InternetPeluang usaha

9 Cara Hasilkan Uang dari Internet Tanpa Web/Blog dan YouTube

Gagal jadi Blogger dan Tidak Bisa jadi Youtuber Masih Bisa Hasilkan Uang dari Internet

Mau menghasilkan uang dari internet tapi tidak bisa mengelola website/blog atau channel YouTube? Pasti bisa. Ada banyak sumber penghasilan di internet, hampir tanpa batasan, dan anda bisa memilih jenis pekerjaan yang paling sesuai dengan kemampuan anda.

9 cara menghasilkan uang dari internet tanpa harus menjadi blogger atau Youtuber

Karena tidak semua orang mampu mengelola blog sendiri, dan tidak semua orang bisa menjadi Youtuber.

1. Menjual nama domain

Nama domain adalah nama website, contoh: google.com, klikmania.net, atau wikipedia.org. Jualan nama domain adalah bisnis online yang sangat menguntungkan. Caranya: daftarkan nama domain dengan biaya murah, kemudian jual dengan harga mahal. Sederhana?

Biaya daftar nama domain sekitar $10, tapi jika populer, nama domain bisa terjual hingga $1000. Nama domain bisa dijual melalui website Godaddy, Sedo, atau Namecheap. Jangan lupa promosikan nama domain anda di forum blogger, atau di akun media sosial anda.

Nama domain adalah merek bisnis bagi blogger yang berbisnis dengan blog mereka. Sehingga wajar jika banyak blogger kaya yang rela membayar ratusan juta demi mendapatkan nama domain yang dinginkan. Mungkin ini terdengar gila, tapi tidak bagi master blogger.

2. Dapatkan uang dari internet dengan menulis ebook

Mampu menulis dengan baik tapi bosan mengelola website sendiri? Coba banting setir ke ebook. Penulis ebook bisa mendapat penghasilan besar, bahkan lebih besar dari penulis buku cetak, karena ebook sangat diminati di internet.

Tulislah ebook 20-30 halaman yang berisi solusi bagi permasalahan pembaca dalam topik tertentu. Tulis secara menyeluruh, jelas, dan mudah dipahami oleh pembaca. Lalu gunakan software ebook creator untuk mengubah file tulisan anda menjadi ebook.

Ada banyak cara untuk mempromosikan ebook. Bisa promosi di akun media sosial pribadi, promosi di forum ebook, atau daftarkan ebook ke website penyedia ebook. Oh ya, ebook juga bisa diterbitkan dalam bentuk aplikasi untuk pengguna smartphone.

3. Jadi penulis lepas untuk website orang lain

Kalau menulis ebook dianggap terlau berat, coba jadi penulis lepas atau kontributor untuk website milik orang lain. Contoh website Klikmania ini yang akan membayar tulisan anda per artikel. Nilai bayaran untuk tiap artikelnya cukup bersaing dengan website lain.

Ada banyak website yang menawarkan lowongan penulis lepas seperti ini. Kalau mampu menulis artikel berbahasa Inggris, anda bisa dapat uang lebih banyak. Karena artikel berbahasa Inggris dihargai lebih tinggi, bahkan bisa 10 kali lipat dari harga artikel berbahasa Indonesia.

Penulis lepas punya kebebasan untuk menentukan jadwal dan tempat kerja sendiri, serta tidak terikat kontrak. Tapi tidak ada tunjangan untuk penulis lepas. Besar/kecilnya penghasilan penulis lepas tergantung seberapa banyak artikel yang ditulis dan berhasil diterbitkan.

4. Nulis untuk revenue sharing website

Kalau ingin mendapat penghasilan dari menulis, tapi gagal di website sendiri dan gak mampu menulis ebook, maka anda bisa menulis untuk revenue sharing website seperti Hubpages.com dan Flixya. Ini bisa jadi pasive income untuk anda.

Bagaimana cara kerja Hubpages? Gabung dengan Hubpages, tulis minimal 20 artikel yang menyediakan solusi bagi masalah pembaca, kemudian daftar Google Adsense. Penghasilan yang didapat dari Adsense akan dibagi dua: 60% untuk anda, dan 40% untuk Hubpages.

Menulis untuk revenue sharing website juga bisa jadi sarana untuk belajar ngeblog lebih baik. Setidaknya anda akan tahu jenis konten apa yang banyak pembacanya. Jadi kalau nanti mau punya blog lagi, anda lebih paham cara bersaing dengan website besar.

5. Jual Produk Secara Online

Cara menghasilkan Uang dari Internet

Produk apa saja yang bisa dijual di internet? Semua, benar-benar semua Tapi jangan pula menjual barang ilegal dan melanggar hukum. Kan masih banyak produk legal dan baik yang bisa dijual. Bisa menjual produk milik sendiri, atau menjualkan produk orang lain.

Menurut saya, cara jualan paling mudah adalah ikut program afiliasi, yaitu mempromosikan produk orang lain dan anda akan mendapat komisi dari setiap penjualan yang terjadi melalui link referral anda. Dua penyedia program afiliasi yang terkenal adalah clickbank.com, dan Bhineka.com.

Atau mau jual produk milik sendiri? Anda bisa jualan di Facebook atau Instagram. Bisa pula buka toko online di Tokopedia, Bukalapak, eBay, dsb. Intinya, ada banyak fasilitas gratis yang bisa anda gunakan untuk jualan secara online.

6. Menggabungkan Hubpages dengan Jualan Produk

Kalau anda menulis artikel di Hubpages, anda bisa sekalian jualan. Caranya: pilih produk yang banyak diminati, tulis artikel tentang produk tersebut dengan menyertakan link referral anda di dalam artikel.

Dengan cara ini, laman Hubpages anda bisa menghasilkan uang dari Adsense dan dari penjualan produk. Anda bisa mendapatkan dua keuntungan tanpa harus mengeluarkan uang untuk iklan Adwords.

Tips menulis artikel untuk jualan via Hubpages (atau website lain):

  • Tulis review produk yang menjelaskan fitur produk
  • Fokus pada suatu masalah dan tunjukkan bahwa produk yang anda pilih bisa jadi solusi dari masalah tersebut.
  • Tulis tips yang berhubungan dengan produk, dan rekomendasikan produk itu pada pembaca.

7. Dapatkan uang dari internet melalui Instagram

Sebenarnya, inti dari cara menghasilkan uang secara online adalah dengan traffic (pengunjung). Baik itu web/blog, channel YouTube, atau media sosial seperti Instagram, semua platform bisa jadi mesin penghasil uang kalau banyak pengunjungnya.

Anda bisa menggunakan akun Instagram untuk jualan produk sendiri, atau menerima endorse dari pihak lain. Makin banyak followers Instagram anda, makin baik. Karena endorse hanya akan ditawarkan pada akun Instagram yang banyak followers-nya.

Siapa juga yang mau jualan di tempat sepi? Jadi jangan heran kalau banyak selebgram yang berani melakukan hal-hal aneh di Instagram demi mendapatkan banyak followers. Jadilah kreatif, posting konten yang menarik dan bermanfaat untuk mendapatkan follower Instagram.

8. Hasilkan uang dari foto

Ini saatnya menghasilkan uang dari foto yang anda potret sendiri. Ada dua cara menghasilkan uang dari foto, yaitu: jualan foto secara online, atau posting foto menarik ke media sosial untuk menarik followers.

Cara pertama adalah titip jual foto secara online di website foto seperti Shutterstock atau ShutterPoint. Daftar ke website tersebut, lalu upload foto yang berkualitas dan menarik. Anda bisa lihat di website Shutterstok foto seperti apa saja yang paling banyak dibeli orang.

Foto yang dipotret dengan smartphone juga bisa dijual kalau memenuhi standar. Lagipula sekarang sudah banyak smartphone yang dilengkapi dengan kamera canggih setara kamera DSLR. Jadi jangan kecil hati kalau anda tidak punya kamera profesional.

Cara kedua adalah share foto di media sosial untuk mendapatkan followers. Berhubungan dengan poin #7 di atas, bukankah konten Instagram tidak lengkap tanpa foto/video? Konten foto yang berkualitas dan disukai bisa menarik banyak orang untuk follow Instagram anda.

9. Kerja sebagai freelancer

Freelancer disebut juga sebagai pekerja lepas. Anda hanya akan dibayar setelah mengerjakan suatu proyek. Awalnya sulit untuk mendapatkan pekerjaan freelance, tapi jika anda membangun profil lengkap dan portfolio yang baik, maka menghasilkan uang akan lebih mudah.

Beberapa pekerjaan freelance yang banyak dibutuhkan adalah copy writer, operator data entry, desainer web, desainer grafis, dsb. Ada pula virtual assistane, ini bisa jadi pekerjaan freelance juga bisa jadi pekerjaan tetap, tergantung kesepakatan dengan pemberi kerja.

Daftar ke Odesk, elance, FreelancingGig, dsb. Ada banyak proyek yang bisa dipilih sesuai kemampuan anda. Dari proyek kecil seperti main game bareng, sampai proyek berhonor besar seperti membuatkan laporan keuangan untuk perpajakan.

 

Apapun cara anda menghasilkan uang online, ingatlah: jangan melanggar hukum. Jangan pula menjual kehormatan dan kemanusiaan anda demi uang.

Saya miris melihat orang-orang yang nge-prank, buka-bukaan tanpa malu, menyebar hoaks, hingga membahayakan diri sendiri dan orang lain untuk mendapatkan uang. Padahal masih banyak cara kreatif yang baik untuk menghasilkan uang dari internet.

Kunci sukses menjadi freelancer adalah kreatif menunjukkan contoh hasil kerja anda di profil untuk menarik perhatian pemberi kerja, aktif mencari peluang kerja sendiri, dan disiplin mengatur jadwal kerja supaya bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Orang-orang yang sukses menghasilkan banyak uang dari internet, menyebut bahwa ada dua hal utama yang harus dimiliki untuk sukses kerja di internet, yaitu: Waktu untuk bekerja, dan Pengetahuan untuk bekerja cerdas (work smart).

Kalau punya modal ini, maka anda bisa menghasilkan uang dari internet meski tidak punya website. Jujur saja, mengurus website atau channel YouTube itu makan banyak waktu, harus kerja keras mengisi konten setiap hari, dan pasti harus sabar.


Loading...
Baca selengkapnya

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close