Optimasi BlogWebmaster

Menggunakan Google Search Auto Suggestion Untuk Menemukan Kata Kunci

Kita bisa menemukan kata kunci (keyword) yang paling banyak dicari hanya dengan memanfaatkan Google Search Auto Suggestion. Kata kunci ini nantinya dipersiapkan untuk membuat judul posting/artikel blog.

Fitur ini disediakan oleh google secara otomatis untuk membantu pengunjung dalam mencari sebuah artikel. Suggestion sendiri artinya adalah saran (disarankan)..

Jadi sewaktu Anda mengetikkan kata dalam kotak pencarian google, akan muncul kata yang “disarankan” dibawahnya. Tujuannya adalah untuk memandu Anda untuk melakukan pencarian lain (yang relevan) berdasarkan kata pertama yang ditulis.

Fitur yang disediakan oleh Google search ini mengacu kepada kata kunci yang paling banyak diketikkan / dituliskan orang ketika mencari artikel tertentu.

Auto Suggestion akan membantu Anda menemukan kata kunci yang muncul dari hasil pencarian terbanyak atau pencarian yang paling populer berdasarkan kata yang dituliskan.

Mengunakan Google search Auto suggestion untuk menemukan kata kunci dan membuat judul blog

Google mengakumulasi dan menempatkan kata kunci populer tersebut ke dalam Google Search Auto Suggestion untuk hasil pencarian teratas.

Selain itu juga tersedia kata kunci terkait dibawahnya yang sejenis atau variasi kata kunci populer lainya pada halaman bawah.

Google Search Auto Suggestion

Loading...

Silahkan masuk ke halaman Google.co.id untuk pencarian di wilayah Indonesia.

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, ketika menuliskan kata pencarian ” cara membuat blog” secara otomatis akan muncul pilihan kata yang paling populer dibawahnya.

Hal ini menegaskan bahwa kata dibawah tersebut mewakili kata kunci yang paling banyak dicari terkait dengan pencarian atau penulisan ” Cara membuat blog”.

Anda bisa mengetikkan kata lain sesuai keinginan untuk menemukan kata kunci dan membuat judul blog dari hasil tersebut.

Selain kata kunci populer yang disarankan di kotak pencarian Google, Anda juga dapat melihat penelusuran terkait dibagian paling bawah.

Ini juga termasuk kata kunci favorit atau paling banyak dicari orang berdasarkan perhitungan dan data yang terkumpul dari Google.

Google Search Auto Suggestion

Kita bisa memanfaatkan sederatan kata kunci yang paling banyak dicari tersebut untuk menentukan judul artikel.

Tentu saja dengan menggunakan tambahan kata yang variatif yang mengarah atau mendakati serta relevan dengan kata kunci utama. Selain itu Anda juga bisa memasukkan kalimat dari kata kunci popular tersebut ke dalam artikel.

Cara lain untuk menemukan kata kunci berdasarkan Google Search Auto Suggestion, Anda bisa membuka tool online seperti Keyword Tool Uses Google Suggest. Tool ini bisa Anda gunakan secara gratis, tersedia versi pro untuk fitur yang lebih lengkap.

Menemukan kata kunci
Keyword Tool Uses Google Suggest Feature To Generate Keywords

Optimasi kata kunci

Langkah optimasi kata kunci bisa dilakukan dengan membuat artikel yang lebih bagus dari hasil penelusuran Google Search Auto Suggestion. Caranya dengan meletakkan sebagian keyword ke dalam artikel.

Kita juga bisa melakukan perbandingan menggunakan keyword planner tools untuk mendapatkan kata kunci yang banyak dicari tetapi dengan sedikit persaingan.

Selain itu, Anda juga bisa Menggunakan long tail keywords untuk lebih memaksimalkan hasil pencarian.

Apakah dengan menggunakan tehnik menemukan kata kunci ini akan menjamin artikel masuk dalam daftar 10 besar google?

Jawabannya bisa iya dan bisa tidak, karena banyak faktor yang berpengaruh untuk memenangkan hasil pencarian di 10 besar google.

Algoritma google sudah ber-evolusi, blog baru juga akan mendapat kesempatan untuk menduduki peringkat dan memenangkan di hasil mesin pencarian google.

Tetapi setidaknya Anda bisa mendapatkan gambaran untuk menemukan kata kunci populer yang banyak dicari oleh para nitizen yang sudah masuk dalam database Google Search Auto Suggestion.

Intinya ya itu tadi, membuat artikel yang lebih berkualitas dari artikel pemenang dihasil pencarian.

Semoga bermanfaat.



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

6 Comments

  1. Sayah lebih suka pakai google sugstion dan smallseotools dan neilpanel tools itu yang paling disuka

  2. Tapi, apa apa yg muncul saat diketikan di google ini pasti persaingannya juga ketat banget. Bersaingnya dengan para master master seo. Hmmm bingung, mau buat kata kunci yg persaingan kecil visitor kecil mau pake kata kunci yg seperti artikel ini tunjukkan juga persaingannya berat.

  3. Bagaimana cara menampilkan kolom search engine di daftar tampilan hasil pencarian Google (SERP) ?
    jadi klo kita ketikan nama blog di kolom pencarian, maka muncul keterangan blog kita di halaman pencarian, dan dibawahnya ad kolom search engine google. gimana bikin nya ya??

    Thx

    1. kalau pakai wordpress bisa dengan plugin SEO yoast plugin , akan tetapi hanya beberapa situs saja yang memenuhi kriteria tersebut, sama halnya dengan sitelink yang diberikan oleh google.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *