menjadi youtuber

Ingin Menjadi Youtuber? 5 Hal Penting ini Yang Harus Anda Persiapkan

Menjadi youtuber – Lagi-lagi Klik Mania membahas mengenai youtube dan juga youtubers. Mengapa? Jelas kita tidak bosan mendengar kata youtube telinga kita. Diantara kalian juga sering kan menonton video dari youtube?

Dari hobi beberapa orang yang suka menonton youtube ini. Banyak dari mereka yang justru tertarik untuk menjadi seorang youtuber. Namun di antara mereka masih banyak yang bingung. Bagaimana sih cara menjadi seorang youtubers?

Kebetulan sekali pas banget. Kali ini klik mania bakal memberikan inspirasi dan pengetahuan baru. Terutama kalian yang kepingin menjadi youtuber. So tunggu apalagi langsung saja.

Youtubers – Sudah tahu semua lah ini apa? Ada yang tidak tahu? Ada? Wah pasti tidak nyimak postingan saya dari awal ya? Hehee. Atau kalian pendatang baru di blog ini? Selamat datang dan selamat membaca.

Semoga kalian terispirasi dengan hal yang ada di sini. Terutama postingan kali ini mengenai bagaimana cara atau hal apa yang perlu kalian siapkan untuk menjadi menjadi youtuber.

Jika ada yang bertanya kepada saya.

“kak jadi youtubers itu gampang nggak sih? Apa yang perlu saya siapkan?”

Loading...

Jelas saya langsung jawab Gampang! Alat-alat yang kalian butuhkan juga nggak serumit mengerti hati si doi. Lah jadi baper. Yang jelas tidak rumit seperti rumus matematika anak sma kelas 3. Wah itu ribet pasti.

Untuk menjadi youtuber kalian jelas harus membuat akun youtube. Seperti yang sudah saya jelaskan waktu itu. Ya yang saya jelaskan pada post sebelumnya dimana kalian bisa menggunakan akun google untuk membuat akun youtube.

Caranya tidak rumit cukup sing up di gmail.com dan buat akun email kalian. Nanti kalian akan langsung mendapatkan akun youtube kalian. Karena youtube dan google ada kerjasama sepertinya jadi kalian tidak perlu capek-capek registrasi lagi.

Baca disini : Tutorial Membuat Akun Adsense Youtube Terbaru (Update)

Itu tadi cara yang sangat awal. Semua orang pasti tahu jika mau menjadi youtuber harus punya akun youtube. Masa iya buatnya di Facebook tar jadi Fesbuker. Udah mirip acara tipi aja dah.

Sekarang saatnya kita menuju ke hal-hal yang lebih serius. Maksudnya lebih inti. Lanjut.

Hal yang perlu disiapin untuk menjadi youtuber

menjadi youtuber

1. Niat

Jika ada niat disitu ada jalan.

Setiap orang yang mau memulai sesuatu jelas harus dilandasi dengan niat. Jika kalian tidak punya niat yang kuat. Kalian malah acuh tak acuh. Al hasil kalian hanya berhenti disatu titik.

Niat ini bisa kalian dapatkan jika kalian termotivasi oleh suatu hal. contoh seperti youtubers terkenal Reza Arap Oktovian dia dulunya suka denfan Pewdiepie. Karena kesukaannya terhadap video pew die pie.

Maka muncul niat Reza Arap Oktovian untuk membuat video gaming seperti pew die pie versi indonesia. Disini posisi Arap (sapaan akrabnya Reza Oktovian) bukan sebagai plagiat. Melainkan dia sebagai orang yang termotivasi.

Saya yakin kebanyakan orang yang ingin menjadi youtuber juga seperti itu. Kemungkinan besar dia punya niat yang tinggi ntah dari manda dia dapatkan. Yang jelas ada suatu hal yang memicu dia untuk demikuan.

Apakah niat kalian untuk menjadi seorang youtubers sudah ada? Jika sudah ada bagus. Berarti kalian sudah siap untuk masuk ketahap yang selanjutnya. Jika belom ayo saya motivasi.

How to motivate?

Jadi jika kalian memang nggak ada niat ya memang susah utuk di motivasi. Jika kalian mau jadi youtubers hanya sekedar main main lah buat apa kalian jadi youtubers?

Disini saya katakan dimana niat ini adalah niat yang kuat. Ya niat dimana jika kalian jatuh kalian bisa berjuang dan tidak kabur begitu saja. bayangkan jika kalian masuk ke dunia youtube namun tidak didasari niat dan tekat yang kuat.

Jika kalian hanya masuk begitu saja. yang ada kalian hanya menuh-menuhin pasaran youtube. Kasian para youtubers yang ingin berkarya kalian hanya menutup nutupi karya mereka.

Setidaknya jika kalian hanya iseng jelas itu akan menambah pesaing mereka. Iya mereka, para youtubers yang benar-benar niat didalam dunia youtube.

Maka dari itu mendingan kalian serius. Jadi hasil yang didapatkan juga nggak setengah-setengah.

Referensi lain : Youtuber Pemula Jadi Jutawan? Bisa!

2. Mikir Konten

menjadi youtuber
Man wearing via https://www.pexels.com

Konten apa yang pas?

Buat kalian yang ingin berkarir diyoutube. Jangan berfikir terlalu panjang. Karena banyak youtubers muda yang mikir terlalu panjang. Mikir bagaimana equipment yang harus mereka pakai.

Harus pakai kamera apa. Laptop atau pc apa buat ngedit. Aplikasi apa yang dipakai untuk ngedit. Bahkan ada yang mikir kalau saya kaya karena youtube bakal dipakai buat apa uang hasil youtube-nya.

Lah jangan berfikir terlalu jauh nak. Satu hal yang perlu kamu pikirkan adalah konsep channelmu. Sudah itu saja. jika belum ada pikirkan dulu matang-matang. Sehingga kalian tidak bingung.

Tips memilih tema channel youtube

Jadi jika kalian masih bingung bagaimana memilih tema channel saya akan memberikan beberapa tips untuk kalian. Sehingga kalian nggak asal coba-coba seperti saya dulu.

Ini hanya sharing saja. karena saya tidak mau kalian harus berjuang dari awal. Maka dari itu saya kenali caranya dari awal sehingga tidak membuat kesalahan kecil yang dapat menyebabkan sebuah kesalahan fatal.

So. Sebelum kamu memutuskan tema channel apa yang bakal kamu masukkan kedalam channel. Ada baiknya kamu bertanya kepada teman-temanmu. Ya jangan tanya PR. Yang saya maksud adalah tanya mengenai channel apa yang kira-kira cocok dengan watakmu.

Jika kalian orangnya humoris jelas akan beda jika saya masukkan ke dalam channel yang membahas mengenai politik yang konotasinya sangat serius. Jika kamu orangnya teoritis jelas tidak mungkin saya masukkan ke channel humor.

Bisa sih tapi akan lebih menarik lagi jika channel humor di isi dengan orang-orang yang mempunyai watak humoris. Sehingga dalam memilih konsep ide video jelas lebih mudah.

Belajar dari pengalaman

Kebanyakan orang memang susah mengenali dirinya sendiri. Bahkan jika ditanya. Coba kamu deskripsikan dirimu sendiri. Dia pasti akan binggung dan nggak ngerti.

Maka dari itu teman atau orang terdekat lah yang bisa menilai dirimu. Jangan tanyakan kepada orang yang baru anda kenal. Atau mbak-mbak penjaga indomaret yang jelas sama sekali anda tidak mengenal mbak itu dan mbak itu tidak mengenal anda.

Balakan ribet jadinya nanti. Jika kalian tidak punya teman. Ya ini terdengar miris sekali. Kalian bisa bertanya kepada orangtua kalian. Atau lebih bagus jika kalian sharing saja langsung ke orangtua kalian. Siapa tahu orangtua kalian akan memberikan ide yang bagus.

3. Mikir Ide untuk video pertama

menjadi youtuber
Woman in black dress via https://www.pexels.com

Video pertama itu penting!

Ini penting. Ya dari tadi saya nyuruh mikir terus. Lah iya. menjadi youtuber ya begitu sob. Harus mikir keras. Jangan males mencari ide. Jika kalian lihat menjadi seorang youtubers itu mudah. Kalian salah besar berarti.

Jadi setelah kalian memutuskan channel kalian. Mau jadi apa channel kalian. Sekarang kalian harus memikirkan ide cerita untuk video pertama kalian. Dimana ini juga penting sebagai awal permulaan didalam channel.

Tapi kalian keren jika sudah masuk ketahap ini. Jadi untuk video pertama itu terserah kalian. Mau bagaimana konsepnya. Saya sarankan untuk video pertama kalian coba buat video perkenalan dulu aja.

Hal ini bertujuan agar penonton kalian jadi mengerti apa sih sebenarnya yang ada didalam channel kalian. Seperti pengalaman saya. Orang-orang lebih suka men-subscribe channel yang punya spesialisasi sendiri.

Sehingga dia nggak ribet dalam mencari channel yang dia mau. Pastinya channelnya jadi lebih jelas lah setidaknya.

Durasi untuk sebuah video perkenalan tergantung kalian. Jika kalian mempunyai konsep yang agak panjang bisa juga. Namun jika kalian hanya bermodalkan ngomong didepan kamera sebaiknya durasinya juga diatur.

Saya tidak yakin jika video perkenalan kalian berdurasi 10 menit hanya bermodal bicara saja akan di tonton sampai habis. Kecuali jika kalian orang yang punya ketertarikan tersendiri.

Mungkin 2 dari 10 orang akan menonton video kalian sampai habis. But! Jika kalian bukan siapa-siapa jangan pernah mencoba hal ini. Yang ada malah channel kalian nggak ada yang nonton.

Kan kasian. Tapi memang kalian harus mengalami hal tersebut sehingga kalian akan melakukan eksperimen-eksperimen agar channel kalian bisa bangkit lagi.

Jadi untuk video perkenalan pertama. Saya sarankan durasinya pendek saja. sekitar 1-1.50 menit gitu. Nggak perlu panjang-panjang. Untuk perkenalan selanjutnya bisa diteruskan dilain waktu.

Lagian jika mereka menyukai anda. Jelas mereka juga akan menjadi stalker dan akan mencari tahu tentang kalian. So jangan terlalu banyak memberikan informasi yang tidak terlalu penting.

Referensi lain : Entertainer Vs Writer, Pekerjaan Mana Yang Cocok Untuk Anda?

4. Siapkan Alat

menjadi youtuber
Photographer via https://www.pexels.com

Peralatan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang youtuber

Jika kalian sudah menemukan konsep video dan channel. Saatnya kamu masuk kedalam tahap selanjutnya. Disini biasanya yang menjadi permasalahan youtubers pemula. Diamana mereka bakal bingung dalam memilih equipment.

Kalian tidak perlu takut jika tidak ada alat. Karena semua bisa kalian atasi dengan mudah. Kalian tidak perlu menggukanan kamera seperti red dragon 4k untuk menshoot sebuah video perkenalan singkat.

Ngapain? Memangnya vlognya bakal ditayangin di layar lebar atau bioskop. Nggak kan? Kalian bisa memanfaatkan teknologi atau benda disekitar kalian.

Bukan berarti kalian nggak ada kamera. Terus kalian ngevlognya didalam sebuah atm gitu. Tidak. Kalian bisa menggunakan handphone atau smartphone kalian untuk melakukan recording atau shooting.

Nggak perlu repot-repot sampai harus mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli kamera baru. Karena kamera bukan chiki di warung mbok surti yang dengan harga 1500 rupiah kalian sudah bisa bawa pulang.

Tidak! Kamera relatif mahal sob. Makanya saya tidak menyarankan untuk membeli sebuah kamera baru. Buat apa jika di hp sudah ada kamera yang beresolusi 20 mp. Wet set itu hp ada dslr yak? Lanjut.

Untuk masalah kamera jadi bukan sebuah masalah yang besar. Coba saja pakai hp dulu. Minta bantu rekamkan. Kalian bisa suruh teman atau minta bantu siapa gitu.

Jika kalian bilang tidak bisa pakai hp maka jelas mustahil. Jadi dulu saya ketika masuk kedunia video. Awalannya memang dari youtube namun saya masuk ke dunia vidgram di instagram.

Dimana saya membuat video hanya dengan kamera lenovo a369i yang beresolusi 1 mp doang. Jangan tanya mengenai hasil. Sudah mirip video dewasa 3gp indonesia. Namun hal itu tidak membatasi saya untuk tetap berkarya.

Jadi jika kalian bilang karena nggak ada hp atau yang lainnya jelas itu hanya omong kosong. percayalah dengan hal yang sederhana kalian mampu berkarya.

Alat yang lebih expert

Jika kalian ingin shoot lebih mendalam mungkin kalian bakalan membutuhkan alat-alat tambahan seperti tripod, lampu led untuk penerangan. Atau jika kalian membuat channel gaming, mungkin kalian harus membeli green screen.

Jika channel kalian sudah mulai berkembang mungkin kalian boleh memiliki alat-alat diatas. Kan repot juga jika tiap shoot harus minta bantuan orang sekitar. Walah nggak enak banget pastinya.

Namun waktu dulu saya shoot. Saya hanya menggunakan kursi dan beberapa gelas air mineral untuk menyanggah hp saya agar bisa berdiri. Kalian bisa bayangkan berapa berat perjuangan saya dalam membuat video.

Tapi tenang saja. semua itu saya nikmati dengan ikhlas. Karena jika kalian menikmatinya jelas kalian akan happy atau senang dalam melakukannya. Sehingga tak ada kata malas ataupun beban.

Bisa dingat lagi buat kalian yang ingin menjadi youtuber. Peralatan yang dibutuhkan nggak bakal seribet anak-anak pembuat film pendek.

Jika dalam proses pembuatan film pendek jelas harus memiliki alat yang memadai. Kebayang buat film pendek dengan kamera biasa. Wah. Pasti akan merusak pemandangan.

Peralatan yang tadi saya sebutkan juga bakal jadi peralatan yang wajib ada disaat shooting. Bahkan kalian harus menambah beberapa alat baru jika ada adegan yang sedikit rumit.

Misal adegan shoot jauh arah atas. Kalian mesti menggunakan jimmy zip atau drone. Jangan ditanya harganya berapa. Yang jelas lebih dari 10 ribu. Mahal.

Maka dari itu lebih enak menjadi youtuber dibanding membuat film. Percaya deh mendingan jadi youtubers dah.

Upgrade your channel

menjadi youtuber
Lens video via https://www.pexels.com

Ini juga penting. Jika channel kalian sudah mulai naik dan terkenal. Hal yang harus kalian perhatikan adalah kualitas. Sehingga orang-orang juga melihat progress kalian di dalam channel itu sendiri.

Jika awalnya kalian menggunakan kamera hp. Mungkin kalian bisa mengganti dengan kualitas yang lebih baik lagi. Misalnya kalian membeli kamera poket. Dimana kamera ini murah kok.

Dengan harga 800-1.5jt kalian sudah bisa membeli kamera yang satu ini. Jika kalian mau lebih murah lagi. Kalian bisa membeli action cam. Pada tahu kan action cam? Camera sport atau HDV camera. Eh iya gak sih? Heheh jadi itu jenis kamera yang mirip sama go pro.

Pada tahulah kalian. Jika kalian bingung. Lah go pro kan mahal kak. Saya nggak cukup uang. Tenang saja saya menyediakan usaha simpan pinjam dengan bunga yang murah.

Hahah! Just kidding. Nggak mungkin saya promosi di postingan saya. Oke! Jadi kalian tidak mesti membeli barang dengan merk yang sama. Karena sudah banyak barang tiruan yang serupa namun murah.

Seperti action cam keluaran China. Itu murah murah banget sob. Dengan budget 500 ribu saja kalian bisa mendapatkan action cam. Yang harus kalian lakukan adalah sering-sering mengecek harga.

Jadi jika ada harga diskon langsung hajar sob. Lumayan kan jika kalian dapat potongan yang cukup besar. Sisa uang nya bisa transfer ke saya. Tidak. Maksudnya sisanya bisa buat upgrade barang yang lain.

Jika kalian bisa langsung membeli kamera mahal seperti dslr atau mirrorless silahkan. Saya sangat menganjurkan malah. Karena jika mau bagus jangan nanggung sob. Daripada kehitung rugi. Mendingan langsung yang mahal tapi kualitasnya boleh diadu.

5. Aplikasi Edit

menjadi youtuber
Computer table via https://www.pexels.com

Software editing yang mudah

Ini adalah pertanyaan yang sering saya dapat dari teman-teman saya. Ya! untuk  menjadi youtuber kreatif Apalagi kalau bukan aplikasi edit video.

Mungkin sebagian bakalan berjuang untuk mencari sendiri apa aplikasi yang dapat mereka gunakan. Namun kebanyakan orang indonesia adalah orang yang suka hal yang instan.

Semua serba instan, mie instan, semua instan. Hal ini yang membuat mereka jadi tidak berkembang. Tapi karena saya baik jadi saya kasi tahu nama aplikasinya.

Tapi untuk selanjutnya biarkan mereka sendiri yang menggunakannya. Silahkan cek di youtube banyak sekali cara mengaplikasikan aplikasi edit video. Bisa kalian nonton sendiri.

Nah terus. Sekarang apa sih aplikasi edit yang bisa saya pakai? Jadi untuk  menjadi youtuber pemula. Kalian jangan berharap bisa mengedit dengan software video yang sudah tingkatan pro.

Jika kalian baru mengenal yang namanya dunia video. Baru pertama kali membuat project shooting. Jangan terlalu berangan bisa menggunakan aplikasi tersebut.

Karena sudah dipastikan kalian akan sedikit kebingungan. Kecuali jika kalian membuka youtube untuk melihat tutorial atau sebagainya.

Jadi pada postingan kali ini saya tidak akan memberitahu semua aplikasi edit yang bakal kalian pakai. Saya akan membuatnya pada postingan selanjutnya. Jadi buat kalian tetap iktin postingan saya.

Aplikasi edit video untuk youtubers Pemula

Eit’s tenang dulu sob. Jangan langsung close aja. Karena saya penulis yang bertanggung jawab. Saya tidak akan meninggalkan kalian begitu saja. saya akan memberikan satu software editing yang menurut saya sangat mudah dan simple.

Mungkin di laptop atau pc kalian semua sudah ada? Namanya windows movie maker. Nah sudah pada tahu kan? Jika tidak coba cek dulu di pc atau laptop kalian. Apakah ada atau tidak.

Jika tidak ada silakan download sendiri. Ini adalah tapan awal kalian jika ingin menjadi seorang youtubers. Kalian harus mandiri. Jangan sedikit-sedikit nanya ke orang yang sudah paham.

Ini akan membuat kalian stuck dan tidak berkembang. Maka dari itu mendingan kalian mencoba untuk menanyakannya kepada mbah google. Dia tahu segalanya kecuali kematian. Karena hidup mati itu di tangan Tuhan YME.

Asik. Udah seperti postingan pelajaran agama kelas 1 SD aja. Ya sekian dulu postingan mengenai halyang harus kalian perhatikan untuk menjadi seorang youtubers. Semoga kalian mendapatkan inspirasi.

Semoga channel youtube kalian semua sukses dan kalian bisa menjadi youtuber yang terkenal dan kaya. Amin. Ingan kalau sudah kaya bagi-bagi yah. Ajakin collab juga biar bisa terkenal bareng.

-RJ-


Loading...

Bagikan

Penulis

Richard Goodboy
Richard Goodboy
Mahasiswa yang hobi menulis 🙂

Find me:
Instagram : Chardsonz

Support saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya 🙂
Youtube : Youtube.com/chardsonz
Richard Goodboy

Penulis

Mahasiswa yang hobi menulis :)Find me: Instagram : ChardsonzSupport saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya :) Youtube : Youtube.com/chardsonz

Komentar

    Avatar

    Mas Fad

    ( - 00:18)

    min mau tanya, ane kan pinginnya bikin channel yt dan udh lumayan juga yang ngedukung biar aku bikin channel (salah satunya penguji UKK dari salah satu perusahaan di Kota Blitar) yang konsep nya tutorial (lebih ke bidang jaringan dan server) nah itu menurut mimin gmna?

    Avatar

    Titik

    ( - 11:51)

    MASUK PAK EKOOO!!!

    Avatar

    mohamad haikal maulana

    ( - 17:17)

    makasih min atas semua tips nya semoga kita bisa sukses bareng ya minn hehee…..amiinn..ngomong ngomong admin punya channel youtube ga?

    Avatar

    Chelseara.D.S

    ( - 12:45)

    Kak klo bikin vlog dngn Tongsis bgs gk?
    Pdhl sy msh umur 12 udh bkn ginian ya hehehe
    Abisnya sy gk pnya semua Medsos lo,WA aj sy gk punya jd mnta masukan la dr yg sdh berpengalaman sy kan msh pemula hahaha,
    btw thx artikelnya sngt membantu sy Bagus lo artikelnya bls ya supaya sy bs jd yutubers ternama hahahaha ….

    Avatar

    berry kreasi mongan

    ( - 08:35)

    good, makasih tipsnya,

    Avatar

    Ammar nabil hakim

    ( - 23:20)

    Kak umur orang yg boleh jadi youtuber itu umur berapa sih

    Avatar

    Dani Utomo

    ( - 10:14)

    Gan misal mau jadi youtube rs ber mu la dari main game di hp no pc gampang gk sih gan?? #bales

      Richard Goodboy

      Saran saya cari konsep baru sob, karena youtubers gaming sudah banjir di dunia youtubers. Jelas persaingannya semangkin susah. tapi tidak ada masalah jika agan mencoba dulu 🙂 selamat berjuang. Jangan lupa cek channel saya youtube.com/chardsonz

    Avatar

    iman jayoda

    ( - 11:38)

    thnks tipsnya gan sya jdi trmotivasi membuat video walaupun pake kamera hp

      Richard Goodboy

      Selamat berjuang sob! semangat!. Jangan lupa cek channel saya youtube.com/chardsonz

        Avatar

        Liyun Maristi

        ( - 23:58)

        Sangat membantu , tetap semangat

    Richard Goodboy

    Semangat sob! semua barmula dari awal 🙂

      Avatar

      kiki.hapsono

      ( - 11:29)

      thx ya ko saya akan menjadi youtuber baru hheheh padahal saya masih umur 11 saya pake akun koko saya heheheh

    Avatar

    fandi

    ( - 12:09)

    Pernah upload beberapa video tentang tutorial programming, tapi views sedikit <100 )) ; jadinya males, haha mungkin kualitas video sama audio masih di bawah rata2. ahaha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *