan adalah salah satu cara kita menyegarkan pikiran dari kesibukan pekerjaan sehari hari. Kita bisa melakukan liburan ke berbagai destinasi entah di dalam negeri maupun di luar negeri. Nah kali ini saya akan coba membahas tentang Liburan Murah Ke Jepang yang mungkin bisa anda jadikan referensi jika ingin berkunjung ke negeri matahari terbit ini.

Kenapa Ke Jepang ??

Kenapa saya membahas tentang Jepang ?? Sebelumnya saya menulis artkel ini karena sesuai pengalaman saya sendiri yang sudah tinggal di Jepang selama 3 tahun. Saya menjalani proses pemagangan dan bekerja di salah satu perusahaan di Jepang. Jadi selama saya 3 tahun tinggal di Jepang saya memanfaatkannya untuk Travelling berkeliling Jepang. Dan sesuai pengalaman tersebut lah akhirnya saya membuat artikel tentang Liburan Murah Ke Jepang ini.

Liburan Murah Ke Jepang
Gunung Fuji Dari Danau Kawaguchiko

Jepang sendiri merupakan negara maju yang sebenarnya tidak memiliki sumber daya alam. Mereka maju karena teknologi yang mereka punyai. Itu dikarenakan pendidikan yang mereka terima dari keluarga dan sekolah mendukung perkembangan bakat dan minat mereka. Selain keindahan dari kemajuan teknologi Jepang juga mempunyai kebudayaan yang sangat kental. Bahkan seiring perkembangan jaman pun budaya da tradisi di Jepang masih sangat lestari.

Cara Liburan Murah Ke Jepang Tanpa Jasa Tour Guide

Jepang terdiri dari Hokkaido sampai Okinawa yang setiap daerah nya mempunyai keunikan tersendiri. Namun tidak mungkin rasa nya kita bisa menikmati seluruhnya jika hanya melakukan Travelling beberapa hari saja. Apalagi Jepang adalah negara subtropis yang mempunyai 4 musim yaitu gugur, dingin, semi dan panas. Jadi tidak semua tempat bisa kita kunjungi di keempat musim tersebut karena berbagai hal.

Nah kali ini saya akan mencoba membagikan beberapa tips yang bisa kita gunakan jika ingin berlibur ke Jepang. Yang tentunya beberapa tips ini berguna agar liburan yang kita lakukan puas dan efisien. Berikut beberapa tips nya.

1. Kapan Waktu Liburan ?? Musim Apa Juga ??

Menentukan musim apakah kita akan liburan sangat penting, terlebih jika kita berlibur ke negara 4 musim seperti Jepang. Karena tidak semua tempat bagus di kunjungi di semua musim. Misalnya saja Gunung Fuji yang menjadi salah satu ikon wisata Jepang. Gunung Fuji hanya di perbolehkan untuk di lakukan pendakian di musim panas saja karena selain musim panas suhu nya bisa mencapai suhu beku yang membahayakan nyawa kita.

Liburan Murah Ke Jepang
Gunung Fuji Dari Chureito Pagoda

Contoh lainnya lagi adalah di Prefektur Tochigi tepat nya di daerah Nikko. Daerah ini sangat indah jika dikunjungi pada musim gugur karena daerah ini merupakan pegunungan yang akan berubah warna menjadi kuning dan merah jika musim gugur. Namun di musim lainnya Nikko akan terasa biasa saja sama dengan daerah lain.

2. Berburu Tiket Jauh Jauh Hari

Tiket pesawat adalah salah satu biaya yang paling besar. Namun jika kita ingin menikmati Liburan Murah Ke Jepang kita bisa mensiasati nya dengan cara memesan tiket jauh jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Minimal mungkin 4 bulan bahkan ada salah satu kenalan saya lewat media sosial yang memesan tiket hampir setahun sebelum tanggal keberangkatan untuk mendapatkan harga tiket termurah.

Keuntungannya selain kita bisa mendapatkan harga tiket yang murah juga waktu persiapan yang panjang. Kita bisa lebih santai mempersiapkan segala nya baik mental maupun keperluan fisik lainnya sebelum memulai petualangan di negeri seberang.

3. Tentukan Tujuan Travelling

Melakukan perjalanan ke luar negeri tentunya berbeda dengan di area dalam negeri saja. Perlu persiapan yang lebih matang jika kita akan berpergian ke negara orang lain. Salah satu nya adalah tempat tujuan manakah yang akan kita kunjungi nanti nya jika sudah tiba di negara tujuan.

Point ini sebenarnya masih berhubungan dengan point pertama tadi dimana kita harus menentukan kapan kita akan liburan. Ada beberapa tempat di Jepang yang cocok di kunjungi hanya pada satu musim saja. Namun masih banyak pula tempat tempat lain yang bisa di kunjungi di segala musim contohnya seperti Tokyo Skytree, Tokyo Tower, Asakusa, Akihabara, Fushimi Inari Taisha di Kyoto dan masih banyak lagi yang lainnya.

Catat lah semua tempat tujuan yang ingin kita kunjungi. Nanti hal ini akan berguna untuk langkah selanjutnya.

4. Buatlah Itinerary Lengkapnya

Seorang Traveller tentunya sudah tidak asing lagi dengan kata Itinerary khususnya bagi yang suka bepergian keluar negeri. Itinerary adalah jadwal perjalanan yang rencananya akan kita lakukan saat berlibur nantinya. Segala aktivitas kita mulai dari bangun tidur, jalan jalan kemana pun sampai kembali ke penginapan lagi, semuanya tercatat di Itinerary.

Liburan Murah Ke Jepang
Kuil Sensoji Di Asakusa Tokyo

Fungsi lain dari Itinerary adalah untuk pengajuan visa kita ke negara tujuan. Biasanya saat hendak mengajukan visa kita juga akan ditanyakan tentang Itinerary yang akan kita gunakan saat sedang liburan ke negara tujuan tersebut. Dan Itinerary ini juga akan menjadi pertimbangan masalah di approve atau tidak nya visa yang kita ajukan.

5. Contoh Itinerary 7 hari Liburan Murah Ke Jepang

Waktu : Tujuan : Estimasi Anggaran :
Hari Pertama Danau Kawaguchiko ( Gunung Fuji ), Chureito Pagoda ( Gunung Fuji ) dan Fujikyu Highland Penginapan 3 hari 5.600 yen, Tiket Kereta PP 3.820 yen dan Makan 1.500 yen
Hari Kedua Tokyo ( Tokyo Station, Tokyo Imperial Palace, Akihabara dan Odaiba ) Tiket Kereta 1.220 yen dan Makan 1.500 yen
Hari Ketiga Tokyo ( Skytree, Asakusa, Shibuya, Shinjuku dan Tokyo Tower ) Tiket Kereta 1.710 yen, Tiket Skytree 3.000 yen, Tiket Tokyo Tower 1.420 yen dan Makan 1.500 yen
Hari Keempat Osaka Castle, Namba, Shinsaibashi, Dotonbori dan Ebisu Bridge ( OSAKA ) Bus Tokyo Osaka 7.500 yen, Penginapan 3 hari 9.000 yen, Tiket kereta 540 yen dan Makan 1.500 yen
Hari Kelima Universal Studio Jepang, Osaka Aquarium, Takoyaki Museum dan Shinsekai ( Masih OSAKA ) Tiket Kereta 1.260 yen dan Makan 1.500 yen
Hari Keenam Arashiyama ( Kebun Bambu ), Fushimi Inari Shrine, Kinkakuji Temple dan Kyoto Station ( KYOTO ) Tiket Kereta 2.780 yen dan Makan 1.500 yen
Hari Ketujuh Gifi Tower dan Gifu Castle ( GIFU ) Tiket Kereta 16.190 yen dan Makan 1.500 yen

Di atas adalah contoh Itinerary Liburan Murah Ke Jepang selama 7 hari dengan tujuan Tokyo, Osaka, Kyoto dan juga Gifu. Itinerary tersebut saya buat berdasarkan pengalaman pribadi dan juga hasil sharing dengan beberapa teman saya di Jepang. Dan dari total 7 hari di Jepang kita akan menghabiskan dana sekitar 65.190 yen atau jika di kurs kan ke rupiah yang saat ini 1 yen = 110 rupiah maka hasilnya adalah 7.170.900 rupiah.

Berikut dibawah ini adalah artikel tentang Itinerary di atas yang lebih detail.

Itinerary 7 Hari Di Jepang Hanya 7 Jutaan Saja

6. Gunakan Tiket Kereta Promo Untuk Menekan Biaya Transportasi

Di Jepang biasa nya ada tiket promo yang memang di sediakan untuk para Traveller demi kenyamanan dan kepuasan turis asing tersebut. Tiket promo ini biasanya memiliki harga lebih murah dan berbagai keunggulan lainnya dibanding dengan menggunakan tiket standart kereta di Jepang.

Untuk mendapatkan tiket promo ini bisa browsing sendiri di internet atau bertanya kepada para anggota grub grub para backpacker yang banyak tersebar di Facebook. Saya pun banyak belajar mengenai dunia para backpacker dari banyak grub yang saya ikuti di Facebook.

7. Cari Referensi Dan Dengarkan Pengalaman Orang Yang Pernah Travelling Ke Jepang

Guru yang terbaik adalah pengalaman namun guru yang lebih baik lagi adalah pengalaman orang lain. Hal ini juga berlaku dalam hal Travelling terlebih jika melakukan Travelling keluar negeri. Cari referensi dan dengar kan tips serta pengalaman orang yang pernah melakukan Travelling sebelumnya ke Jepang. Hal ini bisa lebih memantapkan serta mematangkan persiapan yang telah kita lakukan agar perjalanan lancar dan memuaskan.

Itu lah beberapa tips yang bisa saya berikan agar rencana Liburan Murah Ke Jepang anda beserta keluarga ataupun teman berjalan dengan lancar. Semoga bermanfaat apa yang saya sampaikan di atas, jika memang informasi ini di rasa berguna bisa di sebarkan agar teman teman anda juga merasakan manfaat dari pembahasan saya ini. Akhir kata terima kasih dan salam Backpacker.


Loading...
Baca selengkapnya

Saya adalah seorang yang memiliki hobi travelling dan fotografi. Silahkan kunjungi blog pribadi saya di www.aristo.id. Support anda adalah semangat saya untuk terus berkarya.

Artikel terkait

6 Comments

  1. Mas maaf ada no yg bs dihubungi mau tanya2 ttg jepang hematnya

  2. Kalo kits landing di osaka kix dan Hanya mau jalan2 3 hari. Disana .. apa Aja yg bail di kunjungin dan tinggal yg mural ( hostel). Jg Boleh . Gimana ya .. kalo jalan2 nya sendiri aja Tampa Teman ? Mau ya yg irit baget .? Apa Mukhamad bisa Bantu kasih gambaran ? Thanks

    1. Silahkan klik di pencarian Google kata kunci ” Itinerary Jepang “. . . Disana ada beberapa artikel saya mengenai Itinerary Jepang baik di Tokyo Osaka maupun juga di Kyoto. . .atau langsung saja ke halaman blog saya di www aristo(dot)id atau Aristo Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close