Blogging

Cara Menulis Artikel Berkualitas Menarik dan Informatif

Cara Menulis Artikel Berkualitas Menarik dan Informatif – Menulis merupakan satu kegiatan menyenangkan dalam dunia bloging. Selain dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi si penulis, menulis artikel juga bisa membuat para blogger menghasilkan uang dari blog. Baik uang sekedar untuk makan dan minum, beli hosting dan domain, bahkan uang yang bisa digunakan untuk umroh dan naik haji. Amin Ya Rabb.

Bagi penulis berpengalaman, mungkin tidak akan menemui banyak kendala ketika akan menulis artikel berkualitas yang menarik dan informatif. Namun bagi sebagian mereka yang baru menggeluti bidang tulis-menulis, mungkin akan sedikit mengalami kendala saat membuat tulisan perdana mereka.

Mengalami kendala saat akan menulis artikel baru perdana adalah hal yang biasa dialami oleh sebagian besar penulis. Kendala tersebut dapat disebabkan oleh banyak faktor. Namun semua kendala tersebut dapat segera teratasi ketika si penulis akhirnya telah mengetahui semua cara atau panduan yang benar dalam menulis sebuah artikel.

Ada dua kemungkinan mengapa saat ini Anda membaca artikel ini.

  • Pertama, mungkin Anda ingin menambah pengetahuan dan meningkatkan kemampuan dalam menulis artikel.
  • Kemungkinan kedua, Anda belum pernah mencoba kegiatan menyenangkan ini sebelumnya. Dan sekarang mungkin Anda benar-benar tertarik untuk mengetahui bagaimana cara menulis artikel yang baik dan benar.

Setiap artikel yang baik, pasti berkualitas dan mampu menarik minat banyak orang untuk mendapatkan seluruh informasi penting bermanfaat, yang terkandung dalam artikel tersebut. Struktur artikel yang baik dan benar terdiri dari judul artikel, paragraf pembuka artikel, pembahasan topik artikel dan diakhiri dengan kesimpulan.

Cara Menulis Judul Artikel Yang Baik dan Benar

Ketika Anda ingin menulis artikel untuk sebuah blog, maka menentukan dan menulis judul artikel menjadi hal pertama yang perlu diperhatikan. Sebaiknya tulis judul artikel secara singkat, jelas dan padat tanpa banyak kata penghubung. Pastikan juga judul mengandung unsur SPOK dan usahakan untuk menghindari tanda seru.

Agar judul artikel blog dapat terindex dengan baik ke mesin pencarian, maka sangat direkomendasikan untuk memasukan keyword artikel pada judul yang akan dibuat.
Judul artikel blog yang baik juga biasanya bersifat “unik”. Unik yang dimaksud adalah tidak sama dengan judul-judul artikel di blog lain.

Baca : Pentingnya Keyword dalam Judul Posting Untuk SEO

Keuntungan utama yang dapat diperoleh dari menulis judul artikel yang baik secara benar adalah, artikel Anda bisa mendapatkan rangking terbaik pada halaman pencarian dan mendapatkan klik lebih banyak untuk dibaca oleh banyak orang.

Cara Mudah Membuat Tulisan Paragraf Pembuka Artikel

Dalam sebuah artikel, paragraf pembuka memiliki peranan yang sangat penting. Mulai dari berperan membuat pembaca untuk tetap terus melanjutkan semua tulisan artikel yang sudah Anda buat. Bahkan terkadang beberapa kalimat dalam paragraf pembuka berfungsi sebagai tag deskripsi judul artikel, yang akan digunakan oleh robot penelusuran, untuk selanjutnya ditampilkan ke halaman indek pencarian.

Agar dapat menulis paragraf pembuka artikel dengan mudah. Cara pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui siapa calon pembaca artikel yang akan Anda buat. Selanjutnya ketahui juga rentang usia, profesi dan gender pembaca. Tindakan ini akan membantu Anda untuk menulis kalimat pembuka artikel dengan mudah, dengan gaya dan bahasa yang benar-benar mewakili karakter pembaca artikel Anda.

Selain memastikan gaya dan bahasa yang sesuai dengan karakter pembaca. Jangan lupa juga curi pandangan mata mereka dengan cara menghadirkan sebuah kalimat menarik berisi hal penting yang benar-benar ingin diketahui oleh pembaca.

Panduan Menulis Artikel Dengan Pembahasan Secara Terstruktur

Bagian pembahasan artikel biasanya terdiri dari beberapa topik yang berkaitan dengan tema utama artikel. Agar pembahasan artikel menjadi lebih berkualitas sebaiknya Anda menulis lebih dari satu topik bahasan. Tujuannya adalah Anda dapat memasukan banyak informasi penting yang mungkin dibutuhkan oleh pembaca.

Selain itu artikel dengan pembahasan yang rinci dan detail biasanya mengandung karakter atau jumlah kata yang lebih beragam dan kaya. Sehingga ini sangat bermanfaat untuk memunculkan artikel keperingkat yang lebih baik pada mesin pencarian.

Sebaiknya dalam menulis pembahasan suatu artikel juga tidak perlu bertele-tele. Usahakan pembahasan dalam tulisan yang ingin Anda buat dapat memberikan solusi atas permasahalan yang dihadapi pembaca. Atau menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul dalam benak pembaca.

Agar pembahasan artikel lebih nyaman dibaca dan dapat dipahami dengan mudah oleh pembaca. Sebaiknya sajikan pembahasan dalam artikel secara rapih dan terstruktur, dengan cara menggunakan bullet point dalam bentuk angka atau berupa dot.

Cara Menulis Kesimpulan Artikel

Kesimpulan adalah bagian terpenting yang diletakan di bagian akhir sebuah artikel. Sebaiknya Anda tidak perlu menulis kesimpulan artikel yang terlalu panjang. Cara yang bisa dilakukan adalah membuat satu atau dua paragraf yang berisi kalimat rangkuman isi artikel secara keseluruhan.

Dalam penulisan artikel blog, Anda tidak dilarang untuk menambahkan kalimat yang dapat membuat pembaca mau melakukan satu aksi usai membaca artikel. Seperti kalimat yang berupa ajakan agar pembaca mau melakukan share artikel yang sudah Anda buat. Atau menulis sebuah kalimat tanya, yang memungkinkan pembaca tertarik untuk mengomentari artikel yang sudah Anda tulis.

Sampai di sini, saya berharap sekarang Anda sudah mengetahui semua cara yang bisa Anda lakukan agar dapat menulis artikel baru perdana yang berkualitas menarik dan informatif untuk calon pembaca setia blog Anda.

Terakhir, selain menulis artikel dengan judul yang singkat, jelas dan padat, pembahasan rinci yang terstruktur, dan kesimpulan yang mengesankan pembaca. Anda juga dapat membuat tulisan blog jadi lebih berkualitas dengan cara melengkapi artikel dengan foto atau gambar kualitas terbaik atau audio dan video visual.

Baca juga : Cara membuat Artikel Rewrite Unik, Bahkan Lebih Unik dari Artikel Aslinya

Penutup

Menulis konten atau artikel blog adalah kegiatan yang menyenangkan, khususnya bagi para blogger. Setelah mengetahui bagaimana cara menulis artikel melalui postingan ini, Anda mungkin sepakat dengan saya bahwa menulis tidaklah sesulit merakit sebuah pesawat luar angkasa.

Asal tau panduannya dan menerapkan beberapa cara di atas. Maka Anda dapat menulis judul, membahas masing-masing topik sebuah artikel dan membuat kesimpulan hanya dalam hitungan jam atau bahkan menit.

Penting untuk diingat oleh kita semua, melakukan proses editing merupakan bagian lain dari cara menulis artikel yang baik dan benar yang tidak dapat dipisahkan.


Loading...
Baca selengkapnya

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Artikel terkait

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close