Ulasan Bisnis

Sukses dengan Mendapatkan Kepercayaan Banyak Orang

Mendapatkan kepercayaan banyak orang merupakan sesuatu yang penting dalam hidup seseorang. Bukan hanya untuk ketenangan dalam hidup saja, seorang yang jujur dan dapat dipercaya biasanya akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan, maupun untuk mendapatkan kesuksesan dalam berbisnis.

Jika berbicara tentang kepercayaan, tentu saja erat kaitannya dengan perbuatan dan kejujuran seseorang. Kedengarannya memang cukup mudah, namun mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari bukanlah menjadi sesuatu yang mudah untuk dilakukan.

Sering kali kita salah dalam mengambil langkah, yang menyebabkan diri kita di cap jelek oleh orang banyak. Jika saat ini anda sedang memiliki usaha atau bisnis, dan nama anda sudah di cap jelek, sehingga tidak ada orang (Konsumen) yang percaya lagi dengan anda, maka sudah dipastikan bisnis atau usaha anda tidak akan mengalami perkembangan (Bangkrut). Yah, kalaupun bisa berkembang, presentasinya pun sangat kecil sekali.

Apa keuntungan bagi bisnis saya, jika saya berhasil mendapatkan kepercayaan banyak orang ??

Keuntungannya sangat melimpah untuk anda..

Dengan dipercayanya diri anda oleh banyak orang, termasuk oleh masyarakat yang merupakan calon konsumen anda, maka besar kemungkinannya produk anda akan laris di pasaran.

Hal tersebut terjadi dikarenakan faktor masyarakat yang sudah pasti memilih untuk membelanjakan uang mereka ke tempat-tempat yang telah teruji dan terpercaya. Selain itu, faktor kepercayaan ini pula sangat diperlukan untuk anda yang sedang merambah pasar online.

Apa jadinya jika saya tidak berusaha mencari dan mendapatkan kepercayaan banyak orang ???

Jujur saja, saya tidak yakin ada orang yang mampu hidup tanpa kepercayaan dari orang lain. Namun jika anda merasa bahwa diri anda tidak memiliki sisi yang dapat dipercaya, atau sekedar kurangnya masyarakat yang mempercayai diri anda, maka bisa saja anda akan menemukan berbagai macamm rintangan dan kesulitan dalam hidup anda.

Contoh kesulitan saat tidak ada yang mempercayai anda, yakni :

Loading...
  • Sulit mendapatkan kepercayaan dalam menjalani proyek, baik dari atasan maupun rekan bisnis anda
  • Sulit mendapatkan bantuan berupa pinjaman modal jika tidak ada yang mempercayai anda
  • Sulit mendapatkan teman atau rekan bisnis
  • Tidak ada yang bersedia bekerjasama dengan anda
  • Anda akan sulit mendapatkan konsumen

Oleh karena itu, mencari kepercayaan orang lain sangan perlu untuk dilakukan. Karena keungungannya memang sangat banyak dan cukup berpengaruh untuk hidup dan karier anda.

Apakah sulit untuk mendapatkan kepercayaan banyak orang?

Sebenarnya tidak terlalu sulit, tetapi tidak bisa dibilang mudah juga. Karena untuk mendapatkan kepercayaan orang banyak memerlukan pendekkatan dari hati ke hati. Bahkan jika anda salah sedikir saja, maka kepercayaan yang telah rusak tersebut akan sulit untuk disembuhkkan dan orang yang anda kecewakan mungkin tidak akan mempercayai anda lagi.

Kuncinya adalah PEMBUKTIAN

Yap . . .

Buktikan kepada mereka jika anda layak untuk dipercaya, dengan begitu anda akan dengan mudah mendapatkan kepercayaan mereka.

Di dalam artikel ini pula, saya akan membagikan beberapa tips atau langkah-langkah yang dapat dipraktekkan dengan rutin dengan tujuan menumbuhkan dan mendapatkan kepercayaan banyak orang.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Meminjam

Sukses dengan Mendapatkan Kepercayaan Banyak Orang

mendapatkan kepercayaan banyak orang
Hands finger via Pixabay

1# Buktikan kepada mereka jika anda layak untuk dipercaya

Seperti yang sudah saya katakan di atas.

Kuncinya adalah PEMBUKTIAN . .

Pembuktian ini sangat erat juga kaitannya dengan perilaku yang anda tunjukkan kepada mereka. Perilaku anda harus mencerminkan bahwa anda layak untuk dipercayai oleh mereka.

Semisalkan anda merupakan pribadi yang periang dan senang melawak atau bercanda, maka pastikan anda melakukan candaan atau lawakan tersebut pada waktu yang tepat.

Karena bila anda tidak kenal waktu dalam melontarkan lawakan dan candaan ( Seperti saat sedang rapat, atau saat situasi sedang serius) tentu dapat dipastikan orang lain akan menilai anda sebagai pribadi yang buruk, tidak bisa diajak serius, serta tidak layak dipercayai untuk memikul tugas dan beban yang besar.

2# Tunjukkan jika anda bukanlah beban dalam setiap masalah yang ada

mendapatkan kepercayaan banyak orang
Landscape mountains by https://www.pexels.com

 

Terkadang ada saja masalah yang terjadi di perusahaan tempat anda bekerja, atau mungkin di perusahaan yang anda dirikan bersama rekan anda. Lalu dalam setiap masalah tersebut coba anda pikirkan lagi, apa anda memiliki peran dalam memecahkan masalah tersebut, atau anda hanya menjadi beban dalam masalah yang terjadi.

Jangan mau jadi benalu yang hanya membebani, namun tidak bisa membenahi.

Jika anda merupakan pihak yang bertanggung jawab atas masalah yang terjadi, maka tunjukkanlah kepada mereka bahwa anda tidak hanya membawa masalah tersebut kepada perusahaan, tetapi anda juga mampu untuk membenahi dan mengatasi masalah yang anda timbulkan tersebut. Atau bila masalah yang terjadi bukan karena ulah anda, maka anda tidak boleh berdiam diri menunggu masalah tersebut hilang. Segera cari pokok permasalahan tersebut dan cari jalan terbaik untuk memecahkannya.

Jika anda memiliki peran seperti ini dalam masalah yang terjadi dalam lingkungan perusahaan, tentu saja orang lain akan merasa bahwa anda memiliki potensi yang luar biasa. Kemampuan dan potensi tersebut jugalah yang menjadikan anda dipandang layak untuk sangat-sangat dipercaya.

3# Mulailah mencintai diri sendiri

Love yourself . . .

Dengan mengharapkan kepercayaan orang lain, secara tidak langsung anda menginginkan cinta dari mereka. Sekarang coba saja dipikirkan, bagaimana mereka akan mencintai anda jika anda sendiri tidak mencintai diri sendiri.

Mencintai diri sendiri ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Dengan menghilangkan rasa minder dan merawat diri anda dengan baik merupakan salah satu dari pelaksanaan mencintai diri sendiri.

Pastikan anda mengenakan setelan dan wewangian yang terbaik saat hendak bertemu dengan klien, hal ini sangat berfungsi untuk memikat kepercayaan klien anda (Klien tentu lebih suka bekerja sama dengan orang berpenampilan rapi, ketimbang yang datang dengan penampilan kumal).

4# Percayalah pada diri sendiri

mendapatkan kepercayaan banyak orang
student work via https://www.pexels.com

Setelah tadi anda harus mencintai diri sendiri (Love yourself), sekarang giliran mempercayai diri anda sendiri (Belive yourself).

Anda yang mengharapkan kepercayaan orang lain tentunya akan sia-sia apabila tidak mempercayai akan kemampuan yang ada pada diri sendiri.

Bagaimana cara mempercayau diri sendiri .. .?

Mudah!

Anda perlu berlatih untuk memahami kemampuan yang anda miliki, apa saja kelebihan dalam diri anda, dan jadikan kekurangan yang ada sebagai daya tarik tersendiri dalam hidup anda.

Contonya saat anda sedang berhadapan dengan klien.

Penampilan memang sudah rapi dan wangi, tetapi kok anda malah “Clingak-clinguk” saat sedang melakukan pembicaraan dengan klien, jadi anda seakan-akan tidak tau apa-apa tentang apa yang sedang dibicarakan.

Bandingkan bila anda datang dengan penampilan yang rapi, wangi serta penuh percaya diri, selain itu karena anda sudah memahami dan mengerti akan apa yang hendak disampaikan, maka anda mampu menjabarkan apa yang ingin disampaikan secara rinci dan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan dari sang klien.

Dalam kasus di atas, tentu sang klien akan lebih mempercayai tipe orang yang datang dengan penuh percaya diri. Apalagi bila hasil kerjasama dengan klien tersebut berjalan dengan sukses, mampu memberikan keuntungan yang sangat fantastis untuk perusahaan anda.

5# Bersikap ramah, terlebih kepada konsumen anda

 

mendapatkan kepercayaan banyak orang
Businesswomen by https://www.pexels.com

Bila anda memiliki usaha yang menyediakan produk atau jasa, tentu saja anda akan sering berhadapan dengan yang namanya konsumen.

Tidak semua konsumen memiliki sifat yang sama, ada yang datang beli dan pergi, ada yang banyak nanya, ada juga yang banyak nanya tapi tidak jadi beli. hehe

Di sinilah sikap anda akan diuji, bagaimana cara anda melayani dan menanggapi sikap konsumen yang bermacam-macam. Apa anda suka marah-marah, cuek saja, atau menunjukkan raut wajah kesal saat tau mereka tidak jadi membeli.

Kesal boleh saja, tetapi jangan sampai menunjukkan bahwa saat itu anda sedang kesal kepada mereka. Bersikaplah lebih santai, karena mereka merupakan konsumen yang menjadi sumber penghasilan untuk perusahaan anda. Selain itu konsumen akan lebih mudah mempercayai anda, oleh karena pelayanan yang anda berikan dengan keikhlasan.

6# Tidak perlu berbohong untuk mendapat keuntungan

Terkadang persaingan pasar yang ketat membuat anda gelap mata dan memilih cara yang tidak baik dalam memikat hati pelanggan.

Bahkan saya sendiri pernah menjadi korban dari mereka yang menawarkan produk dengan taktik berbohong, saya menyebutnya oknum pedagang curang. Oknun pedagang curang ini, biasanya melancarkan aksinya dengan cara memberikan informasi palsu seputar produk yang mereka jajakan.

Saat itu saya sedang berada di sebuah konter yang menjual handphone baru dan bekas, dan saya tertarik untuk membeli ponsel lokal yang sudah memiliki kemampuan menangkap jaringan 4G (Cinta produk lokal), namun karena ponsel yang saya inginkan sudah habis stok, maka saya ditawarkan produk lain yang “Katanta” sudah mampu menangkap jaringan 4G, namun apa daya saat sampai di rumah, ternyata produk tersebut ternyata belum support jaringan 4G, Weladalah.

Apa cara tersebut berhasil memikat hati konsumen …?

Saya rasa sangat bepengaruh, terbukti saya sendiri juga pernah menjadi korban dari oknum pedagang curang tersebut.

Cara tersebut memang sangat anpuh untuk dilakukan sekalin seumur hidup, pasalnya dengan menipu dan membohongi pelanggan seperti itu, maka komsumen akan KAPOK untuk datang ke tempat usaha anda lagi. Lebih buruknya lagi bila mereka mengajak keluarga, teman, atau kenalan mereka untuk berwaspada dan tidak berbelanja di tempat anda. Mau untung malah buntung namanya.

7# Bantu mereka yang sedang kebingungan

mendapatkan kepercayaan banyak orang
Team collaboration via https://www.pexels.com

Sering kali anda akan berhadapan entah dengan rekan kerja, atau konsumen yang sedang bingung mencari produk terbaik untuk mereka beli.

Apabila kasus ini terjadi antara pelanggan dan konsumen, saat stok produk yang mereka inginkan sedang kosong di tempat anda, maka sudah pasti sang pedagang akan enggan memberikan refrensi tentang tempat yang menjual produk serupa. Alasannya sudah pasti karena mereka tidak mau merugi.

Padahal, anda dapat membangun kepercayaan yang lebih dalam lagi terhadap tempar usaha anda di mata konsumen. Caranya mudah, cukup menberitahukan informasi seputar tempat lain yang juga menyediakan produk keinginan mereka. Anda tidak bakalan merugi kok, justru konsumen akan merasa berterimakasih, serta lebih mempercayai tempat usaha anda karena informasi yang anda berikan sangat membantu mereka. Ya .  . ketimbang konsumen tersebut anda bohongi. Hehe.

8# Dengarkan keluhan mereka dan berikan solusi terbaik

mendapatkan kepercayaan banyak orang
Trust via http://www.markadamsgallery.com

Selanjutnya, dalam berupaya mendapatkan kepercayaan banyak orang dapat ditempuh dengan mendengarkan dan memberikan solusi.

Tidak peduli anda adalah seorang bos, pegawai, pedagang, atau siapa saja. Dengan mendengarkan, seseorang akan mudah untuk mempercayai anda, lebih bagus lagi jika anda bisa memberikan solusi terbaik untuk setiap cerita dan permasalahan mereka.

Dalam mendengarkanpun tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Anda perlu betul-betul menghayati setiao keluh kesah mereka, mungkin pandangan mata dan sedikit senyuman dapat menjadi pertanda bahwa anda sedang benar-benar mendegarkan mereka.

9# Jangan jadi pribadi yang “Ember”

mendapatkan kepercayaan banyak orang
Girl via https://pixabay.com

Banyak orang menilai sesorang dapat dipercaya atau tidak berdasarkan apa yang dikeluarkan dari mulut seseorang.

Mulutmu adalah harimaumu

Ungkapan pepatah di atas benar adanya. Karena mulut kita dapat berubah fungsi menjadi “Mesin pembunuh” yang sangat kejam, maka berhati-hatilah dalam berbicara.

Apabila anda ingin dipercayai oleh orang lain, pastikan “Harimau” yang anda pelihara merupakan “Harimau yang sudah jinak”, alias dapat dikontrol oleh sang empunya. Jika anda memiliki “Harumau” yang buas, yakni mulut yang suka bergosip, suka menjelekkan orang lain, atau membocorkan rahasia orang yang telah bercerita kepada anda, maka besar kemungkinannya anda akan di benci dan tidak dipercayai lagi meskipun untuk menceritakan hal-hal sepele.

Tentu mereka yang menceeitakan kisah hidupnya kepada orang lain, pastinya tidak ingin kisah tersebut sampai tersebar kemana-mana, terlebih lagi bila apa yang mereka ceritakan berisikan informasi rahasia perusahaan. Oleh karenanya bila ada orang yang bercerita kepada anda, pastikan anda tidak membeberkan cerita tersebut kepada orang lain (Jangan ember).

Jika perkataan anda dapat dikontrol, dan terbukti mampu menjaga rahasia. Sudah pasti orang akan mempercayai anda dalam segala hal yang ingin mereka ceritakan.

10# Jangan banyak bicara, tunjukkan aksimu

mendapatkan kepercayaan banyak orang
Marketing man via https://www.pexels.com

Jika disuruh memilih, tentu saya akan lebih suka mempercayai mereka yang sudah menunjukkan banyak aksi-aksi nyata ketimbang mereka yang hanya bisa mengobralkan janji palsu.

Saya yakin anda juga sependapat dengan saya. Pasalnya di jaman modern seperti saat ini, janji manis tidak akan berpengaruh bahkan tidak diperlukan lagi. Terlebih bila saya merupakan pemimpin perusahaan, pastinya saya akan memilih rekan berdasarkan aksi nyata, buka dengan bualan dan janji yang tidak akan di tepati.l

Maka dari itu, jika anda merupakan orang yang suka membuat janji dan ingin mendapatkan kepercayaan banyak orang, maka anda harus menepati semua janji yang pernah anda buat. Karena seorang pembual pastinya akan sulit mendapatkan kepercayaan banyak orang.

Baca Juga : Melirik Keuntungan Dengan Berbisnis Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Ada banyak cara dalam meraih kesuksesan, salah-satunya dapat ditempuh dengan membangun image baik dan mendapatkam kepercayaan banyak orang. Di atas merupaka cara atau langkah-langkah yang dapat dilakukan agar diri kita semakin mudah untuk dipercaya.

Sedangkan cara untuk mempertahankan kepercayaan yang sudah berhasil dibangun akan lebih sulit ketmbang mendapatkan kepercayaan tersebut. Sekian tulisan saya ini, sukses terus dan jangan kecewakan orang di sekitar anda. 🙂



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *