Review ProdukTekno

Xiaomi Mi 5S RAM 4 GB : Flagship Killer Dengan Harga Bersahabat

Xiaomi Mi 5S RAM 4 GB – Belum lama ini, Xiaomi kembali menggelontorkan ponsel barunya dengan segala kelebihan yang dimiliki. Xiaomi Mi 5S RAM 4 GB ini digadang – gadang sebagai ponsel “flagship killer” untuk produk – produk dari brand lain. Smartphone ini hadir dengan dua varian berbeda, yakni varian RAM 3/64 dan varian 4/128 GB.

Xiaomi Mi 5S RAM 4 GB ini diperkenalkan sebagai penerus dari seri Mi 5 sebelumnya. Dengan semua kelebihan dan perbaikan – perbaikan yang diusungnya, Xiaomi yakin akan bisa menggebrak pasar tanah air dengan ponsel andalannya ini. Smartphone ini sudah mengusung processor kelas wahid, yakni Qualcomm Snapdragon 821, yang akan meningkatkan performanya.

Desain Xiaomi Mi 5S

Pesona dari desain dari Xiaomi Mi 5S RAM 4 GB ini memang tidak bisa dipungkiri. Ponsel ini memiliki desain unibody dengan frame metal pada seluruh bagian luarnya. Pada ke empat bagian sudutnya, terdapat lekukan yang mirip dengan saudara – saudaranya. Hal ini akan membuat ponsel ini tetap nyaman digenggam walaupun dengan satu tangan.

Xiaomi Mi 5S RAM 4 GB
Desain Xiaomi Mi 5S via teknokita.com

Kesan premium dari ponsel ini semakin terasa ketika melihat garis – garis antena pada bagian atas dan bawah belakang. Hal ini sangat mirip dengan desain garis antena dari Apple iPhone 7. Pada bagian kanan, terdapat tombol power dan volume up down, dan untuk bagian kiri ada SIM tray untuk memasukkan kartu SIM. Sedangkan pada bagian bawah diteampatkan lubang speaker dan mic, dan port usb di antara keduanya.

Memandangi ponsel ini dari bagian depan tentu bukanlah hal yang membosankan. Pada bagian atas layar terdapat lensa kamera depan, sensor, dan lubang mic untuk nelpon. Sedangkan pada bagian bawah layar, kita bisa menemukan 2 buah tombol kapasitif dengan tombol home di tengahnya, yang berfungsi juga sebagai fingerprint. Bagian belakang polos, hanya terdapat lensa kamera dan flashlight, serta logo Mi pada bagian bawah.

Layar dan Antarmuka, dan Software

Ukuran layar ponsel ini termasuk sangat pas digenggam untuk ukuran tangan orang Asia pada umumnya. Dengan layar 5,15 inchi, bezel tipis pada bagian kiri dan kanan, membuat dimensi ponsel ini bisa ditekan ukurannya untuk tidak terlalu besar. Tidak lupa resolusi layar Full HD juga sudah disematkan untuk mempertajam tampilan. Kekuatan layar ponsel ini juga sudah tidak perlu diragukan lagi berkat fitur Corning Gorilla Glass 4 yang dimilikinya.

Untuk urusan software dan antarmuka, ponsel ini sudah mengadopsi Android 6.0.1 yang dipadu dengan MIUI 8.2. Xiaomi juga menyediakan tema yang bisa diganti – ganti oleh penggunanya.

MIUI 9

Belum lama ini Xiaomi baru saja merilis UI terbaru mereka, yakni MIUI 9, dan kabarnya Xiaomi Mi 5S RAM 4 GB akan masuk urutan pertama untuk dapat mencicipi MIUI 9 tersebut.

Loading...
Xiaomi Mi 5S RAM 4 GB
Layar dan Antarmuka Mi 5S via beritagar.id

Walaupun user interface milik Xiaomi dikenal boros akan penggunaan RAM, hal ini tentu tidak akan berpengaruh banyak, karena ponsel ini sudah menyandang RAM sebesar 3 dan 4 GB.

Untuk pengguna yang ingin merasakan sensasi yang lebih smooth lagi, bisa langsung meng-upgrade ui-nya ke versi yang paling baru, yakni MIUI 9, karena versi ini diklaim jauh lebih smooth dibandingkan versi sebelumnya.

Xiaomi Mi 5S RAM 4 GB
MIUI 9 via en.miui.com

Sebagaimana umumnya ponsel besutan Xiaomi, Redmi 5s ini juga sudah dilengkapi fitur dual apps dan ruang kedua. Fitur dual apps memungkinkan untuk mengkloning aplikasi yang diinginkan, sehingga pengguna akan bisa menggunakan dua akun sekaligus dalam satu aplikasi yang tersedia. Sedangkan ruang kedua adalah ruang smartphone untuk keperluan lain. Dengan kata lain, pengguna akan memiliki 2 ruang dalam 1 smartphone.

Ponsel ini juga sudah mengusung dual SIM dan slot micro SD tipe hibryd. Jadi, pengguna harus memilih akan menggunakan 2 kartu SIM sekaligus, atau menggunakan slot SIM 2 sebagai slot micro SD. Hal ini bukanlah termasuk masalah, karena ponsel sekarang ini kebanyakan memang mengusung SIM hibryd.

Konektivitas 4G LTE Cat12 turut disematkan dalam ponsel ini yang memiliki kecepatan akses mencapai 600 mbps dan upload 150 mbps.

Baterai dan Performa

Walaupun menggandeng baterai berkapasitas 3100mAh, tetapi daya tahan baterai ponsel ini tidak perlu diragukan lagi. Ponsel ini mampu menjabani performa baterai Redmi Note 4 yang memiliki baterai lebih besar, yakni 4100mAh.

Baterai yang hanya 3100mAh ini mampu bertahan selama 48 jam dengan pemakaian normal. Fitur fast charging yang disematkan pun membuat ponsel ini semakin sempurna, karena tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk mengisi ulang baterainya.

Xiaomi Mi 5S RAM 4 GB
Performa baterai Mi 5S via gontagantihape.com

Xiaomi Mi 5S dengan RAM 4 GB dan memori internal sebesar 128 GB ini kemudian dipadukan dengan procesor Qualcomm Snapdragon 821. Chipset Mi 5S ini ditenagai dengan procesor delapan inti, dengan clock speed 2,15 Ghz.

Saat berganti dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain, ponsel ini terasa sangat smooth dan tidak pernah terkendala lag. Dengan procesor anyar yang disandangnya, ponsel ini tentu akan sangat bisa diandalkan untuk pemakaian ekstrim sekalipun.

Kamera dan Video

Dibandingkan dengan seri Mi 5 sebelumnya, ponsel ini mengalami penurunan relosusi kamera yang disandangnya. Jika Mi 5 menggunakan lensa berukuran 16 MP, maka Mi 5S ini hanya memiliki resolusi kamera sebesar 12 MP untuk kamera belakang dan 4 MP untuk sektor kamera depan.

Walaupun mengusung relosusi kamera yang tergolong rendah, tetapi kemampuan ponsel ini dalam menagkap foto terbilang bisa diandalkan. Dengan fitur dual tone LED flash, ponsel ini mampu menangkap objek dengan detail jelas dalam kondisi low light sekalipun.

Xiaomi Mi 5S RAM 4 GB
Kamera Mi 5S via detikgadget.com

Smartphone ini juga dibekali dengan kemampuan perekaman video hingga resolusi 4K pada kecepatan 30 fps. Fitur dual tone LED Flash juga bisa digunakan saat perekaman video untuk menghasilkan video yang lebih jernih, walaupun pada kondisi pencahayaan yang kurang.

Walaupun bukan yang terbaik di kelasnya, tetapi ponsel ini masih sangat bisa diandalakan untuk sektor kamera. Mengingat ponsel ini bukanlah brand yang terlalu oriented terhadap kamera, dan banderol harga yang tidak terlalu mahal, kamera ponsel ini sudah terbilang lebih dari cukup.

Harga Xiaomi Mi 5S RAM 4 GB

Dengan banderol harga yang hanya 4 jutaan saja, tentu ponsel ini akan sangat banyak diminati oleh para pecinta ponsel dengan performa tinggi. Xiaomi Mi 5S RAM 4 GB ini tentu akan sangat memuaskan penggunanya, begitu juga dengan baterai nya yang sanggup bertahan selama 48 jam dalam pemakaian normal.

Kita lihat saja, apakah Mi 5S bisa diandalkan Xiaomi sebagai flagship killer dari brand lain.

Baca Juga : Smartphone Desain Metal dan Baterai Besar Dari Xiaomi Redmi 4X



Loading...

Baca selengkapnya

ronauli80

Menulis bukan hanya tentang hobby, tetapi juga sebagai media belajar untuk kemudian membagikanya kepada orang lain lewat tulisan - tulisan.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *