Mencari Ide Untuk Menulis Artikel

4 Tips Mencari Ide untuk Menulis Artikel yang Viral atau Sedang Trend

Sudah capek mencari ide untuk menulis artikel yang menurut kita bagus, tetapi ketika dipublikasikan hasilnya tidak sebanding dengan jerih payah yang kita kerjakan. Kenapa yang bisa seperti itu? apakah ada yang terlewatkan atau memang kita tidak cocok untuk memberikan kontribusi berupa tulisan.

Sebenarnya bukan itu permasalahannya, tetapi kebanyakan kita melewatkan berita hangat atau yang biasa disebut sedang viral. Maka berita yang kita tulis pada dasarnya tidak masuk ke dalam kategori tersebut.

BacaCara Sederhana Membuat Konten Viral Agar Trafik Blog Melambung

Jika kalian ingin tahu bagaimana mendapatkan tema yang sedang viral itu, maka disini saya akan membagikan tipsnya:

Tips Mencari Ide Untuk Menulis Artikel yang Viral atau Sedang Trend

Mencari Ide Untuk Menulis Artikel

1. Bergabung di dalam Forum, Grup atau Komunitas

Komunitas sangat penting untuk kita bergabung di dalamnya karena disinilah kita bertukar pengalaman dan juga bisa menambah jaringan.

Tetapi selain banyak keuntungan bergabung dengan komunitas, kita bisa mencari ide untuk menulis artikel dengan memanfaatkan serta melihat berita apa saja yang sering diobrolkan/ditanyakan bahkan yang sedang viral disini.

Baca jugaPotensi Blog Komunitas Jika Di Maksimalkan Dengan Baik

Loading...

Presentasi keseringan ini yang akan membuat sebuah berita/artikel menjadi viral. Tetapi harus diingat tujuan utamanya karena tidak bisa kita asal bergabung saja.

Contoh:

Tidak mungkin seorang yang menggemari anime bergabung dalam komunitas kuliner atau seseorang yang menyukai jalan-jalan bergabung dalam komunitas otomatif. Maka sudah dipastikan bergabunglah ke tempat komunitas yang tepat.

Jika anda masih bingung cara mencarinya, maka gunakanlah keyword ini untuk pencariannya. Facebook “Groups about [topik]“ seperti “Groups about anime” maka akan muncul komunitas-komunitas anime di facebook.

Lalu jika anda mencari via google maka keywordnya “forum [topik]“ seperti “forum travel” maka sejumlah forum travel.

Carilah thread atau tema yang mendapatkan like serta share terbanyak di dalam grup, forum atau komunitas tersebut. Sudah dipastikan bahwa itulah berita viralnya.

Tinggal selanjutnya bagaimana anda menuangkan berita tersebut di dalam blog yang anda punya. Dan sangat disarankan tidak menggunakan kopi-paste.

2. Komunitas terbesar Indonesia, Kaskus

Komunitas Kaskus
Komunitas Kaskus via https://www.kaskus.co.id

Jika anda masih bingung untuk bergabung di grup, forum atau komunitas. Maka saya sarankan untuk bergabung di Kaskus, yang merupakan komunitas terbesar di Indonesia saat ini.

Disini adalah komunitas terlengkap tempat berbagai kategori berita dishare. Kaskus merupakan tempat yang paling tepat untuk mencari ide untuk menulis artikel. Selain itu, banyak juga membernya yang terlihat selalu aktif.

Bagi anda yang belum pernah mempunyai pengalaman tentang bagaimana caranya mempunyai komunitas. Disini bisa menjadi ajang belajar bagi anda. Lalu untuk mencari artikel yang sedang viral disini.

Anda tidak perlu takut karena kaskus menyediakan sistem voting yang akan memudahkan untuk anda.

Jadi jika topik disana sedang viral atau trend maka lihatlah sistem vote disana. Semakin tinggi berarti itulah topik terhangat yang sedang dibicarakan di Kaskus.

Bahkan saya yakin, topik yang dibicarakan di Kaskus akan dibicarakan juga di komunitas-komunitas lainnya.

3. Cari Inspirasi dari Blog Lain

Mencari Ide Untuk Menulis Artikel
Socialcount

Sebenarnya ini merupakan teknik umum yang sering dilakukan oleh blogger.

Tetapi kebanyakan dari mereka melakukan hal ini dengan cara yang salah. Yaitu langsung meniru atau memilih topik yang salah dari blog yang mereka tiru.

Tentunya anda tidak mau seperti mereka bukan. Karena anda mencari inspirasi bukan ingin menjadi plagiator.

Coba cari di google dengan keyword “blog [topik]“ seperti “blog anime”. Setelah anda cari, gunakanlah dua website ini socialcount atau quicksprout.  Yang fungsinya untuk mengetahui topik terpopuler dari blog yang mereka tulis.

Caranya cukup anda memasukan alamat blog yang anda cari ke dalam 2 website tersebut. Sesudah dimasukkan maka tunggulah untuk beberapa menit, semakin banyak artikel yang mereka tulis maka akan semakin lama.

Tentunya anda akan melihat berapa banyak jumlah share di medial sosial dari masing-masing artikel yang telah mereka buat.

Tetapi harus diingat, jika anda sudah mendapatkan inspirasi dari blog yang anda cari. Jangan menulis ulang artikel yang mereka miliki.

Gunakanlah sudut pandang anda dalam menulis artikel. Anda bisa mencari ide untuk menulis artikel untuk blog Anda.

4. Carilah berita top Indonesia dan Mancanegara

Mencari Ide Untuk Menulis Artikel

Tentunya ini penting karena terkadang blog-blog mempunyai informasi yang kurang terpercaya dibandingkan website berita.

Nah disinilah fungsi yang harus kita gunakan, ambilah informasi penunjang dari website tersebut. Agar berita kita lebih dipercayai dibandingkan blog-blog lain.

BacaMemanfaatkan Trending Topic untuk Membuat Konten yang Menarik

Biar kita tidak terkena plagiat maka gunakan dilansir dari… (hh/bb/tttt)  seperti dilansir dari bhinnekaku.com (20/02/2018) tentang peristiwa banjir yang….. atau untuk kategori teknologi.

Misalnya dilansir dari theverge.com (28/02/2018) mengenai Asus Zenbook Flip 14 Review: Portable Power. Untuk sumber-sumber berita yang bisa diambil diantaranya adalah:

  • Olahraga: Goal.com , BOLA
  • Hiburan: Tribunnews.com , Liputan6.com
  • Sosial Politik : Kompas, Tempo, dsb
  • Humor & Unik Seru : 9gag.com, 1cak, topbuzz, buzzfeed, dll
  • Gaya Hidup : Detik, TimesofIndia, dll
  • Teknologi : Theverge, IGN, dsb

Itulah beberapa tips untuk mencari Ide untuk menulis artikel. Perlu diperhatikan, carilah topik artikel yang banyak dicari orang agar tulisan atau artikel yang Anda buat tidak Mubazir, karena sepi pembaca.


Loading...

Bagikan

Penulis

Kivanger
Kivanger
Penulis Novel yang belum mendapatkan kepercayaan dari Publisher tetapi tidak memutuskan semangat juang. Sekarang mencoba untuk berkontribusi dibidang artikel bertemakan games, travel, teknologi, dll. Jika kalian berminat silahkan kunjungi cahayapurnama819801588.wordpress.com. Semoga yang kalian cari ada disana 😀
Kivanger

Penulis

Penulis Novel yang belum mendapatkan kepercayaan dari Publisher tetapi tidak memutuskan semangat juang. Sekarang mencoba untuk berkontribusi dibidang artikel bertemakan games, travel, teknologi, dll. Jika kalian berminat silahkan kunjungi cahayapurnama819801588.wordpress.com. Semoga yang kalian cari ada disana :D

Komentar

    Avatar

    Syafiq

    ( - 07:22)

    Nambah-nambahin mas, kalau mau cari berita yang lagi viral bisa juga lewat sosmed atau Google Trends.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *