Review ProdukTekno

7 Chipset Smartphone Terbaik di Dunia Tahun 2019

Daftar Chipset Smartphone Terbaik di Dunia

Chipset adalah salah satu komponen utama dan paling penting yang ada dalam smartphone. Chipset juga merupakan komponen yang paling mempengaruhi baik buruknya performa ponsel tersebut. Untuk, beberapa produsen pun terus berlomba untuk untuk menghadirkan chipset smartphone terbaik di dunia.

Kualitas chipset juga menjadi salah satu poin yang menjadi pertimbangan bagi seseorang untuk membeli sebuah smartphone. Namun tentu saja, semakin tinggi kualitas chipset, maka harga jual ponsel tersebut akan semakin tinggi pula. Ini karena pada umumnya hp juga memiliki spesifikasi lain yang tinggi pula dari berbagai sektor.

Chipset Smartphone Terbaik di Dunia Tahun 2019

Penentuan chipset mobile terbaik ini didasarkan pada nilai Antutu yang didapatkan dari perangkat-perangkat yang dibekali dengan chipset-chipset tersebut. Berikut 7 chipset smartphone terbaik di dunia hingga tahun 2019 ini.

1. Apple A12 Bionic

chipset smartphone terbaik
Sumber: theverge.com

Apple A12 Bionic merupakan chipset yang diproduksi Apple khusus untuk perangkat mobile mereka, iPhone. Chipset ini dibangun dengan fabrikasi FinFET 7nm dan memiliki kepadatan komponen hingga 160 persen. Selain itu, performa yang dihasilkan juga 10 kali lebih cepat serta mempunyai efisiensi baterai hingga 40 persen.

Untuk membuktikan kemampuan dari chipset tersebut, lihat saja kinerjanya melalu tiga iPhone terbaru, iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max. Dengan ditenagai Apple A12 Bionic, ketiga smartphone tersebut dapat menghasilkan nilai Antutu mencapai lebih dari 360 ribu.

Selain ditanamkan pada produk iPhone, varian lain dari Apple A12 Bionic telah digunakan pula pada perangkat iPad Pro 2018. Bahkan nilai AntuTu dari gadget ini bisa mencapai 560 ribuan. Angka yang tentunya sangat tinggi untuk menunjukkan betapa tingginya performa yang mampu dihasilkan.

2. Snapdragon 855

Sumber: xda-developers.com

Snapdragon 855 merupakan seri chipset tertinggi dan terbaik yang diproduksi Qualcomm saat ini. Chipset ini memiliki banyak fitur terbaru untuk dapat memaksimalkan kinerja smartphone.

Dengan adanya fitur seperti DSP Hexagon 690 dan ISP Spectra 380, chipset ini juga bakal mendukung sensor kamera hingga 48 MP.

Snapdragon 855 juga sangat mendukung smartphone yang telah dilengkapi dengan jaringan 5G. Sebagai chipset tertinggi dari pihak ketiga, banyak smartphone flagship dari berbagai merek yang sudah memakai chipset ini.

Di antara smartphone terbaik tersebut adalah Oppo Reno 10x Zoom, Xiaomi Mi 9, Xiaomi Black Shark 2, Samsung Galaxy S10 (khusus untuk pasar Amerika), serta hp-hp lainnya.

Nilai Antutu dari smartphone yang telah dibenamkan Snapdragon 855 pun tak tinggi dari iPhone seri terbaru. Skor tertinggi mampu diraih Xiaomi Mi 9 yang menembus angka 370 ribuan.

Baca juga: 5 Smartphone dengan Chipset Snapdragon 855 Terbaik 2019

3. Exynos 9820

Sumber: androidcentral.com

Pada daftar ketiga ini, ada Exynos 9820, sebuah chipset buatan Samsung yang diciptakan secara khusus untuk sebagian besar perangkat mobile mereka. Terbaru, chipset ini ditanamkan pada Samsung Galaxy S10 series untuk pasar global di luar Amerika.

Exynos 9820 sendiri dibangun dengan teknologi fabrikasi 8 nm dan memiliki tiga kluster prosesor, yaitu Exynos M4, Cortex A55, Cortex A75, serta memiliki kombinasi prosesor 4+2+2.

Performa yang mampu dihasilkan chipset yang juga dilengkapi dengan GPU Mali-G76 MP12 ini juga sangat baik dan memiliki skor Antutu yang tinggi pula. Untuk pada Samsung Galaxy S10 series, nilai Antutu-nya mencapai 320 hingga 330 ribuan.

4. Kirin 980

Sumber: huawei.com

Selian Samsung, produsen smartphone yang juga memproduksi chipset mereka sendiri adalah Huawei. Produsen asal Tiongkok tersebut memiliki seri chipset Kirin, dengan seri terbaru dan tertingginya saat ini adalah Kirin 980.

Selain dibenamkan pada smartphone dengan brand Huawei, chipset ini juga banyak digunakan pada brand sebagai sub-brand mereka.

Beberapa smartphone yang dibekali dengan chipset ini di antaranya Huawei P30, Huawei P30 Pro, Huawei Mate 20, Huawei Mate 20 Pro, Huawei Mate 20X, Honor 20, Honor View 20, dan Honor Magic 2. Rata-rata, hp-hp tersebut memiliki nilai Antutu hingga 309 ribu.

Dibangun dengan fabrikasi 7 nm, Kirin 980 juga telah dilengkapi dengan teknologi DynamIQ. Dengan teknologi ini, membuat kedua kluster prosesor yang dimiliki bisa berjalan bersamaan pada saat dibutuhkannya tenaga yang lebih besar untuk sebuah sistem atau program tertentu.

Kelebihan lain yang mampu dihasilkan chipset ini adalah efisiensi baterai hingga 40% lebih baik dibandingkan dengan chipset dengan fabrikasi 10 nm. Selain itu, Kirin 980 juga memiliki fitur yang dapat memaksimalkan kinerja dari AI yang ada pada smartphone.

5. Snapdragon 845

chipset smartphone terbaik
Sumber: smartprix.com

Masih dari seri chipset buatan Qualcomm, kini ada Snapdragon 845 yang berada sedikit di bawah Snapdragon 855. Dibangun dengan fabrikasi FinFET 10 nm, chipset ini juga telah dilengkapi dengan Kryo 385, Adreno 630, serta Spectra 280 ISP dan mampu mendukung kamera hingga 32 MP.

Di antara smartphone yang telah dibekali dengan Snapdragon 845 adalah Xiaomi Mi 8, Pocophone F1, Asus ROG Phone, Asus Zenfone 5z, OnePlus 6T, Nokia 9 Pureview, LG V40,

Sony Xperia Z3, dan beberapa hp lainnya. Ponsel-ponsel tersebut pada umumnya memiliki nilai Antutu mencapai 290 hingga 300 ribuan.

Baca juga : 7 Smartphone Snapdragon 845 Terbaru dan Terbaik 2018

6. Exynos 9810

Sumber: samsung.com

Selanjutnya ada Exynos 9810 yang dibangun dengan fabrikasi 10 nm. Chipset ini sendiri telah digunakan pada beberapa smartphone kelas atas Samsung yang dirilis tahun lalu, seperti seperti Galaxy S9, Galaxy S9 Plus, dan Galaxy Note 9.

Exynos 9810 sendiri telah dibekali dengan dua kluster prosesor, yakni Exynos M3 dengann empat prosesor berkecepatan 2,9 GHz untuk menunjang performa yang lebih kecang serta Cortex A55 yang bertugas untuk mengehemat daya ponsel.

Dilengkapi juga dengan GPU Mali-G72 MP18, nilai Antutu dari ponsel-ponsel yang dibekali chipset ini berada di angka 245 ribuan untuk Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus. Sedangkan untuk Galaxy Note 9 berada di angka 249 ribuan.

7. Apple A11 Bionic

chipset smartphone terbaik di dunia
Sumber: iCulture.nl

Apple A11 Bionic merupakan generasi penerus dari Apple A10 Fusion dan generasi pendahulu bagi Apple A12 Bionic. iPhone dengan chipset bahkan pernah menjadi raja Antutu pasa masanya dengan nilai mencapai 246 ribu, sebelum maraknya ponsel-ponsel lain dengan chipset Snapdragon 845.

Sebagai pihak produsen, Apple mengklaim bahwa dibandingkan dengan Apple A10 Fusio, chipset ini menawarkan performa 25 lebih cepat dan mempunyai efisiensi core; hingga 70 persen.

Dibandung dengan proses fabrikasi 10 nm, chipset ini sendiri digunakan pada tiga smartphone Apple, iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus.

Ketiga iPhone tersebut nilai Antutunya berada di angka 246 ribuan dan bersaing dengan hp-hp Samsung yang memiliki chipset Exynos 9810.

Itulah daftar chipset smartphone terbaik di dunia yang telah hadir hingga tahun 2019 ini. Ke depan, produsen-produsen chipset di atas tentu akan mengembangkan chipset buatan mereka dengan menambahkan berbagai inovasi untuk bersaing di tengah ketatnya pasar saat ini.


Loading...
Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close