cara menghasilkan uang dari blog

Cara Menghasilkan Uang dari Blog Google Adsense Gratis untuk Pemula

Cara Menghasilkan Uang dari Blog gratis – Ada banyak cara yang bisa dipilih untuk menghasilkan uang. Baik uang untuk sumber penghasilan utama, ataupun sebagai income tambahan. Salah satu cara populer yang bisa dipilih saat ini adalah dengan cara menghasilkan uang dari blog. Menariknya, siapapun bisa memperoleh uang melalui sebuah blog gratisan sekalipun.

Mulai dari remaja, karyawan profesional, ibu rumah tangga. Bahkan pemula dari berbagai macam latar belakang pendidikan, dapat membuat dan memiliki sebuah blog dengan cepat dan mudah secara gratis.

Jika blog gratisan tersebut anda kelola dengan baik secara konsisten, maka dapat dipastikan uang yang diperoleh dari blog gratis tersebut dapat mencapai angka ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Lumayan kan.

Jadi, jangan tunda keinginan anda untuk merealisasikan rencana mendapatkan uang atau penghasilan tambahan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan anda. Hanya karena alasan, anda tidak memiliki cukup pengalaman dalam dunia blog sebelumnya dan tidak tahu cara mendapatkan uang lewat blog.

Tetaplah bersama saya disini untuk membaca artikel ini hingga selesai, agar anda dapat mengetahui bagaimana cara menghasilkan uang dari blog gratis untuk pemula.

cara menghasilkan uang dari blog

Apa itu Blog Gratis

Blog gratis, adalah blog yang disediakan dalam berbagai macam platform oleh sebuah perusahaan untuk siapa saja yang sudah berusia minimal 17 tahun. Tanpa mewajibkan pemiliknya harus membayarkan biaya-biaya terentu.

Keuntungan Menggunakan Blog Gratis

Platform blog gratis yang menawarkan banyak keuntungan bagi semua calon penggunanya. Dan berikut 3 keuntungan yang pasti akan anda peroleh jika menggunakan blog gratisan.

Loading...

Tidak perlu membeli domain

Setiap blog memerlukan sebuah domain, yang berfungsi sebagai alamat situs atau nama blog itu sendiri. Jika anda menggunakan blog gratis, anda tidak perlu membeli domain karena domain atau nama blog anda dapat dipilih dan digunakan secara gratis.

Tidak perlu menyewa hosting

Hosting adalah salah satu kelengkapan sebuah blog, dimana hosting memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan semua data blog anda. Nah, jika anda membuat blog melalui blog gratisan yang banyak tersedia di internet. Blog tersebut sudah menyediakan hosting khusus secara gratis dan siap menampung semua data-data blog anda entah itu media gambar, video ataupun dokumen tulisan.

Mudah

Saat ini banyak platform blog gratis yang sudah memiliki tampilan dashboard yang mudah digunakan dan dipahami oleh siapa saja termasuk pemula sekalipun. Sebagai pemula yang baru pertama kali menggunakan blog, anda tidak perlu melakukan setting domain dan hosting pada blog gratisan, seperti yang sering dilakukan pada blog berbayar.

Kelemahan Menggunakan Blog Gratis

Setiap penyedia blog gratis memiliki domain, dan setiap pengguna yang akan menggunakan paltform blog gratis tersebut, nama domain anda akan tersambung dengan domain platform blog yang digunakan. Beberapa platform blog gratis yang tersedia juga tidak memungkinkan penggunanya untuk memasang iklan adsense.

Pilihan Blog Gratis

Ada lebih dari 20 pilihan blog gratis yang tersedia di Internet yang bisa anda pilih. Namun salah satu cara menghasilkan uang dari blog dengan mudah adalah melalui Blogger atau Blogspot secara gratis, khususnya untuk pemula.

Blogger atau blogspot adalah platform blog untuk membuat blog gratis terbaik yang dimiliki oleh Google pada 22 Juni 1999 dan terus dikembangkan hingga saat ini. “Siapa saja” di seluruh dunia ini termasuk yang ada di Indonesia dapat menggunakan Blogspot ini secara cuma-cuma dan dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Salah satunya sebagai media untuk mencari penghasilan uang tambahan.

Anda dapat membuat berbagai macam blog melalui Blogger atau Blogspot. Mulai dari blog pribadi, blog company profil, bahkan membuat sebuah toko online. Pihak google sendiri menyediakan berbagai macam template blogger yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda. Anda bahkan bisa download template secara gratis dari penyedia template yang banyak tersebar di Internet, dan menguploadnya ke Blogger dengan mudah dan cepat.

Cara Membuat Blog Gratis

Cara membuat blog gratis dengan blogger atau blogspot dapat dilakukan dengan mudah dan cepat dalam tiga tahap, diantaranya menentukan nama dan deskripsi blog, lalu menginstal template sendiri, lalu menambahkan kategori pada blog.

Dengan asumsi jika anda sudah memiliki akun Gmail, maka dalam waktu kurang dari 10 menit anda sudah dapat memiliki sebuah blog gratis, dan bisa memulai publikasi segera.

Khusus bagi anda yang berencana mendapatkan penghasilan uang dengan cara menjual produk anda sendiri melalui blog. Anda dapat membuat toko online melalui blog gratisan Blogger atau Blogspot. Caranya, silahkan baca : Cara Membuat Blog Toko Online Terpercaya dengan Blogspot [Panduan Lengkap].

Panduan dan cara menghasilkan uang dari blog google Adsense

Blog Google Adsense, adalah sebuah blog yang dibuat secara khusus untuk menampilkan iklan dari perusahaan atau bisnis perorangan yang telah bekerja sama dengan Google dengan menggunakan AdWord. Anda sangat mungkin menghasilkan income dari Google AdSense melalui sebuah blog gratisan yang dibuat menggunakan Blogger.

Agar blog gratisan anda dapat menampilkan iklan Google Adsense, anda terlebih dahulu mengetahui apa saja persyaratan Google AdSense. Baca : (Syarat Daftar Adsense Agar di Setujui).

Google Adsense adalah salah satu pilihan populer yang bisa dipilih oleh semua pemilik blog, termasuk pemula sekalipun. Laporan penghasilan yang transparan dan detail, mekanisme pencairan uang atau hasil yang didapat dari blog yang mudah dan selalu tepat waktu.

Ini menjadi alasan utama mengapa banyak para Blogger bahkan Blogger pemula sekalipun tertarik untuk menampilkan iklan Google Adsense pada blog yang sudah mereka buat.

Pihak Google akan memberikan komisi atau uang berdasarkan klik iklan yang ditampilkan pada sebuah blog yang sudah secara resmi terdaftar sebagai AdSense Publisher. Besarnya jumlah komisi atau uang yang dihasilkan berbeda-beda, tergantung dengan nilai Cost Per Click (CPC) iklan, dan jumlah klik pada iklan tersebut.

Ada CPC iklan yang bernilai 0,1 $ atau (Rp.1000,-) ada juga iklan yang nilai per satu klik nya mencapai di atas 10$ (Rp. 100.000,- estimasi harga per 1 dollar Rp.10.000,-) .

Semua komisi atau uang yang dihasilkan berdasarkan klik iklan Google Adsense tersebut selanjutnya akan terakumulasi. Setiap pemilik blog yang sudah terdaftar dan terverifikasi, akan menerima pembayaran hasil iklan yang didapat dari blog mereka.  Jika sudah mencapai batas pendapatan minimal $100 (Rp. 1000.000,-).

Google akan membayarkan seluruh hasil komisi tersebut yang di dapat dari blog tanpa potongan satu rupiahpun kepada pemilik akun Google Adsense, melalui Western Union ataupun Wire Transfer.

Cara menghasilkan $100 pertama dari blog Google Adsense

cara menghasilkan uang dari blog

Cara mendapatkan $100 dari blog yang sudah secara resmi terdaftar dan terverifikasi oleh Google AdSense, sebenarnya sangat mudah. Bahkan anda pemula sekalipun, jika anda benar-benar mengelola blog anda dengan baik, profesional dan konsisten meluangkan waktu untuk blog gratisan anda. Maka $100 pertama bisa anda dalam waktu 4 sampai dengan 6 bulan saja dan akan meningkat pada bulan-bulan berikutnya.

Bahkan beberapa dari mereka yang benar-benar bekerja cerdas, bisa mendapatkan hasil Google Adsense minimal $100 dari blog mereka, hanya dalam waktu 3 bulan saja. Berikut cara menghasilkan uang dari blog untuk pemula :

Bulan Pertama Menentukan Niche Blog

Penentuan niche blog adalah salah satu langkah awal yang selalu dilewati para blogger yang ingin memahami cara menghasilkan uang dari blog Google Adsense. Tapi sebagai pemula yang tidak ingin terlalu pusing dengan niche blog, anda dapat memulainya dengan hal-hal yang anda sukai yang bisa anda sampaikan dalam blog anda. Entah itu pengalaman pribadi anda, rutinitas harian anda, atau dokumentasi kegiatan liburan anda.

Namun jika anda tertarik membuat sebuah niche blog, anda bisa menggunakan beberapa tips yang telah dipublikasikan sebelumnya pada blog Maxmanroe. Tips ini berguna agar nantinya blog anda dapat dikembangkan dengan mudah dan tidak berhenti ditengah jalan begitu saja. Ada tiga tips yang perlu anda ketahui dalam menentukan niche blog, diantaranya adalah :

Anda bisa memilih topik blog yang berkaitan dengan passion anda atau hobi anda. Topik atau niche blog yang dibuat berdasarkan hobi biasanya lebih mudah untuk dikerjakan.

Pilihlah niche atau blog yang anda kuasai. Tujuan utama dari tips kedua ini adalah agar anda dapat menghasilkan konten untuk blog anda menjadi lebih mudah. Dan tidak banyak mengalami kesulitan juga menghabiskan banyak waktu untuk membuat satu konten atau tulisan saja.

Pilihlah niche yang populer atau termasuk dalam kategori hot topic. Ini adalah tips terakhir yang bisa anda pilih, ada banyak niche atau topik populer yang bisa anda sajikan dalam blog baru anda.

Berikut beberapa daftar niche populer terbaik yang sangat direkomendasikan oleh Klik Mania untuk blog Google Adsense :

  1. Kesehatan
  2. Internet dan komputer
  3. Teknologi. ponsel dan gadget
  4. Fashion dan kecantikan
  5. Otomotif
  6. Real estate/perumahan
  7. Asuransi dan perbankan (perkreditan UKM)
  8. Traveling (wisata)
  9. Marketing dan bisnis online
  10. Tutorial (Edit video dan photo)
  11. Tutorial blog
  12. Pengembangan wawasan dan kepercayaan diri
  13. Konsultasi
  14. Agrobisnis
  15. Homemade/ DIY (sesuatu yang di buat/di produksi sendiri)

Bulan Kedua Mengisi Blog dengan Konten Berkualitas, Informatif, dan Bermanfaat

Setelah niche blog anda berhasil ditentukan, maka langkah selanjutnya adalah mulai menyajikan atau menulis konten blog yang berkualitas, informatif, dan bermanfaat.

Setiap blog dengan konten berkualitas, informatif, dan bermanfaat dipastikan akan mendapatkan rangking di mesin pencari dengan mudah. Bahkan juga dapat membuat pengunjung blog anda menjadi pembaca yang loyal, yang akan selalu senantiasa menantikan postingan atau tulisan terbaru dari anda.

Agar dapat menerima hasil uang dari blog Google Adsense secara optimal. Anda perlu mengupdate postingan anda secara rutin, baik dalam jangka waktu 1 kali dalam seminggu, atau 1 kali dalam sebulan. Tidak ada aturan yang baku seberapa sering anda harus membuat tulisan baru untuk blog anda.

Namun hingga saat ini postingan berkualitas yang diimbangi dengan kuantitas dari segi jumlah tulisan, masih menjadi faktor yang dapat menentukan besar kecilnya penghasilan blog google adsense anda.

Mengapa ? konten berkualitas, informatif dan bermanfaat serta jumlahnya sangat banyak. Sangat berpotensi mendatangkan trafik kunjungan pembaca yang lebih banyak. Semakin banyak atau ramai kunjungan pembaca ke blog anda, ini artinya peluang klik iklan yang ditampilkan pada blog anda juga akan semakin tinggi.

Sehingga anda dapat dengan cepat mencapai angka minimum pencairan penghasilan anda secara mudah. Perlu Anda ketahui, ini adalah cara menghasilkan uang dari blog google Adsense secara realistis.

Bulan Ketiga Mendaftarkan Blog ke Google Adsense

Setelah blog anda ramai pengunjung, maka selanjutnya anda bisa mulai mendaftarkan blog anda ke Google AdSense. Ini adalah cara yang paling saya rekomendasikan. Meski anda bisa saja mendaftarkan blog sebelum ada traffic kunjungan.

Mengapa saya merekomendasikan untuk mendaftarkan blog setelah mendapatkan traffic kunjungan yang cukup? Jawabannya cukup sederhana, selain peluang blog anda diterima oleh Google lebih besar. Anda juga dapat langsung memperoleh hasil uang yang maksimal pada saat ini. Pada bulan ini, update tulisan baru harus tetap berjalan, agar penghasilan blog Google Adsense anda tetap stabil atau bahkan cinderung meningkat.

Bulan Keempat Menerima PIN Google Adsense dan Memverifikasi

Setelah mendaftarkan blog anda ke Google Adsense, dan iklan berhasil tampil dengan baik di blog anda. Maka pihak Google akan mengirimkan kode PIN verifikasi ketika akun AdSense anda telah mencapai hasil minimal $10. Lamanya proses pengiriman PIN ke alamat tertera dalam akun AdSense anda biasanya sekitar 3-4 minggu.

Verifikasi PIN AdSense ini dilakukan, agar nantinya anda dapat menerima uang dari Google AdSense dengan mudah, ketika sudah mencapai batas minimum.

Bulan Kelima Melakukan Optimasi Penayangan Iklan

Optimasi penayang iklan sebenarnya dapat dilakukan setelah anda terdaftar secara resmi sebagai publihser AdSense tepatnya di bulan ketiga. Namun bulan kelima ini adalah optimasi lanjutan, atau evaluasi.

Evaluasi ini bertujuan untuk mendongkrak performa iklan yang ada pada di Blog Google Adsense anda. Lakukan optimasi pada beberapa sisi diantaranya dari sisi warna link iklan, ukuran, dan tata letak iklan.

Bulan Keenam Menerima Pembayaran $100 Pertama Anda.

Setelah lima bulan berjalan, dengan roadmap di atas. Saya percaya kemungkinan besar anda untuk menerima $100 pertama dari Adsense pada bulan keenam sangatlah tinggi. Jika anda memilih untuk menulis 1 artikel berkualitas perhari dan dilakukan secara konsisten secara 6 bulan berturut-turut. Ini artinya konten blog anda pada bulan ke enam ini sudah mencapai 180 postingan.

Jika 1 artikel anda mampu menghasilkan 10 kunjungan perhari, ini artinya pengunjung blog anda dalam setiap bulannya bisa mencapai 1800 kunjungan perhari atau bahkan 2000 kunjungan perhari. Itu adalah trafic yang cukup baik.

Karena, berdasarkan jumlah kunjungan tersebut untuk mendapatkan 1$ perharinya bukanlah hal yang mustahil. Apalagi jika topik blog yang anda pilih adalah topik dengan jenis iklan yang memiliki nilai klik tinggi. Seperti asuransi, kesehatan, atau otomotif.

Berdasarkan perhitungan adsense dari bulan ketiga jika estimasi blog anda memperoleh 1$ perhari, maka di bulan keenam ini penghasilan total blog Google Adsense adalah sekitar $120 dollar. Dengan rata-rata pencapaian AdSense anda 30$ perbulan terhitung sejak bulan ke tiga secara akumulatif.

Penutup

Itulah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk dapat mengetahui bagaimana cara menghasilkan uang dari blog Google AdSense dalam waktu 6 bulan pertama. Jika anda ingin mendapatkan panduan gratis lainnya bagaimana memperoleh pendapatan uang (Google AdSense) lewat blog, anda bisa mendapatkannya melalui halaman panduan Klik Mania.

Jika anda memiliki tips atau cara lainnya, jangan sungkan bagikan juga pengalaman anda melalui kolom komentar yang tersedia di bawah postingan ini. Jangan lupa bantu juga yang lainnya untuk mengetahui semua cara menghasilkan uang dari blog Google AdSense, melalui tombol share yang tersedia di bawah postingan ini. Salam, semoga bermanfaat.



Loading...


Bagikan

Penulis

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Komentar

    Hendry Sumarno

    ( - 08:22)

    Bagaimana kalau kita posting arya pribadi seperti , pantun atau puisi, atau pula jenis artikel lain ..bisakah masuk dalam kategori iklan blog?

    kusno

    ( - 23:44)

    tlng kirim caranya bikin iklan cara punya akun blok gratis

    Cara cepat approve gimana mas? apakah blog umur 2 bulan sudah bisa di daftarkan google adsense mas?

    Min info dong kok saya ga bisa terdaftar di google adsense?

    Bercara

    ( - 09:04)

    Pengalaman pribadi 3 hari di terima adsense, blog kesehatan, trafik cuma 20 biji

    FuadHasyim.id

    ( - 09:22)

    Mas klo untuk blog yang ber domain susah tidak untuk daftar adsense?
    Kalau misal email yang di blog itu di tolak google apa bisa si blog kita ganti email lagi untuk mendaftar ulang? Makasih sebelumnya salam newbe

    irfan

    ( - 11:22)

    Bagus sangat membantu. Bagi untuk pemula.

    Ancah

    ( - 08:29)

    Mas, bikin adsense kayak yg di sebelah kiri halaman ini (klik mengarah ke artikel sendiri) itu gimana yak? Mohon pencerahannya?

    thanks untuk pencerahannya

    youtubers

    ( - 02:16)

    BUAT KAMU YG INGIN NYOBAIN NYARI UANG DIYOUTUBE,,TAPI MALES BIKIN AKUN ADSENSE DAN LAMA NYA FERIVIKASI,,SILAHKAN HUB.JASA PEMBUATAN AKUN GOOGLE ADSENSE VIA YOUTUBE,,SILAHKAN HUB.08986133011 SATU HARI MAKSIMAL BISA VERIFIKASI,,HUB.VIA SAMA AJAH YAAA..JANGAN LUPA MAKSIMAL HARUS PUNYAA 1 VIDEO YAA..SUKSES!!

    Blog Tahuna

    ( - 01:42)

    kok blog saya tidak diterima adsense?

      admin muzi

      ( - 06:03)

      blog yang diterima adsense minimal harus mendapat 2000 visitor per hari, dan konten yang diberikan harus signifikan dan satu arah.. hehehe menerut sata begitu…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *