mengganti theme wordpress

Sebuah Mitos : Mengganti Theme WordPress Maka Pengunjung Akan Turun?

Banyak alasan kenapa kita harus mengganti theme wordpress yang sedang digunakan (dari wordpress.org yang di hosting sendiri), salah satunya adalah agar tampil lebih fresh dan mengikuti mode theme jaman sekarang.

Tapi bagi sebagian orang mengganti theme wordpress bukanlah sebuah keharusan, alasannya karena takut kehilangan trafik pengunjung… benarkah demikian?

Ini mungkin masih menjadi sebuah mitos sehingga sebagian orang takut untuk mengganti theme wordpress yang sudah lama digunakan. Ini juga yang menjadi alasan kuat beberapa orang untuk tetap mempertahankan theme wordpress lamanya.

Benarkah mengganti theme wordpress akan menurunkan trafik pengunjung?

Semenjak mengenal dunia blog pertama kali saya masih menggunakan blogspot, saat itu saya sering sekali mengganti template blog yang saya gunakan. Alasan saya karena belum menemukan template yang pas buat blog saya.

Dan selama itu pula saya belum pernah sekalipun kehilangan trafik, karena semua semua kode penting di template blog yang lama seperti metatag, kode verifikasi (google, bing, yahoo, yandex, alexa, norton dan lainnya) saya pasang kembali.

Baca : Tips mengganti template blogspot dengan benar

Namun berbeda jika kita mengganti theme di wordpress, karena semua hal yang menyangkut seperti kode metatag, kode verifikasi google dan semacamnya tidak akan mengalami perubahan. Lantas apa saja yang berubah saat kita mengganti theme wordpress?

Sebelum menjawab pertanyaan utama, apakah dengan mengganti theme wordpress maka akan berakibat menurunkan trafik pengunjung? Akan saya jelaskan berdasarkan pengalaman selama mengganti theme wordpress beserta dampaknya.

Yang mengalami perubahan saat mengganti theme wordpress

Yang akan hilang adalah pengaturan kostumisasi pada theme wordpress, karena setiap theme mempunyai pengaturan kostumisasi yang berbeda-beda. Diantaranya adalah :

Loading...

Pengaturan widget akan berubah 

Dengan mengganti theme wordpress maka sidebar lama akan tergantikan dengan sidebar theme yang baru, otomatis beberapa widget yang lama juga akan tersembunyi. Kita dapat menampilkan kembali dengan pengaturan widget yang telah berubah secara manual dalam kostumisasi.

Menu akan menghilang di theme wordpress baru

WordPress sudah dilengkapi dengan sistem navigasi secara default, sehingga setiap theme menampilkan area menu baru setiap kali di instal. Lokasi menu yang lama otomatis juga akan tersembunyi.

Anda hanya perlu menampilkan menu lama pada pengaturan Tampilan > Menu, kemudian pilih menu yang sudah anda buat sebelumnya, simpan untuk melakukan perubahan. Seperti gambar dibawah.

mengganti menu wordpress

Pengaturan pada theme akan hilang

Pada saat mengganti theme wordpress lama dengan theme baru beberapa pengaturan theme akan hilang dan tergantikan dengan theme yang baru di instal. Pengaturan tersebut berupa tampilan homepage, logo website, favicon, header, background theme dan lainnya.

Pengaturan lain seperti slider theme, shortcode theme, dan juga font (Typograpy) akan tergantikan dengan theme yang baru.

Note : Jika terdapat shortcode theme (dari theme lama) kemungkinan akan tidak berfungsi, ini akan membuat pekerjaan ekstra untuk membersihkan bekas short code yang mati yang tidak terintegrasi dalam theme baru.

mengganti theme wordpress

Yang tidak berubah saat mengganti theme wordpress

Dibawah ini yang tidak terpengaruh jika Anda sedang melakukan pergantian theme.

  • Posting dan laman wordpress tidak akan mengalami perubahan.
  • Semua file pada media tidak akan terpengaruh.
  • Semua plugin tidak akan terpengaruh, kecuali plugin yang langsung berhubungan dengan fungsi theme akan langsung menyesuaikan. Seperti penyesuaian gambar/thumbnail yang berbeda ukuran.

Untuk gambar thumbnail yang kosong dan ukuran tidak sesuai bisa di atasi dengan plugin Auto Post Thumbnail.

Apakah akan berpengaruh terhadap performa situs di search engine?

Dalam beberapa segmen dan studi kasus, perubahan pengaturan yang dilakukan dari mengganti theme wordpress tidak begitu berpengaruh pada performa situs di search engine. Ada beberapa theme yang menyediakan pengaturan SEO pada opsi panel untuk melakukan transfer pengaturan SEO pada theme baru.

Atau bisa memanfaatkan plugin SEO Data Transporter, plugin ini memungkinkan Anda untuk mentransfer data SEO dari satu tema / plugin yang lain.

Hal yang perlu dilakukan saat mengganti theme wordpress anda

Ada baiknya lakukan backup secara lengkap pada seluruh data yang diperlukan seperti impor/ekspor data sebelum mengganti theme wordpress anda untuk berjaga-jaga. Sebelum menentukan theme yang akan di gunakan anda bisa melihat preview theme sebelum perubahan terakhir diterapkan.

 mengganti theme wordpress

Lakukan preview atau pratampil, lihat dan catat perubahan terutama pada navigasi theme, menu atau side bar agar dapat melakukan perubahan dengan cepat setelah terganti theme baru.

Kesimpulan

Jadi sebenarnya tidak ada yang perlu ditakutkan untuk mengganti theme wordpress, jika terjadi penurunan trafik pengunjung itu mungkin pada awal-awalnya saja. Jika semua artikel terindex dengan baik di serch engine google kemungkinan besar akan terjadi anjloknya pengunjung sangat kecil sekali, lakukan resubmit (submit ulang) sitemap di google webmaster (search console)

Nah, ada yang masih ragu-ragu untuk mengganti theme wordpress anda?


Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Avatar

    Akun

    ( - 04:37)

    Apa kabar mas hgani sabastian ? betul sekali dengan apa yang anda sampaikan di materi ini termasuk saya sendiri sejauh ini masih kekeh memegang perinsip soal pergantian theme wp akan berdampak pada trafict,,sehingga saya merasa takut jika ingin mencoba mengganti theme wp,namun setelah saya membaca artikel bang ghani rupanya saya mulai berfikir realistis,,artinya bahwa apa yang terfikir selama ini bisa jadi itu MITOS,,terimakasih bang ghani atas penjelasaanya salam sukses By Akun Firmansyah blogger pemula yang masih belajar,,he he he

    Avatar

    tohir

    ( - 18:26)

    mas bastian,,saya kebetulan menggunakan theme wp point,,boleh saya bertanya,,

    Bagaimana agar ukuran gambar pada home seragam dan rapi,,saya baru migrasi dari blogger ke wp, dan menggunakan theme point,,,

    trmksh sebelumnya..

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 18:43)

      Untuk page jika tidak ada gambar/thumbnail atau gambar kurang sesuai ukuran bisa menggunakan plugin Auto Post Thumbnail

        Avatar

        tohir

        ( - 15:58)

        lalu bagaimana untuk setting slide gambar bawah header agar ukuranya sesuai dengan tempatnya…trmkash sekali mas bastian…

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 17:54)

          Saya tidak menggunakan fungsi slide pada blog ini mas tohir, untuk ukuran gambar saya gunakan 600 x 400 agar thumbnail dibawah slide juga sesuai.

    Avatar

    Indra S

    ( - 14:33)

    wah sip.. mungkin lain kali perlu dicoba itu yang .org… saat ini masih fokus belajar dulu dari blogger… he…

    byuhh yang .com nya lumayan juga ya?… 3000 USD/year… he 😀

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 14:36)

      Betul dan yang bisa di pasang adsense adalah dari wordpress.org.

      Yang dari wordpress.com juga bisa, tapi harus upgrade ke premium dengan biaya 3000 USD per-tahun tadi.

        Avatar

        Indra S

        ( - 14:41)

        sipp sipp… Trims Mas +Gani infonya, dapat ilmu baru lagi tentang WP… #monggo ngopi dulu mas, mumpung hujan gerimis iki he.. 😀

    Avatar

    Indra S

    ( - 14:21)

    kayaknya menarik juga pakai wordpress ya mas +Gani …
    Ohya dari beberapa jenis wordpress yang bagus itu jenis com, org atau mu mas +Gani?…

    Saya liat WP milik teman saya kok tampilannya bagus banget..

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 14:28)

      Yang biasa kita pakai adalah CMS wordpress (org) yang di instal di cPanel melalui hosting yang disewa.

      Jadi theme bisa diganti-ganti sesuka kita, bisa ambil theme dari manapun.

      Kalau mau gunakan hosting wordpress (com) dan domain pilihan wordpress biaya nya terlalu mahal, yaitu 3000 USD pertahun.

      Dan pilihan theme dari wordpress.com adalah theme yang disediakan dari pihak wordpress.com saja untuk versi gratis.

      Untuk theme premium ya tetap diharuskan membayar. 😀

      Kalau MU itu multi user, bisa diterapkan di antara kedua duanya. Bisa juga diterapkan Multisite.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *