Ayo Dukung dan Ikuti Gerakan 1000 Startup Digital Indonesia

Startup Digital Indonesia – Sejak internet sudah dikenal luas di indonesia, tidak dapat dipungkiri bahwa ada banyak sekali pengguna internet aktif di indonesia. Banyak dari pemuda Indonesia yang merupakan pengguna internet aktif sering salah dalam menyalurkan bakatnya karena kurangnya wadah yang dapat menampung potensi dari mereka, sehingga memberi dampak yang buruk pada Indonesia dan terutama pada pemuda itu sendiri.

Sangat disayangkan, padahal peluang bisnis e-commerce di indonesia sangat besar yang tumbuh sekitar 50 persen setiap tahunnya. Nah untuk menyiasati hal itu maka pada pertengahan juni 2016 kemarin, pemerintah Indonesia dibawah naungan Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementrian Komunikasi dan Informatika meresmikan Gerakan 1000 Startup Digital Indonesia.

Apa sih tujuan dari gerakan Startup Digital Indonesia?

Gerakan ini bertujuan untuk membuat 1000 perusahaan startup digital baru yang berkualitas dan mampu menyelesaikan permasalahan Indonesia yang begitu kompleks. Anda tahu bahwa ada banyak sekali startup yang ada di indonesia baik itu buatan lokal ataupun startup asing seperti facebook.

Startup yang dihasilkan dari gerakan ini diharapkan mampu menyaingi startup asing yang beroperasi di Indonesia, agar indonesia bisa menjadi negara industri digital terbesar di dunia.

Ayo dukung dan ikuti gerakan ini…

Seperti disebutkan diatas, sejak perilisannya pada pertengahan juni 2016 kemaren, maka sekarang pendaftaran Gerakan 1000 Startup Digital Indonesia telah dibuka.  bagi pemuda indonesia yang ingin berpastisipasi dalam gerakan ini bisa mendaftarkan diri anda di reg.1000startupdigital.id/.

Startup Digital Indonesia

Nantinya anda akan diminta membuat video yang berisi masalah dan solusi yang bisa anda lakukan yang berdurasi maksimal 2 menit dan anda harus menguploadnya di youtube dengan hastag #1000startupdigital.

Perlu ditekankan bahwa pendaftaran Startup Digital Indonesia terbuka bagi semua anak muda dengan berbagai keahlian dan tidak diutamakan hanya dari yang latar belakang beahliannya IT saja.

Pemuda Indonesia yang memiliki keahlian bisnis dan desain grafis pun dapat mendaftar dan berpartisipasi dalam Startup Digital Indonesia. Gerakan ini terbuka untuk semua pemuda Indonesia yang ingin berinovasi dalam menyelesaikan masalah yang ada di Indonesia.

Anda yang belum memiliki startup ataupun inovasi baru tetap dapat mengikuti program ini, namun jika anda memiliki tim maka anda harus mendaftarkan diri secara perorangan dan mengikuti semua proses yang telah ditentukan.

Untuk mendaftarkan diri anda, anda bisa mendaftar dan mengisi semua formulir di reg.1000startupdigital.id serta melengkapi semua persyaratan yang ada.

Persyaratannya apa ?

Salah satu persayaratannya yaitu membuat sebuah video yang berdurasi maksimal 2 menit. Dalam video yang anda buat itu harus disertai detail masalah dan inovasi yang akan anda buat dengan teknologi digital, namun untuk melihat persyaratan lengkap anda bisa melihat di situs resminya yaitu 1000startupdigital.id

Proses seleksinya ada berapa tahap ya ?

Semuanya ada 5 tahap seleksi dan ada tahap pertama ini akan dipilih 400 peserta dari setiap kota yang akan mengikuti sebuah seminar yang disebut ignition. Seminar ini akan memberi inspirasi pada semua peserta untuk membuat startup yang bisa menyelesaikan berbagai masalah dan memberi manfaat bagi semua warga Indonesia. Tidak hanya itu seminar ini juga bertujuan menanamkan pola pikir kewirausahaan pada semua peserta.

Proses ignition sendiri akan dilaksanakan di 10 kota yang telah memiliki infrastruktur digital yang kuat dan akan dimulai pada tanggal 30 juli 2016 di kota Jakarta tepatnya di Universitas Trisakti dan kemudian akan dilanjutkan di kota Surabaya pada tanggal 6 Agustus 2016.

Setelah semua peserta pada proses ignition terjaring, nantinya akan dilanjutkan pada proses workshop untuk dibekali keahlian yang akan mereka butuhkan dalam membuat startup digital.

Lalu peserta akan dijaring lagi kemudian akan dilanjutkan ke proses hackathon dan bootcamp. Setelah semua proses diatas selesai maka akan dilanjutkan ke proses akhir yaitu ingkubasi yang dilakukan kurang lebih selama 3 bulan.

Ada 10 kota  tempat pelaksanaan gerakan Startup Digital Indonesia yaitu : Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Malang, Medan, Bali, Makassar dan Pontianak. Dan disetiap kota akan dibangun pusat inovasi sebagai titik kumpul komunitas yang berfungsi agar semua pelaku dan kreator dapat saling bekerja sama membuat inovasi untuk menyelesaikan semua masalah bagi masyarakat Indonesia.

Simak video Startup Digital Indonesia

Nah bagi anda yang merasa pemuda Indonesia yang memiliki inovasi dan ingin berpasitisipasi dalam menyelesaikan berbagai masalah yang ada di Indonesia segeralah daftarkan diri anda. Ingat ini bukanlah ajang untuk mencari piala, namun ini adalah sebuah ajang untuk membangun bangsa. Bangunlah bangsa ini dengan potensi yang anda miliki, jadi tunggu apalagi segera daftarkan diri anda.

Bagikan

Related Posts

About The Author

Add Comment

shares