iklan interaktif youtube

Iklan Interaktif, Jenis Iklan Baru yang Akan Hadir di YouTube

YouTube baru saja mengumumkan kepada publik, bahwa mereka akan segera meluncurkan iklan interaktif, yaitu iklan yang lebih fungsional dan tidak bersifat menganggu.

Iklan interaktif sengaja dibuat oleh pihak YouTube, dan merupakan terobosan terbaru yang mereka buat agar para penonton tidak merasa terganggu dengan kehadiran iklan.

Tampilan Iklan Interaktif YouTube

Menurut YouTube, iklan interaktif sudah pernah digunakan oleh beberapa brand terkemuka di dunia, di antaranya adalah Chili’s, Headspace, Maybelline, 20th Century Fox, dan Vodafone.

Dan berikut tampilan iklan interaktif YouTube:

iklan interaktif youtube

Iklan interaktif di atas adalah contoh iklan yang dipilih oleh pihak YouTube, di mana mereka memilih iklan trailer film terbaru.

Dalam iklan tersebut, dimunculkan jadwal penayangan film yang akan diputar di bioskop, dan para penonton pun bisa langsung memesan tiket.

Jadi, terlihat jelas sekali, bahwa iklan interaktif memang lebih fungsional dan tidak begitu menganggu, karena isi yang diperlihatkan kepada para penonton berupa informasi.

Loading...

Iklan Sebelumnya

Sebelumnya, Google juga pernah mengumumkan kepada publik, bahwa mereka akan menghadirkan iklan yang berbentuk vertikal.

Lihat:

iklan interaktif youtube

YouTube sendiri, mencontohkan iklan vertikal dari perusahaan mobil Hyundai yang mengambil iklan vertikal untuk test drive.

Apa hasilnya?

Hasilnya, tingkat kesadaran konsumen atas brand Hyundai meningkat menjadi 33% dan tingkat pertimbangan brand pun hampir meningkat 12%.

Jenis-jenis iklan di YouTube:

1. Iklan bergambar5. Iklan video yang tidak dapat dilompati
2. Iklan hamparan6. Iklan vertikal
3. Kartu bersponsor7. Iklan interaktif
4. Iklan video yang dapat dilompati

Baca: Jenis Iklan YouTube yang Mendongkrak Penghasilan Adsense

Terganggu dengan Iklan YouTube?

iklan interaktif youtube
Gambar: wccftech.com

Ketika Anda merasa terganggu dengan keberadaan iklan di YouTube, maka solusi terbaik yang bisa Anda lakukan adalah memasang pemblokir iklan pada browser yang Anda gunakan.

Namun, apabila Anda tidak ingin memasang pemblokir iklan, karena memiliki alasan tertentu, mungkin melakukan setelan iklan bisa menjadi solusi terbaik.

Apa maksud dari setelan iklan?

Adalah upaya untuk menyortir iklan yang tayang. Jadi, Anda bisa menentukan iklan apa saja yang ingin Anda tonton di YouTube.

Bagaimana caranya?

1. Login ke akun Google Anda.

2. Masuk “Setelan Iklan.”

3. Pastikan “Personalisasi Iklan” aktif.

4. Pilih iklan yang tidak ingin ditayangkan dengan klik “Nonaktifkan.”

Lihat:

Dengan melakukan setelan iklan, Anda bisa menghindari iklan-iklan yang memang tidak ingin Anda tonton ketika mengakses YouTube dan produk-produk Google lainnya.

Bagaimana cara kerjanya?

Anda bisa login ke akun Google setiap kali ingin mengakses YouTube. Namun, Anda pun juga bisa untuk tidak login.

Hanya saja, ketika Anda memutuskan untuk tidak login, ada syarat yang harus Anda lakukan, yaitu cookie browser tidak boleh dihapus.

Jika Anda masih bingung, silakan kunjungi laman Bantuan Akun Google.

Kesimpulan

Karena YouTube bergantung pada iklan, maka sangat tidak mengherankan apabila mereka mencoba inovasi-inovasi baru dalam periklanan.

Sebenarnya, inovasi baru YouTube dalam periklanan tidak serta merta terjadi begitu saja, karena mereka juga didorong oleh pihak luar, yaitu pengiklan agar ada metode baru dalam beriklan di YouTube.

Baca: Aplikasi Gmail, Chrome, dan Play Store Akan Dikenakan Biaya

Google sendiri mengatakan, bahwasanya bisnis mereka memang bergantung pada penayangan iklan, baik di layanan Google, situs web, maupun aplikasi selulernya.

Selain itu, Google juga mengatakan, bahwa iklan dapat membantu mereka menjaga layanan agar tetap gratis untuk semuanya.


Loading...

Bagikan

Leo Setiawan

Penulis

Komentar

    Avatar

    Ilham

    ( - 22:19)

    Kalau saya sih tidak terlalu mempermasalahkan iklan yang ada di awal vidio, tapi saya kadanh suka males kalo iklannya muncul di tengah vidio. Mungkin kalo di blog atau artikel sih gapapa, tapi kalo di vidio youtube agak mengganggu sih jujur aja hehehe. Tapi saya salut mereka selalu membuat inovasi baru khususnya dalam penayangan iklan guna kenyamanan para penikmat youtube, hebat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *