BloggingPeluang usaha

Menulis dan Menghasilkan Uang dari Publikasi Artikel

Menulis dan menghasilkan uang adalah hal yang sangat luar biasa bagi para penggiat artikel saat ini. Bahkan menulis menjadi sebuah profesi yang menjanjikan jika dilakukan secara benar dan berkelanjutan. Namun, kebanyakan penulis mudah jenuh dan akhirnya tidak berminat lagi untuk melanjutkan hobby yang sebenarnya dapat menghasilkan uang.

Menulis dan menghasilkan uang memang terdengar kurang menjanjikan. Banyak orang mulai berpindah ke hobby lainnya seperti menjadi YouTubers dengan mengharapkan adsense dari video yang di upload.

Namun, dibandingkan dengan menulis, membuat video memiliki tingkat kesulitan yang lebih rumit. Bahkan untuk mendapatkan izin Monetisasi, jumlah viewers pada channel harus mencapai minimal 10.000 viewers. Kebayangkan bagaimana repotnya.

Situs Publikasi Online Penghasil Rupiah

Ada banyak situs media online yang menjadikan menulis dan menghasilkan uang dari setiap artikel yang berhasil dimuat seperti Vebma.com, Nulis.co.id, UcNews, Babe, dan pastinya klik Mania. Klikmania.net merupakan sebuah situs menulis artikel Online dibayar yang dipelopori oleh Gani Sebastian.

Disini setiap artikel atau tulisan yang diajukan dan memenuhi syarat serta berkualitas, akan diberikan royalti. Nama penulis akan dicantumkan pada artikel yang berhasil dimuat, sehingga hak cipta masih melekat pada penulis.

Kisaran royaltipun bermacam-macam, ada yang dapat mencapai Rp. 30.000 – Rp. 50.000 untuk tiap artikelnya, tetapi ada juga yang berkisar sebanyak Rp. 14.000 saja, sesuai dengan jumlah kata yang ditulis.

Cara memulai menulis dan menghasilkan uang

Menulis dan menghasilkan uang tentu membutuhkan teknik dan strategi yang benar. Percuma saja jika mahir menulis tetapi tidak mengetahui cara agar dapat menghasilkan.

  • Pertama-tama, untuk dapat bergabung di web klikmania.net, penulis diharuskan memiliki akun email aktif.
  • Setelah itu silahkan registrasi pada situs klikmania.net dengan hanya mengisi user name dan email saja.
  • Isilah user name yang akan digunakan serta alamat email yang masih aktif dan klik tombol Register.
  • Setelah itu kamu akan mendapatkan email dari klikmania.net yang berisi Username dan Pasword serta email permintaan konfirmasi.
  • Dan akun kamu sudah bisa digunakan.

1. Menemukan Topik Yang Menarik

Jika kamu sudah memiliki kemampuan dalam membuat tulisan yang menarik dan bermanfaat, tentu saja hal ini akan sangat mudah dilakukan. Akan tetapi, bagi yang masih belajar dalam menulis, klikmania.net memberikan tutorial yang dapat membantu kamu dalam menentukan tema tulisan.

Baca : Tips Mudah Membuat Artikel Blog Unik dan Cara Mencari Inspirasinya

Untuk mempermudah kamu dalam menentukan tema atau topik yang tepat, sangat disarankan untuk mencari di mesin pencari seperti google.

Sebaiknya kamu memilih topik yang masih baru sehingga memiliki kualitas artikel yang memadai.

Cara yang paling mudah untuk menentukan jenis berita yang masih baru adalah dengan melakukan setelan google seperti gambar dibawah ini.

Setelah kamu mendapatkan topik yang menarik, cobalah untuk mencari beberapa artikel serupa dari web lainnya. Hal ini berfungsi untuk menambah referensi kamu dalam membuat artikel. Namun artikel-artikel tersebut bukan untuk dicontek atau Copy Paste (copas).

Baca selengkapnya : Syarat Untuk Menulis di Klik Mania

Klikmania.net akan sangat teliti dalam memilah artikel yang bersifat Copas. Cobalah mencari perspektif lain dari berita yang kamu dapati. Sebagai saran, sebaiknya kamu menulis di aplikasi Ms. Word terlebih dahulu, agar lebih memudahkan kamu dalam mengedit artikel yang kamu tulis. Hal ini juga mencegah kesalahan dalam mengubah tulisan yang harusnya sudah tepat.

2. Menulis dan Mengembangkan Topik

Topik yang sudah ditentukan sebaiknya dikembangkan melalui perspektif kamu sendiri. Dengan bantuan artikel lainnya, sudut pandang berita akan berubah dan menjadi artikel yang lebih segar. Setelah kamu selesai menulis artikel kamu di Ms. Word, sudah saatnya kamu menulis di akun klikmedia milik kamu.

Untuk memulai klik tombol ‘Tambah Baru” pada icon “Pos”. Disini kamu akan diminta untuk menuliskan artikel. Kamu tinggal memindahkan tulisan yang sudah kamu siapkan tadi ke kolom yang disediakan, seperti judul, materi artikel, serta gambar yang merujuk pada artikel yang kamu buat.

Gambar yang didapatkan dari internet, harus dicantumkan tautan atau sumber artikelnya. Hal ini mencegah adanya pelanggaran hak cipta dari pemilik gambar aslinya. Berikut cara untuk menautkan gambar pada sumber aslinya :

Menulis dan Menghasilkan Uang
Menyisipkan Tautan Pada Gambar

Kamu bisa menempatkan posisi gambar dengan mengklik tombol rata kanan atau kiri, atau juga dengan mengklik tombol “Format” dan klik “Perataan”. Di menu ini kamu bisa memilih bentuk tulisan yang kamu inginkan, dari membuat Sub Judul, Gaya Tulisan, dan lain-lain.

Terdapat ketentuan umum dalam menulis artikel. Secara umum, kita dituntut untuk membuat artikel dengan jumlah kata minimal 300 kata. Namun, sebaiknya kamu membuat artikel dengan minimal 400 kata agar artikel kamu lebih berisi dan informatif.

Jika kamu sudah menyelesaikan tahapan diatas, selanjutnya kamu akan diberikan analisis kelayakan atas artikel yang kamu buat.

3. Analisis Kelayakan Artikel

Menulis dan menghasilkan uang, tentunya harus memenuhi kriteria yang ditentukan oleh pihak pengembang. Kamu akan diberikan petunjuk atas apa yang perlu diperbaiki dalam tulisan yang sudah dibuat. Terdapat dua jenis kategori kelayakan tulisan yang secara otomatis dibaca oleh sistem, yaitu :

  1. Readability

Readability atau dapat dengan mudah dibaca oleh pembaca. Mudah dibaca bukan berarti kamu membuat tulisan dengan ukuran font yang besar ataupun menebalkan (bold) semua tulisan kamu. Readability berarti bahwa pembaca dapat dengan nyaman membaca artikel yang ada.

Seperti yang sudah dipaparkan, bahwa kamu wajib menuliskan artikel dengan jumlah minimal kata sebanyak 300 kata. Ini adalah uji kelayakan yang pertama dalam kategori readability. Selanjutnya, didalam satu kalimat harus memiliki maksimal 20 kata saja.

Namun, terkadang kita dipertemukan pada kalimat yang memang harus memiliki lebih dari 20 kata setiap kalimatnya seperti menjelaskan sebuah akronim. Sebagai contoh, akronim PSSI, yang dimana untuk awal pemaparan artikel, kita memang harus menjelaskan bahwa PSSI merupakan singkatan yang berasal dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia.

Hal ini masih dapat diterima oleh sistem, sepanjang 75% artikel kamu memenuhi 20 kata dalam setiap kalimat. Dan yang terakhir, jangan memuat paragraf yang terlalu panjang. Sebaiknya kamu dapat memilah kalimat yang pantas untuk dijadikan paragraf baru.

  1. Keyword

Pada bagian ini, kamu akan diminta untuk menentukan kata kunci artikel yang kamu buat. Bagian ini menjadi pendukung utama agar artikel kamu layak dimuat atau tidak, selain dari pertimbangan langsung dari pengembang.

Terdapat kolom indikator dibawah kolom penulisan, yang menjelaskan kesalahan yang perlu diperbaiki. Pertama klik tombol “Edit Snippet” dan kamu diminta untuk menuliskan “Focus Keyword” sesuai tajuk utama artikel. Untuk menjelaskan kriteria tentang Keyword ini, kamu dapat melihat ulasan artikel berikut ini yang sudah memenuhi dua kategori diatas.

Syarat Menjadi Pemilih Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 (Judul)

Ada syarat Menjadi Pemilih Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 nanti (Focus Keyword). Syarat-syarat ini merupakan hal yang telah diatur dalam UU No 7 Tahun 2017…. dst.

Adapun syarat yang diwajibkan bagi masyarakat adalah sebagai berikut.

Pertama (sub-heading)

Syarat Menjadi Pemilih Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 (focus keyword) yang pertama adalah wajib berumur 17 tahun atau lebih… dst.

Kedua

Syarat Menjadi Pemilih Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 (focus keyword) yang kedua adalah memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau E-KTP… dst

Yang Ketiga

Sebagai Syarat Menjadi Pemilih Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 (focus keyword) nanti … dst.

Berikut penjelasan dipaparkan di dalam tabel :

Penilaian

Indikator

Penjelasan

Bad SEO No internal links appear in this page, consider adding some as appropriate.

 

Menjelaskan bahwa kita tidak mencantumkan link klikmedia.net sebagai tautan internal didalam kutipan artikel kita.
Good SEO You have not used the focus keyword in any subheading (such as an H2) in your copy.

 

Tidak menempatkan focus keyword pada sub judul.
Good SEO  This page has 0 nofollowed outbound link(s) and 2 normal outbound link(s). Pada artikel ini, ada terdapat dua tautan yang disisipkan sebagai sumber berita lain yang berasal dari situs lainnya.
Good SEO The focus keyword appears in the first paragraph of the copy. Kita menuliskan Focus Keyword pada kalimat pada paragraf pertama.
Good SEO The keyword density is 0.9%, which is great; the focus keyword was found 4 times. Pada artikel tersebut, Focus Keyword muncul sebanyak 4 kali dalam artikel.
Good SEO The meta description contains the focus keyword. Deskripsi meta dituliskan focus keyword dan ditambahkan keyword lanjutan yang berhubungan dengan topik utama.

Menulis dan menghasilkan uang melalui publikasi artikel di internet via klikmania.net merupakan cara yang efektif. Setelah semua syarat diatas terpenuhi, maka langkah terakhir adalah mengklik tombol “Kirim Untuk Evaluasi”.

Baca : Tips Menulis di Klik Mania agar Langsung Diterbitkan

Kamu akan diberitahu oleh pihak editor melalui e-mail, dan jika artikel kamu diterima maka kamu akan langsung mendapatkan royalti dari artikel kamu. Selamat mencoba ya.


Loading...
Baca selengkapnya

I'm Content Writer, SEO Editor, Video Marketing Editor, and Bounty Hunter. Butuh bantuan? Visit Us

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close