Review ProdukTekno

Mengintip Spesifikasi 3 Ponsel dengan Jaringan 5G Super Kencang

Hadirnya jaringan super cepat 5G membuat para vendor smartpone terus melakukan pengembangan terhadap smartphone. Beberapa diantaranya sudah menyiapkan jeroan terbaru yaitu ponsel jaringan 5G.

Salah satu perusahaan yang saat ini sedang menggarap jaringan generasi kelima tersebut adalah Qualcomm sebagai perusahaan penghasil prosesor handal.

BacaJaringan 5G Siap Meluncur Tahun Ini, Indonesia Kapan Ya?

Salah satu dapur pacu yang akan menyokong jaringan 5G adalah Snapdragon 865 yang memiliki modem tertanam di dalam chip.

Kemudian beberapa operator juga sudah mulai mendukung pengadaan jaringan 5G seperti AT&T asal Amerika Serikat.

Perusahaan tersebut akan meluncurkan layanan 5G sesuai dengan panduan 5G NR yang dirilis oleh 3GPP dan optimis layanan tersebut terealisasikan.

Pengguna ponsel jaringan 5G akan merasakan kecepatan yang lebih ngebut dan latensi ultra yang rendah. Disisi lain juga dapat meningkatkan pengalaman virtual rality, mobil tanpa supir, video 4K, dan lainnya.

Dalam penerapan tenologi 5G memerlukan persiapan yang matang diantaranya kesiapan vendor baik dari sisi perangkatnya maupun penyedia layanan jaringan.

Loading...

Berdasarkan laporan yang dikutip dari Digitimens dalam tekno.kompas.com, Smartphone 5G yang bakal dirilis tidak akan mencapai satu juta unit jumlahnya.

Adapun kendala yang ditemui adalah sulitnya membuat chipset, antena, serta modem yang masih belum mendukung jaringan 5G.

Perlu diketahui juga chipset 5G yang akan diterapkan membutuhkan ruang smartphone yang besar dan lebih banyak menyedot banyak daya. Sehingga pekerjaan rumah tersebut harus diselesaikan oleh vendor dalam waktu yang dekat.

Sementara itu vendor operator seluler juga menggeber persiapan dengan melakukan berbagai perbaikan untuk dapat mengimplementasikan jaringan super cepat ini.

Meskipun diprediksi ponsel jaringan 5G bakal dirilis pada tahun 2022 mendatang. Akan tetapi banyak perusahaan yang sudah meyiapaknn ponsel jaringan 5G yang dan bahkan sudah mulai dirilis.

Padahal jaringan super cepat tersebut belum sepenuhnya di resmikan. Lalu ponsel apa saja yang sudah mendukung jaringan 5G?

Mi Mix 3

Image via mashable.com

Smartphone yang mendukung jaringan 5G  adalah Mi Mix 3 baru dirilis di Tiongkok yang memiliki desain tanpa notch.

Jadi bisa dikatakan perangkat ini memiliki bezel yang sangat tipis sehingga membuat desainnya terlihat elegan. Xiaomi mengklaim bahwa kecepatan jaringan yang dimiliki oleh perangkat ini 10 kali lebih kencang dibandingkan dengan jaringan 4G.

Salah satu ponsel jaringan 5G ini telah disematkan RAM hingga 10 GB dengan internal mencapai 256 GB.

Mi mix 3 dibentangi layar AMOLED seluas 6,4 inci, bahkan rasio bodi ke layarnya yaitu  93,4 persen yagn beresolusi full HD plus.

Sementara itu, bagian kamera depannya didesain tersembuyi dan bisa digeser bahkan hasil kameranya dianggap mampu mengalahkan Huawei P20 Pro.

Kemudian jumlah kameranya ada empat dengan pembagian dua kamera depan beresolusi 24 megapiksel dan 2 megapiksel.

Sementara itu, kamera belakangnya keduanya beresolusi 12 megapiksel yang terdiri lensa utama dengan bukaan f/1.8 dan telephoto memiliki bukaan f/2.4.

Moto Z3

Moto Z3 via digitaltrends.com

Berikutnya adalah ponsel asal Amerika Serikat yang telah diakuisisi oleh Lenova sejak empat tahun silam. Lenovo memang berfokus dalam merilis ponsel motorola dan yang terbaru adalah Moto Z3.

Ponsel ini dapat terhung ke jaringan 5G dengan operator seluler Verizon di AS lewat Moto Mods 5G. Moto mods merupakan aksesori modular yang terpasang dengan magnet dan beberapa konektor khusus pada punggung perangkat .

Jaringan 5G milik Verizon miliki kecepatan transfer yang jauh lebih tinggi. Sementara itu, bandwidth 5G bisa menggapai di kisaran 5Gbps bahkan lebih.

Sebagai ponsel jaringan 5G, Moto Z3 bakal menawarkan layar dengan teknologi Super AMOLED yang dibentangi layar seluas 6 inci beresolusi 2160 × 1080.

Sementara itu, prosesor yang digunakan adalah Snapdragon 835 yang ditopang oleh RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB.

Jika melihat sisi kameranya sudah memiliki resolusi 12 megapiksel untuk bagian belakang sementara kamera selfienya hanya beresolusi 8 megapiksel.

Oppo R15

Vendor asal Tiongkok kembali memberikan kejutan berupa berhasil menghubungkan perangkatnya ke jaringan 5G.

Perangkat yang diujicoba adalah R15 yang terkoneksi antara terminal smartphone R15 dan jaringan 5G dalam lingkungan laboratorium protokol komunikasi 5G.

Sebenarnya Oppo R15 sudah dirilis sejak beberapa bulan yang lalu, tetapi smartphone ini berhasil menjadi ponsel jaringan 5G milik Oppo berkat tambahan Systemboard, RF, RFFE, dan antena.

Jika melihat spesifikasinya smarpthone ini memiliki layar poni dengan layar seluas OLED 6,8 inch memiliki resolusi 1.080 × 2.280 pixels.

Smartphone dengan kamera selfie 20 MP ini ditopang oleh prosesor Helio P60 octa-core CPU (4 × A73 clock speed 2,0 GHz dan 4 × A53 clock speed 2,0 GHz  ) milik MediaTek.

Sementara itu RAM yang digunakan sebesar 6 GB dan memori internal 128 GB. Tampilan grafis dari R15 sangat smooth berkat bantuan kartu grafis Mali-G72 MP3 GPU.

Jadi, apakah sobat klik mania sudah menyiapkan dana untuk membeli ponsel jaringan 5G diatas? Akan tetapi harus bersabar karena beberapa operator di Indonesia masih melakukan ujicoba terhadap jaringan ini.

Percuma saja menggunakan smartphone dengan dukungan 5G, karena masih belum adanya provider yang menyediakannya.



Loading...

Baca selengkapnya

Berbagi pengetahuan melalui sebuah tulisan

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *