Ulasan Bisnis

Penyebab Seseorang Tidak Kaya Walau Telah Bekerja Keras

Bagi sebagian orang, bekerja keras adalah hal yang paling diutamakan. Namun setelah sekian lama bekerja keras, tapi tidak kunjung membuahkan hasil. Hasil yang didapat justru kebalikannya, yaitu banyak masalah dan banyak utang. Maka dari itu, disini saya ingin membahas mengenai penyebab seseorang tidak kaya walau sudah mati matian bekerja keras.

Dilema semacam ini menjadi suatu hal yang sering dipertanyakan oleh banyak orang. Namun yang justru seseorang cari itu bukan dari bagaimana usaha orang tersebut, tapi malah dari mana hasil yang didapat itu. Maka dari itu, orang yang tidak pernah menghargai kerja keras dan jasa seseorang itu sangat sulit untuk mencapai kesuksesan. Karena mereka hanya melihat kesuksesan seseorang berasal dari apa yang mereka miliki, bukan dari kerja keras yang selama ini didapatkan.

Jadi kerja keras dan kerja dalam waktu yang lama saja bukan menjadi patokan untuk mengukur tingkat kesuksesan seseorang. Ada banyak sekali hal yang bisa menyebabkan orang itu bisa kaya atau tidak. Salah satunya adalah karena faktor keberuntungan. Ya bagaimana lagi, kalau memang orang itu ditakdirkan kaya, usaha apapun juga ujung ujungnya pasti kaya. Karena banyak perantara yang bisa menjadikan seseorang itu menjadi sukses.

Namun keberuntungan itu merupakan faktor kecil yang mempengaruhi seseorang bisa kaya atau tidak. Semua itu juga nantinya bergantung kepada diri kita sendiri, apakah kita bisa melihat keadaan, jago mempromosikan sesuatu, pandai memanfaatkan peluang, kerja keras dan kerja cerdas serta masih banyak lagi. Nah beberapa diantaranya, akan saya ulas dalam persepsi yang berbeda, yaitu penyebab penyebab seseorang tidak kaya.

Penyebab seseorang tidak kaya walau sudah bekerja keras

penyebab seseorang tidak kaya

Bagi sebagian besar orang, kaya merupakan tujuan hidup. karena dengan kekayaan, mereka bisa membeli segalanya. Dengan kekayaan itu pulalah mereka bisa hidup serba enak dan akan memiliki banyak kesempatan untuk bisa memilih cara hidup mereka sendiri.

Namun menjadi kaya itu adalah hal yang sangat sulit. Bahkan sangat sulit. Coba bayangkan, semua orang di dunia ini bersaing satu sama lain untuk bisa kaya. Ada yang menggunakan cara black ada pula yang menggunakan cara haram. Keduanya ini memang sudah menjadi alur dalam kehidupan manusia selamanya.

Persaingan satu sama lain inilah yang menyebabkan mereka yang lemah akan kalah dan yang kuat akan terus dan semakin menang. Ya memang, hukum dalam berbisnis itu menganut hukum rimba. Cuma tak selamanya yang kuat itu menang, kadang yang kuat akan kalah dengan yang kecil tapi penuh dengan intrik dan strategi serta inovasi.

Yang miskin dengan persaingan ini akan semakin miskin. Apalagi hidup di era liberalisme di negara demokratisme seperti sekarang ini. Serasa yang miskin mau makan aja susah banget, ngutang gak ada yang mau ngutangin, gak ada yang peduli, udah bekerja keras gak menghasilkan apapun, malahan justru kerugian yang didapat.

Kadang kita serasa mau putus asa terhadap apa yang kita lakoni. Sudah kerja keras banting tulang, duit nggak pernah cukup, apalagi numpuk untuk ditabung. Seakan akan kerja keras itu hanya sebuah kesia siaan saja, tanpa bisa menghasilkan apapun dan tak memiliki manfaat apapun.

Nah dibawah ini, ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang tidak bisa sukses atau kaya walau telah bekerja keras. Silakan simak baik baik.

1. Tidak pernah mau berinvestasi

penyebab seseorang tidak kaya

Investasi adalah hal yang menguntungkan di masa depan. Mungkin saat ini hanya kerugian yang didapat, namun jika anda pandai mengelolanya, pasti suatu saat apa yang telah anda investasikan itu akan menghasilkan uang. Investasi itu bisa jangka panjang dan jangka pendek. Namun saya sarankan kepada anda yang ingin berinvestasi untuk melakukannya dalam jangka panjang, hal itu agar lebih menguntungkan suatu saat nantinya.

Investasi itu tak hanya sebatas saham atau investasi dotcom saja. Anda bisa berinvestasi tanah, ruko, atau bangunan. Perlu anda tahu, harga tanah dan properti itu semakin hari semakin mahal. Tiap tahun pasti memiliki kenaikan. Jadi investasi jenis ini tidak akan rugi. Terlebih lagi, tanah itu bisa digunakan untuk perkebunan, taman, bangunan, tempat usaha dan sebagainya.

Perlu anda tahu, kebanyakan orang kaya dunia itu punya banyak harta itu karena mereka berinvestasi. Baik beirnvestasi secara jangka pendek atau jangka panjang, mereka selalu menyisihkan uang hasil dari usahanya untuk ini. Mereka menginvestasikan sebagian uangnya untuk investasi yang pasti pasti saja. Misalnya membeli saham di perusahaan yang diperkirakan akan mengalami pertumbuhan pesat.

Jadi investasi ini bisa rugi bisa untung. Maka dari itu anda perlu belajar mengenai cara menganalisis keadaan saat ini untuk diperkirakan bagaimana kedepannya kelak. Namun kalau anda selaku pemula, anda bisa menggunakan investasi seperti reksadana. Jadi anda tak perlu repot repot mengelola jual beli saham, hasil pun bisa masuk rekening tiap bulan.

Investasi modal kecil dengan reksadana

Apalagi sekarang investasi reksadana bisa dilakukan dalam jangka waktu yang relatif cepat. Dan yang lebih baik lagi, hanya dengan modal 100 ribu saja bisa digunakan untuk investasi jenis ini loh. Maka dari itulah, anda harus bisa memanfaatkan keadaan ini dengan baik. Jangan sampai anda rugi kedepannya.

Jadi bagi anda yang sudah bekerja keras tapi tak kunjung membuahkan hasil, maka cobalah dengan ambil jalur investasi. Siapa tahu kerja keras anda membuahkan hasil di investasi ini. Percayakan uang anda pada mereka yang sudah ahli dan anda akan mendapatkan keuntungan yang berkali kali lipat dalam beberapa tahun bahkan beberapa bulan mendatang.

Baca : Investasi Reksadana Modal Kecil Mulai 100 Ribu di 8 Tempat Ini

Jadi inilah kunci kenapa orang kaya akan terus kaya seperti dalam sebuah artikel dari BBC. Mereka yang memiliki uang dan menginvestasikan uangnya, maka tiap tahunnya akan memiliki kekayaan yang terus bertambah walau mereka tidak bekerja apapun.

Jika kita lihat, rajanya investasi adalah warren buffet yang menjadi orang terkaya ke tiga tahun lalu menurut majalah forbes. Dengan total kekayaan lebih dari 60 miliar dollar, ia berhasil menjadi investor tersukses. Karena ia dari kecil memang sudah bakat akan bisnis. Bahkan saat umur 11 tahun, dia sudah menjual loper koran, lalu mengumpulkan bola golf untuk dijual kembali, dan banyak sekali lika liku kehidupan yang dilaluinya.

Namun di umur 14 tahun, ia menginvestasikan tanah berupa sawah untuk ditanami petani dengan sistem bagi hasil. Sehingga dari situ ia semakin optimis untuk menekuni di dunia investasi. Seiring perkembangan waktu, kemampuan dalam berinvestasi semakin tajam sehingga is bisa menjadi salah satu investor tersukses dunia.

Jadi salah satu penyebab seseorang tidak kaya walau telah berusaha semampu mungkin adalah karena mereka takut berinvestasi atau tidak mau untuk berinvestasi.

2. Tidak memanfaatkan peluang

penyebab seseorang tidak kaya

Jika kita amati lebih lanjut, orang kaya dunia itu mereka melakukan segala sesuatu dengan penuh pertimbangan dan juga mereka selalu memanfaatkan peluang yang ada. Karena pada saat ada kesempatan emas, mereka memanfaatkan peluang itu dan tak main-main dengan apa yang mereka pilih itu.

Penyebab seseorang tidak kaya walau sudah bekerja keras adalah karena mereka tidak mampu memanfaatkan peluang yang ada. Mereka hanya menunggu peluang itu datang sendiri menghampirinya. Padahal itu tak mungkin.

Baca : Peluang Bisnis Tahun 2017 yang Akan Viral dan Ngetrend

Dalam hidup ini memang ada suatu kesempatan yang langka. Dan itu adalah peluang yang kecil jika dibandingkan dengan kesempatan yang ada. Maka dari itu, yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan kesempatan itu sebaik mungkin.

Contoh yang sering dilakukan oleh orang kaya adalah memanfaatkan gejolak keuangan atau saham. Jadi saat harga murah mereka membeli sebanyak mungkin, lalu kalau harga sudah mahal, mereka menjualnya semahal mungkin. Nah inilah yang disebut memanfaatkan peluang yang ada.

3. Diam, tanpa ada hasrat untuk mengubah keadaan

Ingatlah bahwa nasib manusia itu ditentukan dirinya sendiri. Jadi apabila kita tidak mau mengubahnya, maka orang selamanya tidak akan berubah nasibnya. Percayalah hal ini, bahwa segala sesuatu itu ditentukan dari diri anda sendiri. Apa yang anda tanam, itulah yang nantinya akan anda tuai. Memang sih, kita tidak bisa merasakan hasil jerih payah kita saat ini, namun percayalah bahwa suatu saat nanti, kita akan merasakan hasil itu.

Orang kaya yang dulunya berasal dari keluarga miskin dan tak punya apa-apa, mereka selalu memiliki motivasi kuat dalam setiap langkah hidupnya untuk bisa mengubah nasibnya itu. Dengan itulah mereka bisa menggapai apa yang mereka inginkan. Tanpa itu mungkin mereka saat ini masih sama dengan yang dulu.

Nah sifat orang miskin yang hampir semuanya ada adalah diam. Diam disini bukan diam tak bergerak, tapi hanya melakukan hal yang biasa dilakukan setiap hari harinya tanpa adanya keinginan untuk bekerja lebih keras lagi kedepannya. Memang sih dalam usaha untuk mengubah nasib, kita perlu bersusah payah dan melakukan segalanya dengan ekstra keras, namun yakinlah bahwa semua itu pasti akan terbalaskan dengan kebaikan suatu saat kelak.

Jadi setelah tahu penyebab seseorang tidak kaya satu ini, seharusnya mulai sekarang kita berubah untuk menjadi yang lebih baik. Jangan hanya diam menunggu perubahan, tapi cobalah untuk bergerak maju membuat perubahan bagi diri anda, orang lain, dan lingkungan sekitar ke arah yang lebih baik lagi.

4. Tidak menggunakan kecerdasan

penyebab seseorang tidak kaya

Manusia diberikan kelebihan berupa akal. Dengan akal ini manusia menjadi makhluk yang sempurna dan bisa dibilang makhluk super cerdas. Apapun bisa dibuat oleh manusia, bahkan kerusakan itu sendiri pun bisa mereka perbuat.

Kecenderungan orang miskin kenapa mereka tidak bisa kaya walau sudah bekerja dan berusaha semaksimal mungkin adalah karena mereka tida memanfaatkan kecerdasan yang mereka miliki. Mereka hanya mengandalkan otot saja untuk mendapatkan uang. Hal seperti itulah yang menjadikan kehidupan mereka tetap seperti itu selamanya.

Yang harus kita lakukan adalah dengan menggunakan otot tapi juga menggunakan kecerdasan. Keduanya perlu dilakukan seiring perkembangan waktu di setiap usaha yang dilakukan. Jadi kalau kita bekerja begitu sulit hari ini, dengan kecerdasan yang dimiliki, maka seharusnya kita bisa menciptakan suatu alat atau teknologi untuk memudahkan kerjaan itu.

Dengan kecerdasan kita bisa menyelesaikan setiap permasalahan dalam hidup ini. Jadi seharunya kita bisa berfikir ke depan untuk menyelesaikan setiap permasalah yang terjadi saat ini. Kalau hari ini susah, maka dengan karunia kecerdasan yang dimiliki, seharusnya manusia bisa menyelesaikan masalah untuk bisa mengubah keadaan itu menjadi lebih baik di masa depan nanti.

Jangan hanya mengandalkan perasaan dalam menyikapi masalah

Hal yang sering dilakukan oleh orang miskin adalah mereka terlalu mengandalkan perasaan dalam menyelesaikan masalah. Hal itulah yang akan menjadikan mereka gagal. Memang, perasaan itu sangat perlu kita jadikan landasan dalam menyelesaikan masalah. Namun jangan menjadikan perasaan tanpa adanya suatu analisa mendalam yang telah dipikirkan baik baik terlebih dahulu. Karena itu tidak akan berhasil.

Memang kita memiliki insting, namun tak selamanya insting itu benar bukan? Jadi jangan lupakan analisa data untuk memutuskan suatu masalah. Jangan tinggal pilih ini dan pilih itu hanya mengandalkan insting saja, karena pasti hampir sebagian besar keputusan yang telah dipilih itu tidak akan meinimbulkan keuntungan.

Itulah penyebab seseorang tidak kaya walau sudah bekerja keras, maka dari itu, sekarang gunakan perasaan sebagai penyeimbang dari menggunakan data data yang relevan untuk semua masalah kehidupan.

5. Tidak menyiapkan dana darurat

penyebab seseorang tidak kaya

Dana darurat adalah dana yang benar benar dibutuhkan saat sedang mepet. Misal kecelakaan, atau tiba tiba ada kebutuhan mendesak dan sebagainya. Orang miskin justru tak memiliki uang khusus untuk ini, karena untuk makan saja susah. Betul bukan?

Maka dari itu, orang miskin harus memiliki asuransi. Jadi jika ada suatu masalah misalnya kecelakaan atau hal lainnya, yang mana hal tersebut membutuhkan biaya sangat besar hingga puluhan juta, maka tidak akan bingung dan kesusahan dalam menyiapkan uang itu.

Karena bagi orang miskin, jika dirinya sakit parah, tidak bisa bekerja, butuh banyak uang dan tidak punya asuransi pasti jalan yang mereka tempuh itu berhutang. Itupun kalau ada yang mau dihutangi, kalau tidak kan tambah rumit masalahnya. Nah setelah hutang yang besar itu, maka selanjutnya harus membayar tiap minggu atau bulan untuk melunasinya, tentunya ini akan menjadi hal yang benar benar menambah rumit.

Jadi salah satu penyebab seseorang tidak kaya walau telah melakukan segalanya adalah karena mereka tidak memiliki asuransi atau dana darurat. Jadi jika ada masalah dana, maka semakin rumit masalahnya tersebut.

Baca : Dana Tambahan Penting yang Harus Anda Siapkan Mulai dari Sekarang

Maka dari itu, usahakanlah untuk mengasuransikan kesehatan anda dengan BPJS atau kalau bisa asuransikan rumah anda. Jadi jika ada bencana, maka anda dapat mengajukan dana asuransi. Tapi intinya, uang yang kita keluarkan untuk asuransi itu, tidak akan lebih besar daripada uang untuk biaya perawatan diri kita tersebut.

6. Terlalu bergantung pada orang lain

Yang tak kalah penting adalah mereka orang miskin itu terlalu bergantung kepada orang lain. Bahkan terlalu bergantung kepada peluang nasib, misalnya undian, dan sebagainya. Padahal jika kita semakin tergantung kepada orang lain, kita akan sangat susah untuk bisa melangkah kedepannya. Sehingga kita tak akan pernah bisa maju dan berubah ke arah yang lebih baik lagi.

Memang manusia sebagai makhluk sosial pasti sangat bergantung pada orang lain dalam berbagai hal. Namun bukan berarti kita hidup hanya numpang pada orang lain atau dengan memanfaatkan kebaikan yang diberikan orang lain. Kita harus bisa memanfaatkan kebaikan orang lain juga dengan semestinya.

Jika kita hanya bermental gratisan dengan hanya mengambil sesuatu dari orang lain, maka kita selamanya tak akan pernah bisa kaya. Karena seseorang bisa menjadi kaya justru saat mereka sudah bisa berbagi dengan orang lain, baik berbagi materi maupun berbagi kebahagiaan.

Jadi jangan terlalu bergantung terhadap apa saja yang bukan hak kita, seperti pemberian dari orang lain, undian, atau lainnya. Karena hal itulah yang menjadi penyebab seseorang tidak kaya walau sudah melakukan banyak hal.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab seseorang tidak kaya walau sudah bekerja keras. Semoga ini bermanfaat bagi kita semuanya. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada yang lain agar mengetahuinya ya. Terima kasih.


Loading...
Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Blogedewek. Hobi saya membaca, berkebun, dan tidur. Suka nulis juga di blog klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora yang menjual padi basmati.

Artikel terkait

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close