Situs belajar seo

Daftar Situs Belajar SEO Terbaik di Indonesia dan Luar Negeri

Situs Belajar SEO Terbaik – Seperti yang kita tahu, SEO (Search Engine Optimization) menjadi unsur penting untuk mendatangkan traffic ke blog kita.

Semakin mahir kita dalam optimasi SEO, semakin besar pula peluang blog kita dibanjiri pengunjung.

Teknik SEO secara sederhana dibedakan menjadi 3 kategori yaitu black-hate, white-hate dan grey-hate. Kita bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing. Ini perbedaaannya :

Black-hate SEO :

Teknik ini cukup brutal untuk optimasi website. Biasanya mengandalkan teknik spamming backlink dan hal-hal yang melanggar kebijakan Google. Dibanding teknik lainnya, ini yang paling rawan terkena pinalti.

White-hate SEO :

Teknik ‘white hate’ sebenarnya tidak sepenuhnya ‘white hate’. Mengapa? Karena pada dasarnya teknik SEO itu ada sedikit bumbu manipulasi.

Meski begitu, teknik ini yang paling aman dibanding teknik lainnya. Metode yang digunakan biasanya guest blog, internal link sewajarnya dan promosi konten di media sosial.

Loading...

Grey-hate SEO :

Teknik SEO ini berada di tengah-tengah. Tidak terlalu spam, juga tidak terlalu natural. Grey-hate biasanya menggunakan teknik seperti PBN (Private Blog Network), redirect 301, blog zombie / expired domain dan kontes SEO.

Baca jugaPengertian Dasar SEO dan Penerapannya untuk Blog

Teknik ini biasanya masih sering digunakan oleh orang-orang yang sudah expert dalam SEO. Asal tau cara kerjanya, penggunaan teknik ini bisa mendongkrak traffic dengan sangat powerfull tanpa terkena pinalti Google.

Lalu, bagaimana kalau kita masih pemula? Apa yang harus dilakukan?

Tentu saja, BELAJAR! Kita bisa belajar SEO dibanyak tempat kok. Bisa kursus SEO atau belajar otodidak dengan mencarinya di internet.

Situs Belajar SEO Terbaik di Indonesia dan Luar Negeri

Ada banyak situs belajar SEO yang cukup bagus untuk kita pelajari mulai dari situs lokal maupun situs luar negeri.

Untuk itu, kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa rekomendasi situs belajar SEO yang wajib dikunjungi. Simak penjelasannya!

1. Panduan IM

SITUS BELAJAR SEO - Panduanim
Image – Panduanim

Situs belajar SEO yang satu ini memiliki konten yang sangat berbobot. Hampir semua artikel di website ini menjelaskan cara-cara taktis dengan penyampaian yang mudah dipahami.

Bukan hanya teknik SEO saja yang dibahas melainkan mencakup ilmu internet marketing lainnya seperti content marketing, sosial media marketing, CPA marketing, toko online, wordpress dan blogging.

Saya rasa ini merupakan situs belajar SEO nomor 1 di Indonesia untuk saat ini. Teknik yang diajarkan pada situs ini lebih condong ke ‘white hate SEO’ jadi benar-benar aman untuk penggunaan jangka panjang.

Di sini, kita tidak akan menemukan pembahasan mengenai teknik SPAM melainkan benar-benar untuk jangka panjang.

Intinya, situs PanduanIM ini bisa dijadikan rujukan untuk orang-orang yang ingin belajar seputar internet marketing. Cara penyampaiannya benar-benar mudah dimengerti dan dijelaskan secara runtut mulai dari A sampai Z.

Author : Darmawan

2. Sugeng.id

Situs ini mungkin menjadi tempat belajar saya ngeblog yang pertama kali. Dulu, situs ini beralamatkan www.mas-sugeng.com akan tetapi sekarang berubah menjadi sugeng.id.

Situs ini dikelola oleh Mas Sugeng Riyadi, seorang sesepuh di dunia blogging Indonesia. Dalam blognya ini, kita bisa belajar berbagai hal seputar blogging mulai dari SEO, AdSense dan lain sebagainya.

Selain itu, beliau juga suka membagikan template blogger gratis. Berkat kedermawanannya, blog Sugeng.id menjadi sangat populer di kalangan blogger Indonesia.

Ada juga template premium (berbayar) yang tentu saja memiliki kualitas dan tampilan yang lebih ciamik dari template yang gratisan.

Untuk cara penyampaiannya sendiri, Mas Sugeng juga terkesan friendly sehingga lebih enak dibaca.

Kalau kita ada pertanyaan mengenai artikel yang dibahas, kita juga bisa menuliskannya di kolom komentar. Biasanya, Mas Sugeng ini akan membalas komentar kita dengan ramahnya.

Situs Sugeng.id ini sangat direkomendasikan untuk para pemula dalam dunia blogging dan SEO. Jadi, tunggu apalagi? Buruan belajar di Sugeng.id!

Author : Sugeng Riyadi

3. Mastah SEO

SITUS BELAJAR SEO - Mastah SEO
Image – Mastah SEO

Sesuai nama blognya, www.mastahseo.com memang secara khusus membahas seputar SEO. Situs yang dikelola oleh Mas Airul ini memiliki desain thema mirip Medium sehingga sangat enak dipandang mata. Bersih dan minimalis.

Di blog ini, kita akan lebih sering menjumpai tulisan berdasarkan Mas Airul dan Tim Mastah SEO sendiri. Jadi, hampir setiap tulisan yang ada di blog ini sudah diuji coba terlebih dahulu.

Ada berbagai studi kasus seputar SEO di blog ini, jadi bisa jadi contoh untuk mulai mengembangkan blog. Salah satu artikel yang sangat menarik yaitu membuat blog dengan 8 ribu visitor / day hanya dalam waktu sekitar 1 bulan.

Di sini, kita juga akan berkenalan dengan teknik Grey Hate seperti PBN, expired domain, kontes SEO dan lain sebagainya. Tapi saya rasa, situs ini lebih cocok ke orang-orang yang sudah cukup paham seputar SEO.

Tapi, tidak ada salahnya juga kok berkunjung ke situs belajar SEO ini.

Author : Khairul Anwar (Airul)

4. Klik Mania

Tak lengkap rasanya jika tidak memasukkan Klikmania sebagai salah satu situs referensi belajar SEO terbaik di Indonesia.

Situs yang dikelola oleh Mas Gani Sebastian ini mengadopsi UGC (User Generated Content) sehingga pengguna lain bisa berkontribusi menambahkan artikel baru.

Jika artikel sesuai dengan kebijakan, maka artikel tersebut bisa terbit di situs ini. Kerennya lagi, situs ini juga membayar setiap artikel yang terbit. Gokil kan?

Untuk pembahasannya sendiri, Klik Mania punya beragam topik mulai dari teknologi, blogging, AdSense, SEO, YouTube, internet marketing, keuangan, traveling, properti dan masih banyak lagi.

Meskipun ada banyak kategori, sang owner ternyata benar-benar selektif dalam memilih artikel dari penulis.

Karya-karya penulis tidak selalu diterbitkan karena akan diseleksi terlebih dahulu apakah kontennya layak dimuat atau tidak. Jadi, hanya artikel berkualitaslah yang terbit di situs ini.

Jadi, Klik Mania ini bisa menjadi salah satu situs belajar SEO yang bisa kamu pelajari dengan baik.

Author : Gani Sebastian

5. Struktur Kode

SITUS BELAJAR SEO - Struktur Kode
Image – Struktur Kode

Sebagai pembuktian bahwa situs ini cukup baik untuk referensi belajar SEO, silakan lihat saja keyword-keyword besar yang berhasil ditaklukkan situs ini di SERP Google.

Bahkan hanya dengan domain bawaan (blogspot), situs ini berhasil bertengger di posisi atas pencarian. Mantap kan?

Memang kalau dilihat sekilas, gaya bahasa di Struktur Kode cenderung personal dan santai.

Ada banyak hal yang bisa kita temukan di sini mulai dari cara membuat blog, hal-hal seputar AdSense, optimasi SEO, internet, media sosial dan lain sebagainya.

Saya rasa situs ini juga cocok untuk pemula yang baru terjun di dunia blogging dan SEO.

Author : Didin Ajidin

6. Trik Mudah SEO

SITUS BELAJAR SEO - Trikmudah SEO
Image – Trikmudah SEO

Sama seperti Struktur Kode, situs belajar SEO yang satu ini juga masih menggunakan ekstensi domain bawaan (blogspot).

Bedanya dengan Struktur Kode, di sini kita bisa menjumpai berbagai pandangan dan opini penulis seputar SEO.

Beliau sepertinya tidak terlalu memikirkan traffic untuk blog ini melainkan digunakan sebagai blog personal yang membahas perkembangan dan info terupdate terkait SEO.

Gaya bahasa dan cara penyampaiannya juga tidak terlalu berat. Cukup mudah dipahami.

Author : Ricky Pratama

7. Revorma

Situs belajar SEO yang beralamatkan www.vatih.com/bisnis ini memiliki pembahasan yang cukup bagus. Cara penyampaian yang runtut dan mudah dipahami juga menjadi poin plus di situs ini.

Artikelnya juga variatif, ada yang dibahas secara lengkap dari A – Z dan ada juga yang dibahas secara singkat. Meski begitu, saya rasa situs ini sangat cocok dikunjungi baik itu untuk pemula maupun yang sudah paham mengenai SEO.

*Kalau kita hanya mengakses www.vatih.com saja, maka kita akan menemukan artikel personal penulis.

Author : Ibrahim Vatih

8. Ads.id

Situs ini sebenarnya lebih terlihat seperti forum yang mana penggunanya bisa berdiskusi, sharing dan belajar bersama. Bahkan, ada juga tempat khusus untuk jual beli.

Di kategori sharing-sharing, kita bisa menjumpai berbagai teknik yang digunakan para internet marketer Indonesia untuk mendulang pundi-pundi rupiah.

Namun yang jelas, pembahasan di situs forum ini lebih mengarah ke optimasi SEO, blogging dan AdSense. Jadi kalau ingin belajar, ya tinggal lihat-lihat saja status para mastah.

Yang namanya situs forum tentu ada berbagai teknik SEO yang digunakan mulai dari blackhat maupun whitehat. Maka dari itu, kita harus menyeleksi teknik seperti apa yang sebaiknya cocok untuk kita gunakan.

9. Backlinko

SITUS BELAJAR SEO - Backlinko
Image – Backlinko

Backlinko merupakan situs belajar SEO yang cukup populer di dunia. Ada banyak hal yang bisa di pelajari dari situs ini mulai dari teknik SEO Offpage maupun SEO Onpage.

Salah satu hal yang menarik di situs ini yaitu pembahasan mengenai Link Building. Teknik yang digunakan benar-benar terlihat rapi dan cukup natural untuk meningkatkan SEO website.

Dari segi tampilan, situs ini juga cukup menarik. Ada infografis, video dan desain grafik yang menambah komplit setiap artikelnya.

Author : Brian Dean

Baca juga :

Nah itulah beberapa rekomendasi situs belajar SEO yang cocok dijadikan referensi untuk para pemula bahkan untuk yang sudah mahir sekalipun. Selamat belajar!



Loading...

Bagikan

Mr.R

Penulis

Pengangguran yang doyan ngeblog dan internetan. #JOMBLO_PREMIUM

Komentar

    Avatar

    Irman

    ( - 13:02)

    Tentunya blog di atas, bagi para pengikut jejak akan menemukan dengan sendirinya saat mencari referensi untuk tulisan masing masing di blog. Namun, tidak semua akan dikunjungi. Namun lebih ke beberapa blog saja. Kalau untuk pemula bangat pasti blog mas sugeng paling diminati, setelah itu baru ke panduan im dan juga blog lainnya.

    Avatar

    adysetyo

    ( - 03:09)

    setidaknya bisa buat referensi,

    Avatar

    Terima kasih atas berbagai referensinya dalam belajar seo nya mas. Perlahan tapi pasti kalau maen SEO. Kalau mau cepet ya beli slot iklannya di mbah google / fb ads 🙂

    Avatar

    Ahmad Sofyan

    ( - 14:13)

    Kalo mau menjadi bagian dari penulis di KlikMania.net gimana yaaa ?

    Avatar

    Muslimpintar

    ( - 19:27)

    Bermanfaat sekali..! Apa lagi belajar SEO itu sulit harus uptodate

    Avatar

    adi

    ( - 06:01)

    Wah saya jadi dapat ilmu berkat artikel ini. Terimakasis mas

    Avatar

    Salman

    ( - 00:31)

    Hmmm, saya nggak pernah belajar SEO jadi nggak tau banyak mengenai SEO, salah nggak yah klo selama ini saya nggak terlalu peduli sama SEO? btw Thnks infonya, bermanfaat banget nih gan

    Avatar

    fathurhoho

    ( - 18:26)

    Seharusnya ditulis hat (topi) bukan hate (benci). Jadi white hat, black hat, dan seterusnya.

      Mr.R

      Mr.R

      ( - 19:31)

      wah iya, salah hehe lupa. sori ya

    Avatar

    Hendra Surya

    ( - 09:17)

    Bagus neh sebagai referensi baru tentang SEO

    Avatar

    Zulfan

    ( - 12:29)

    Kok omblogging.com kagak masuk? padahal omblogging lebih layak berada di urutan pertama, kalo panduanim itu bagus juga, cuman panduanim lebih condong ke cara promosi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *