Artikel Adsense

Apa Yang Anda Baca? Konten Relevan Atau Menjerumuskan?

Judulnya agak sedikit ekstrim, tapi saya tidak bermaksud untuk menilai semua jenis artikel atau konten itu menjerumuskan. Atau lebih tepatnya bisa dibilang artikel asal asalan . Faktanya saya mendapati sejumlah artikel yang ditulis di beberapa blog banyak yang tidak relevan, bahkan cenderung sedikit ngawur. Entah artikel itu bersumber dari mana atau hanya sekedar menulis agar jumlah posting dalam blognya terisi.

Pengertian konten relevan 

Konten relevan bisa di artikan sebagai konten yang terkait atau berhubungan dengan keseluruhan website. Secara umum, konten relevan itu mempunyai hubungan dan keterkaitan antara isi website dengan judul, deskripsi, gambar, dan seluruh elemen yang ada di dalam situs.

Pengertiannya sangat jelas, berarti anda harus menciptakan konten atau artikel yang berkaitan atau saling berhubungan di dalam situs. Kalau dinilai secara SEO. artikel ini padat berisi dan tidak menyimpang dengan topik utama.

Pengertian konten relevan menurut definisi saya

Saya sendiri sangat berhati hati jika menulis sebuah artikel, apalagi konten relevan harus disertai bukti penguat atau setidaknya contoh yang sudah terbukti (tested) dan bisa diterapkan secara benar. Kebanyakan jenis artikel relevan mengarah kepada penulisan artikel untuk jenis tutorial.

Secara gamblang saja, banyak sekali artikel di internet mempunyai pembahasan yang sama walaupun diubah dengan bahasa yang sedemikian rupa. Tapi belum tentu jika di tanya di kolom komentar mempunyai jawaban yang sama, nah terlihat lucu kan? Yang A bilang ini, dan yang B bilang itu. Padahal topik pembahasannya sama.

Itu yang saya maksud dengan konten yang relevan menurut definisi saya, dengan kata lain konten yang dibuat dengan asal-asalan tanpa mengerti dengan jelas makna sebenarnya.

Loading...

Membuat konten relevan itu tidak mudah

Saya bisa katakan demikian, sebab jika artikel sudah terlanjur di publish itu akan menjadi tanggung jawab owner (penulis) blog tersebut. Apakah artikel relevan dan bisa dipertanggung jawabkan kebenaran isinya?

Perlu sebuah riset atau setidaknya bahan serta bukti yang cukup untuk membuat sebuah artikel relevan. Paling tidak kita sendiri yang sudah membuktikan kebenarannya. Contoh mudah saja, kita sudah melakukan analisa atau sesuatu, dan hasilnya bisa kita laporkan sebagai bentuk artikel.

Konten Relevan itu nyata

Artinya sebuah artikel itu tidak mengandung unsur yang dilebih-lebihkan dan tetap berpatokan kepada sumber hasil analisa. Jangan menambahkan unsur yang hasilnya tidak diketahui secara pasti. Karena ketidakpastian akan akan menjerumus pada hasil yang meragukan. Artinya bisa iya…atau bisa tidak, lantas yang benar yang mana?

Konten relevan itu perlu pembahasan yang lengkap

Pengertian lengkap disini, harus disertai penjelasan yang mendetail dan jelas. Bila perlu sumber dari atikel itu bisa ditampilkan sebagai bukti penguat. Apakah artikel harus panjang? Oh, bisa saja jika topik pembahasan memerlukan penjelasan secara mendetail, maka perlu digali lebih dalam. Tetapi jika dirasa sudah cukup memperjelas ya buatlah yang sederhana saja, tapi memberi efek pemahaman yang sesuai.

Nah, itulah beberapa definisi dan arti konten relevan serta pembahasannya. Jika kemungkinan anda mempunyai pendapat yang lain tentang definisi konten relevan bisa ikut corat coret kolom komentar dibawah ini.

Marilah membuat konten yang berkualitas, sebab sudah banyak sampah di internet yang di isi dengan artikel yang tidak berguna. Terkecuali memang niat anda menulis blog pribadi dan berniat curhat secara pribadi pula. Tapi di internet semua orang akan membaca tulisan anda.

Oraiginal posted By : Maman bardolo



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

2 Comments

  1. Artikel yang sangat bermanfaat, selama ini saya kurang paham konten yang relevan, setelah saya membaca artikel ini sudah ada gambaran terkait konten yang relevan

  2. membuat konten relevan pastinya membutuhkan riset dan pengumpulan data yang lebih mendalam mas, yang menjadi permasalahan bagi kebanyakan blogger termasuk saya cenderung mengejar jumlah postingan setiap harinya. Sementara untuk membuat konten yg baik dan relevan membutuhkan waktu paling tidak 3 hari untuk satu artikel. Inilah yang saat ini menjadi dilema hehehe… tapi terima kasih untuk sharing kontennya mas, dan mungkin Mas Gani bisa sedikit memberikan motivasi buat saya 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button