Dunia Internet

6 Menu Berbuka Puasa yang Sehat dan Murah

Apa saja menu berbuka puasa yang sehat dan murah itu? Tentu saja ada berbagai pilihan makanan/minuman yang dapat anda pilih. Bahkan harganya bisa dibilang cukup terjangkau dan tidak menipiskan dompet anda.

Selain itu, dengan memilih beberapa pilihan menu buka puasa dibawah ini dapat menghemat pengeluaran di bulan ramadhan.

Bca juga16 Makanan Anti Penuaan untuk Tubuh Bugar dan Awet Muda

6 Menu Berbuka Puasa Sehat, Praktis dan Murah

Untuk mendapatkan atau memasak makanan berbuka yang praktis dan murah, sangat mudah untuk kita temukan.

Bahkan beberapa diantaranya sudah sangat populer dan selalu kita konsumsi sehari-hari, baik di bulan puasa ataupun di luar bulan puasa.

Apa saja makanan/minuman tersebut? Berikut ini adalah daftarnya :

1. Takjil

takjil untuk buka puasa

Sudah bukan rahasia lagi jika takjil menjadi salah satu menu buka puasa irit dan sangat mudah ditemukan selama bulan Ramadhan. Takjil untuk berbuka puasa memiliki cita rasa yang manis, segar, dan sehat bagi tubuh.

Loading...

Perpaduan antara buah-buahan, madu, dan es yang segar membuat siapapun ketagihan bila mengkonsumsinya. Cukup siapkan uang 5000 rupiah jika anda ingin menikmati hidangan takjil yang begitu lezat.

Informasi : Hal-hal yang Harus Dihindari saat Berpuasa

2. Pecel

Menu buka puasa pecel

Dengan uang 7 ribu saja, anda sudah bisa berbuka puasa dengan menu yang satu ini. Makanan yang didalamnya terdapat lontong, tahu, dan sayur-sayuran ini tentu saja sehat untuk anda konsumsi.

Bahan-bahannya pun juga sangat mudah didapat sehingga anda tidak akan kesulitan jika ingin membuatnya. Atau jika ingin lebih cepat, anda bisa cari di warung-warung terdekat yang insyaallah dapat dengan mudah anda temukan.

3. Buah Kurma

Buah kurma, makanan khas buka puasa

Menu berbuka puasa yang sehat selanjutnya adalah buah kurma. Oleh Rasulullah SAW, buah yang satu ini sangat dianjurkan untuk kita konsumsi pada saat berbuka.

Hal ini bukanlah tanpa alasan, karena buah karma memiliki sejuta khasiat yang bermanfaat bagi siapapun yang mengkonsumsinya. Buah kurma kaya akan serat sehingga mampu memperlancar pencernaan.

Tak hanya itu saja, buah yang satu ini juga kaya akan potasium, dan juga mineral lainnya yang dapat menurunkan tekanan darah , serta masih banyak manfaat-manfaat yang lainnya.

Untuk bisa mendapatkan buah kurma bisa dibilang begitu mudah karena dapat anda temukan di pasar atau supermarket terdekat dengan harga mulai dari 50 ribu per kilogramnya. Cukup terjangkau bukan?

Bahkan juga : Hal-hal yang Perlu Diketahui saat Berpuasa

4. Kentang Rebus

Kentang rebus

Panganan kaya karbohidrat yang satu ini juga cocok disantap sebagai teman saat berbuka. Bagi anda yang tidak memiliki beras, memakan kentang adalah salah satu alternatif yang tepat.

Kentang rebus dapat mengenyangkan dan tentu saja sangat menyehatkan.

Selain itu, cara membuatnya pun sangat mudah cukup rebus kentang selama 20 – 25 menit lalu angkat dan siap untuk dikonsumsi. Jangan lupa tambahkan saus agar lebih nikmat saat dimakan.

5. Sayur Bening

Menu buka puasa sayur bening

Makanan berbuka puasa yang sehat dan murah selanjutnya adalah sayur bening segar dengan komponen bayam, jagung, kunci, bawang merah, bawang putih, merica, gula, dan garam. Menu ini sangat praktis dan tentu saja sangat aman untuk dikonsumsi.

Cocok dimakan dengan bakwan jagung atau ikan pindang goreng dan semakin lengkap lagi jika ditemani nasi hangat. Sungguh, hidangan yang sangat lezat.

Baca juga : peluang bisnis sayuran organik

6. Tahu/Tempe

Tahu dan tempe  juga menjadi alternatif menu buka puasa yang sehat dan tentu saja bahannya bisa anda dapatkan dengan harga yang terjangkau.

Makanan yang satu ini mengandung protein yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Pengolahannya pun juga sangat mudah. Yang paling gampang, anda tidak menggorengnya saja dan dicocol dengan sambal yang lezat dan nikmat. Sederhana memang, namun tetap menyehatkan.

Jadi, makanan sehat itu tak selalu mahal. Dengan modal sedikitpun anda bisa membeli atau mengolah sendiri menu berbuka puasa yang sehat dan praktis selama Ramadhan.

Selamat mencoba dan selamat berpuasa bagi anda yang menjalankannya.



Loading...

Baca selengkapnya

Seorang anak muda yang gemar menulis dan bercita-cita menjadi penulis profesional

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button