meningkatkan pengunjung website

21 Cara Bagaimana Meningkatkan Pengunjung Website Anda

Meningkatkan pengunjung website adalah salah satu hal yang cukup penting di jaman internet seperti sekarang ini. Karena untuk semua jenis bisnis atau usaha, hal yang paling penting supaya berhasil adalah meningkatkan pendapatan atau keuntungan.

Hal ini bisa terwujud, jika semakin meningkatnya jumlah pelanggan yang membeli produk atau jasa. Salah satu cara untuk menambah pelanggan yaitu dengan bantuan sebuah website untuk mengenalkan produk atau jasa perusahaan yang dijalankan.

Tapi terkadang supaya sebuah website mendapatkan banyak pengunjung cukup sulit dilakukan oleh sebagian orang. Tapi dengan strategi dan teknik pemasaran yang efektif lain ceritanya.

Berikut ini adalah 21 cara meningkatkan pengunjung website:

1. Gunakan Jasa Iklan Untuk Meningkatkan Pengunjung Website

Ada berbagai jenis periklanan yang dapat mingkatkan pengunjung sebuah website, seperti menyewa slot iklan pada sebuah website dengan trafik yang cukup banyak. Selain itu Anda juga bisa menggunakan jenis iklan sosial media.

Sebelum memasang iklan, tentukan terlebih dahulu target visitor Anda. karena web atau media periklanan juga mempengaruhi visitor nantinya. Jangan sampai salah target, misalkan perusahaan Anda adalah kosmetik wanita tapi memasang iklan di website tentang elektronik.

Selain jasa iklan pada sebuah website, Anda juga bisa menggunakan iklan berdasarkan kata kunci seperti Adwords.

2. Bersosialisasi Di Sosial Media

Melalui sosial media, Anda bisa melakukan interaksi langsung dengan orang lain, terutama yang memiliki ketertarikan dengan produk Anda. Tapi pastikan jenis sosial media apa yang sesuai dengan produk yang ingin dipasarkan melalui website.

Loading...

Misalnya untuk Twitter cukup berguna menjaring visitor dengan membagikan sedikit konten. Jika produk yang Anda tawarkan lebih menarik dengan tampilan sebuah gambar, yang sesuai adalah Instagram ataupun Pinterest.

3. Isi Konten Secara Teratur dan Analisa Visitor

Untuk mendapatkan hasil yang sesuai harapan terkadang tidak ada cara yang pasti akan berhasil, jadi buatlah konten berkualitas secara rutin. Tentukan juga konten seperti apa yang akan dibagikan di sosial media untuk meningkatkan pengunjung website.

Pastikan selalu menggunakan cara tersebut dan lakukan analisa data secara teratur ada berapa dan darimana visitor yang datang ke website. Hal ini penting dilakukan supaya mengetahui kemana arah bisnis Anda nantinya, Google Analytics adalah salah satu tool yang cukup membantu.

4. Menganalisa persaingan

Hal ini penting dilakukan untuk menghasilkan konten yang bisa bersaing di halaman pertama search engine. Bisa dengan melihat struktur website dan artikel yang dibuat oleh pesaing dan menerapkannya. Tentu saja dengan membuat artikel yang lebih lengkap dibanding pesaing untuk lebih meningkatkan pengunjung website.

5. Mengadakan Webinar Produk

Anda bisa melakukan webinar dengan mengenalkan produk yang akan dijual. Saat ini sudah banyak platform sebagai media webinar, salah satunya adalah Google Hangout, kemudian jangan lupa untuk mengarahkan peserta ke website Anda agar mampu meningkatkan pengunjung website.

6. Mendatangi Konferensi

Selalu menghadiri konferensi yang sesuai dengan bisnis atau usaha yang dijalankan. Lebih baik lagi jika Anda menjadi salah satu pembicaranya. Cara ini juga dapat meningkatkan visitor ke website.

7. Membuat Video Yang Menarik

Kebanyakan orang saat ini lebih tertarik menonton video untuk mencari informasi. Jangan sia-siakan kesempatan ini, buatlah sebuah video yang menarik dan sertakan link website Anda pada video tersebut.

8. Memanfaatkan Situs Agregator

Anda dapat mengirim konten website ke sebuah situs agregator seperti Reddit, meskipun situs tersebut saat ini di Indonesia sudah di blokir. Tapi pengguna internet yang haus akan informasi memiliki cara tersendiri untuk bisa mengaksesnya.

9. Selalu Aktif Menggunakan Sosmed

Gunakan sosial media secara efektif, bagikan konten website Anda di berbagai sosisal media. Selalu bagikan konten-konten yang menarik para pembaca yang haus akan informasi.

10. Pahami Google Analytics

Pastikan sebelumnya situs Anda sudah terhubung dengan Google Analytics, setelah itu pahami fasilitas yang ada disana. Selalu gunakan data yang ditampilkan untuk membuat sebuah konten.

11. Berkomentar di Situs Lain

Dengan meninggalkan komentar di situs lain, mungkin tidak akan terlihat perubahan yang signifikan dengan kenaikan visitor. Tapi hal ini juga penting untuk membangun merek supaya dikenal orang.

12. Membuat Komunitas Online

Hal ini termasuk salah satu cara yang cukup penting. Dengan adanya komunitas seperti grup atau sebuah fanspage di facebook akan membangun kepercayaan dari konsumen. Setelah banyaknya yang bergabung, tentu saja jumlah visitor website akan terus bertambah.

13. Pastikan Website Bisa Diakses Dengan Cepat

Pastikan aspek teknis dari website Anda, seperti ukuran gambar, struktur halaman dan plugin sudah di optimasi, supaya tidak memperlambat loading halaman.

Jangan sampai website Anda memerlukan loading yang lama ketika diakses, karena visitor akan beralih ke situs lain. Hal ini berdampak buruk juga dimata search engine, karena termasuk salah satu faktor penentu peringkat di hasil pencarian.

14. Pastikan Website Anda Responsive

Saat ini pengguna smartphone semakin meningkat dari tahun ke tahun jika dibandingkan dengan pengguna komputer. Otomatis visitor lebih banyak mengakses internet melalui smartphone mereka. Jadi pastikan website Anda sudah responsive dengan berbagai perangkat, khususnya mobile.

15. Berfokus Pada Email Marketing

Ini adalah salah satu alat para internet marketing yang powerfull jika digunakan dengan benar. Ini adalah cara yang tepat supaya pelanggan Anda mendapatkan update mengenai produk terbaru yang ditampilkan pada sebuah website.

Sudah tau dong layanan hosting gratis saat ini yang paling terkenal dan banyak penggunanya apa. Mereka awalnya mengenalkan layanan dengan hosting gratis untuk menjaring data konsumen. Setelah data konsumen di dapatkan cukup banyak, barulah dikeluarkan layanan hosting berbayar. Terbukti pengguna nya saat ini semakin meningkat dari tahun ke tahun.

16. Internal Links

Internal link masih menjadi salah satu teknik SEO yang cukup penting, selain itu juga berguna untuk meningkatkan pengunjung website. Hubungkan artikel satu dengan artikel lainnya dengan menyisipkan link.

17. Berbagi Konten di LinkedIn

Cara ini masih terbukti cukup efektif untuk menjaring visitor ke website. Tapi pastikan melakukannya secara teratur. Disana terdapat berbagai pengguna dari kalangan profesional, sehingga akan cukup berpengaruh terhadap produk Anda.

18. Menjadi Penulis Tamu

Ada banyak sekali situs yang menyedikan fasilitas supaya orang lain bisa menulis di situsnya. Manfaatkan kesempatan ini, salah satu contohnya seperti yang saya lakukan di Klik Mania. Untuk konten gunakan bahasa Anda sendiri yang mudah dicerna.

19. Menyediakan Form Register Sebagai Penulis

Jangan hanya menjadi penulis tamu, sediakan juga di website Anda fasilitas supaya orang lain juga bisa menjadi penulis. Tapi ingat, selalu lakukan penyaringan artikel sebelum di publish. Karena banyak juga yang menggunakan tool untuk mengubah kata-katanya sehingga tidak enak dibaca.

Buat Anda yang menggunakan CMS seperti WordPress, bisa membuat fasilitas register login facebook di wordpress sebagai penulis.

20. Long Tail Keyword

Ini termasuk salah satu hal sangat berguna, terutama pada hasil pencarian di search engine. Pelajari tentang ini dan ketahui apa yang sering diketikkan oleh visitor. Untuk mencari long tail keyword sudah banyak tool gratis, silahkan mengetikkan kata kunci long tail keyword generator.

21. On Page SEO

Mengoptimasi konten website adalah hal yang sangat penting, karena menjadi faktor penentu peringkat di hasil pencarian. Karena dengan adanya on page seo berarti perayap situs akan memahami konten apa yang dibahas.

Tentu saja hal ini akan menentukan cocok atau tidaknya web tersebut dengan kata kunci yang dicari. Untuk memudahkan hal tersebut, Anda dapat menggunakan plugin Yoast SEO jika flatform blog memakai Wordpress.

Cara tersebut akan membantu meningkatkan pengunjung website. Pastikan untuk mengkombinasikan dengan cara lainnya supaya mendapatkan hasil terbaik.



Loading...


Bagikan

Waryanto

Penulis

Penulis pemula yang ingin mencoba berbagi sedikit manfaat.

Komentar

    Terima kasih untuk artikelnya, nambah lagi ni ilmu saya 😀
    Yoast SEO itu digunakan untuk platform wordpress saja ya ?

    achmad

    ( - 01:38)

    muantabs gan…

    mau tanya dong, iklan yang di widget kanan itu (di atas nya “sering dibaca”) itu jenis nya apa ya…?

    makasih

    dede

    ( - 03:06)

    terimakasih untuk ilmunya… ini sudah cukup bagus. faktabanten.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *