Internet

Ketahui Tren Mobile Internet di Indonesia Tahun 2017 agar Kamu Tambah Kekinian

Tren mobile internet 2017– Berbicara mengenai sebuah tren, tentunya kita tahu bahwa hal tersebut terjadi tidak setiap saat, bahkan hanya dalam suatu waktu yang cukup singkat. Namun dengan tren itulah seluruh dunia dapat tergoncang walau hanya sebentar saja.

Tren mobile internet di Indonesia juga demikian. Dari tahun ke tahun pasti ada perubahan yang menjadi dasar perbedaan masing masing unsur. Maka dari itu, saya disini ingin memberikan sedikit pembahasan mengenai tren mobile internet di Indonesia yang akan ngetrend di tahun ini.

Berbagai hal yang berkaitan dengan tren mobile internet saat ini itu tentunya dipengaruhi dari perilaku para pengguna itu sendiri. Jadi karena keinginan pengguna mobile internet yang dituangkan dalam sebuah hal itulah yang menyebabkan hal tersebut menjadi sebuah tren, bahkan menjadi sebuah terobosan baru untuk mendapatkan banyak hal yang bermanfaat.

Jika kita lihat saat ini, semakin kesini semakin banyak yang memilih menggunakan mobile daripada dekstop atau komputer saat internetan. Baik internetan untuk browsing info dan berita, bermain game, sosial media, pesan, email dan sebagainya tiap tahun pengguna dekstop terus mengalami penurunan. Jadi karena itulah para pengembang pun akan selalu mencari sebuah inovasi terbaru yang tentunya bisa memenuhi apa yang dibutuhkan oleh para pengguna.

tren mobile internet

Apalagi menurut sumber yang didapat dari google di situs thinkwithgoogle.com mengatakan bahwa rata rata orang menghabiskan waktu di ponsel setiap harinya adalah selama 177 menit. Jadi dalam 3 jam penuh orang di seluruh dunia menghabiskan waktu di mobile untuk berinternet dan melakukan banyak hal. Dan kebanyakan orang menghabiskan waktu sebanyak itu di ponsel mereka tak lain dan tak bukan adalah karena untuk sosial media dan mengutak atik aplikasi.

Dan anda sendiri bisa menghitung berapa jam dalam sehari bertatapan dengan ponsel? Jika lebih dari 5 jam, maka anda bisa disebut sebagai pecandu gadget. Namun itu tidak termasuk untuk orang yang memang menghabiskan waktu di ponsel untuk masalah pekerjaan.

Maka dari itu, jika anda merasa kecanduan ponsel, mulai sekarang kurangilah waktu anda untuk bermain main di sana. Karena jika sudah tergantung dengan hal itu, maka produktivitas dan pekerjaan pasti akan menurun.

Loading...

Tren Mobile Internet di Indonesia 2017

Di bawah ini ada beberapa tren mobile internet di Indonesia yang diprediksi akan mengalami perkembangan yang signifikan. Diantaranya adalah:

1. Penggunaan AI di mobile web yang lebih banyak

tren mobile internet

Apakah anda sudah pernah dengar mengenai AI atau artificial intelligence? Jadi yang dimaksud dengan itu adalah sebuah mesin yang mampu melakukan sesuatu hal sendiri tanpa dikendalikan manusia. Manusia hanya mensetting awalnya saja, namun akhirnya mesin ini yang akan melakukan semuanya sendiri. Walaupun bisa melakukan semuanya sendiri, bukan berarti bisa semaunya sendiri. Karena tentunya dengan batasan yang sudah diaplikasikan di manusia.

Kecerdasan buatan (AI) menjadi hal yang sangat diperhatikan dunia saat ini. Para penguasa teknologi sedang gencar gencarnya mengembangkan kecerdasan buatan. Tak lain tak bukan hal ini dibuat tentunya untuk memudahkan kerjaan manusia. Jadi tugas manusia yang mungkin selesai dalam waktu 10 hari, jika mesin yang melakukan paling hanya dalam waktu 1 jam atau bahkan kurang.

Lalu apa hubungannya dengan penggunaan AI untuk mobile web ini?

Nah disinilah tren mobile internet ini. Kecerdasan buatan akan diaplikasikan di berbagai bidang. Termasuk di berbagai web web, toko online, sosial media, dan tentunya di berbagai aplikasi. Dengan algoritma yang begitu maju, mesin nantinya bisa berjalan sendiri, menganalisa sendiri dan juga membuat keputusan sendiri. Ya benar mereka juga menjadi cerdas.

Algoritma google juga pastinya tahun ini akan berjalan lebih canggih dengan AI yang lebih canggih pula. Hal ini tentunya berpengaruh besar terhadap hasil penelusuran mobile. Tak lain juga facebook yang terus menerus mengembangkan sistem yang canggih.

Jadi berbagai feed atau status dari teman yang ditampilkan ini benar – benar yang diinginkan oleh orang itu. Dan juga nantinya mesin itu bisa mendeteksi sendiri mana yang info hoax dan mana yang bukan. Untuk bisa mengetahui tautan seperti itu tentunya tidak mudah dilakukan. Tapi bukan berarti hal itu tidak bisa dilakukan, karena kecerdasan buatan juga terus menerus berkembang.

Nantinya juga diharapkan dengan adanya kecerdasan buatan bisa digunakan untuk login di setiap situs hanya dengan melihat muka saja. Namun hal ini tentunya tidak akan terjadi di tahun ini. Yang jelas, di tahun ini pemanfaatan AI untuk tren mobile internet itu terasa pada penampilan hasil informasi yang lebih spesifik dan lebih sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Misalnya saat anda membuka browser chrome tentunya anda mendapatkan berbagai news. Nah dengan kemajuan AI dan machine learning yang semakin canggih, nantinya anda pasti akan disuguhkan dengan berbagai berita dan informasi yang memang menjadi topik kesukaan anda.

Ini juga berlaku untuk banyak bidang. Karena kecerdasan buatan ini bisa terus dikembangkan di telepon pintar atau smartphone. Namun karena semuanya pintar, jadi diri kita pun harus pintar dengan selalu menambah banyak wawasan, jangan sampai kalah dengan mesin dan robot yang terus belajar.

2. Maraknya Chatbot

tren mobile internet
Fast Company

Apa itu chatbot? Gampangnya chatbot atau yang juga disebut sebagai chatterbot ini adalah suatu progam yang digunakan sebagai agen percakapan. Sebenarnya hal ini masih berhubungan dengan nomor 1 diatas yaitu tentang AI dan computing machine anda intelligent.

Jadi hal ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya dalam hal membalas pesan saat kita tidak online, atau menjawab pertanyaan dari setiap calon konsumen tentang suatu produk yang ingin dibeli.

Jadi dimungkinkan tahun ini tren mobile internet dalam hal chatterbot akan meningkat. Hal tersebut akan digunakan diberbagai bidang seperti halnya bantuan pengguna, akuisisi suatu informasi, layanan personal, dan masih banyak lagi. Jadi cara kerja chatbot ini adalah dengan menstimulasikan suatu jenis percakapan dari sebuah mesin intelektual dengan manusia dalam bentuk teks, gambar, video maupun audio.

Contoh mudahnya dari chatbot ini bisa kita lihat pada depression 2.0 yang mana cara kerjanya adalah dengan memahami berdasar ilmu dan teori psikologi sehingga dapat digunakan untuk memberikan suatu solusi untuk memperbaiki psikologi pengguna.

Chatbot akan membuat banyak hal menjadi lebih interaktif

Jadi chatbot nantinya akan membuat tampilan mobile lebih efektif dan interaktif. Contohnya dengan sistem bantuan online yang sekarang ini sudah banyak yang menggunakan chatbot sehingga akan memberikan kesan yang lebih ramah kepada pengguna. Tentunya hal itu sudah diatur sedemikian rupa berdasarkan banyak hal, termasuk area pengguna.

Jika kita lihat lebih dalam, chatbot sudah diaplikasikan sejak lama loh. Namun dimungkinkan tahun ini akan meningkat tajam. Misalnya telegram juga sudah mendukung bot, line, twitter, Yahoo messenger, AOL instats messenger dan juga windows live messenger.

Selain itu juga digunakan pada paypal dan ebay. Mereka menggunakan bots yang dikembangakn oleh Virtuoz. Jadi kedua situs tersebut menggunakan sebuah agen virtual multi bahasa untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan layanannya.

Paypal memakai chatbot louise untuk memahami setiap query dalam bahasa inggris dan chatbot lea untuk bahasa perancis. Bot tersebut menangani lebih dari 500 ribu percakapan setiap bulannya.

Namun karena tren mobile internet akan meningkat tajam tahun ini, pasti ada pihak yang menggunakan hal ini untuk tujuan kejahatan. Misalnya untuk kegiatan chatting palsu, spam, maupun untuk iklan.

Jadi dengan bot itu akan meminta informasi rahasia dari pengguna, misalnya rekening pengguna, sandi pribadi dan masih banyak lagi. Bahkan ada laporan mengenai iklan pribadi palsu di web kencan.

3. Orang lebih memilih menggunakan music dan video streaming

Seperti yang diungkapkan oleh Sunil Kamath sebagai vice presiden asia selatan dan asia tenggara di Opera software bahwa indonesia sekarang ini berada pada ambang “revolusi” data yang belum pernah terjadi sejak dahulu dalam sejarah.

Pertumbuhan konsumsi data di indonesia menurutnya adalah 2,7 persen dari tahun ke tahunnya, bahkan semakin tahun semakin cepat. Hal ini karena kontribusi konten video dalam hal ini sangat besar. Konten video semakin banyak diburu oleh pengguna internet mobile.

Ya benar, inilah tren mobile internet di Indonesia yang akan berkembang pesat di tahun 2017 ini. Kita tidak bisa mengelaknya lagi. Namun bagaimanapun juga, ini juga sebagai tanda bahwa masyarakat sudah agak sadar tentang legal konten. Jadi mereka lebih memilih menggunakan data internet untuk nonton film, nonton video klip, nonton berita, dan juga mendengarkan musik secara online. Jadi TV lebih berkurang penggunaannya karena hal ini.

Seperti yang tertuang dalam data statistik di Opera mengatakan bahwa jumlah permintaan pengguna opera mini terhadap kompresi data di Indonesia meningkat sebanyak lebih dari 60%. selain itu, pengunjung berbagai macam situs streaming juga meningkat tajam hingga 175 persen dalam dua tahun terakhir ini.

Jadi berbagai situs streaming juga tentunya akan memberikan pengalaman yang terbaik dalam hal mobile phone. Karena di Indonesia tahun ini peran mobile video akan meningkat sangat tajam.

Situs video streaming seperti halnya youtube, iflix, vidio, metube, hooq juga menjadi tujuan utama para konsumen dalam mencari berbagai video sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu music streaming seperti halnya joox, spotify, langit musik, musicmatch, yonder dan lainnya juga sangat berpengaruh terhadap hal ini.

4. Sosial media berbasis foto dan live video lebih disukai

tren mobile internet

Sekarang ini anak muda lebih suka melihat gambar ataupun video daripada teks walaupun hal itu memakan sangat banyak kuota data. Hal inilah yang menyebabkan berbagai sosial media seperti instagram dan facebook sudah bisa melakukan live video.

Mungkin sebelumnya bigo live banyak yang suka, tapi sejak beberapa saat lalu instagram menyediakan fitur ini, maka lebih banyak yang beralih ke instagram. Hal ini menunjukan bahwa orang lebih suka akan konten video dan foto.

Perlu anda tahu, bahwa sosial media sekarang ini seperti kebutuhan. Padahal mungkin nggak jelas apa yang dilakukan didalam sosial media itu, misalnya hanya stalking dan lain sebagainya, tapi jika sehari saja tidak membuka sosial media banyak yang mengatakan seperti sudah kehilangan info berminggu minggu bahkan berbulan bulan. Jadi banyak masyarakat terutama anak muda yang kecanduan sosial media.

Tren selfie terus berkembang tahun ini

Tren mobile internet ini memang bisa terjadi perubahan dari waktu ke waktu. Namun bagaimanapun juga tren selfie dan video masih terus berkembang ditahun ini. Maka dari itu sosial media selalu bersaing dan mempersiapkan diri untuk menampung semua hal yang berkaitan dengan hal itu. Termasuk bagaimana cara memberikan fitur yang memang benar benar dibutuhkan oleh pengunjung.

Apalagi pengguna internet Indonesia semakin kesini semakin berkembang. Jumlah pengguna internet di Indonesia menurut APJII atau asosiasi penyedia jasa internet indonesia di tahun 2016 lalu tercatat berjumlah 132,7 juta.

Hal ini meningkat 50 persen lebih dari tahun 2014. hal ini membuktikan bahwa internet sudah menjadi kebutuhan semua orang, baik anak kecil, anak muda, hingga orang tua sekalipun sekarang menggunakan internet. Dan sebagian dari mereka eksis menggunakan sosial media.

Namun laporan dari AKamai pada laporann kuartal 3 tahun lalu mengatakan bahwa indonesia kecepatan internetnya sudah mulai mengejar negara lain. Rata rata kecepatan internet Indonesia adalah 6,4 Mbps berada diatas Tiongkok dan India. Yang mana Tiongkok adalah 5,7 Mbps dan India adalah 4,1 Mbps.

5. Fitur eCommerce di banyak hal

tren mobile internet

Diprediksi tahun ini akan meningkat sekali mengenai fitur jual beli di berbagai situs. Tanpa kita sadari fitur semacam ini ternyata bisa mendatangkan banyak sekali keuntungan bagi si pemilik situs. Apalagi jika transaksi yang dilakukan sudah sangat banyak. Maka dari itu, berbagai perusahaan yang dasarnya bukan jualan pun menawarkan fitur seperti ini. Karena mereka melihat potensi yang sangat besar dari hal ini.

Dengan hadirnya fitur jual beli di situs situs besar, pastinya hal ini akan mengungang banyak orang untuk berpartisipasi dalam hal ini. Jika kita lihat, kesadaran orang indonesia akan belanja online sudah tinggi. Tentunya dengan menjadi smart buyer mereka sudah menerapkannya. Jadi keamanan pasti terjamin.

Sosial media saat ini juga masih menjadi sarana promosi bagi sebagian pelaku bisnis. Apalagi banyak pengguna mobile yang menggunakan sosial media untuk keseharian. Jadi banyak yang melakukan promosi baik itu spam atau bukan.

Misalnya saja di Facebook dan instagram. Kedua sosial media itu sering dijadikan sebagai media untuk berpromosi. Malahan kadang saya merasa risih sendiri karena banyak sekali melihat postingan tentang jualan ini dan itu.

Pengkaburan dan peleburan garis antara sosial media dengan e commerce

Maka dari itu ada beberapa fitur dari sosial media yang digunakan secara khusus untuk berjualan. Platform sosial media yang sudah menerapkan diri mereka sebagai pusat perbelanjaan adalah instagram. Dengan fitur e commerce yang bernama shop now dan pinterest yang bernama buyable pins. Mereka berusaha menyatukan fungsi antara sosial media, aplikasi, web, berita dan juga e commerce menjadi satu.

Jadi dengan itu banyak pengguna yang tidak perlu menginstal banyak aplikasi untuk berjualan. Kepraktisan diutamakan dalam hal tersebut. Dengan inilah maka pengunjung akan lebih memilih aplikasi tersebut daripada lainnya.

Selain itu juga platform yang khusus untuk ecommerce seperti marketplace tokopedia dan bukalapak juga menjadi tren mobile internet tahun ini. Semakin hari semakin banyak pengunjung yang mendaftar sebagai penjual dan sebagai pembeli.

Seakan akan hal kedua marketplace tersebut yaitu bukalapak dan tokopedia menjadi suatu pasar raya maya. Disana segalanya tersedia. Dan karena tren mobile internet ini juga bayak pihak lain yang untung, seperti jasa kurir, penyedia pembungkus produk dan sebagainya.

Demikianlah pembahasan mengenai tren mobile internet di Indonesia tahun 2017. Semoga hal ini bermanfaat bagi kita semuanya. Jangan lupa untuk mengunjuni blog klikmania setiap hari untuk mendapatkan beragam informasi yang bermanfaat. Thanks.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *