Internet

Susul Singapura, Vietnam Juga Akan Segera Hadirkan 5G

Tahun 2019 lalu, Singapura dikabarkan akan segera meluncurkan jaringan 5G yang dikomersialkan di negaranya. Singapura pun digadang-gadang menjadi negara Asia Tenggara pertama yang akan melakukan hal tersebut.

Namun, nampaknya Singapura tidak akan sendirian dalam menghadirkan teknologi 5G, karena Vietnam pun kabarnya juga akan segera meluncurkan 5G di tahun 2020. Dengan demikian, Singapura dan Vietnam akan menjadi dua negara yang unggul dari negara-negara ASEAN lainnya dalam urusan 5G.

Baca juga: Semakin Terdepan, Singapura Akan Terapkan 5G di Tahun 2020

Vietnam Sudah Mulai Membangun 5G

Dilansir dari Reuters, Kementerian Informasi dan Komunikasi Vietnam melalui laman resminya telah menyampaikan jika negaranya akan segera meluncurkan layanan 5G komersial di tahun 2020. Pemerintah Vietnam sendiri tahun lalu juga sudah memberikan lisensi percobaan 5G pertamanya kepada Viettel selaku perusahaan telekomunikasi terbesar di Vietnam.

Viettel sendiri kabarnya akan meluncurkan layanan seluler 5G komersial mulai Juni tahun ini. Dalam pernyataannya, Viettel mengungkapkan jika mereka akan menggunakan peralatan jaringan 5G dan perangkat lunak yang dikembangkan sendiri.

Dengan demikian, maka Viettel menjadi perusahaan keenam di dunia yang memproduksi peralatan jaringan 5G sendiri setelah Ericsson, Nokia, Huawei, Samsung Electronics, dan ZTE. Pihak Viettel sendiri baru-baru ini juga sudah melakukan percobaan pertama pada jaringan 5G mereka.

Baca juga: AS Larang Negara Lain Gunakan 5G Huawei, Malaysia Justru Pakai

Indonesia Kapan?

Indonesia nampaknya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjalankan jaringan 5G. Dharmesh Malholtra selaku Managing Director and Service Provider Cisco ASEAN memprediksi jika Indonesia baru akan menjalankan 5G pada tahun 2023, dan penggunaannya akan semakin meluas pada tahun 2025.

Pernyataan Dharmesh Malholtra diperkuat dengan salah satu ulasan dari Nikkei Asian Review yang mengatakan negara-negara ASEAN akan tertinggal jauh dari Singapura dalam urusan 5G. Jadi, ketika Indonesia diprediksi baru akan bisa menjalankan 5G di tahun 2023, maka hal yang demikian itu tidak terlalu mengagetkan.

Ketika Singapura dikatakan akan unggul jauh mengungguli negara-negara ASEAN lainnya memang tidak terlalu mengagetkan karena negara berlambangkan Singa itu memang lebih maju. Namun yang cukup mengagetkan adalah Vietnam.

Jika Vietnam bergerak cepat dalam membangun jaringan 5G, maka itu adalah kemajuan yang luar biasa karena ketika mereka membangun atau meluncurkan 4G, Vietnam cukup tertinggal dari negara-negara ASEAN lainnya.

Baca juga: Ingin Saingi China, Apple Diminta Kembangkan 5G di AS

Ketika jaringan 4G hadir, saat itu Singapura menjadi negara ASEAN pertama yang meluncurkannya pada tahun 2011. Usai Singapura meluncurkan 4G di tahun 2011, negara ASEAN lain pun mulai mengikuti, di antaranya adalah Filipina pada tahun 2012, Malaysia dan Thailand pada tahun 2013, Kamboja dan Indonesia pada tahun 2014, Myanmar pada tahun 2016, dan Vietnam pada tahun 2017.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close