cara Memperkuat Jaringan 4G

Cara Jitu Memperkuat Jaringan 4G dan Membuat Stabil Sinyal di Smartphone Anda

Cara Memperkuat Jaringan 4G – Jaringan 4G merupakan sinyal jaringan internet yang ada di Indonesia. Namun demikian, jaringan 4G ini belum dapat dinikmati oleh semua wilayah di Indonesia, khususnya untuk pengguna yang berada di daerah terpencil.

Bagi sobat yang berada di kota-kota besar, sudah pasti bisa menikmati sinyal 4G ini melalui smarphonenya. Selain wilayah tempat tinggal sobat yang harus mendukung, smartphone yang sobat miliki pun harus sudah support 4G.

Dengan sinyal 4G, maka proses loading internet bisa menjadi lebih cepat.

Selain itu, harga paket internet 4G jauh lebih murah dari paket internet 3G. Bahkan umumnya saat membeli paket kuota internet 3G, banyak sekali provider yang memberikan bonus kuota internet 4G dengan jumlah yang cukup fantastis.

Meskipun sudah dapat menikmati jaringan 4G, tetapi sinyalnya terkadang lemah. Seperti dilansir dari Kompas.com, bahwa besarnya pengguna 2G di Indonesia yang menghambat efektivitas 4G.

Hal ini dikarenakan keduanya sama-sama menggunkan pita frekuensi 1.800 MHz. Dengan frekuensi yang sama inilah, maka jaringan 4G belum bisa maksimal saat di operasikan, alias lemot.

Baca juga : Alasan Mengapa Kamu Harus Beralih Ke Jaringan 4G LTE

Namun sobat tak perlu khawatir, karena pada tulisan ini sobat akan diberi tahu bagaimana caranya membuat stabil jaringan 4G di smartphone sobat.

Loading...

Cara Memperkuat Jaringan 4G pada smartphone dan membuat Stabil di smartphone

Cara Memperkuat Jaringan 4G
Cara Memperkuat Jaringan 4G

Untuk memperkuat jaringan 4G ini terbilang cukup mudah. Namun sebelum hal ini dilakukan pastikan dulu beberapa faktor seperti tempat, jenis smartphone, dan kartu smartphone sobat sudah mendukung layanan 4G ini.

Lalu bagaimana jika layanan 4G  tidak di dukung oleh salah satu faktor tersebut ? Sobat tak perlu khawatir karena penulis akan tetap memberikan tips agar tetap bisa menikmati layanan internet dengan lebih cepat.

1. Gunakan Smartphone yang Mumpuni

Setiap smartphone memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Namun penulis pastikan, bahwa semakin tinggi spesifikasi smartphone, maka pengguna pun akan semakin puas menggunakannya.

Pada dasarnya semua smartphone tidak berpengaruh besar terhadap sinyal, asalkan sobat tinggal di daerah dengan jaringan yang sangat baik.

Spesifikasi smartphone ini akan sangat berpengaruh terhadap sinyal 4G, terutama jika sinyal di daerah sobat kurang baik.

Oleh karena itu, sebaiknya sobat pilih smartphone yang mumpuni, terutama yang mendukung sinyal 4G. Dengan demikian, sinyal 4G pada smartphone sobat pun akan selalu kuat dan stabil.

Baca : Handphone 4G LTE Termurah dan Terlaris Saat Ini

Setiap smartphone memiliki spesifikasi yang berbeda beda. Sebelumnya saya sudah menyebutkan bahwa apapun smrtphone Anda tidak akan berpengaruh terhadap sinyal.

Pernyataan itu berlaku apabila di daerah anda memiliki jaringan yang baik. Apabila jaringannya susah maka spesifikasi dan merk smartphone akan berpengaruh terhadap kecepatan jaringan.

2. Pilih Mode Jaringan yang Sesuai

Salah satu cara akurat untuk memperkuat jaringan 4G adalah dengan memilih mode jaringan yang sesuai. Pertama, yang harus sobat lakukan adalah menyetel jaringan prioritas yaitu 4G LTE.

Jika diwilayah sobat hanya ada layanan 3G, maka aturlah jaringan 3G, pada Mode Jaringan smartphone sobat.

Mengatur mode jaringan yang sesuai, dengan situasi dan kondisi kita, maka akan menjadikan sinyal jaringan internet lebih kuat, dan stabil saat digunakan.

3.Gunakan Mode Pesawat untuk Merefresh Jaringan

Mode pesawat (air plane), selain digunakan untuk mematikan jaringan selular juga bisa sebagai perantara untuk menikmati internetan Gratis di Android,

Fungsi mode pesawat pada smartphone ternyata juga bisa digunakan untuk merefresh jaringan itu sendiri, termasuk memperkuat jaringan 4G dan menstabilkan kembali dengan cara refresh jaringan.

Caranya pun cukup mudah, sobat tinggal menghidupkan mode pesawat di smartphone sobat. Setelah beberapa lama, matikan kembali mode pesawat tersebut.

Maka koneksi internet yang sebelumnya mengalami hambatan akan menjadi lancar kembali, bahkan proses loadingnya bisa menjadi lebih cepat, kuat dan stabil.

4) Merestart Smartphone Terbukti membuat stabil jaringan Internet

Jika merefresh jaringan sudah sobat lakukan melalui mode pesawat tetapi belum juga dapat mengatasi sinyal internet yang lemot.  Maka langkah berikutnya adalah merestart (memulai ulang) smartphone sobat.

Umumnya setelah smartphone di restart, maka sinyal internet akan menjadi normal kembali..

5) Lakukan mode setel jaringan dari panggilan telepon jika Sinyal Internet belum juga normal

Umumnya langkah ini adalah langkah terakhir untuk memperkuat jaringan 4G yang buruk pada kondisi normal. Adapun caranya cukup sederhana, sobat cukup memanggil *#*#4636#*#* pada panggilan smartphone sobat.
Setelah muncul info telepon pada smartphone, langkah selanjutnya adalah pilih jaringan yang sesuai. Misalnya pilih 4G LTE ONLY, jika sobat ingin memperkuat jaringan 4G
Dengan cara ini maka, sinyal smartphone akan otomatis mencari jaringan yang sobat minta.
Lalu bagaimana jika ke 5 cara tersebut tidak berhasil membuat stabil jaringan 4G sobat, padahal dari segi smartphone, wilayah, dan kartu profaider yang digunakan sudah sangat mumpuni ?
Sobat bisa menggunakan MTK Engineering Mode, aplikasi yang sangat tepat untuk memperkuat jaringan 4G sobat.

MTK Engineering Mode Aplikasi Cerdas untuk Memperkuat Jaringan 4G Smartphone

MTK Enginering Mode
MTK Enginering Mode

MTK Engineering Mode, merupakan aplikasi tepat untuk membantu menstabilkan, bahkan memperkuat jaringan 4G pada smartphone sobat.

Dengan memiliki MTK Engineering Mode, maka tak perlu lagi khawatir  mengalami internet lemot.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah kapasitas memorinya yang sedikit sehingga tidak akan banyak memakan memori smartphone.

Cara menggunakan aplikasi MTK Engineering mode

a. Download aplikasi MTK Engineering mode di Play Store

b. Instal aplikasi MTK Engineering mode

c. Lakukan aktifasi pengaturan awal

Dalam langkah ini sobat akan disuguhkan 3 pilihan utama, yaitu Android Settings, MTK Settings, dan juga Samsung Setings.

Langkah ini akan sangat memudahkan pengguna smartphone Samsung, sebab cukup memilih Samsung Setting untuk melakukan aktivasi.

Bagi sobat yang smartphone nya bukan Samsung, maka sobat bisa memilih Android Setting pada langkah ini.

d. Langkah Selanjutnya, lakukan aktifasi pengujian aplikasi

Dalam lankah ini, sobat akan diberikan sederet pilihan, mulai dari informasi telpon, informasi batrai, statistik pengguna, hingga wi-fi information.

Agar bisa segera bisa menikmati kesetabilan sinyal 4G, sebaiknya sobat cukup memilih informasi telpon saja.

e. Segera aktifkan mode LTE Only

Dilangkah ini akan banyak pengaturan dan tampilan yang muncul. Untuk lebih memudahkan membantu sobat pada langkah ini, sobat bisa melihat pada bagian atas pada pilihan Matikan Radio.

Silahkan sobat pilih LTE/GSM/CDMA auto (PRL).  Setelah muncul bebagai pilihan lagi, silahkan sobat pilih LTE Only, dimana LTE Only ini sama dengan 4G.

Setelah memilih LTE Only, silahkan sobat kembali ke menu sebelumnya, sampai kembali ke menu awal. Maka sobat akan langsung melihat, perubahan sinyal 4G yang semakin baik.

Catatan penting

Ssaat sobat menggunakan aplikasi ini, maka secara tidak langsung akan sangat mengganggu bagi aktivitas panggilan telpon dan SMS. Bahkan mungkin sobat tidak bisa menggunakan keduanya sama sekali.

Hal ini dikarenakan sepenuhnya menggunakan sinyal LTE Only. Oleh karena itu saat menggunakan aplikasi ini, pastikan terlebih dahulu smartphone sobat memiliki dua kartu (dual SIM), yang bisa digunakan untuk telpon dan internet.

Dengan begitu aktivitas telpon dan internet akan menjadi sangat lebih nyaman.

Salam Kepedulian

Detatang – Kamal


Loading...

Bagikan

Penulis

Dede tatang
Dede tatang
خير الناس أنفعهم للناس
Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.

Putra Kamal Larangan Brebes

Me Visit us :
https://www.duniaelektronik.net/
http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com
https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9A

Berusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.


“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).
Dede tatang

Penulis

خير الناس أنفعهم للناس Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.Putra Kamal Larangan BrebesMe Visit us : https://www.duniaelektronik.net/ http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9ABerusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).

Komentar

    Avatar

    intan

    ( - 14:56)

    Ini yang selama ini saya rasakan.. Sinyal internet sulit untuk mendapatkan kualitas terbaik. Maklum tempat tinggal saya di daerah terpencil. Tapi setelah saya gunakan cara di atas, sinyal 4G bisa lebih stabil… Memang resikonya SMS dan Telpon jadi tdk bisa digunakan. Thanks infonya bang, sangat membantu

    Avatar

    Mayuf

    ( - 09:20)

    Sangat bermanfaat bang, akan saya praktekan,
    Kebetulan hp saya gak tahu kenapa sinyal internetnya kurang stabil

      Dede tatang

      Dede tatang

      ( - 09:55)

      Alhamdulillah semoga bermanfaat, dan dapat mengatasi masalah sinyal di hp nya ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *