usaha saat kuliah

10 Inspirasi Usaha Saat Kuliah dengan Modal Kecil

Inspirasi usaha saat kuliah – Siapapun orangnya di dunia ini pasti butuh yang namanya satu hal, yaitu uang. Memang sih uang bukanlah segalanya, namun segalanya pasti butuh uang. Karena semua kebutuhan manusia hampir bisa terpenuhi semuanya dengan yang namanya uang ini. Termasuk anak kuliahan seperti Anda, banyak sekali kebutuhannya bukan?

Bayar uang kos, bayar biaya semester, buat beli pakaian, beli pulsa, dan berbagai keperluan sehari-hari juga menjadi bagian penting yang wajib dipenuhi oleh anak kuliah. Memang sih, anak kuliahan itu rata-rata masih ditanggung oleh orang tuanya. Karena bagaimanapun mereka kan penuntut ilmu, jadi orang tua selalu memberikan yang terbaik buat anaknya.

Dengan berbagai inspirasi usaha saat kuliah yang kita miliki, sebenarnya kita bisa membuat orang tua kita bahagia loh, misal bisa meringankan beban orang tua. Dengan kita memiliki pemasukan uang sendiri, maka kita akan dapat merasa lebih tenang dan nyaman, jadi kan gak perlu minta dibelikan pulsa, gak perlu khawatir gak bisa bayar kos bulanan, dan tentunya biaya kuliah pun bisa ditanggung sendiri.

usaha saat kuliah

Kita tahu bahwa jam tayang anak kuliah itu beda sama anak sekolah seperti pada tingkat SLTA. Jika anak sekolah biasanya berangkat pukul 6 pagi dan pulang jam setengah 5 sore, kalau anak kuliahan justru gak sebanyak itu, dan itu bisa kita manfaatkan dengan baik seharusnya. Apalagi jika punya berbagai ide dan inspirasi usaha saat kuliah yang pas, maka segera manfaatkan dengan baik.

10 Inspirasi Usaha Saat Kuliah

Nah pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan sedikit tips dan gambaran tentang inspirasi usaha saat kuliah yang bisa kalian coba. Siapa tau salah satu dari 10 jenis inspirasi usaha saat kuliah ini kalian merasa bisa, jadi dapat kalian coba untuk memperdalam hal itu.

1. Jikalau Otak Anda Cemerlang, Coba Buka Bimbel

Bimbel atau bimbingan belajar bagi anak sekolah seperti SD , SMA dan SMP juga bisa kalian coba apabila kalian sering mendapatkan prestasi yang bagus semasa di jenjang pendidikan tersebut. Selain itu bila kamu pintar ngomong, dan gak malu malu serta bisa memberikan penjelasan dan pengarahan yang baik bagi pemahaman si anak, maka kamu layak untuk membuka Bimbel.

usaha saat kuliah

Loading...

Caranya bagaimana?

Misalnya kalian suka pelajaran Matematika, dan Anda expert atau mahir dalam mata pelajaran itu, maka kalian bisa membuka les privat matematika. Kalian ajarkan dengan cara termudah yang kalian praktikan sendiri sebelumnya. Jadi bukan sekedar teori-teori yang diberikan, tapi seperti jalan pintas untuk menemukan jawaban yang benar tapi cepat juga bisa kalian ajarkan.

Untuk harga yang kalian patok Jagan mahal-mahal, apalagi Anda belum jadi sarjana. Misal pengajarannya dalam 90 menit atau satu jam setengah, kalian hargai Rp10000 per anak. Misal ada 10 anak saja yang ikut menjadi siswa Bimbel Anda, maka dalam satu kali pertemuan udah 100 ribu.

Waktunya bisa sore hari atau saat weekend misal hari Sabtu atau Minggu dan seminggu dilakukan sebanyak 2 kali, jadi sebulan 8 kali pertemuan × 90 menit. Yang penting bisa membuat semua yang diajarkan oleh Anda paham. Bukan bertolak belakang dengan materi yang diberikan guru di sekolah. Jadi dalam 8 kali pertemuan selama sebulan, Anda bisa menargetkan 800 ribu kotornya.

Yang Anda perlukan cuma materi, dan bisa Anda gunakan papan tulis atau juga menggunakan berbagai peralatan multimedia. Dan biasanya ini akan ramai saat sebelum ujian sekolah atau ujian Nasional tiba. Jadi persiapkan berbagai peralatannya sebelum semua dimulai ya.

2. Desain Grafis dan Perancang Busana Maupun Bangunan

Mungkin Anda suka bermain terus di depan laptop, jadi manfaatkan hal itu dengan baik. Jangan sampai Anda rugi karena tidak mendapatkan suatu apapun dari rutinitas Anda itu. Jadi cobalah buka Photoshop dan pelajari seluk beluk dan fiturnya.

Jika Anda mahir buat Grafis yang menarik dan keren, Anda bisa menawarkan jasa desain grafis kepada seseorang, seperti kepada blogger atau webmasters juga biasanya butuh akan hal ini. Misal membuat logo, membuat header, atau gambar animasi untuk mempercantik web tersebut. Dengan harga sekitar 50-200 ribu (tergantung kerumitan) maka ini bisa jadi laris manis.

bimbingan belajar

Atau kalian bisa membuat banner, beragam motif untuk sablon kaos, poster, spanduk dan sebagainya yang bisa kalian lakukan hanya dengan berada di depan laptop atau komputer dari tempat tinggal Anda. Ya lumayan lah untuk buat beli makan atau beli baju yang udah kusut daripada minta uang ke papi sama mami terus kan ?.

Jika kalian suka dengan berbagai rancangan atau dari lulusan sekolah desain, maka kalian bisa membuat dan menjual jasa untuk pola pakaian yang unik dan keren. Ada banyak referensi dari Internet, kalian bisa memodifikasinya menjadi lebih baik lagi. Hal ini bisa kalian lakukan dengan bekerja sama dengan para penjahit di daerah Anda.

Atau jika kalian jago banget bikin berbagai rancangan bangunan (arsitektur) maka ini kesempatan yang tak boleh dilewatkan. Dengan ketelitian dan kecermatan serta keunikan dari rancangan Anda, maka ini bisa jadi sesuatu yang berbuah mahal. Apalagi jika sudah bisa bikin rancangan jembatan, bangunan pencakar langit dan lainnya, pasti Anda akan dapat uang yang sangat cukup untuk biaya kuliah Anda.

3. Jadi Admin di FP Media Sosial

Dulu saat saya masih sekolah ada seseorang yang jadi Admin dari Fanpage Facebook. Ya tugasnya cuma ngatur jadwal posting, menjawab komentar, membalas chat dari Fans dan sebagainya. Tak terlalu ribet sih, tapi harus cepat respon, karena kalau sampai telat menjawab chat saja, calon pembeli akan kabur karena merasa di cuekin. Tapi karena kerjaannya menuntut cepat ini dan rutin buka FB, maka itu menjadikan dia kurang konsentrasi dalam belajar.

Jadi Admin atau pengelola di dunia Maya juga sama tanggungjawabnya dengan pekerjaan di dunia nyata, jadi jangan sampai menyelepekan apapun, karena itu akan berbalik juga kepada diri kita sendiri. Jadi selalu utamakan orang lain daripada diri kita sendiri.

Memang hanya dengan berbekal hp yang bisa terkoneksi internet dengan data Internet saja bisa menjalankan usaha ini. Memang inspirasi usaha saat kuliah seperti ini bisa menjadikan kamu tidak fokus dengan tugas kuliah. Jadi Anda harus pandai pandai mengatur waktu sebaik mungkin agar tidak menganggu nilai Anda.

Gaji yang diberikan oleh masing masing pemilik Fanpage berbeda beda, ada yang 300 ribu perminggu atau juga ada yang 200 ribu perminggu tergantung dari seberapa banyak kesibukan yang dihadapi. Karena semakin besar fanspage Facebook, maka semakin mahal pula bayarannya. Tapi bagi anak kuliah seperti Anda, ini bisa menjadi penolong saat nggak ada sepeser uang pun.

4. Jual beli Kebutuhan Game

Memang sih banyak juga yang saat ini jual beli game, cheat, ataupun voucher untuk game. Biasanya ini memang seringnya dilakukan untuk anak yang game maniak, ini akan lebih mudah untuk Anda lakukan jika Anda memang suka dengan berbagai game terutama game online.

bimbingan belajar

Jadi kalian bisa memanfaatkan hal ini untuk keperluan Anda, maka kalian bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Untuk penjualannya, Anda bisa mempromosikan di grup FB atau juga memakai jasa berbayar di Internet.

Karena pada dasarnya inspirasi usaha saat kuliah ini bisa datang dari mana saja, tergantung seberapa bisa Anda memanfaatkannya dengan baik. Termasuk hal seperti ini, Anda juga harus tahu dengan baik.

5. Freelance Sebagai Penulis Artikel

Sebenarnya siapapun bisa menulis, saya, Anda, dan anak kecil sekalipun bisa menulis. Tapi menulis itu dengan seni, karena yang dibutuhkan juga ada rasa tertentu dari setiap tulisan yang dibuat. Karena semakin enak dan membuat pengunjung betah membaca artikel, maka semakin baik kualitas artikel itu sendiri.

Kualitas artikel itu menentukan harga dari artikel tersebut. Jadi bagi mereka yang memang sudah menjadi jasa penulis artikel, maka mereka telah memiliki kemampuan menulis yang baik. Karena untuk bisa membuat tulisan yang benar-benar enak dibaca pembaca itu sangat butuh banyak latihan, tidak sehari jadi.

Anda bisa menjadi penulis di koran, web portal berita, blog sendiri maupun orang lain, atau bisa juga menjadi penulis artikel teman kuliah, kerjakan laporan teman atau apasaja. Yang penting Anda bisa menulis dengan gaya penulisan yang baik (tidak bertele-tele, gaya bahasa baku tidak kaku dan tidak alay, dan lainnya).

usaha saat kuliah

Inspirasi usaha saat kuliah satu ini memang tergolong mudah, karena hanya berbekal laptop saja bisa menjalankan usaha ini. Apalagi jika menjadi jasa penulis blog tetap, ini akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri karena bisa dengan mudah menulis tanpa perlu mempromosikan.

Apalagi jika kalian jago membuat artikel dalam bahasa Inggris, ini akan sangat membantu dalam proses produksi artikel Anda. Karena harga 1 artikel dengan konten bahasa Inggris di hargai 2 kali lipat dari artikel bahasa Indonesia.

Biasanya para blogger membutuhkan banyak artikel dalam bahasa Inggris, misal satu artikel 500 kata dalam bahasa Inggris Anda jual 25000, maka jika sehari bisa buat 6 artikel maka bisa mendapatkan 150 ribu.

Bisa kuliah bisa juga kerja dan dapat uang, kan untung bukan?. Selain itu, Anda harus bisa membagi waktu dengan baik. Misal saat waktu luang, Anda gunakan untuk membuat artikel, atau saat malam hari Anda pun bisa membuatnya. Yang penting tugas kuliah juga harus terselesaikan dengan baik ya!.

6. Blogger atau publisher Google Adsense

Ini juga ada hubungannya dengan nomor 5 diatas, yang mana tugas utama seorang blogger adalah menulis dan menulis. Namun kemampuan menulis itu hanya digunakan 50% saja, sisanya yaitu seorang blogger harus sedikit tahu tentang CMS, domain, hosting, SEO, backlink, promosi, dan masih banyak lagi. Jadi blogger itu bukan sekedar penulis, tapi pemilik rumah yang harus mengurus segalanya.

Tapi ada hal terbaik yang bisa kalian dapatkan dari menjadi seorang blogger, yaitu Anda bisa mendapatkan uang terus menerus (jika sudah banyak artikel) tanpa kalian perlu menulis lagi. Jadi seperti investasi gitu, kita cuma menulis beberapa kali, tapi uang akan selalu datang dan menghampiri diri kita.

Namun yang dibutuhkan adalah kesabaran yang tahan saat belum ada penghasilan yang masuk, beda dengan penulis artikel yang bisa dapat bayaran setiap kali menulis. Namun seorang penulis artikel harus terus menerus menulis bila ingin ada masukan, beda dengan blogger.

usaha saat kuliah

Cara mendapatkan uang dari blog juga mudah loh, dan anak kuliahan seperti Anda pasti bisa, kan jaman sekarang siapa sih yang gak tau komputer?. Cukup daftarkan blognya ke Google Adsense dan liat pendapatan kita setiap harinya. Kita bisa melihat uang selalu mengalir ke akun kita.

Ini merupakan inspirasi usaha saat kuliah yang pantas kalian coba, cukup punya laptop dan cari semua infonya di Google untuk membuat Blog dan terus konsisten menulis maka Anda bisa mendapatkan apa yang kalian inginkan . Namun butuh waktu minimal 3 bulan sampai benar benar artikel Anda bisa berbuah uang. Jadi jangan putus asa di tengah jalan ya!.

7. Jualan Pulsa dan Data Internet

Jika Anda tidak punya dana untuk buka konter penjualan pulsa, maka yang bisa kalian lakukan adalah dengan jualan pulsa tanpa perlu konter. Jadi tinggal perlu HP dan modal usaha aja. Dan ini bisa kalian dapatkan pelanggan dari manapun termasuk dari teman kuliah Anda.

Inspirasi usaha saat kuliah yang satu ini memang bisa terjadi karena teman Anda yang sering kali kehabisan pulsa di kampusnya padahal kebutuhan seperti SMS maupun internet sedang banyak. Namun yang namanya teman kadang suka utang saat gak ada uang, Anda harus jeli mengatur hal seperti ini agar tidak merugi suatu saat nanti. Misal hutang hanya boleh untuk pulsa 5000 dan itupun hanya boleh seminggu sekali..

Bila laris, maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda, asalkan jangan sampai kehabisan saldo Anda. Karena itu bisa kehilangan pembeli nantinya. Jadi usahakan sebisa mungkin untuk melakukan pengisian saat saldo mau habis.

Bila cukup laris, keuntungan perharinya bisa sampai ratusan ribu loh, jadi jangan meremehkan usaha ringan seperti ini ya. Dan yang penting Anda jago menjual aja, pasti laris. Sering memberikan promo ke teman juga akan membantu mengenalkan usaha Anda kepada orang lain.

8. Dropshiper atau Reseller

Inspirasi usaha saat kuliah selanjutnya adalah dengan menjadi dropshiper atau Reseller yaitu menjualkan barang orang lain.

Nampaknya usaha satu ini saat ini sedang hangat dan dilakukan oleh sebagian orang yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan dari internet. Apalagi sekarang ini ada banyak sekali market placed yang bisa kita gunakan untuk menaruh barang kita. Ya sama kaya pasar gitu, jadi ini akan lebih mudah terlihat oleh orang lain. Contohnya adalah Tokopedia, Bukalapak dan OLX.

Anda bisa memulai bisnis ini dengan beberapa hal yang harus kalian punya seperti rekening bank yang tersambung dengan internet banking yang memudahkan untuk transaksi saat ada proses jual beli, sehingga tidak perlu ribet ke ATM. Selain itu, modal utama yang kalian keluarkan juga gak terlalu besar kok.

Barang yang kalian jual bisa dari barang orang lain, nanti kalian jual kembali. Misal kalian beli kerajinan tangan seharga 25 ribu di tempat Anda, lalu kalian jual kembali seharga 40 ribu. Jadi kalian bisa untung. Dan soal biaya ongkos kirim, bisa kalian gunakan dari uang sendiri yang telah ditambahkan atau dari si pembeli.

Misal satu barang kalian meraup untung 20 ribu, lalu dalam 1 hari terjual 10 barang saja kan udah dapat 200 ribu. Tentunya ini menguntungkan bukan?. Tapi tentunya kalian harus pandai pandai mencari produknya, yaitu yang sedang digemari oleh masyarakat dan juga barangnya tangan pertama, artinya kalian pembeli pertama dari pabrik atau produsen. Jadi harga bisa kalian atur sendiri.

9. Buka Jasa Laundry

Biasanya anak kuliahan itu malas. Niatnya sih saat weekend mau bersih bersih kamar, cuci pakaian tapi setelah weeks end tiba nyatanya malas dan suka jalan-jalan. Jadi cucian numpuk belum tercuci.

Namun bila kamu anak rajin dan gak suka jalan-jalan entah karena jomblo atau memang malas keluar apalagi karena boker, maka jika Anda membuka jasa Laundry pasti laris. Temen teman kalian juga pastinya akan menjadi langganan Anda. Jadi jangan malu ya untuk memulai bisnis seperti ini, buat apa malu kalo bisa dapat uang.

Untuk pengerjaannya bisa kalian lakukan saat ada waktu senggang dan pastinya tidak mengganggu kuliah. Misal saat pagi hari sebelum berangkat, atau saat malam hari. Yang penting bisa kering tepat waktu.

Anda bisa tentukan tarifnya berdasarkan kiloan atau tergantung bahan yang ada dipakaian itu. Jangan lupa juga untuk menyetrika Pakaian yang telah kering, karena ini juga termasuk dalam satu paket dengan jasa Laundry.

Biasanya ini hanya dilakukan oleh anak cewek saja, karena jarang ada anak cowok yang buka jasa seperti ini. Nyuci baju sendiri aja males apalagi nyuci punya orang lain, kan lebih malas bukan?.

10. Fotografer, Youtuber dan photo editor

Jangan cuma doyan selfie doang, coba deh latihan teknik fotografi yang bagus dan memiliki nilai seni tinggi. Pasti banyak peminatnya juga. Atau kalian bisa jual hasil karya foto Anda di website-website yang menjadi tempat jual beli photo. Namun tentunya foto Anda harus unik dan menarik. Inspirasi usaha saat kuliah ini bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi Anda.

usaha saat kuliah

Sekarang juga banyak juga yang jadi Youtuber di Indonesia ini, termasuk anak kuliahan. Jadi mereka itu ingin punya pendapatan lebih soal ini. Karena menjadi Youtuber itu hampir sama seperti blogger karena menggunakan adsense sebagai sarana untuk mengais rezekinya. Chanel YouTube Anda akan menemukan pelanggan yang banyak apabila konten yang disajikan juga bagus.

Apalagi jika sudah punya minimal 100 ribu subscriber maka penghasilan akan terus meningkat. Tapi perlu Anda tahu bahwa ini sangat sulit jadi terkenal apabila Anda tidak menyajikan konten yang berkualitas maupun menghibur.

Dan bila Anda tertarik pada dunia edit mengedit foto, maka Anda juga bisa jadi seorang photo editor. Karena biasanya harga yang ditawarkan juga mahal antara 100 ribu hingga 500 ribu per foto.

Tapi Anda harus menguasai teknik Photoshop yang baik. Misalnya memanipulasi objek supaya terlihat bisa terbang, membuat seakan-akan kita foto bersama seseorang yang kita cintai, atau juga bisa menghilangkan objek dalam suatu foto. Tapi tentu keahlian ini tidak mudah, Anda perlu belajar lebih jauh lagi tentang hal ini. Tapi jika Anda bisa, maka banyak orang yang tertarik dengan bisnis ini.

Demikianlah pembahasan mengenai 10 inspirasi usaha saat kuliah yang bisa kalian coba. Silakan pilih salah satu yang sekiranya cocok untuk Anda, lalu kembangkan bisnis itu. Jadi saat sudah selesai kuliah nanti, Anda sudah bisa mendirikan usaha sendiri.

Baca juga : 10 Tips Mendirikan Usaha Warnet Yang Wajib Anda Tahu

Selain bisa meringankan beban biaya yang dikeluarkan oleh orang tua, ini juga sebagai sarana bagi Anda untuk melatih jiwa bisnis. Sehingga tahu bahwa jika sudah terjun ke dunia kerja itu tak semudah yang dibayangkan oleh kita sendiri selama ini.

Semoga pembahasan mengenai inspirasi usaha saat kuliah ini bermanfaat bagi kita semua, terutama untuk kalian anak kuliahan. Terima kasih atas kunjungan Anda dan Sampai jumpa kembali di blog ini…


Loading...

Bagikan

Blogedewek

Penulis

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *