tren konten marketing

Tren Konten Marketing Tahun 2017 yang Harus Kita Manfaatkan

Tak hanya perkembangan SEO yang tiap tahunnya berubah ubah, namun tren konten marketing tiap tahun juga berubah-ubah. Sebenarnya yang mengubah tren itu adalah orang itu sendiri. Perubahan dari perilaku para pengguna internetlah yang menjadikan tren itu berubah. Perbedaan konten dari tahun ke tahun sebelumnya tak terlalu besar perubahannya, namun diperkirakan nanti pada tahun ini akan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat.

Konten marketing dibuat sebagai sarana untuk mempromosikan suatu barang atau jasa. Namun konten yang digunakan bukan hanya sekedar konten. Baik itu dalam bentuk teks tulisan ataupun video, konten marketing itu harus dibuat semenarik mungkin agar bisa memberikan keuntungan. Konten marketing sebenarnya sama dengan iklan biasa, hanya ada beberapa unsur penting yang biasa ditambahkan untuk menarik minat bagi yang membaca atau melihatnya.

Para perusahaan ternama baik di Indonesia maupun di luar negeri, mereka sudah memanfaatkan konten marketing. Hal ini mereka lakukan dengan tujuan untuk membuat produk yang mereka pasarkan lebih laris. Salah satu yang mereka lakukan adalah memiliki blog. Mungkin ini menjadi salah satu sarana pemasaran konten yang memuat produk yang sederhana, tapi memiliki pengaruh yang cukup besar.

Namun untuk membuat blog bagi perusahaan semacam itu tentunya membutuhkan biaya, waktu, tenaga dan juga ahli profesional untuk mengelolanya. Jadi banyak perusahaan yang gagal dalam mengelola blognya karena mereka kurang sabar.

Bahkan untuk membuat semacam itu dibutuhkan waktu yang tak sebentar. Mereka cenderung lebih suka menggunakan iklan di media sosial daripada mengiklankan di blog sendiri. Padahal jika menggunakan blog sendiri, pasti akan lebih terjadi penjualan tanpa perlu iklan disana sini.

Salah satu hal yang memang terjadi banyak kesalahan dalam hal ini adalah mereka tergesa – gesa untuk bisa balik modal dengan apa yang telah mereka keluarkan. Memang sih, yang namanya investasi itu harus balik modal, namun dengan terburu – buru untuk mengambil kembali modal investasi sebelum bisa berkembang menjadi besar, itu adalah kesalahan. Dan karena ketidak sabaran itulah yang mengakibatkan seseorang tidak mencapai hasil yang ingin dicapai.

Ini yang sering dialami oleh mereka yang sedang menjajal strategi konten marketing. Mereka hanya mengikuti tren konten marketing, lalu setelah tren itu berlalu mereka pun berlalu, padahal mereka belum bisa menemukan formula yang pas untuk meramu strategi konten marketing yang tepat sasaran.

Nah pasti mereka akan berhenti di tengah jalan sebelum konten marketing yang pernah mereka jalankan menghasilkan keuntungan. Nah yang seperti inilah yang tidak akan mendapatkan keuntungan berlanjut.

Loading...

Namun di tahun 2017, sejalan dengan perkembangan digital yang terus bergerak, dimungkinkan akan semakin banyak perusahaan yang memiliki blog sendiri. Karena mereka melihat banyak sekali keuntungan dan potensi yang diraih apabila mampu memanfaat blog untuk ekspansi bisnisnya dan sarana marketing produk.

Disitulah pentingnya konten marketing di era seperti sekarang ini. Karena untuk membuat produk mereka laris, maka mereka harus bisa meracik serta meramu konten itu sebaik mungkin. Namun tren konten marketing itu selalu berubah – ubah, jadi kita harus menyesuaikan dengan apa yang sedang viral. Karena dari situlah kita akan mendapatkan banyak keuntungan.

Tren Konten Marketing Tahun 2017

tren konten marketing

Inilah beberapa tren konten marketing yang dimungkinkan akan menjadi viral dan bahkan menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat itu sendiri.

1. Peningkatan konten Video

Semua sudah tahu mengenai konten video adalah hal yang menjadi trend di masa sekarang. Hal ini berimbas kepada media sejenis seperti halnya instagram dan youtube yang seolah olah menjadi media paling dibutuhkan.

Banyak orang yang lebih menyukai konten berbasis video daripada konten berbasis artikel untuk saat ini, terutama untuk mereka yang memiliki koneksi yang cepat. Hal ini dikarenakan lebih mudah memahami video daripada hanya sekedar membaca tulisan ataupun melihat gambar. Mungkin bisa diibaratkan bahwa 1 video lebih bermakna daripada sepuluh ribu kata.

Dengan condongnya masyarakat untuk menyukai konten berbasis video, maka tren konten marketing berbasis video juga meningkat tajam. Sekarang banyak orang yang memilih untuk mengendorse mereka yang menjadi papan atas di instagaram ataupun youtube. Dan hasilnya pun lebih sukses daripada hanya menggunakan marketing dalam bentuk teks saja.

Seseorang yang mereview suatu produk menggunakan video ini akan mudah ditangkap oleh seseorang. Pemahaman konsumen akan meningkat daripada hanya menggunakan konten tulisan. Maka dari itu, video bisa disebut sebagai konten terbaik untuk membawakan suatu penjelasan dan pemahaman kepada calon konsumen. Maka dari itulah iklan di Televisi itu semakin mahal, apalagi jika rating TV semakin naik, karena memang potensi “dikenal” lebih besar jangkauannya, walaupun belum tentu menjual.

Video akan mengusai sebagian besar trafik internet tahun ini

Menurut sebuah riset dari BrightCove mengatakan bahwa video adalah salah satu jenis konten yang mengalami begitu banyak perkembangan. Bahkan diprediksi konten jenis video akan menguasai 70% lebih dari trafik internet di tahun ini.

Selain itu, pengaruh mobilitas yang menuntut seseorang untuk selalu membutuhkan perangkat smartphone ini juga membawa pengaruh terhadap tren konten marketing dalam bentuk video. Hal ini karena menurut sebuah riset lagi, bahwa sekarang orang lebih menyukai untuk menonton video daripada membaca artikel. Terlebih lagi bagi kebanyakan orang membaca artikel via mobile itu adalah hal yang sulit dan tidak bisa menangkap secara maksimal.

Karena konten video ini mampu menjaring perhatian dari konsumen hingga berkali kali lebih cepat daripada konten teks, maka video mampu menjadi salah satu hal yang digunakan untuk meningkatkan hubungan baik atau bisa disebut engagement antara konsumen dan brand. Hal inilah yang akan menjadikan loyalitas konsumen dan juga peningkatan penjualan produk yang menjadi salah satu tujuan terbesar brand dalam pemasaran.

Maka dari itu, jika anda memiliki sebuah brand ataupun perusahaan namun tidak memanfaatkan tren konten marketing satu ini, maka akan kehilangan lebih banyak pelanggan. Seharusnya pelanggan mengenal diri anda atau brand anda melalui video yang dibuat dalam chanel ataupun vlog. Hal itu akan meningkatkan loyalitas para penonton video anda dan nantinya menjadi salah satu keuntungan tersendiri bagi brand yang anda miliki.

Banyak pihak yang turut serta

Facebook juga tak luput dari memenangkan hal ini, karena di tahun 2016 lalu sudah melihat potensi perkembangan konten video ditahun ini. Tahun itu saja konten video telah ditonton hingga jutaan jam perharinya dari seluruh pengguna facebook. Maka dari itu, facebook dan instagram mengeluarkan fitur live video seperti milik bigo yang bisa digunakan oleh pengguna secara live.

Dan hasilnya pun memuaskan, banyak sekali orang yang betah menggunakan sosial media tersebut karna fitur barunya itu.

Maka dari itu anda harus memanfaatkan konten tren marketing dalam bentuk video agar tak kehilangan banyak konsumen nantinya. Nah disini saya akan memberikan beberapa tips untuk memaksimalkan dalam penggunaan konten video untuk sarana marketing atau pemasaran.

A. Gunakan video cerita dibalik perusahaan atau brand yang anda miliki

Anda bisa menggunakan video sejenis “about us” atau kalau anda menggunakan sebuah brand pribadi, maka anda bisa mengungkapkan cerita pengalaman dan perjalanan dengan menggunakan video seperti draw my life. Hal ini memang terlihat simple, namun baik secara tidak langsung jika anda mengungkapkan berbagai perjuangan anda yang mampu memberikan inspirasi kepada orang lain, maka hal itu akan mempengaruhi hati penonton. Bisa jadi penonton akan menjadi simpati dengan anda.

B. Gunakan video yang sedang banyak dicari

Bagaimanapun juga pengaruh dari sesuatu hal yang sedang viral itu tidak ada yang bisa dengan mudah menghentikannya. Kita bisa mendompleng dari sesuatu yang sedang menjadi tren tersebut. Karena dengan itulah kita bisa mendapatkan banyak kesempatan untuk bisa dilihat oleh orang yang banyak. Jadi anda bisa menggunakan pencarian popular sambil menyisipkan produk anda untuk bisa ditonton dan dilihat oleh banyak orang.

C. Gunakan media populer

Saran saya gunakan saja youtube. Kalau instagram itu lebih cocok digunakan oleh mereka yang sudah punya follower banyak, kalau youtube gak punya subscriber pun bisa mendapatkan banyak view jika bisa menguasai halaman pertamanya. Anda bisa menggunakan kemampuan membuat video anda untuk ditampilkan dalam bentuk video. Namun kalau anda tidak punya kemampuan itu, maka anda jangan khawatir, karena anda bisa menggunakan video dari konten tulisan yang diubah dalam bentuk slideshow.

2. Konten edukasi berbayar

tren konten marketing
Via http://www.samsung.com

Pernahkah anda berfikiran kenapa harus membeli konten berbayar jika konten gratis juga tersedia banyak diinternet? Jika anda berfikir demikian, itu sama halnya dengan saya. Namun faktanya itu berkata lain. Menurut sebuah riset, dijaman era digital yang semakin maju ini, para pengguna internet justru lebih suka untuk membayar konten edukasi. Mereka rela mengeluarkan uang untuk membayar konten edukasi.

Bahkan kesadaran akan sesuatu yang legal dan mana yang tidak legal sudah tumbuh disebagian banyak pengguna internet. Jadi walaupun sudah banyak terdapat konten ilegal di internet, tapi masih ada saja yang membayar untuk mendapatkan konten yang asli dan legal.

Jadi saat ini konsumen sudah mulai terbiasa untuk membeli konten berbayar di Internet. Hal ini karena diinternet ini sangat banyak sekali konten yang tidak teruji dan bahkan menyesatkan atau hasil yang didapat tidak sempurna.

Misalnya saja di internet seperti di youtube atau google sudah banyak tersedia film bajakan. Namun tentu kualitas yang didapat pastinya tak sebagus dengan mereka yang membelinya secara resmi. Jadi hal inilah yang mendasari seseorang untuk menyukai yang berbayar untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih baik.

Memanfaatkan perilaku konsumen

Ini adalah tren konten marketing atau tren pemasaran konten yang sebenarnya sudah ada sejak lama, namun di tahun ini dimungkinkan akan memiliki perkembangan yang pesat. Untuk di Indonesia sendiri tren konten marketing dalam lingkup konten edukasi memang masih dalam pekembangan, namun di pangsa luar, mereka sudah bisa meraih keuntungan lebih dengan hal ini.

Konten edukasi ini merupakan suatu konten yang benar benar bisa memberikan suatu informasi, pengetahuan dalam bentuk tutorial, panduan, pelatihan, panduan singkat, les privat atau sebagainya, baik secara online maupun dengan ebook. Kalau di Indonesia sendiri ada seperti quipper, zenius dan sebagainya. Kalau diluar negeri ada udemy atau dari kalangan blogger yang menjual konten edukasi contohnya adalah darren pendiri problogger.

Udemy saja memiliki prospek yang sangat cerah. Hingga akhir tahun 2016 saja sudah menghasilkan jutaan dollar dari bisnis itu. Memang prospek dari jasa consulting ini sangat besar, bahkan menurut suatu riset, dalam satu tahun dana yang berkutat didalamnya itu lebih dari 400 miliar USD.

Contoh hasil dari memanfaatkan tren konten marketing

tren konten marketing
31 Days to build a better blog by Darren Rowse

Kalau anda suka perkembangan ilmu blogging, seharusnya anda sudah pernah membaca ebook milik Darren Rowse yang berjudul 31 Days to build a better blog. Mungkin anda belum tahu, bahwa ebook karyanya itu terjual sangat memuaskan dan memberikan keuntungan yang sangat besar, bahkan lebih besar daripada keuntungan ngeblognya itu sendiri.

Satu ebook itu dihargai sebanyak $30 amerika. Di ebook itu berisikan berbagai macam panduan super lengkap mengenai perjalanan dan pengalaman dalam mengelola blognya hingga sangat sukses. Tapi ternyata, isi buku elektronik itu sebagian besar sudah ada di situs problogger yang bisa dinikmati secara gratis. Walau sudah banyak orang yang tahu hal ini, namun mereka tetap saja meminati untuk membeli ebook tersebut.

Contoh lain adalah dari Gael Breton, yang merupakan pendiri dari authority hacker. Dengan mengadakan kursus secara online dan menjual ebook, dia berhasil menghasilkan hingga $2500 perbulan. Sungguh fantastis bukan?

Selain itu ada contoh lain yaitu Brain Harris. Dia mampu menjual ebook dengan meraih keuntungan hingga lebih dari nilai 220 ribu USD hanya dalam waktu sepuluh hari setelah launching. Bahkan keuntungan dalam 10 hari itu melebihi dari 3 tahun dari penghasilannya dia dari bisnis online.

3. Menggunakan pemasaran berbayar

Pemasaran yang gratis dengan spam sudah tidak menjadi tren saat ini, justru dengan menggunakan pemasaran berbayar ini lebih efektif dan tertarget. Tren konten marketing satu ini akan melesat sangat jauh perkembangannya ditahun 2017.

Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya orang yang beriklan di sosial media seperti facebook, instagram, atau beriklan melalui makelar seperti adwords dan bahkan beriklan melalui sistem endorse juga memiliki perkembangan.

Jika kita amati banyak sekali perubahan yang terjadi di era sekarang ini. Salah satunya adalah keberanian seseorang untuk membayar iklan. Walau belum tentu biaya iklan bisa menambal keuntungan yang didapat, namun mereka sudah tahu betul mengenai pentingnya beriklan, yaitu untuk pengenalan.

Periklanan online akan mendatangkan banyak manfaat

tren konten marketing

Di era digital, kebanyakan orang menghabiskan banyak waktu untuk online. Untuk bercanda, untuk tanya kabar bahkan untuk melakukan berbagai hal yang tak ada gunanya. Nah dengan anda beriklan, konten yang anda promosikan itu sebagian besar akan mereka baca. Nah disinlah anda akan mendapatkan banyak manfaat dari beriklan itu.

Saya sendiri pun pernah beriklan menggunakan FB ads. Dan hasilnya pun lumayan walaupun belum bisa mengoptimalkan lebih lanjut. Iklan inilah yang membuat banyak orang lebih tahu tentang siapa anda dan bagaimana diri anda.

Baca : Facebook Ads : Strategi Kreatif Membuat Iklan Facebook yang Menjual

Maka dari itu jika ingin mendapatkan hasil yang banyak dan lebih cepat gunakan saja pemasaran berbayar. Selain itu lebih efektif, sehingga anda tak perlu lagi membuang banyak waktu untuk hal ini, sehingga anda lebih fokus dalam membangun brand yang dimiliknya.

Namun tren konten marketing dalam hal periklanan yang semakin banyak, harga untuk beriklan itu bisa saja semakin banyak. Terutama kalau menargetkan kata kunci yang sama dengan orang lain di adwords, maka biaya yang dikeluarkan juga semakin banyak.

Demikianlah pembahasan mengenai tren konten marketing yang diperkirakan akan berkembang begitu pesat di tahun ini. Nah anda bisa menyiapkan berbagai hal mulai dari sekarang yang terkait dengan tren itu, karena siapa tahu dipertengahan atau diakhir tahun nanti, ini menjadi tren yang begitu viral.

Semoga pembahasan mengenai tren konten marketing ini bermanfaat bagi kita semuanya. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog ini untuk mendapatkan berbagai hal yang bermanfaat. Terima kasih.


Loading...

Bagikan

Blogedewek

Penulis

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *