Ulasan Bisnis

12 Cara Pemasaran Produk yang Tepat untuk Keberlangsungan Usaha

Selain memiliki sebuah produk atau layanan yang berkualitas kalian juga memerlukan cara pemasaran produk yang efektif. Hal tersebut perlu dilakukan karena pemasaran sangat memegang peranan penting dalam penjualan produk yang dimiliki. Tanpa adanya pemasaran produk yang efektif peningkatan penjualan akan sangat sulit kalian dapatkan.

Hal tersebut tentu tidak ingin kalian dapatkan. Mengingat sebagai seorang pebisnis perkembangan laba sangatlah menentukan perkembangan sebuah usaha.

Oleh karena itu, sekarang kami akan menyampaikan informasi tentang cara pemasaran produk yang efektif yang akan sangat bermanfaat dalam perkembangan usaha kalian.

Semoga setelah membaca artikel ini, ilmu kalian dapat bertambah dan usaha yang dijalankan dapat berkembang ke arah yang lebih baik.

Manfaatkan Media Sosial Sebagai Cara Pemasaran Produk

cara pemasaran produk
Media Sosial Via magazine.ngsrl.com

Cara pemasaran produk yang satu ini semakin berkembang digunakan oleh banyak pebisnis dalam memasarkan produk dan layanannya. Hal tersebut dikarenakan kemudahan dan berbagai kelebihan yang didapatkan lewat pemasaran dengan media sosial.

Mulai dari biaya yang lebih murah bahkan bisa sampai gratis, menjangkau banyak pemirsa dengan waktu yang sangat cepat, dan kemudahan interaksi dengan banyak pelanggan diluar sana.

Bukan Cuma itu saja dengan semakin luasnya masyarakat yang melihat produk kalian di media sosial. Kemungkinan orang tersebut menjadi potensi pelanggan juga semakin besar dibandingkan kalian tidak memasarkan produk di media sosial sama sekali.

Belum lagi pengguna internet di dunia semakin berkembang dari hari ke hari. Sehingga potensi pasar di media sosial masih sangat terbuka luas untuk anda dapatkan.

Jenis media sosial yang bisa anda pertimbangkan sebagai media pemasaran adalah Facebook dan Instagram. Kedua jenis media sosial ini memiliki kelebihan yang bisa anda manfaatkan untuk memasarkan produk

Facebook

Saat kalian menggunakan facebook, kelebihan pertama yang bisa didapatkan adalah banyaknya pengguna aktif yang menggunakan media sosial ini. Hal ini sangat berpotensi untuk memperluas pasar yang dimiliki.

Jika anda memiliki kemampuan untuk mengelola halaman facebook dengan baik, maka potensi meningkatnya pasar di masa depan sangatlah besar terjadi.  Namun jika belum bisa, tidak masalah sebab di dalam facebook ada sebuah layanan yang bernama Facebook Ads.

Di sana kalian bisa beriklan dengan cara yang lebih efektif dan tertarget. Sebab setiap iklan yang anda muat di Facebook akan diletakkan pada halaman orang yang memiliki ketertarikan yang sama dengan produk yang dimiliki. Sehingga iklan yang dimuat lebih efektif menjangkau banyak pihak.

Baca : 8 Langkah Mudah Beriklan di Facebook Ads dari HP

Instagram

Instagram merupakan media sosial yang sangat visual dan cocok dimanfaatkan untuk menarik banyak pengunjung yang ada didalamnya. Hal yang penting dalam memasarkan produk di instagram adalah dengan memperhatikan gambar produk yang anda tampilkan. Gunakan kamera yang memilki resolusi yang tinggi dan baik, sehingga hasilnya dapat memuaskan untuk dilihat.

Gunakan jasa endorser jika perlu, carilah selebgram yang memiliki banyak pengikut untuk kalian ajak bekerja sama memasarkan produk. Selain lebih efektif, para selebgram tersebut biasanya telah mendapatkan kredibilitas dimata pengikutnya. Sehingga saat mereka memberikan rekomendasi, para followers akan cenderung mempercayai mereka.

Baca : 10 Trik Jualan Laris Manis Di Instagram

Menjadi Sponsor Acara

Sponsorship Via sponserve.net

Cara pemasaran produk yang efektif adalah dengan menjadi sponsor pada suatu acara yang sering diadakan di hadapan banyak orang. Biasanya akan banyak pihak penyelenggara acara yang datang sendiri ke pihak perusahaan untuk mengajak bekerja sama menjadi sponsor acara mereka.

Kesempatan ini perlu kalian pertimbangkan untuk dilakukan sebagai cara memasarkan produk ke khalayak ramai. Dengan menjadi sponsor acara, kesempatan produk kalian dilihat oleh banyak orang semakin besar. Apalagi acara yang sedang diadakan tersebut sangat berkaitan erat dengan produk yang dimiliki.

Sebagai contohnya kalian memiliki sebuah produk sepatu olahraga, maka acara yang tepat untuk mengenalkan produk kalian adalah berbagai acara olahraga atau kompetisi yang sedang berlangsung.

Cara seperti ini terbukti jitu memperkenalkan produk ke target pasar yang luas dan tepat sasaran.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan sebagai sponsor, sebab menjadi sponsor tidak hanya berfokus pada pemberian dana sponsorship. Ada cara yang lebih hemat namun sangat efektif untuk kalian lakukan jika berminat menjadi sponsor acara.

Caranya adalah dengan menjadi sponsor in-kind dalam suatu acara. Sponsor in-kind merupakan jenis sponsor yang menyumbangkan produk yang mereka miliki untuk mendukung keberlangsungan acara.

Sebagai contohnya sebuah restoran dapat menjadi sponsor in-kind dengan menyumbangkan makanan kepada para peserta suatu acara. Sehingga denga cara seperti ini mereka tetap dapat berkontribusi terhadap acara namun tidak perlu mengeluarkan banyak uang sebagai dana sponsor.

 Membagikan Sampel Produk

Cara pemasaran produk yang berikut ini sangat cocok untuk dilakukan oleh perusahaan makanan atau minuman. Membagi-bagikan produk sampel secara gratis dinilai cukup efektif sebagai langkah untuk memasarkan produk.

Pernahkah kalian melihat suatu perusahaan membagikan produk sampel di swalayan ?

Ya, itulah salah satu contoh yang sering kali kita lihat dan banyak dilakukan oleh perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman.

Cara pemasaran produk dengan membagi-bagikan sampel akan lebih baik lagi jika diiringi dengan penawaran promo kepada calon konsumen. Sebab kombinasi kedua strategi ini akan membuat sebuah daya tarik tersendiri dimata calon pelanggan kalian. Jika mereka tertarik dan menyukai produk yang ditawarkan, bukan tidak mungkin mereka akan langsung membeli produk yang ada.

Pasarkan Produk Ditempat yang Tepat

Cara pemasaran produk yang baik adalah dengan memasarkannya di tempat yang tepat dan terlihat oleh calon konsumen yang anda target. Percuma saja jika kalian melakukan pemasaran namun pihak yang melihat aktivitas tersebut bukanlah target pasar.

Sebagai contohnya kalian memiliki sebuah produk alat tulis, kemudian tempat yang kalian pilih untuk menjadi lokasi pemasaran adalah event olahraga. Meskipun lokasi tersebut ramai dikunjungi oleh banyak orang, aktivitas pemasaran kalian akan sia-sia saja. Sebab, target pasar di lokasi tersebut sangat sedikit bahkan sama sekali tidak ada.

Lebih baik kalian memasarkan produk di lokasi yang tidak terlalu ramai namun tepat sasaran. Sebagai contohnya produk alat tulis sangat efektif dipasarkan di toko buku, sekolah, dan tempat rekreasi yang banyak dikunjungi anak-anak.

Jadi hati-hatilah dalam memilih lokasi untuk dijadikan tempat memasarkan produk yang anda miliki.

Berikan Barang Gratis untuk Konsumen

Jika anda memiliki anggaran yang besar maka cara pemasaran produk dengan membagi-bagikan produk secara gratis perlu dilakukan. Membagikan produk disini bukan seperti pembagian sampel yang telah dijelaskan di atas. Produk gratis tersebut akan dibagikan bersamaan dengan pembelian produk oleh para konsumen.

Contoh sederhananya seperti ini kalian membuat sebuah promo. Jadi disaat konsumen membeli 2 produk barang, mereka akan mendapatkan 1 produk gratis dari kalian. Atau para konsumen membeli 3 buah produk dan kalian memberikan 1 hadiah kaos dan lain sebagainya. Cara seperti ini akan membuat konsumen senang dan berusaha membeli produk lebih banyak lagi dari sebelumnya.

Namun untuk mewujudkan strategi pemasaran produk ini, kalian membutuhkan anggaran untuk membuat berbagai hadiah tersebut. Bisa hadiah dalam bentuk topi, gantungan kunci, kaos, dan lain sebagainya.

Lakukan Survey Pasca Pembelian

Cara pemasaran produk yang satu ini perlu dilakukan setelah para pelanggan menggunakan produk yang anda miliki. Saat para pelanggan membeli produk, lakukanlah survey dengan menanyakan alamat dan no telepon yang nantinya bisa kalian hubungi. Jadikan data tersebut sebagai sumber informasi untuk mengetahui kepuasan konsumen kalian.

Caranya seperti ini, setelah para pelanggan membeli produk dan menggunakannya lakukanlah survey terhadap mereka. Telpon para pelanggan kalian untuk menanyakan testimoni tentang produk yang anda miliki. Umpan balik yang mereka berikan akan sangat bermanfaat untuk perbaikan kualitas produk di masa depan.

Selain itu saat melakukan sesi tanya jawab, jangan lupa untuk menawarkan produk atau promo yang sedang ada di dalam perusahaan. Sehingga hal ini dapat lebih mengenalkan produk kepada para pelanggan yang menggunakan.

Mengenali Target Pasar Kalian

Mengenali siapa konsumen anda merupakan cara pemasaran produk yang sangat baik untuk diimplementasikan. Sebagai contohnya usaha yag dijalankan adalah cafe dengan target para remaja dengan rentang usia 15 – 18 tahun. Maka lakukanlah survey sederhana untuk mengetahui apa yang disukai dan diinginkan para konsumen kalian.

Cari tahu suasana apa yang ingin mereka dapatkan saat berada di cafe, makanan yang paling diinginkan, sampai pelayanan yang disukai. Jika anda telah mengetahui apa yang disukai para konsumen tersebut, mulailah untuk membuat berbagai produk yang cocok dan sesuai dengan permintaan pasar.

Jika para konsumen lebih menginginkan makanan bergaya eropa maka buatlah jenis makanan tersebut untuk disediakan didalam menu makanan kalian.

Jangan Sepelekan The Power of Mouth

cara pemasaran produk
VetNet Marketing

Strategi pemasaran yang satu ini terdengar klasik dan tradisonal, namun kalian jangan mengangap remeh kekuatan yang dimilikinya. The Power of Mouth merupakan strategi pemasaran dari mulut ke mulut yang masih sangat efektif untuk kalian jalankan.

Saat strategi ini dijalankan maka semakin banyak orang yang memuji produk maka akan semakin banyak orang yang akan mencoba produk yang kalian miliki.

Mengapa hal ini bisa terjadi ?

Jawabannya sederhana disaat seseorang menyukai produk, mereka akan dengan senang hati memberi tahu kepada orang terdekatnya tentang produk yang kalian miliki. Sehingga orang lain yang sebelumnya tidak mengetahui menjadi tahu dengan produk kalian dan berminat untuk mencoba juga berkat rekomendasi positif dari pelanggan terdahulu.

Lalu bagaimana jika produk yang dimiliki buruk dimata pelanggan ?

Resiko kehilangan konsumen bisa anda dapatkan. Oleh karena pentingnya rekomendasi dari para pelanggan terdahulu inilah maka membuat sebuah produk yang berkualitas sangat penting anda terapkan. Dengan produk yang berkualitas tentu pelanggan yang mencoba barang anda dapat memberikan rekomendasi yang positif terhadap produk tersebut.

Selanjutnya mereka dapat memberikan rekomendasi kepada orang lain yang dikenalnya. Artinya akan semakin banyak pula pelanggan yang datang dan mencoba produk yang anda miliki.

Pilihlah Lokasi yang Mudah Terlihat oleh Pasar

Cara pemasaran produk yang efisien adalah dengan memilih tempat yang strategis untuk menjual produk. Hal tersebut perlu dilakukan agar konsumen yang anda bidik dapat mudah menjangkau produk yang kalian punya.

Sebagai contohnya kalian memiliki produk makanan cepat saji dengan target pasar anak-anak dan remaja. Maka tempat yang ideal sebagai lokasi usaha adalah yang dekat dengan sekolah-sekolah atau pemukiman padat penduduk.

Perluas Jaringan yang  Dimiliki

Pemasaran produk dapat lebih mudah kalian lakukan jika memiliki jaringan yang luas dengan berbagai kalangan. Sebab dengan jaringan yang luas dan menjalin hubungan yang baik dengan banyak orang membuat anda lebih mudah melakukan promosi usaha.

Sebagai pebisnis, kalian tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melakukan kegiatan promosi sebab anda telah memiliki banyak pelanggan setiap. Para pelanggan setia inilah yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk yang anda miliki.

Bukan Cuma itu saja, mitra usaha yang telah anda miliki juga bisa dimanfaatkan untuk diajak kerjasama memasarkan produk yang anda keluarkan. Tentunya kerja sama tersebut harus saling menguntungkan dan bukan hanya salah satu pihak saja yang diuntungkan.

Buatlah Sebuah Produk yang Pantas untuk Dijual

Produk Berkualitas Via popperfont.net

Banyak orang yang mengeluhkan bahwa aktivitas pemasaran telah mereka lakukan secara rutin, namun penjualan tetap stagnan dan tidak menunjukkan tanda-tanda peningkatan. Mereka berpikir bahwa ada yang salah dari aktivitas pemasaran tanpa menyelidiki bisa jadi kesalahan malah ada pada produk tersebut.

Banyak produk yang dipasarkan dengan baik tapi kualitas produk tersebut biasa saja dan tidak menarik. Penyebab inilah yang harus diperbaiki terlebih dahulu agar pemasaran yang kalian lakukan dapat berjalan efektif.

Mulailah untuk fokus dengan kualitas terbaik dari produk yang anda miliki. Jangan lupakan inovasi produk perlu anda pertimbangkan dengan baik dan matang. Jika menginginkan sebuah contoh, anda bisa melihat Apple yang terus berfokus menghasilkan produk smartphone berkualitas tinggi. Fokus dengan apa yang dilakukan dapat memastikan produk yang kalian miliki memiliki kualitas terbaik.

Promosi Terbaik Adalah . . . .

Cara pemasaran produk yang baik adalah dengan melakukan promosi kepada para pelangan dan calon pelanggan anda.

Lalu yang menjadi pertanyaan, seperti apa promosi terbaik untuk usaha ?

Jawabannya adalah dengan memperkenalkan produk yang dimiliki secara terus menerus atau konsisten. Tidak ada manfaatnya jika promosi yang dilakukan tidak konsisten, sebab lama kelamaan para pelangan dapat melupakan setiap produk yang anda kenalkan kepada mereka.

Tidak hanya itu saja, kalian juga perlu membuat sebuah teknik promosi yang kreatif agar para pelanggan tidak merasa bosan melihat promosi produk. Kombinasikan setiap teknik promosi untuk menarik banyak pelanggan untuk melihat.

Sebagai contohnya kalian bisa menyebarkan sampel produk untuk digunakan para pelangan kemudian dikombinasikan dengan pemberian produk gratis kepada mereka.

Baca : 7 Strategi Promosi Penjualan Ini Untuk Meningkatkan Omzet Bisnis Anda

Terapkan Cara Pemasaran Produk yang Paling Tepat

Itulah ke 12 cara pemasaran produk yang efektif dan bisa anda terapkan untuk memperkenalkan produk kepada para pelanggan. Berbagai cara diatas memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan sehingga pilihlah cara pemasaran produk yang menurut anda paling efektif digunakan.

Jangan lupakan juga kombinasi pemasaran agar para pelanggan tidak bosan dengan teknik pemasaran yang anda lakukan. Pikirkan cara kreatif dan inovatif untuk memasarkan produk kepada para pelanggan kalian.

Semoga dengan informasi yang telah kami sampaikan kepada kalian diatas dapat menambah ilmu khususnya pada bisang bisnis dan pemasaran. Hal yang lebih penting lagi semoga setelah kalian menerapkan setiap ilmu diatas, bisnis yang kalian miliki dapat berkembang ke arah yang lebih baik.

Semangat berbisnis dan berwirausaha !


Loading...
Baca selengkapnya

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Artikel terkait

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close