Dunia Internet

5 Tips Diet Saat Puasa, Lakukan Hal Ini

Tahukah anda bagaimana tips diet saat puasa tanpa makan dan minum selama lebih dari 10 jam? Banyak orang yang menginginkan berat tubuh yang ideal, namun sayangnya pada kenyataannya tidak sedikit orang yang gagal dalam menjalankan program diet mereka.

Dan di bulan puasa seperti saat ini, sebenarnya bisa jadi momen yang pas bagi anda untuk melakukan diet demi berat tubuh yang ideal.

Teruntuk anda yang masih bingung, tak perlu khawatir karena pada artikel ini saya akan memberikan tips diet saat puasa dan tentunya aman untuk dilakukan. Bagaimana itu?

Baca juga6 Menu Berbuka Puasa yang Sehat dan Murah

Beberapa Tips Diet Saat Puasa

Baik saat bukan bulan puasa maupun saat bulan ramadhan, sejatinya cara diet yang dilakukan tak terlalu jauh berbeda.

Kuncinya adalah ada pada menu makanan yang anda konsumsi disaat berbuka maupun sahur. Agar anda tak salah dalam melakukan diet di bulan puasa, mari ikuti beberapa tipsnya berikut ini :

1. Kurangi Konsumsi Gula

Hindari makanan manis

Saat berpuasa, memang badan terasa lebih lemas dari biasanya. Dan biasanya ketika berbuka kita langsung meminum es yang notebene mengandung gula cukup tinggi.

Loading...

Walaupun sebagai sumber energi, pada faktanya gula tidak baik dikonsumsi bagi anda yang sedang menjalani program diet.

Gula membuat seseorang menjadi gemuk hingga lama kelamaan menjadi obesitas. Nah loh, bukan badan ideal yang didapat, tetapi malah badan menjadi gemuk.

Maka dari itu, kurangi konsumsi gula seperti makanan atau minuman manis agar kadar di dalam tubuh tetap seimbang.

Absorb Plate : Cara Diet Tanpa Mengurangi Porsi Makanan

2. Stop Berbuka/Sahur dengan Gorengan

tips diet saat berpuasa : jangan sahur/buka dengan gorengan

Tips diet saat puasa selanjutnya adalah dengan tidak mengkonsumsi gorengan saat berbuka puasa. Selain itu tidak baik juga jika anda terlalu sering makan gorengan pada saat sahur.

Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat gorengan merupakan makanan berminyak yang mengandung banyak lemak.

Lemak tersebut berefek buruk kepada tubuh anda. Selain bisa menyebabkan kegemukan, kandungan lemak yang ada di dalam gorengan juga memicu kolesterol jahat (LDL).

Bukan sehat yang didapat, justru tubuh anda menjadi mudah terserang penyakit. Maka dari itu, mulai stop atau kurangi konsumsi gorengan saat berbuka maupun sahur.

3. Konsumsi Makanan Kaya Serat dan Protein

Tips diet dengan konsumsi makanan berprotein
Sumber protein, gambar via hellosehat

Anda bisa melakukan program diet puasa salah satunya adalah dengan cara mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dan protein.

Daripada karbohidrat, makanan yang mengandung protein justru membuat anda menjadi kenyang lebih lama. Sementara itu, serat dipercaya mampu untuk menurunkan berat badan

Hal ini didukung dengan penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Annals of Internal Medicine.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa konsumsi serat sebanyak 30 gram per hari dapat membantu menurunkan berat badan. Serat juga membuat Anda kenyang lebih lama, tanpa harus menambah kalori ke dalam tubuh.

Baca : aplikasi diet terbaik yang membantu anda.

4. Banyak Minum Air Putih

diet dengan air putih

Sudah tak dapat dipungkiri lagi jika air putih merupakan minuman sehat yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh siapa saja. Termasuk untuk orang-orang yang sedang menjalani program diet.

Konsumsi air putih saat berbuka guna mengganti cairan tubuh yang hilang selama 13 jam lamanya. Selain itu, saat sahur pun juga sebaiknya meminum air putih agar tubuh kuat saat menjalankan ibadah puasa.

5. Olahraga dan Istirahat yang Cukup

Jika anda ingin sukses dalam menjalankan program diet, berolahraga teratur menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan.

Ingat, sekalipun bulan Ramadhan seharusnya tidak ada alasan bagi anda untuk terus bermalas-malasan. Ayo bergerak dan buat tubuh anda menjadi lebih sehat.

Selain itu, diet sehat menjadi jauh lebih efektif apabila anda menerapkan istirahat yang cukup. Hal ini dikarenakan kurangnya Istirahat mampu untuk mengurangi metabolisme tubuh.

Bukan hanya itu saja, kurangnya istirahat juga memicu munculnya hormon ghrelin yang dapat meningkatkan nafsu makan.

Baca juga : cara diet sehat dengan berolahraga

Jadi, itulah beberapa tips diet saat puasa yang dapat anda lakukan. Selamat mencoba dan selamat berpuasa bagi anda yang menjalankannya.



Loading...

Baca selengkapnya

Seorang anak muda yang gemar menulis dan bercita-cita menjadi penulis profesional

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button