Internet

7 Negara Favorit Turis Bule di Asia Tenggara Karena Nilai Budaya

Tempat di Asia Tenggara mana saja yang paling banyak dikunjungi turis bule? Ternyata, dari sebelas negara di Asia Tenggara, ada tujuh negara favorit turis bule dan paling banyak dikunjungi dari berbagai belahan bumi.

Mayoritas turis bule yang datang ke Asia Tenggara mencari tempat yang relatif sepi, tenang, memiliki pemandangan alami yang indah, dan kental nilai budaya yang tak ada di negara-negara barat.

Prinsip turis bule: kalau sama saja dengan Eropa atau Amerika, untuk apa datang jauh-jauh ke Asia Tenggara?

7 Negara Favorit Turis Bule di Asia Tenggara karena Budayanya

Berikut ini negara-negara dengan pemandangan alam yang indah serta mempunyai budaya tradisional yang saat ini masih terjaga sehingga mengundang banyak turis.

1. Melaka, Malaysia

Negara Favorit Turis Bule di Asia Tenggara

Melaka adalah kota multikultural yang dipenuhi daya tarik dunia lama. Agama Islam, Hindu, dan Budha hidup berdampingan dengan damai di Melaka.

Di banyak tempat bisa terlihat jajaran masjid dan kuil. Menjelang fajar warga dibangunkan oleh suara adzan shubuh dari masjid. Begitu keluar rumah, di jalanan bisa tercium aroma dupa dari kuil.

Hal menarik lain dari Melaka sebagai negara favorit turis adalah karya seni ciptaan seniman jalanan yang bisa dilihat di hampir sepanjang jalanan Melaka.

Loading...

Waktu terbaik untuk menikmati karya seni jalanan adalah pagi hari setelah matahari terbit.

2. Singapura

Negara Favorit Turis Bule di Asia Tenggara
Chinatown Singapura – panorama-magz.com

Singapura dikenal sebagai negara kecil ketat aturan, bersih, dan mahal. Tapi  Singapura juga memiliki daya tarik budaya tersendiri, gedung-gedung dengan arsitektur yang mencengangkan, dan artis jalanan yang berlisensi.

Kita tahu bahwa Singapura dipenuhi oleh orang Melayu dan Arab Muslim, Chinese Budha, India Hindu, serta orang Kristen. Semua agama dan latar belakang etnis yang berbeda menciptakan budaya unik di Singapura.

Belum lagi semangat orang Singapura dalam membangun, dan minat anak-anak muda Singapura terhadap seni musik telah menciptakan Singapura  sebagai kota yang tak pernah tidur.

Ketika pengunjung berwisata ke Singapura bisa melihat Gardens by the Bay, Marina Bay Sands, Clarke Quay, atau Arab Quarter of Kampong Glam. Kemudian menikmati kuliner khas dari masing-masing tempat.

Di tempat lain, pengunjung bisa melihat konser musik gratis, seperti Singapore Symphony Orchestra yang sering tampil di Gardens by the Bay pada malam minggu. Atau menonton Mosaic Music Festival jika beruntung.

Walau Singapura terkenal sebagai negara dengan biaya hidup mahal, namun justru menjadi negara favorit turis untuk traveling di Singapura.

Lagi pula, Singapura relatif kecil sehingga bisa dijelajahi hanya dalam beberapa hari.

BacaPenting !!, Baca 10 Aturan Ini Sebelum Traveling ke Singapura

3. Indonesia

– Bali

Negara Favorit Turis Bule di Asia Tenggara
Image : happytowander.com

Indonesia adalah salah satu negara favorit turis dari berbagai belahan dunia. Kebanyakan turis ingin liburan di pantai tropis, menikmati pemandangan alami, dihias dengan seni budaya yang kental

Pulau Bali adalah tujuan utama bagi para turis, tempat di Bali yang jadi favorit turis adalah Ubud.

Apalagi setelah terbit film Eat, Pray, Love yang dibintangi Julia Roberts, banyak turis sengaja datang ke Ubud untuk mencari pengalaman Eat, Pray, Love versi mereka.

Banyak yang menganggap Ubud sebagai ibu kota seni dan budaya Bali. Dengan adanya Hutan Monyet Ubud (Ubud Monkey Forest), Tari Api, kuil-kuil Hindu, pesawahan, dan gunung merapi yang ramah untuk didaki membuat turis makin betah.

Tempat favorit lain di Bali adalah Sanur. Terletak di bagian tenggara pulau Bali, Sanur memiliki banyak pantai yang indah untuk dipilih.

Tapi banyak turis mengingatkan untuk tidak datang ke pantai Kuta, karena kini pantai Kuta telah dipenuhi sampah.

Pemerintah Bali bahkan mendeklarasikan ‘darurat sampah’. Padahal dulu Kuta dianggap sebagai surga backpacker.

– Yogyakarta

Negara Favorit Turis Bule di Asia Tenggara
Gambar : InfoJogjakarta.com

Ternyata, hal paling menarik dari Yogyakarta bagi turis bule bukan candi Prambanan atau seni budayanya, tapi gunung merapi. Karena di negara mereka tak ada gunung merapi yang dangerously beautiful seperti Bromo.

Turis bule memuji keindahan kawah gunung merapi aktif di Indonesia. Kebiasaan warga lokal yang suka masak telur di gunung merapi dengan memanfaatkan uap panas yang muncul di sekitar gunung merapi juga dianggap menarik oleh turis bule.

Merapi Lava Tour’ bahkan jadi paket wisata populer di antara turis bule, terutama bagi backpacker yang suka menantang bahaya. Ada-ada saja.

4. Vietnam

– Sapa

Negara Favorit Turis Bule di Asia Tenggara
Gambar : journeyexpedition.com

Vietnam merupakan negara Favorit turis diAsia tenggara, selain Ho Chi Min City, daerah Sapa justru paling populer. Menurut turis bule, Ho Chi Min City seperti kota besar lain di Asia Tenggara: padat, lalu lintas kacau, dan polusi.

Meski harus diakui bahwa Ho Chi Min City memang memiliki taman-taman yang besar, pasar malam yang menarik, dan kuliner khas Vietnam yang rasanya membuat ketagihan.

Cuaca di Sapa lebih sejuk, lanskap dipenuhi bukit-bukit, dan pemandangan lebih alami. Desa-desa penduduk lokal bisa dikunjungi hanya dengan berjalan kaki.

Cara terbaik menikmati liburan di Sapa adalah dengan ikut tur guided trek 2 hari.

Pengunjung bisa tinggal di home stay milik penduduk lokal, mengunjungi perbukitan dan persawahan, serta bertemu dengan turis lain untuk sharing pengalaman.

– Hoi An

Tempat lain di Vietnam yang jadi favorit turis bule adalah Hoi An, kota yang terkenal dengan toko jahit-nya. Dihias pula oleh lentera warna-warni bergantungan di depan toko-toko.

Dari Hoi An, turis bisa dengan mudah mengakses pantai dan pedesaan. Serta bisa menikmati kuliner khas pedesaan Vietnam yang lezat terbuat dari sayuran, herbal, dan rempah organik.

5. Pai, Thailand

Negara Favorit Turis Bule di Asia Tenggara
Gambar : livingnomads.com

Meskipun Thailand adalah salah satu negara Favorit turis, namun kota Bangkok bukan tujuan utama? Turis yang ingin rileks lebih tepat memilih Pai.

Pengunjung bisa jalan-jalan dengan tenang, menikmati pemandangan alami, makan kuliner khas, atau sekadar bersantai di atas hammock.

Turis bisa menyewa bungalow kecil dengan pemandangan sawah untuk bersantai beberapa hari.

Lalu lintas di Pai juga tidak segila Bangkok atau kota besar lain di Asia Tenggara. Jalanan Pai relatif sepi sehingga turis bisa menyewa motor dan keliling Pai sendirian dengan tenang.

6. Luang Prabang, Laos

Negara Favorit Turis Bule di Asia Tenggara
Gambar : backpackerzmag.com

Luang Prabang adalah kota yang tenang dan santai, jauh berbeda dengan kota-kota besar di negara lain. Turis yang ingin bersantai sambil menikmati kuliner khas Laos biasanya datang ke Luang Prabang.

Luang Prabang terkenal dengan Bangunan Kuno Kolonial Perancis, kabut di sepanjang sungai di pagi hari, dan biksu muda yang memakai jubah jingga hilir mudik di jalanan.

7. Siem Reap, Kamboja

Negara Favorit Turis Bule di Asia Tenggara
Gambar : pinkanholiday.com

Di Siem Reap, turis biasa mengunjungi Ta Prohm yaitu candi kuno yang jadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Candi Ta Prohm, yang terletak di Angkor, pernah jadi tempat syuting film Tomb Rider.

Banyak pula turis bule sengaja datang untuk menemui penduduk Kamboja yang pernah menjadi korban kekejaman politik, dan berbagi cerita dengan mereka.

Penduduk Kamboja juga dikenal memiliki kebiasaan makan serangga goreng sebagai camilan.

Penutup:

Itulah tujuh negara Favorit  turis bule di Asia tenggara yang masing-masing memiliki keunikan.

Sebagai orang Indonesia, saya bangga karena Bali masuk daftar tempat favorit para turis. Tapi prihatin dengan masalah ‘darurat sampah’ di pantai Kuta.

Ayo dong Indonesia, jangan buang sampah sembarangan lagi. Kalau Indonesia bersih, kan kita juga yang enak.



Loading...

Baca selengkapnya

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *