BloggingDasar dasar Blog

Persiapan Sebelum Menjadi Blogger Profesional, Bukan Hanya Topik

Saya akan membahas tentang langkah yang tepat sebelum menjadi blogger profesional. Sudah banyak orang yang membahas tips serupa, tapi kali ini saya akan membahas cara yang berbeda dari yang ada di 10 besar search engine (google).

Persiapan Sebelum Beralih Menjadi Blogger Profesional

Menentukan topik blog adalah salah satu langkah sebelum menjadi seorang blogger, namun pembahasan ini sudah terlalu ramai dan membuat saya untuk menggali lebih dalam tentang apa saja sebenarnya tujuan menjadi seorang blogger yang profesional tentunya.

Kita harus tau sebelumnya macam-macam blog/ web blog adalah tempat untuk mengaplikasikan suatu karya tulis menulis yang dimiliki setiap orang untuk ditunjukan bagi orang banyak secara umum atau publik.

Web blog sendiri sangat beragam jenis/platform, antara lain :

1.   Blogger.com
2. WordPress.com/org
3. Hubpages
4. Jomla
5. Simplesite
6. Godady
7. Dan web yang bisa kita buat sendiri dengan html5 dan javascript dengan jasa Selfhost .

Web yang familiar untuk saat ini adalah blogger dan wordpres, banyak orang memulai blog untuk tujuan bisnis dan memilih wordpress, namun ada juga yang memilih blogger sebagai alternatif blog gratis dan cara pengunaan yang mudah.

Perbedaan fitur antara blogger dan wordpress

1.  Wordpress

Loading...

Wordpres sendiri jika sudah selfhost maka akan jauh lebih baik dari blogger, karena saat web blog wordpress sudah kita hosting sendiri akan lebih mudah untuk dikelola karena memiliki banyak fitur, diantaranya adalah untuk membuat halaman penulis tamu hanya dengan plugin.

Saya rasa kalian sudah tau apa itu penulis tamu, yaitu seorang member yang dapat mengirim artikel di web blog wordpress tanpa harus bersusah payah.

Dan jika sudah ada yang menjadi penulis tamu itu memudahkan para admin web blog wordpress untuk meringankan pekerjaannya.

2. Blogger

Blogger sendiri adalah web blog yang sekarang sudah menjadi milik Google. Banyak para calon blogger baru memilih platform ini karena sangat mudah dimengerti, tidak harus bersusah payah mengerikan oprek-oprek, dan banyak juga senior blogger yang memberikan layanan kepada junior blogger yang berupa template premium secara gratis.

Jika sudah tau definisi platform yang akan kita gunakan untuk dijadikan tempat memulai karya tulisan (artikel) langkah selanjutnya adalah mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan untuk menjadi seorang blogger:

Persiapan

1. Perangkat
2. Pendukung berupa (koneksi internet)
3. Kemampuan mengarang kata/ cerita
4. Bahan artikel/ sesuai topik
5. Tehnik optimasi SEO untuk GooglE

Menjadi Blogger Profesional

1. Ada banyak jenis perangkat yang dapat kita gunakan untuk salah satunya adalah Smartphone, dengan smartphone kita dapat mendaftarkan dan membuat email dari Google. Setelah itu mendaftar di situs web blog seperti blogger melewati browser atau juga bisa Mendownload aplikasi WordPress or Blogger di Play store dan ikuti saja instruksi untuk mendaftar.

Tetapi jika ingin menjadi blogger profesional, pergunakanlah laptop atau komputer yang memadai.

2. Tanpa adanya pendukung berupa koneksi internet atau kuota data rasanya tidak afdol jika punya Smartphone tidak ada paket internetnya. Saya sarankan untuk menggunakan paket Internet dengan koneksi  sesuai dengan lokasi tempat tinggal kita seperti jaringan terbaru di Indonesia yakni 4G. Sekarang udah banyak provider kartu yang suport koneksi 4G seperti Telkomsel.

3. Banyak para calon blogger baru ada yang sudah bisa mengarang kata dan ada juga yang masih dalam tahap belajar. Dalam mengarang kata memang sangat susah, dibutuhkan kemampuan pikiran untuk mencari kata agar sesuai dengan pembahasan yang akan ditulis.

Sedikit tips untuk para calon blogger untuk mengarang kata

  • Sering-sering membaca blog yang sudah dapat berpenghasilan.
  • Ikuti tata cara penulisan kata yang terdapat di blog lain agar ikut menjadi blogger profesional.
  • Jika belum terlalu bisa mengarang kalimat jangan coba-coba untuk copas karya orang lain.

4. Saya sudah bilang akan memberikan tips sebelum menjadi blogger profesional yang belum ada di 10 besar SERP salah satunya memilih topik, namun jika ini dihilangkan maka ceritanya akan berbeda . Memilih topik sesuai kemampuan maka otomatis bahan artikel akan terus ada dan mengalir.

5. Optimasi SEO adalah optimasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan performa web blog kita di mata mesin pencari seperti Google berikut tehnik seo untuk artikel kita :

optimasi seo

  • Menulis dengan menggunakan subheading dan miror heading atau yang sering disebut dengan h2, h3 sangat dianjurkan karena dapat meningkatkan performa artikel walau hanya sekian persen.
  • Memasang internal link disetiap artikel, cara terbaik untuk menarik trafik page view yaitu dengan menerapkan link internal yang menuju ke salah satu artikel kita lainnya.  Ini juga salah satu tehnik seo yang ada dari sekian banyak nya namun jangan terlalu banyak menggunakan internal link ataupun external linking.
  • Struktur navigasi template, semakin rapi struktur navigasi maka semakin disukai oleh Google. Antara lain adalah tingkat kecepatan loading laman yang dipengaruhi oleh template dan tingkat responsive/ mobil Frendly nya . Cara memasang navigasi yang baik adalah dimana tidak risik jika dilihat oleh pengunjung sehingga pengunjung blog betah .
  • Penggunaan gambar utama dan gambar pendukung adalah cara yang tepat untuk optimasi SEO setelah internal link. Gambar utama yang bagus dapat menarik minat pengunjung dan gambar pendukung dapat membuat kepercayaan pengunjung semakin besar.
  • Banyaknya jumlah word dalam setiap artikel juga mempengaruhi posisi dalam SERP semakin banyak jumlah kata katanya, maka semakin besar peluang untuk mendapat posisi pertama di Google.
  • Diskripsi disetiap artikel memang haruslah ada namun jika diskripsi itu terlalu banyak kalimatnya malah tidak begitu bagus alias wrong kualiti bagi seo, ini saya tau dari plugin yoast seo.

Membuat judul artikel dengan tehnik judul terkait adalah cara yang tepat atau sering disebut Lsi keyword cara ini cukup mudah dilakukan dengan melakukan riset kata kunci seperti keyword “jasa rental warnet” kita dapat membuat keyword “jasa rental warnet murah” maka jika orang menelusuri jasa rental warnet salah satu artikel kita akan muncul di Google.

Promosikan artikel ke berbagai media sosial seperti Facebook , Google plus, dan lainnya tujuan agar mendapat lebih banyak trafik , namun jenis trafik yang disukai Google adalah trafik organik yang dimana trafik datang dari hasil pencarian search engine.

Baca juga : Cara Membuat Konten Viral Dan Contoh Keyword Viral

Nah setelah semua dasar-dasar sebelum menjadi blogger profesional kita lakukan semua, langkah selanjutnya adalah melakukan percobaan untuk mendaftarkan web blog kita ke advertiser atau pengiklan agar kita juga dapat mendapatkan penghasilan dari web blog yang kita kelola

Namun kita juga harus tau kapan waktu yang tepat untuk mendaftarkan web blog ke pengiklanan seperti umur web blog harus 3 bulanan dan sebagainya.

Oke itu saja dari saya semoga bermanfaat buat kalian semua.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

pemain sandiwara bumi, perindu langit.Debu semesta,

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *