Review ProdukTekno

Samsung Galaxy J7 Pro, Smartphone Selfie Dual Antena

Samsung Galaxy J7 Pro, Smartphone Selfie Dual Antena. Samsung kembali menggebrak pasar smartphone di tanah air dengan mengeluarkan ponsel tertinggi dari seri J smartphone mereka. Ponsel ini layak disebut sebagai smartphone selfie dan dual antena, yang jadi andalan mereka untuk memprkuat sinyal yang ditangkap oleh ponsel ini.

Desain Samsung Galaxy J7 Pro, Smartphone Selfie Dual Antena

Smartphone selfie dual antena
Samsung Galaxy J7 Pro via gsmarena.com

Melihat dari sisi desain, ponsel ini tidak memiliki banyak perbedaan dengan seri Galaxy J7 Prime sebelumnya. Hanya saja ponsel ini memiliki bobot yang sedikit lebih berat. Ponsel ini pun masih cukup nyaman untuk digenggam dengan satu tangan.

Garis – garis tegas pada sekujur body dan body yang terbuat dari bahan metal membuat ponsel ini tampil dengan cukup menawan.

Smartphone selfie dual antena
Desain Samsung Galaxy J7 Pro via gizbot.com

Walaupun smartphone selfie dual antena ini memiliki ketebalan body yang hanya 7.9mm, namun bobotnya sendiri mencapai 181 gram. Body yang tipis ini tentu akan memudahkan pengguna menggunakannya dalam berbagai kegiatan tanpa harus takut terlepas dari tangan.

Melihat pada tombol – tombol yang tertanam, tidak ada perbedaan yang berarti dengan seri Galaxy J7 Prime sebelumnya. Pada bagian kanan, hanya ada tombol power, sedangkan pada bagian kiri terlihat tombol volume up down dan 2 buah slot SIM Card.

Slot yang pertama bisa diisi dengan SIM utama, sedangkan slot yang kedua bisa diisi dengan SIM kedua dan Micro SD. Slot Micro SD-nya sendiri mampu mengakomodir kapasitas hingga 256GB.

Smartphone selfie dual antena
Slot SIM dan Micro SD Samsung Galaxy J7 Pro via yugatech.com

Sama seperti seri J sebelumnya, lubang speaker ditempatkan di sebelah kanan body ponsel, tepat di atas tombol power. Beralih ke sisi bawah ponsel, kita bisa menemukan jack audio 3.5mm dan port micro USB sebagai media pengisian baterai dan media penghubung dengan perangkat PC.

Beralih ke bagian belakang ponsel, kita akan menemukan lensa kamera belakang dengan resolusi 13MP. Tidak lupa, kamera ini juga dilengkapi fitur LED Flash untuk mengakomodir kebutuhan foto pengguna dalam kondisi kurang cahaya.

Tepat di bawah LED Flash, terdapat logo Samsung yang berwarna silver dan mengkilap. Pada bagian atas dan bawah terdapat dual antena yang melengkung dan berbentuk huruf ‘U’.

Layar dan Tampilan

Smartphone selfie dual antena besutan Samsung ini memiliki layar dengan diagonal 5.5 inchi. Sama seperti kebanyakan seri J, ponsel ini pun sudah dibekali layar dengan tipe 2.5D yang membuat penampilan ponsel ini semakin menawan dan enak digenggam.

Samsung Galaxy J7 Pro
Layar dan Tampilan Samsung Galaxy J7 Pro via samsung.com

Layar seluas 5.5 inchi ini terasa semakin sempurna berkat resolusi full HD 1080p dengan kombinasi layar super AMOLED. Dengan bezel yang sangat tipis dan ketiadaan bordir pada sisi luar layar, membuat ponsel ini semakin tampil maksimal pada sisi layar.

Layar ini sendiri sudah dilengkapi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 4. Jadi pengguna tidak perlu khawatir layar ponsel mereka akan tergores oleh benda – benda tajam.

Pada bagian atas layar, terdapat speaker telepon yang diapit oleh sebuah sensor dan lensa kamera depan beresolusi 13MP. Terdapat juga fitur LED Flash untuk hasil kamera depan yang lebih maksimal, walau dalam kondisi kurang cahaya sekalipun.

Beralih ke bagian bawah layar, terdapat tombol home, yang diapit oleh tombol kapasitif back dan tombol recent home.

Smartphone selfie dual antena
Tampilan Samsung Galaxy J7 Pro via yugatech.com

Salah satu fitur yang sangat menarik pada ponsel ini adalah layarnya yang sudah mengusung teknologi Always On Display. Fitur ini sendiri sanggup membuat layar ponsel tetap terjaga, sehingga pengguna tidak perlu membuka layar untuk mengetahui informasi waktu, notifikasi yang masuk, hingga mengganti lagu.

Seperti biasa, Samsung pun menggunakan tampilan khas mereka, yakni TouchWiz UI. Sistem operasinya sendiri sudah mengusung Android Nougat 7.0, versi tertinggi dari sistem operasi Android untuk sekarang ini.

Sistem operasi Android Nougat 7.0 sendiri memiliki banyak fitur yang menarik, seperti fitur multi-window, lebih hemat daya, dan keamanan yang lebih baik.

Software Dan Hardware Galaxy J7 Pro, Smartphone Selfie Dual Antena

Beralih ke bagian hardware, ponsel ini menggunakan chipset Exynos 7870 dengan 8 inti (octa core). Chipset nya sendiri mengusung speed 1.6 GHz Cortex A-53 dengan dukungan grafis Mali-T830MP2.

Chipset ini sendiri merupakan chipset yang juga digunakan oleh Samsung pada Galaxy J5 Pro dan J7 Prime. Kinerja ponsel ini semakin disempurnakan berkat penggunaan RAM sebesar 3GB dan memory internal sebesar 32GB.

Smartphone selfie dual antena
Samsung Galaxy J7 Pro via samsungparty.com

Mengingat harga yang mencapai Rp.4 Juta, RAM 3GB dan memori internal 32GB memang terasa kurang. Dengan harga Rp.4 Juta, vendor lain sudah banya yang membekali ponselnya dengan RAM 4GB, seperti Xiaomi yang terkenal murah dan memiliki performa tinggi.

Namun, RAM 3GB milik Galaxy J7 Pro ini masih cukup untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna, mulai dari bermain game, media sosial, hingga multitasking.

Baterai Galaxy J7 Pro, Smartphone Selfie Dual Antena

Samsung Galaxy J7 Pro ini memiliki baterai berkapasitas 3.600mAh. Baterai ini meningkat dari seri pendahulunya yang hanya 3.300mAh, yakni Samsung Galaxy J7 Prime.

Baterai tersebut tergolong kecil jika dibandingkan dengan vendor lain yang memiliki rentang harga sama. Kendati demikian, baterai ini masih mampu bertahan selama 12 jam untuk pemakaian normal.

Smartphone selfie dual antena
Samsung Galaxy J7 Pro via gadgetcornerph.com

Baterai-nya sendiri sudah mengusung tipe non-removable, yang tidak akan memungkinkan pengguna membuka baterai. Walaupun kebanyakan smartphone ini sudah mengusung baterai tipe ini, namun tetap saja akan membuat pengguna sedikit repot ketika baterai-nya soak. Mau tidak mau, ponsel harus dibawa ke service untuk mengganti baterainya.

Sekarang ini, ponsel terbaru sudah banyak yang mengadopsi fitur fast charging. Namun, Samsung meniadakan fitur tersebut pada Galaxy J7 Pro ini, dan Samsung sendiri sudah menyematkannya pada beberapa ponsel besutan mereka.

Hal ini tentu akan membuat pengguna sedikit bosan menunggu baterai penuh, terlebih dengan kapasitas baterainya yang sudah lumayan besar.

Kamera Dan Video Galaxy J7 Pro, Smartphone Selfie Dual Antena

Sektor inilah yang menjadi andalan dari Galaxy J7 Pro. Maka wajar saja jika kita menyebutnya sebagai smartphone selfie dual antena. Resolusi kamera yang disematkan pun tidak berbeda antara kamera depan dan belakang, yakni 13MP.

Samsung nampaknya sudah mulai serius menggarap sektor kamera, seperti yang dilakukan oleh kebanyakan vendor lain dari Tiongkok.

Smartphone selfie dual antena
Kamera Samsung Galaxy J7 Pro via shop.samsung.com

Samsung menyadari jika aktivias vlogging saat ini sudah semakin tren. Untuk itu Samsung pun serius menggarap sektor ini untuk kebutuhan selfie yang tergolong bagus. Baik kamera belakang maupun kamera depan, sudah sama – sama mengusung fitur LED Flash.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto yang bagus dalam kondisi kurang cahaya sekalipun. Fitur yang disematkan pun tidak jauh berbeda dengan fitur dari Samsung Galaxy J5 Pro. Foto HDR dan Macro mampu ditangkap dengan baik oleh ponsel ini.

Kamera belakang sendiri menggunakan diafragma f/1.7 dan kamera depan menggunakan diafragma f/1.9. Hal ini memungkinkan pengguna untuk ber-wefie ria dengan view angel yang luas.

Smartphone selfie dual antena
Kamera Samsung Galaxy J7 Pro via shop.samsung.com

Beralih ke mode perekaman, Samsung Galaxy J7 Pro ini sudah mampu merekam video hingga resolusi full HD 1080p. Lagi – lagi sektor ini tidak jauh berbeda dengan seri sekelasnya, yakni Samsung Galaxy J5 Pro.

Pengguna pun tidak perlu khawatir jika harus merekam momen pada kondisi kurang cahaya. Hal ini bisa diatasi dengan LED Flash yang tersemat pada kamera belakang dan kamera depan.

Dual Antena Untuk Jaringan Maksimal

Konektivitas Samsung Galaxy J7 Pro sudah mengusung 4G LTE cat6 yang memungkinkan pengguna untuk mendownload hingga speed 300mbps dan upload 50mbps.

Selain itu, masih banyak konektivitas yang diusung oleh smartphone selfie dual antena ini, yakni NFC, dual-band, hotspot, Bluetooth v4.1, GPS + A-GPS dan Glonass. Hal yang paling menarik adalah penggunaan dual antena untuk memaksimalkan jaringan.

Smartphone selfie dual antena
Dual antena Samsung Galaxy J7 Pro via yugatech.com

Fitur Signal Max ini memungkinkan pengguna mendapatkan jaringan yang lebih baik. Hal ini tentu sangat bermanfaat, untuk mendapatkan konektivitas yang lebih cepat tanpa harus nge-lag saat jaringan terputus – putus.

Sebenarnya fitur Signal Max ini sudah sejak lama diperkenalkan oleh Samsung. Tetapi pada Samsung Galaxy J7 Pro semakin sempurna, berkat penggunaan dual antenna.

Fitur – Fitur Lain

Berbeda dengan seri sebelumnya, yakni Samsung Galaxy J7 Prime, ponsel ini sudah mengantongi sertifikat IP54. Sertifikat ini memungkinkan ponsel untuk bertahan dari guyuran air.

Hal ini tentu akan sangat bermanfaat saat pengguna ingin mengabadikan momen ketika sedang berenang dan menyelam, seperti yang dilakukan oleh kebanyakan orang sekarang ini.

Fitur USB OTG pun tidak lupa disematkan pada ponsel ini. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer data dengan hanya mencolokkan flashdisk menggunakan adaptor khusus. Pengguna tidak perlu repot lagi harus menyambungkan ponsel pada PC/Laptop.

Smartphone selfie dual antena
Water test Samsung Galaxy J7 Pro via youtube.com/MR.Techy

Melengkapi keamanan yang mumpuni, Samsung pun tidak lupa menyematkan sensor fingerprint pada ponsel besutan mereka ini. Fingerprint Samsung sendiri tergolong cepat dan responsif dalam membaca sidik jari pengguna. Sensor ini ditempatkan berbarengan dengan tombol home di depan bagian bawah ponsel.

Sensor – sensor lain pun tidak lupa disematkan Samsung, seperti sensor accelerometer, proximity, ambient-light, compass, dan gysroscope. Sensor gyroscope ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan perangkat Virtual Reality.

Dengan menggunakan perangkat VR, maka pengguna akan bisa menonton film dan bermain game lebih nyata, seolah – olah visual dan objek tersebut berada di depan mata.

Harga Dan Kesimpulan

Sebagai seri tertinggi dari kelas ‘J’, smartphone besutan Samsung ini akan mudah untuk mengakomodasi pengguna dalam sektor kamera. Aktivitas vlogging yang sedang nge-tren pun tentu akan bisa dijalani dengan lebih baik, karena ponsel ini mampu merekam video dalam resolusi tinggi, yakni full HD 1080p. Hal ini semakin sempurna berkat resolusi kamera depan yang tinggi dan fitur LED Flash.

Tetapi mengingat RAM yang hanya 3GB dan memory internal sebesar 32GB, tentu akan membuat ponsel ini terasa kurang. Sekarang ini sudah banyak vendor lain yang tidak segan – segan memberikan RAM 4GB dan memory internal 64GB dengan harga yang tergolong terjangkau.

Kehadiran USB Type-C pun tidak ditemukan dalam ponsel ini. Padahal untuk saat ini, sudah sangat banyak ponsel yang menggunakan USB Type-C. USB jenis ini sendiri memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer data lebih cepat, pengisian daya yang lebih cepat, dan lebih tahan lama.

Dibanderol dengan harga Rp.4 juta, tentu ponsel ini masih memiliki banyak rival yang mungkin bisa memberikan lebih dengan harga Rp.4 juta.

Tetapi mengingat nama besar Samsung, mereka mungkin tidak akan susah untuk mencari pembeli. Kita lihat saja, apakah smartphone selfie dual antena ini akan sanggup mengungguli rival sekelasnya.

Baca Juga :


Loading...
Baca selengkapnya

ronauli80

Menulis bukan hanya tentang hobby, tetapi juga sebagai media belajar untuk kemudian membagikanya kepada orang lain lewat tulisan - tulisan.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close