Pendakian ke Gunung Semeru

Siapa yang tak tahu Gunung Semeru? Gunung dengan ketinggian 3.676 Mdpl ini menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa. Dan menjadi salah satu seven summit Indonesia dengan nama puncak Mahameru dan Jonggring Saloko adalah nama kawah nya.

Gunung Semeru menjadi terkenal ketika mulai merebak nya film “5cm” yang dibintangi oleh sederet artis ternama. Beberapa artis ternama seperti Fedi Nuril, Herjunot Ali, Igor Saykoji, Pevita Pearce, dan artis lainnya.

Efek film ‘5cm’ tersebut membuat banyak kaum muda dan mudi yang tertarik untuk mencoba melakukan perjalanan atau pendakian ke Gunung Semeru, yang berada di Kabupaten Malang dan juga Kabupaten Lumajang.

Persyaratan Untuk Melakukan Pendakian ke Gunung Semeru

Kamu harus melengkapi beberapa persyaratan untuk melakukan pendakian ke Gunung Semeru. Seperti, foto copy KTP yang masih berlaku, surat keterangan sehat serta materai Rp. 6,000 agar kamu bisa melakukan perjalanan pendakian ke Gunung Semeru. Perjalanan tersebut kurang lebih membutuhkan waktu  3 hingga 4 hari untuk mencapai puncak Mahameru.

Bagi kamu yang ingin melihat pemandangan indah saat kamu melakukan pendakian ke Gunung Semeru, maka dirikanlah tenda dan juga bermalam di pos Ranu Kumbolo. Karena tempat ini memiliki pemandangan indah. Yaitu berupa hamparan danau yang amat luas, sehingga kamu dapat leluasa mendirikan tenda dan juga dapat mengambil air secukupnya di danau Ranu Kumbolo.

Danau Keramat Ranu Kumbolo

Yang harus di ingat, jangan sekali kali kamu mandi di danau. Karena menurut adat istiadat masyarakat sekitar yang masih menganut agama hindu, danau ranu kumbolo adalah tempat keramat bagi kepercayaan mereka. Camp ground yang ada di pos ranu kumbolo terbagi atas dua bagian, yakni berada di shelter ranu kumbolo dan juga di pangonan cilik yang hanya dapat menampung 3 hingga 4 tenda saja.

Untuk kamu yang hobi fotografi, spot yang bagus adalah ketika kamu berada di shelter ranu kumbolo. Sehingga kamu dapat jelas melihat matahari tenggelam diantara kedua bukit.

Pendakian Ke Gunung Semeru

Loading...

Foto diatas adalah suasana danau ranu kumbolo ketika pukul 04.30 WIB. Jadi kamu harus bangun pagi untuk mendapatkan spot foto seperti itu.

Bagi kamu yang akan melakukan perjalanan pendakian ke Gunung Semeru, sebaiknya kamu menggunakan peralatan pendakian untuk menjaga keselamatan kamu dan juga meminimalisir terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

Suhu di Gunung Semeru sendiri juga sangat ekstrim, bisa mencapai hingga -4 derajat celsius. Maka dari itu, lengkapi lah peralatan pendakian kamu untuk menjaga keselamatan diri dan ingat, bermalamlah di ranu kumbolo, karena danau ini memiliki pemandangan indah saat kamu melakukan pendakian ke Gunung Semeru.

Referensi lain : Surga Kecil, Pantai Pelang Di Kabupaten Trenggalek


Loading...

Bagikan

Penulis

ninoartikel
ninoartikel
Nino Artikel adalah seorang pria yang memiliki hobi membaca dan menulis. Minat serta tekat menjadi blogger profesional sudah dilalui dari tahun 2011. Selain seorang freelancer, sesuai dengan namanya, juga adalah seorang penulis artikel.
ninoartikel

Penulis

Nino Artikel adalah seorang pria yang memiliki hobi membaca dan menulis. Minat serta tekat menjadi blogger profesional sudah dilalui dari tahun 2011. Selain seorang freelancer, sesuai dengan namanya, juga adalah seorang penulis artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *