Bisnis warnet

Tip Memulai Bisnis Warnet dengan Hasil Puluhan Juta

Mungkin banyak yang berpikir bahwa membuka bisnis warnet atau Warung Internet adalah hal yang sulit. Membuka usaha warnet sering dibicarakan oleh para pengusaha sebagai bisnis yang membutuhkan modal yang besar. Ditambah lagi sekarang sudah menjamur warnet diseluruh jalanan yang menambah saingan untuk memperoleh konsumen.

Sekarang buanglah sejauh mungkin pikiran buruk mengenai memulai usaha warnet yang sulit dan butuh modal gajah. Pada artikel kali ini saya akan mengulas membuka bisnis warnet dengan hasil puluhan juta setiap bulannya.

Sekilas mengenai peluang Bisnis Warnet dengan hasil puluhan juta

Warnet adalah singkatan dari kata Warung Internet yang merupakan sebuah peluang usaha bisnis menyewakan jasa internet kepada khalayak umum. Pada saat sekarang tempat warnet dibuat bukan hanya untuk tempat browsing internet saja, sekarang sudah banyak warnet dengan focus pada game online.

Berdasarkan survey yang diperoleh dari berbagai sumber maka dapat disimpulkan bahwa bisnis warnet game online lebih ramai dikunjungi ketimbang warnet hanya untuk browsing dan chatting. Biasanya warnet dengan focus pada game online member label gaming pada akhir brand warnet mereka.

Prospek peluang usaha bisnis warnet dengan hasil puluhan juta

Menurut enam dari sepuluh orang di dunia menganggap bahwa usaha bisnis warnet atau warung internet bukanlah sebuah peluang usaha yang menguntungkan bagi pebisnis. Hal ini dapat terlihat dengan menjamurnya kios warnet dipinggiran jalan yang saling bersaing dengan harga sewa murah yang berujung kepada bangkrutnya usaha tersebut.

Tetapi jangan berkecil hati dahulu bagi anda yang masih menginginan sebuah bisnis warnet dengan modal yang tidak besar dengan hasil puluhan juta setiap bulannya. Usaha membuka warnet merupakan sebuah jawaban yang masih tepat untuk keinganan anda.

Jika memahami konsep dasar dan pengelolaan dengan cara yang tepat maka bisnis ini akan lancar.

Tips dasar memulai usaha Warnet atau Game Online

bisnis warnet
Image from https://www.tricksway.com

Untuk membangun sebuah usaha yang kokoh dan berjalan lancar maka diperlukan sebuah pengetahuan dasar sebagai fondasi yang menopang jalannya bisnis tersebut. Kita harus menyusun semua konsep dasar ini sebaik mungkin agar menghasilkan hasil yang maksimal.

Loading...

Baiklah pada opsi ini saya akan menguraikannya menjadi lima tips dasar memulai usaha warnet atau game online :

  • Lokasi usaha warnet yang strategis dan nyaman

Baiklah hal pertama yang harus anda mulai adalah ketika ingin memulai membuka usaha warnet adalah memilih tempat yang strategis dan nyaman.  Hal ini bertujuan agar para konsumen bisa melihat dengan jelas dan tertarik untuk mengunjungi warnet atau kios game online anda.

Sebagai contoh saya akan memberitahu beberapa tempat yang cocok untuk dijadikan lokasi usaha warnet atau game online. Tempat ramai yang cocok seperti dekat dengan pasar, dekat dengan sebuah mall, atau bisa juga di sebuah persimpangan jalan. Lokasi tersebut umumnya sangat menunjang dalam memulai usaha warnet.

  • Menyediakan fasilitas warnet yang nyaman

Selanjutnya kita akan membahas sebuah tips setelah menentukan tempat yang strategis yaitu menyediakan fasilitas pada warnet yang nyaman. Fasilitas adalah sebuah kelebihan tersendiri untuk para pelanggan anda.

Menyediakan fasilitas warnet bertujuan untuk menarik lebih banyak konsumen dibandingkan dengan hanya sebuah warnet tanpa fasilitas khusus. Sebagai contoh  fasilitas warnet adalah dengan memberikan pendingin udara AC atau Air Conditioner.

Memberikan sebuah AC sangat menarik para pengunjung dibandingkan sebuah warnet yang hanya menggunakan kipas angin.

Meskipun warnet anda menggunakan AC, anda harus tetap focus pada saat memulai usaha anda yaitu menarik pengunjung sebanyak mungkin dengan cara tidak membanderol harga sewa yang tinggi. Jika anda telah memiliki banyak pengunjung sewa tetap maka anda dapat menaikkan harga sewa warnet anda sedikit demi sedikit setiap bulannya.

Hal penting selanjutnya adalah memberikan fasilitas umum yang terdapat pada setiap warnet yaitu memberikan pelayanan yang ramah. Mungkin anda berpikir jika anda meyewa seseorang untuk menjaga warnet anda maka dapat anda simpulkan bahwa mereka akan kurang ramah tanpa pengawasan anda.

Untuk memulai sebuah usaha warnet anda sebaiknya tidak menyewa orang lain dengan artian andalah yang menjaga warnet anda. Hal ini sebaiknya anda lakukan agar anda lebih hemat modal sewa anggota dan bisa mengatur dalam

  • Target Pengunjung Warnet

Selanjutnya kita harus mempunyai sebuah target dalam sebuah pengusaha. Target disini adalah target pengunjung atau pelanggan merupakan factor paling dominan agar usaha anda berjalan lancar, nah jika seorang pemula yang sedang memulai usaha warnet maka ada sebaiknya ikut dalam menargetkan pengunjung warnet.

Pada umumnya pengunjung warnet bervariasi mulai dari remaja hingga orang dewasa. Maka jika target anda adalah anak anak dan remaja anda harus melengkapi komputer warnet dengan game online terbaru. Jika target pelanggan warnet anda adalah orang dewasa maka anda harus melengkapi warnet anda dengan program dewasa lainnya.

  • Kecepatan Akses Internet yang stabil

Selanjutnya hal yang sangat penting dalam membangu sebauh usaha warnet adalah kecepatan akses internet yang kencang dan stabil. Menurut pengalaman saya sendiri yang membuat orang enggan mengunjungi sebuah warnet adalah pada umumnya disebabkan karena usaha warnet kita memiliki kecepatan akses internet yang lambat.

Lambatnya akses internet terutama disaat pengunjung sedang browsing atau sedang bermain game online akan menyebabkan mereka jengkel dan enggan mengunjungi warnet tersebut lagi. Jadi kesimpulannya saat membuka usaha warnet seharusnya memiliki kecepatan akses internet minimal berkecepatan 2Mbps.

  • Usaha Sampingan

Biasanya orang-orang yang mengunjungi warnet akan menghabiskan waktu hingga seharian lamanya baik itu untuk browsing atau bermain game online. Hal tersebut dapat kita manfaatkan dengan ikut serta membuka sebuah usaha sampingan dengan berjualan kopi, mie instan, rokok, snack atau cemilan.

Dan sebuah usaha sampingan yang paling banyak dilakukan oleh kebanyakan warnet adalah usaha printing, jasa pengetikan, pencarian tugas sekolah dan desain atau edit gambar.

Analisa Modal untuk memulai bisnis Usaha Warnet

Baiklah selanjutnya kita akan membahas analisa modal untuk membuka bisnis warnet. Salah satu hal terpenting dalam membuka sebuah warnet adalah komputer.

Kebanyakan masyarakat sekarang membutuhkan sebuah warnet dengan komputer dengan spesifikasi tinggi yang berguna untuk game online ataupun browsing tanpa lag.

Jika anda hanya menggunakan komputer standar alias spesifikasi minimum, dapat dipastikan anda tidak akan memiliki banyak pelanggan tetap.

Selain komputer dengan spesifikasi tinggi anda juga harus memiliki perlengkapan wajib lainnya seperti printer, kabel jaringan, etalase, biling (papan pembatas), dan software gaming.

Baiklah saya akan menjabarkan biaya modal keseluruhan secara umum dan modal menengah keatas.

Nama BarangJumlahHarga SatuanTotal
Set Komputer10Rp. 4.500.000Rp. 45.000.000
Meja dan Kursi10Rp. 9.000.000Rp. 9.000.000
Sewa Tempat1Rp. 10.000.000Rp. 10.000.000
Meja Operator1Rp. 1.000.000Rp. 1.000.000
Printer1Rp. 800.000Rp. 800.000
Etalase1Rp. 700.000Rp.700.000
Kabel1Rp. 800.000Rp. 800.000
Software1Rp. 600.000Rp. 600.000

 

Jadi, total untuk modal usaha warnet keseluruhannya adalah Rp.67.100.000

Uraian mengenai tabel diatas hanyalah modal dasar dan belum termasuk gaji karyawan dan koneksi internet setiap bulannya. Selain itu, tabel diatas hanyalah perhitungan secara umum dan biaya setiap daerah mungkin akan sedikit berbeda.

Uraian mengenai Keuntungan dan Kerugian usaha warnet

Pada opsi kali ini saya akan merincikan jika anda mempekerjakan seorang karyawan dalam satu hari dan warnet anda buka mulai dari delapan pagi hingga jam sepuluh malam.

  • Gaji seorang karyawan setiap bulannya adalah Rp. 1500.000
  • Pembayaran Pulsa Internet adalah Rp 2.500.000
  • Pembayaran Meteran Listrik adalah Rp 500.000

Dengan total keseluruhan Rp. 4.500.000

Perhitungan diatas hanyalah biaya yang terjadi pada umumnya. Gaji karyawan bisa anda sesuaikan dengan pendapatan anda dan biaya diatas hanyalah gaji karyawan umumnya.

Mengenai pulsa internet juga bisa anda sesuaikan karena semakin kencang akses maka semakin mahal pula pembayaran dan begitu juga sebaliknya. Untuk meteran listrik tergantung kepada banyaknya komputer anda aktif dan kipas angin atau AC warnet anda.

Selanjutnya kita akan membahas mengenai hitungan laba rugi usaha warnet dengan tariff warnet Rp. 5000 setiap jam

Rp. 5000 x 10 komputer / hari = Rp. 50.000 x 15 jam = Rp. 750.000 x 30 hari = Rp. 22.500.000

Perhitungan diatas hanyalah secara kasar saja dan anda dapat menyesuaikannya dengan keinginan anda.

Referensi Lain : Menjual Desain Kaos Peluang Usaha Tanpa Modal di Internet

Penutup

Akhirnya selesai juga uraian mengenai membuka peluang usaha mengenai bisnis warnet. Saya berharap melalui artikel singkat saya ini dapat memberikan inspirasi kepada anda. Tentunya sebuah bisnis memiliki plus dan minus terhadap diri kita. Sekarang semuanya terserah kepada anda.

Bagaimana anda tertarik untuk membuka usaha warnet ?


Loading...

Bagikan

Aditya Irzal

Penulis

I am a blogger, filmmaker, youtuber and karateka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *