Ulasan Bisnis

Wajib Baca, Cara Mudah Membeli Usaha Bisnis

Ini topik yang sangat menarik, sesuai judulnya. Bagaimana caranya membeli usaha bisnis. Bikin penasaran kan?? Bahasan kali ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memulai usaha, tapi gak tau mau mulai dari mana.

Saya menjawab disini trik cara memulai usaha. Tidak harus memulai usaha dari nol tapi mulailah usaha dari nomer 5 atau lebih. Caranya adalah dengan membeli usaha.

Bingung memulai usaha, Membeli Usaha solusinya.

Anda tidak perlu memulai usaha dari nol, maka langkah berikutnya adalah memilih jenis usaha yang tepat untuk Anda. Hal sulit dalam suatu usaha adalah bagaimana memulainya, betul? masih bingung? Ada istilah “gelap” untuk mengistilahkan bingung memulai dari mana.

Membeli usaha

Padahal mungkin titik terangnya ada disekitar Anda. Caranya carilah gerai majalah. Belilah beberapa majalah bisnis, selanjutnya baca dan cari info franchise atau bisa Googling search franchise.

Disitu kita bisa temukan info peluang usaha dan franchise dengan harga terjangkau. Alih-alih buka usaha dari nol, kita bisa buka usaha langsung mulai dari no 5. mulai dari 5, artinya kita tak perlu mengalami dan membayar segala proses trial errornya (mencoba dengan resiko kesalahan) yang terlalu besar, resep sudah paten, tempat dibantu survei, desain sudah siap dan promosi sudah teruji.

Bandingkan jika Anda memulai dari nol, coba-coba resep, coba-coba tempat, coba-coba promosi dancoba-coba untung, resikonya rugi duit, rugi waktu.

Hal yang harus Anda lakukan Setelah Membeli Usaha

Setelah menentukan usaha yang akan dibeli. Pertama, pilih lokasi yang strategis! lebih baik bayar sewa yang mahal, tapi ramai, daripada beli yang murah, tapi sepi. kalau mau murah ada sih, sewa dikuburan aja 😀 tapi jangan kaget pembelinya kuntilanak he he.

Loading...

Stategi bukan hanya asal ramai,tapi sesuai target yang dibidik dalam usaha Anda. Kedua cari karyawan yang tepat dan berkualitas. karyawan yang tidak perlu dimotivasi lagi, cukup diarahkan dan dibimbing.

Ketiga, saat awal mulai usaha, fokuslah pada penjualan. Promosi adalah hal yang wajib dilakukan untuk usaha baru. Promosi bukan berarti membuang uang, bisa jadi malah mendapatkan uang jika Smart!

Ingat mulai dari no 5 bukan 10 yang tinggal memanen saja. Namun Anda perlu memperhatikan serta usaha seperti tanaman yang sedang tumbuh. Ibarat membeli tanaman setengah jadi, harus disirami dan dirawat. Salah kaprah bagi orang yang membeli usaha franchise, dia menganggap dirinya investor yang nanam uang lalu tidur. Noway!

Pandangan lain tentang membeli usaha

Tentu saja tidak semua setuju dengan ide membeli usaha. Para entrepreneur sejati, lebih cenderung memilih memulai usaha dari nol, jika mereka memulai dengan membeli usaha dengan beli franchise, biasanya maksudnya terselubung.

Seperti Johnny Andrean yang membeli franchise Bread Talk untuk tujuan mencopi dan meniru sistemnya untuk membuka Donat J.Co. Yang perlu diperhatikan dalam franchise adalah bahwa franchise atau peluang usaha yang akan Anda beli harus mempunyai track record yang teruji dan pengalaman membuka cabang.

Bagaimana caranya, jika ingin belajar franchise tapi uang pas-pasan? ya beli saja franchise patungan. Pelajari sistem dan modifikasi untuk usaha Anda yang lain. Namun semua itu  butuh etika, baik tertulis maupun tidak tertulis. Jangan samapi kita makan kurma dari apa yang kita lakukan kepada orang lain.

Demikian cara membeli usaha dan memulai usaha bukan dari nol, semoga bermanfaat. Salam sukses!!



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Bercita-cita menjadi penyebar warta dan penebar informasi bermanfaat bagi sesama, asal dari batang, jateng. Menjadi penulis adalah impian sekaligus sebagai hobi, salam kenal

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button