Optimasi Blog

Loading Website Anda Lambat? Coba Lakukan Beberapa Hal Ini

Apa kabar Klik Mania? Saya harap baik-baik saja dan senang bisa bertemu dengan Anda. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara mempercepat loading website termasuk website Anda.

Apakah Anda merasa website Anda sangat lambat? Atau mendapat skor kurang baik di page speed test. Dulunya blog saya juga begitu, penyebabnya adalah terlalu banyak instal plugin. Oleh sebab itu saya non-aktifkan plugin yang tidak terlalu penting.

Loading website yang cukup lama dapat membuat pengunjung bosan untuk menunggu, karena itu saya menganggap kecepatan loading website itu hal yang sanat penting.

Klik Mania ini jika dimuat sangat cepat hingga saya terkagum- kagum dengan website ini. Setelah saya tanya admin dari blog ini berkata menggunakan beberapa plugin untuk dapat mempercepat loading websitenya.

Supaya loading website Anda bisa secepat Klik Mania atau setidaknya tidak lambat. Saya akan berbagi pengalaman saya.

Catatan : Backup semua database Anda sebelum melakukan instalasi dan pengaturan plugin.

Cara mempercepat loading website

mempercepat loading website

  • Gunakan Plugin Autoptimize

Plugin Autoptimize ini akan membuat kode script website Anda ini lebih ringkas. Walaupun satu baris akan lebih panjang namun dapat membuat script website Anda lebih ringkas. Sehingga loading website Anda lebih ringan dibandingkan sebelumnya.

Autoptimize dapat mengkompresi css dan js serta html. Tapi berhati-hati jika setelah memasang plugin Autoptimize ini, jika website Anda tidak bisa dibuka jangan panik.  Segera non-aktifkan plugin Autoptimize. Setelah itu hapus plugin. Dan cek kembali website Anda saya jamin kembali seperti semula.

Baca lengkap seting plugin dibawah ini :

Mempercepat Loading Blog WordPress dengan Plugin Autoptimize

  • Gunakan plugin JS and CSS Script Optimizer

Jika plugin Autoptimize tidak cocok dengan theme Anda. Mungkin Anda dapat mengunakan plugin JS and CSS Script Optimizer. Plugin ini memiliki fungsi yang sama dengan plugin Autoptimize Tetapi  plugin ini tidak menambah script pada website Anda melainkan memperingkas saja tidak sampai dalam theme.

loading website

Perhatikan seting plugin ini secara seksama, ada beberapa kasus plugin My tab widget dari Mytheme Shop akan tidak berfungsi jika menggunakan plugin ini.

  • Gunakan Plugin W3 Total Cache

Plugin W3 Total Cache lumayan ampuh untuk mempercepat loading website Anda. Dia memiliki semua fungsi plugin diatas. Tetapi kinerjanya kurang maksimal jika seting atau pengaturannya tidak tepat. Jadi Anda bisa menggunakan 2 plugin diatas atau salah satu untuk menambah kinerja plugin W3 Total Cache.

Anda juga dapat menggunakan cara manual. Bisa melalui pengaturan di cPanel, dan beberapa cara dibawah ini.

  • Mengaktifkan Fitur Optimize Website Di cPanel

Di Cpanel ada fitur optimize website. Di mana menu itu? Ada dibagian menu software pada cPanel. Nah silakan aktifkan fitur itu. Dengan mengaktifkan fitur tersebut website saya lebih cepat sekitar 3% Walaupun tidak terlalu besar tetapi cukup lumayan.

By the way bagaimana cara mengaktifkan fitur ini. Caranya cukup gampang silakan Anda masuk  ke cpanel lalu Anda scroll ke bawah, Anda akan menemukan menu optimize website (Optimalkan situs web) dibagian  Software (perangkat lunak). Setelah itu pilih menu compress all content dan klik update setting.

Loading Website

Baca tutorial lengkapnya disini : Meningkatkan Kecepatan Website dari cPanel

  • Menggunakan Cloudfare

Cloudfare otomatis memberi CDN pada website yang didaftarkan di cloudfare. Apa itu CDN? CDN adalah Content Delivery Network. Fungsinya adalah untuk mengantar file-file website langsung tanpa lewat server.  Jadi file-file tersebut sudah ada di server cloudfare tinggal di sampaikan kepada pengunjung. Tapi jika Anda menggunakan Free Let’s Encrpt SSL cloudfare tidak bisa digunakan.

  • Menambahkan beberapa kode di htcacsses. di file manager

Dengan menambahkan beberapa kode di file htcacsses. Website Anda akan lebih cepat karena file ini seperti kepala dari semua script website Anda. Anda dapat menambahkan kode pada file htcacsses.

Lihat kode file htcacsses

Bagaimana semakin cepat atau tidak? Semoga makin cepat ya. OK mungkin sampai sini dulu postingan tentang Cara mempercepat website. Apabila blog Anda ingin lebih cepat lagi, bisa baca artikel Cara Mempercepat Loading Blog dengan Optimasi Plugin (Javascript dan CSS) yang ditulis Admin blog ini.


Loading...
Baca selengkapnya

Hanya seorang blogger muda. Silakan kunjungi blog saya badubarco.com dan add saya di G+

Artikel terkait

5 Comments

  1. Gan mau tanya. Sebelumnya website saya nilai skornya A dan A. Namun setelah dimasukkan Google Adsense dan sudah berjalan koq skornya malah B dan C ya. Melakukan compress html atau CSS malah error semuanya. dicheck di GTMetrix yang bikin loading lama itu adsensenya.

    Jika ada kesempatan mohon bantuannya untuk di check www sinarhadiwijaya id ya gan. Makasih sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close