Peluang usaha

Ide bisnis Anak Muda yang Sedang Populer yang Bisa Anda Coba

Ide Bisnis Anak Muda Populer – Hai sobat klikmania, sekarang ini di dunia nyata untuk mencari kerjaan itu sangat susah, selain banyak saingan, terkadang harga yang diberikan tak sesuai dengan keinginan kita. Bahkan sekarang banyak anak muda yang lulusan sekolah SMA atau lulus kuliah namun tidak segera mendapatkan pekerjaan.

Hal ini yang sering dimanfaatkan oleh anak muda zaman sekarang untuk mencoba membuka peluang bisnis sendiri, sehingga tidak tergantung kepada atasan atau bos. Ide bisnis anak muda ini banyak dan terus berkembang, dan mereka yang selalu memberbarui idenya itulah yang akan memenangkan persaingan dari banyak hal. termasuk persaingan sesama pebisnis.

Sedikitnya lapangan pekerjaan yang ada akan membuat banyak fresh graduate segera mendapatkan pekerjaan. Namun justru dengan membuka peluang usaha sendiri, maka akan menghasilkan uang sendiri dan bahkan dapat mengurangi jumlah pengangguran.

Namun tentunya dengan membuka peluang usaha sendiri akan membutuhkan waktu yang lama dan bahkan perlu jatuh bangun untuk mencobanya. Namun pada kesempatan kali ini saya hanya akan memfokuskan mengenai berbagai jenis ide bisnis.

Ide bisnis anak muda yang sedang ngetrend

ide bisnis

Jika kita lihat saat ini yang menjadi bisnis populer bagi anak muda adalah bisnis online. Hal ini karena selain menguntungkan, juga tidak butuh banyak dana, tempat, dan yang menyenangkan juga tak perlu keluar rumah dan tidak perlu bertemu orang lain secara langsung.

Namun selain di ranah bisnis online, ada bisnis offline yang juga menjadi kesukaan anak muda. Sebenarnya apapun bisnis yang kita lakukan asalkan dikerjakan secara langgeng dan tidak mudah putus asa pasti akan menghasilkan dan dapat berpotensi menjadi besar.

Nah disini saya juga ingin membahas mengenai berbagai ide bisnis anak muda baik secara online maupun secara offline. Silakan simak pembahasannya baik baik dibawah ini.

1. Jualan barang online

Jualan online ini siapa pun ingin menjajalnya. Pasalnya sudah banyak orang yang dapat menghasilkan jutaan rupiah perhari dari jualan online. Namun yang perlu diperhatikan juga bahwa bisnis online ini tidak semuda yang dibayangkan. Ada 3 kriteria yang harus anda utamakan, diantaranya yaitu:

#Pelayanan yang memuaskan
#Kepercayaan yang tinggi
#kualitas dan harga yang sesuai

Dengan berorientasi kepada ketiga hal tersebut diatas, maka anda akan lebih bisa mendapatkan pelanggan lebih banyak lagi kedepannya. Karena sebaik apapun pelayanan kita jika tidak memiliki kepercayaan pasti tidak akan laris, begitu juga dengan barang yang berkualitas namun tidak memiliki kepercayaan dan juga pelayanan yang baik pasti tidak akan laris. Jadi ketiga hal itu harus dimiliki oleh kita apabila ingin berjualan secara online.

Memang, berjualan di dunia maya ini bisa dibilang sangat sulit untuk mendapatkan kepercayaan apabila langsung menjual kepada orang banyak. Jadi anda harus mulai menjual kepada saudara, rekan, atau tetangga anda terlebih dahulu. Jika sudah mendapatkan pelanggan tetap dan mendapatkan testimoni yang bagus, maka akan menghasilkan keuntungan tersendiri nantinya.

Basic dari bisnis online itu mudah, tinggal buka toko online lalu jualan dan dapat keuntungan. Namun sebenarnya dilapangannya tak semudah seperti itu, ada banyak hal yang perlu dilakukan. Belum lagi ada pajak ini dan itu. Namun bila anda ingin lebih hemat, anda bisa menggunakan marketplace seperti tokopedia ataupun bukalapak. Disana gratis dan juga aman.

Untuk soal keamanan anda juga perlu memperhatikan. Karena penipu itu bukan hanya dari penjual saja, si pembeli juga banyak yang menipu. Namun jika anda menggunakan marketplace, maka anda akan mendapatkan jaminan keamanan. Baik penjual ataupun pembeli dijamin keamanannya dari penipuan.

Sistem dropship

Ide bisnis anak muda ini sering dilakukan oleh banyak orang yang digunakan untuk menambah penghasilan atau digunakan sebagai pekerjaan utama. Bagi sebagian mahasiswa terutama perempuan sering saya jumpai mereka menjualnya secara online pada beberapa produk seperti halnya: jilbab, pakaian, souvenir, kerajinan tangan, kosmetik. Karena hal tersebut mudah didapat dan juga tidak butuh banyak modal.

Dan kebanyakan mereka bahkan tidak punya stok sendiri, jadi mereka tidak punya kendali penuh untuk ketersediaan barang. Mereka hanya mengandalkan sistem dropship yang mana barang tidak kita beli terlebih dahulu seperti halnya reseller. Kalau reseller itu menjual ulang, namun kalau dropship ini sama saja dengan menjualkan barang orang lain. Kita hanya mendapatkan keuntungan dari harga yang kita tentukan sendiri.

Ide bisnis anak muda ini bisa dibilang susah susah gampang. Yang penting gunakan promosi yang tepat, jangan asal spam di berbagai grup yang menjadikan sampah dimana mana. Akan lebih baik lagi jika mengorbankan uang sedikit untuk berbelanja iklan. Jika menggunakan iklan yang tepat, maka uang yang kita keluarkan itu bisa kembali dalam jumlah 3 kali lipat.

2. Jualan jasa online

Jasa online

Selain jualan barang atau berbagai produk secara online, ada ide bisnis anak muda yang sedang ngetrend, yaitu jualan jasa online. Nah jika anda tertarik ingin menjajal bisnis online satu ini, maka anda harus memiliki yang namanya kemampuan. Karena pada dasarnya kemampuan kita inilah yang kita jual kepada orang lain. Jadi anda harus memiliki suatu kemampuan yang bisa dijual secara online.

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan, misalnya yaitu jasa penerjemah, jasa pembuatan film atau video animasi, jasa pembuatan dan edit foto, jasa tulis artikel, jasa pembuatan blog, jasa seo, jasa hosting dan sebagainya. Nah jika anda memiliki berbagai kemampuan yang sekiranya patut untuk dilakukan dan dijual kepada orang banyak, maka anda bisa memulainya.

Jasa online ini sekarang sering bermunculan, kalau menurut saya yang terbanyak itu jasa penulisan artikel. Karena dengan hanya bermodalkan keahlian dalam menulis laptop dan koneksi internet saja, maka anda bisa menghasilkan ratusan ribu perhari.

Hal ini akan sangat menguntungkan untuk anda lakukan, terutama bagi yang masih sibuk dengan sekolahnya dan ingin mendapatkan uang tambahan sehingga tidak menyebabkan orang tua lebih susah untuk membiayai kita.

Sebenarnya di dunia internet ini banyak sekali orang yang saling membutuhkan satu sama lain. Misalnya sendiri ada seseorang sedang ingin mempromosikan toko online dan mereka tidak punya waktu, maka anda bisa membantu mempromosikannya dan nantinya akan mendapatan uang. Jadi anda harus benar-benar bisa mengambil peluang dalam kasus ini.

Misalnya lagi sebagai seorang blogger tentunya tidak punya banyak waktu untuk ini dan itu. Misal anda menawarkan jasa setting themes atau jasa percepat loading blog pasti tentunya akan menghasilkan banyak pembeli jasa anda. Hal ini karena terjadi faktor saling membutuhkan satu sama lain, sehingga pasti ada aja yang orang lain butuhkan dan kita dapat memanfaatkan kesempatan tersebut.

Jual keahlian Anda

Jadi bagi anda yang ingin jualan online, maka anda bisa menghasilkan banyak uang dengan menjual kemampuan yang anda miliki. Ide bisnis anak muda itu banyak, misalnya anda adalah lulusan desain maka anda bisa menjadi jasa desain, jika anda jurusan bahasa, maka bisa menjadi penulis atau penerjemah, bila lulusan informatika mungkin bisa paham soal pembuatan web dan jasa maintenance web.

Apapun kemampuan yang dimiliki baik dari hasil belajar semasa sekolah /kuliah anda ataupun kemampuan sejak lahir/bawaan, maka hal tersebut sebenarnya ada yang membutuhkannya. Jadi anda harus pandai-pandai memanfaatkannya dengan baik.

Kemajuan bisnis jasa online ini bisa dibilang berkembang begitu pesat di negara kita sendiri. Misalnya saja pada kebutuhan developer game. Ya game ini seakan akan menjadi santapan masyarakat, terutama anak umur remaja ke bawah. Karena dimasa itu mereka sering bosan dan menghabiskan banyak waktu dengan ngegame.

Jadi banyak orang yang ingin membuat game, selain pangsa yang besar, juga pastinya hal ini akan menguntungkan developer game. Tercatat pada tahun 2012 saja, di Indonesia sudah ada 70 perusahaan developer game. Kalau sekarang sudah meningkat drastis, hingga ribuan developer tentunya.

Selain itu, banyak juga yang menawarkan jasa pembuatan toko online. Ya karena sekarang ini masih banyak lagi ruang bagi mereka yang ingin jualan online, jadi pasti jasa seperti ini akan meningkat drastis.

3. Bisnis kuliner, makanan ringan dan kue

Bisnis kuliner

Ada banyak sekali jenis bisnis online yang mengandalkan kreatifitas. Salah satunya yaitu bisnis kuliner ini yang tentunya membutuhkan banyak sekali jenis kreativitas untuk bisa bersaing dengan yang lainnya. Nah bagi anda yang ngaku anak muda dan punya segudang kreativitas dan tentunya memiliki hobi untuk memasak berbagai sajian makanan seperti kue, makanan ringan, makanan olahan daging dan sebagainya, alangkah baiknya untuk menjalankan bisnis kuliner ini.

Jika kita lihat anak presiden seperti halnya Gibran Rakabuming saja mengikuti bisnis ini yang mana dia menjual martabak Markobar. Ada lagi Dimas Ginanjar Merdea pendiri Maicih, Hendy Setiono pendiri Baba Rafi dan bahkan sekarang banyak artis yang menggeluti bisnis kuliner. Banyak yang bilang lebih menjanjikan, lebih pasti dan juga ada yang bilang sebagai bekal untuk pensiun nantinya. Jadi sudah punya usaha sendiri yang mapan.

Bisnis kuliner sedang merajalela, namun yang perlu diperhatikan adalah untuk tidak menggunakan hal yang black. Walau banyak saingan, yang perlu dilakukan adalah dengan menggunakan berbagai jenis cara yang unik, dan tentunya tidak merugikan orang lain. Misalnya dengan menggunakan berbagai jenis iklan promosi yang tepat, menggunakan suatu yang khas, beda dan tentunya lebih baik dari yang lain.

Modal yang diperlukan ini tidak mesti besar, anda harus buka toko dan itu bisa dengan menyewanya dahulu. Atau kalau punya uang sih lebih baik ya beli saja sekalian. Yang penting itu modal kreativitas, keberanian untuk menghadapi tantangan, serta punya pengetahuan tentang itu. Nah yang perlu anda lakukan adalah dengan tidak terlalu bersikeras untuk mengembangkan bisnis anda, yang penting usaha saat ini mampu berjalan terus stabil dan mampu bertahan.

Perluas jaringan pemasaran

Jika sudah cukup dikenal banyak orang dan sudah mengumpulkan lebih banyak untung, maka coba perluas jaringan, bisa dengan menjalin kerja sama, membuka cabang baru, dan lainnya. Karena kalau hanya mengandalkan 1 tempat saja, ini nantinya tidak akan stabil.

Anda juga bisa mengandalkan sistem pengiriman online. Namun ini sangat riskan untuk makanan yang bisa dibilang rapuh, misalnya keripik, atau makanan seperti bolu, dan sebagainya. Jadi pertimbangkan dengan baik mengenai cara pengiriman jika menginginkan untuk menggunakan sistem online.

Baca : 10 Bisnis Kuliner Modal Kecil Berikut Bisa Menginspirasi Usaha Anda

4. Bisnis kafe

bisnis kafe

Anak muda pasti suka keluar dan nongkrong bareng. Dari sinilah timbul ide bisnis anak muda yang mana membuka kafe di berbagai tempat yang unik dan benar benar membawakan kesan beda dan romantis. Sekarang saya sering mendengar sendiri banyak evolusi di dunia kafe seperti ini. Mulai dari menggunakan tempat yang super menyeramkan hingga tempat di atas puncak yang sangat sejuk dan dingin bahkan di tempat yang membahayakan. Saat ini sedang marak dengan menggunakan mobil. Ya semacam foodtrucks itu.

Nah hal seperti itu sebenarnya adalah ide bisnis anak muda yang mana diciptakan untuk menarik minat banyak orang. Jadi karena keunikan yang mengesankan itulah yang membuat banyak orang tertarik untuk datang ke kafenya.

Dan yang penting, sekarang banyak yang menginkan untuk menggunakan fasilitas free wifi. Karena bagaimanapun juga, anak muda pasti sangat butuh dengan yang namanya internet. Namun jika anda ingin membuka kafe dengan menggunakan sistem free wifi ini, maka akan sangat membutuhkan pengaturan keuangan yang baik. Karena jika tidak mampu mengendalikan keuangan dengan baik antara menggunakan untuk modal kembali dengan menggunakan untuk wifi ini pasti akan bangkrut.

Yang penting kenyamanan pengunjung selalu diutamakan. Karena kalau tidak, mereka akan kabur. Soal harga ini anda sesuaikan dengan berbagai faktor juga. Jadi bisa balik modal dalam sekian bulan.

Baca : 6 Strategi Diferensiasi dalam Merintis Bisnis Kedai Kopi

5. Bisnis ternak

Jika membicarakan mengenai ternak, pasti memiliki jangkauan yang luas. Jadi disini harus bisa memilih bisnis ternak apa yang tepat dan tidak terlalu merepotkan. Kan kalau ternak sendiri seperti ternak sapi, kambing, atau ayam dalam jumlah banyak untuk ukuran pemula pasti kesulitan. Maka dari itu ada banyak ide bisnis ada muda mengenai ternak yang banyak dilakukan dan sedang ngetrend untuk saat ini.

Diantaranya adalah:

  • Kelinci hias
  • Kroto
  • Kelinci hias
  • Semut jepang
  • Ikan konsumsi
  • Ikan hias

Ya beberapa bisnis diatas sekarang sedang ngetrend, banyak anak muda yang sedang menjajal bisnis ini. Jadi bagaimanapun juga, jika tertarik, silakan mencobanya saja.

Untuk menjalankan salah satu ide bisnis anak muda ini, dibutuhkan sebuah ketelatenan dan keuletan. Karena namanya juga mengurus mahluk hidup, dia butuh makan, hidup, kenyamanan, perawatan berkala, terjaminnya kesehatan dan sebagainya. Hal itu harus anda perhatikan betul betul, agar tidak mengalami kerugian.

Bisa dibilang, bisnis ini adalah bisnis yang cepat berkembang, namun dalam kondisi tertentu juga bisa cepat sekali bangkrut. Misalnya jika ada binatang satu saja yang terkena penyakit, dan hal itu tiak ditangani dengan baik, maka akan segera terjadi menyebar dan menjangkit hewan lain, bahkan bisa seluruh hewan di kandang yang sama.

6. Bisnis pakaian (sepatu, kaos, topi dll)

jasa Desain kaos

Jika kita lihat banyak sekarang perusahaan besar dalam bidang pembuatan bisnis pakaian ini. Baik itu, sepatu, kaos distro, jas, topi, jaket dan sebagainya. Misalnya satu contohnya adalah brodo, ya mereka mulai dari kecil namun sekarang berkat kerja kerasnya sudah menjadi perusahaan besar dan terkenal. Kunci utama dari dia adalah dengan tidak meninggalkan kemajuan zaman. Salah satunya adalah dengan mempromosikan di sosial media.

Bisa dibilang bisnis ini adalah bisnis yang luas. Selain banyak saingan, bisnis ini membutuhkan trik tersendiri, karena jika anda hanya meniru mereka dari produk luar negeri, pasti kalah saing. Namun jika anda menciptakan suatu style baru, maka akan terjadi persaingan yang tidak terlalu padat.

Dalam beberapa laporan seperti dari DIRJEN PERDANGAN indonesia dan juga menurut menkominfo dari laman kompas menunjukan bahwa pakaian ini merupakan produk terlaris di Indonesia. Hal ini karena tentunya pakaian ini menjadi suatu bahan pokok selain rumah dan makanan.

Bisnis ini membutuhkan modal besar jika anda membuat produk sendiri. Namun jika hanya menjualkan saja, ya mungkin ini dikategorikan pada poin nomor 1 diatas. Namun jika anda tidak dapat membuat hal ini sendiri, anda bisa bekerja sama dengan mereka yang sudah terlebih dahulu meluncur dalam hal ini. Anda bisa bekerja sama atau membeli lisensi untuk setiap produk agar menjadi atas nama usaha anda.

Mungkin anda bisa membuat sebuah aplikasi untuk desain pakaian atau kaos online. Jika ada orang yang membelinya, maka anda bisa mengirimkan desain tersebut lalu dikirimkan pabrik pembuatan kaos tersebut. Jadi hal ini akan terjadi keuntungan pada kedua belah pihak.

Baca : Menjual Desain Kaos Peluang Usaha Tanpa Modal di Internet

7. Buka jasa offline

Buka jasa offline ini bisa meliputi banyak hal. Ide bisnis anak muda ini tentunya harus disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Misalnya anda lulusan teknik mesin, maka anda bisa menerima jasa perbaikan mesin. Atau jika anda lulusan audio video atau elektronika maka bisa menerima jasa service komputer, TV handphone dan sebagainya. Hal ini akan memberikan banyak keuntungan jika memang dikerjakan secara serius.

Ini termasuk ide bisnis anak muda yang perlu dikembangkan. Membuka jasa offline ini pasti tidak serta merta langsung jadi dan berhasil, nah disinilah anda dituntut untuk terus belajar dan belajar. Pelayanan yang memuaskan juga harus anda utamakan, jika tidak bisa maka katakan saja tidak bisa atau mencobanya dulu. Jangan buat orang menunggu lama dan akhirnya tidak jadi. Hal ini yang sering membuat orang menjadi kesal.

Bisnis bisa disesuaikan dengan kemampuan yang anda miliki, maka ini akan terasa mudah. Terutama di bidang perbaikan benda elektronik seperti HP, laptop dan sebaginya. Di daerah saya hal ini masih langka, jadi tentu akan laris. Bahkan setiap hari selalu datang orang untuk melakukan service.

Ini sering dipilih anak muda karena kemudahannya. Bisa dikerjakan secara santai dan dari rumah sendiri. Jadi lebih memudahkan dan hemat biaya. Apalagi yang namanya jasa ini tidak membutuhkan banyak biaya untuk pengeluaran ini dan itu seperti yang lainnya.

8. Buka konter pembayaran

Memang ide bisnis anak muda ini sudah populer sejak lama, namun karena sampai saat ini masi banyak yang menekuni jadi saya masukan ke poin ini.

Baik konter pula, konter pembayaran token listrik, BPJS, bahkan buka BRI link pasti akan laris. Hal ini karena jadi kebutuhan orang banyak dan setiap bulan pasti ada pengeluarannya. Hal yang harus anda persiapkan adalah konter di tempat yang ramai. Selain itu juga perlu modal biaya yang cukup. Karena kita perlu menyetor uang dahulu sebelum menjadi penjual seperti ini.

Anda bisa membuka konter pembayaran ini di mulai dari hal kecil, seperti menjual pulsa, terus kalau sudah dapat pelanggan tetap, coba bertambah ke hal lain seperti menjadi tempat pembayaran listrik, cicilan kartu kredit, pembayaran belanja online, agen tiket pesawat, pembayaran BPJS dan sebagainya. Hal ini akan menjadikan diri anda semakin berkembang besar kedepannya.

Membuka konter pembayaran ini memang bisa dibilang susah susah mudah. Yang penting pintar mengendalikan keuangan saja. Karena hal ini sangat berpengaruh terhadap kedepannya. Banyak orang yang tidak bisa mengatur keuangan dengan baik untuk hal ini maka bisa bangkrut.

Untuk masalah untung atau tidak ini ditentukan dari ramai atau tidaknya tempat anda berjualan. Selain itu upayakan untuk menjaga kepercayaan dengan baik. Karena untuk masalah uang ini jangan sampai terjadi suatu masalah. Karena jika kepercayaan pelanggan hilang, maka akan sangat sulit untuk dipulihkan kembali.

9. Makelar online dan jasa rekber

bisnis makelar

Makelar ini adalah suatu penghubung antara si penjual dan si pembeli. Namun dengan adanya makelar ini, maka antara penjual dan pembeli bisa saja tidak tahu, mereka hanya tahu barangnya sudah ada dan satunya lagi hanya tahu sudah membeli barang tersebut.

Untuk harga biasanya ini dimanipulasi oleh makelar itu sendiri. Misalnya barang yang tadinya seharga 1 juta jadi 1,1 atau lebih. Nah disinilah makelar itu mendapatkan penghasilan. Jadi kerjaannya itu jika ada orang yang butuh sesuatu lalu dia mencarinya dan jika sudah ketemu baru menjualkannya. Jadi makelar ini biasanya tidak membayar barang tersebut dahulu sebelum si pembeli membayar.

Nah disamping menjadi makelar online, sekarang ada juga sebagai jasa rekber atau rekening bersama. Kita tahu sendiri bukan, bahwa sekarang jumlah transaksi uang di berbagai sektor meningkat drastis. Nah dikegiatan jual beli itulah kadang rentan sekali terhadap yang namanya penipuan. Nah dengan aadanya rekber yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli ini harus menjadi kepercayaan antara keduanya.

Di FB saya sering menemui anak muda yang sering menawarkan jasa rekber, mereka memang sudah terpercaya sehingga mudah mendapatkan pelanggan. Rekber ini menjadi salah satu solusi jual beli yang aman pada bukalapak dan tokopedia. Karena uang tidak langsung dikirim ke penjual, namun dikirim ke bukalapak atau tokopedia yang menjadi rekber.

Untuk masalah sulit atau tidak itu relatif. Apabila anda sudah sering melakukan transaksi dan juga sudah terkenal oleh banyak orang, maka dengan sendirinya anda menjadi mudah. Karena sebenarnya kepercayaan itu sangat sulit didapat apabila ada 1 masalah saja. Jadi anda harus bisa menyediakan kenyamanan dan kepercayaan di hati semua orang.

Baca : 2 Pekerjaan tak Terduga ini Bisa bikin Kamu kaya

10. Pemanfaatan dan pengelolaan tempat wisata

Ini adalah ide bisnis anak muda yang sedang ngetrend, saya sering melihat banyak orang di TV yang membuka bisnis 1 ini. Misalnya di daerah mereka ada satu tempat yang memang bisa menarik perhatian pengunjung maka mereka bisa membuka tempat wisata itu.

Di desa saya sendiri misalnya, ada curug (air terjun) yang sering dikunjungi. Dan banyak pemuda yang tertarik untuk mengelola tempat itu. Nah dari situlah, anda bisa mendapatkan uang, asalkan anda mampu menjaga keamanan dan kenyamanan tempat tersebut dan juga menambah eksotisme yang ada.

Namun tidak semua orang bisa memanfaatkan hal ini. Biasanya ide bisnis anak muda ini timbul bagi mereka yang berada di daerah pedesaan bukan perkotaan, dan tentunya memiliki berbagai jenis tempat wisata.

11. Pembuatan kerajinan tangan

Bisnis Industri Rumah Tangga

Nggak hanya orang tua saja kok, namun banyak juga kok mereka yang masih muda menjalankan bisnis ini. Karena bisnis ini mudah dan tentunya cocok bagi mereka yang suka akan kreativitas. Dalam kerajinan tangan ini, kreativitas yang tinggi akan sangat diperlukan. Karena kalau hanya menggunakan sesuatu yang umum maka hal tersebut tidak akan bisa bersaing dengan mereka.

Jika kita lihat saat ini banyak produk produk yang terbuat dari kerajinan tangan. Misalnya jam tangan dengan casingnya dari ukiran kayu yang indah, berbagai jenis miniatur dan sebagainya. Bahkan ada orang yang memanfaatkan batu akik yang sekarang tidak laku menjadi suatu kerajinan tangan lain yang indah.

Banyak orang yang memanfaatkan barang tak terpakai lalu disentuh dengan seni, lalu akan menghasilkan suatu yang bernilai tinggi. Anda pun dapat membuatnya demikian. Intinya gunakan berbagai ide yang anda miliki. Atau kalau tidak bisa, gunakan cara meniru memodif. Yaitu kita tiru punya orang lain, tapi modif agar terlihat beda dan unik.
Untuk pecinta kerajinan tangan ini banyak loh, apalagi dari manca negera, itu lebih banyak. Misalnya miniatur mobil, kereta api, rumah, jam dinding dari kayu, dan sebagainya seperti pernak pernik, itu banyak yang terjual ke luar negeri. Mungkin karena mereka suka akan keindahan dan juga keunikan dari hal tersebut.

Baca : Tips Membangun Bisnis Industri Rumah Tangga yang Simple

12. Bisnis Pemanfaatan bahan tak terpakai

Bahan tak terpakai itu banyak, jadi hal ini bukan hanya dijadikan karya seni, tapi dijadikan suatu hal yang bermanfaat besar bagi kehidupan. Misalnya nih ya, anda punya limbah eceng gondok disekitar tempat tinggal anda, maka manfaatkan hal tersebut, bisa dijadikan sumber gas.

Atau anda punya berbagai sisa sisa sampah yang banyak, maka anda bisa memilahnya dan menjadikannya sebagai pupuk organik. Hal ini akan sangat dibutuhkan oleh banyak orang.

Jadi jika anda punya bahan apapun yang tak berguna, maka sebenarnya hal tersebut bisa berguna. Jadi tidak hanya dijadikan bahan kerajinan saja, melainkan banyak hal, termasuk untuk menunjang kehidupan kita. Asalkan anda bisa berpikir lebih inovatif, maka akan mendapatkan banyak hal nantinya.

Ya demikianlah sedikit pembahasan mengenai ide bisnis anak muda yang sedang ngetrend saat ini. Beberapa hal tersebut tentunya tidak akan ada artinya jika tidak ada kemauan dari anda sendiri untuk mencobanya. Karena yang namanya bisnis itu tak seperti halnya menjadi karyawan. Dalam berbisnis itu kita dituntut untuk bisa berpikir dan berwawasan luas.

Untuk kategori lain seperti blogger, youtuber dan sejenisnya saya belum bisa memastikan apakah itu termasuk kategori bisnis/usaha atau bukan. Jadi saya membahas beberapa hal yang jelas saja seperti diatas itu. Mungkin hal ini akan saya bahas lebih lanjut dalam artikel lain.

Sekian, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk share artikel ini ya.


Loading...
Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

One Comment

  1. initinya harus sesuai kemampuan dan keahlian kita ya mas,, semua orang mempunyai ini tinggal mengoptimalkan pemanfaatanya aja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close