Handsome via https://www.pexels.com

12 Tanda Bahwa Anda Akan Meraih Sukses di Kemudian Hari

Semua orang pastinya memiliki keinginan yang sama, yaitu keinginan untuk meraih sukses di kemudian hari. Dari keinginan tersebut, hanya jalan yang ditempuhlah yang membedakan proses tiap orang dalam mencari dan menemukan kesuksesan mereka.

Keinginan untuk sukses di kemudian hari hanya dapat terwujud apabila kita melakukan sebuah perjuangan, dan dalam memperjuangkannya andapun harus rela mengorbankan waktu tenaga, dan juga pikiran. Sedangkan untuk anda yang malas, mungkin keinginan tersebut hanya akan menjadi mimpi di atas mimpi.

Sukses berawal dari perjuangan yang memerlukan jutaan pengorbanan.

Ada begitu banyak cara dan jalan yang dapat ditempuh untuk meraih kesuksesan, salah satunya adalah menjadi seorang wirausaha. Dengan menjadi wirausaha anda tidak hanya mampu mewujudkan cita-cita dan impian untuk meraih sukses di kemudian hari.

Tetapi secara tidak langsung anda telah menyalurkan hobi yang anda miliki, sekaligus membantu perkembangan ekonomi dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Sukses di Kemudian Hari
Road people street via https://www.pexels.com

Apa berwirausaha saja sudah cukup?

Tentu saja belum cukup.

Kalau hanya menciptakan atau menyediakan usaha sendiri saja, saya rasa semua orang juga bisa. Tapi untuk menciptakan dan membuat usaha tersebut berkembang. Sehingga akhirnya sukses adalah hal tersulit yang harus di tanggung oleh mereka yang memutuskan untuk berwirausaha.

Hal ini jugalah yang membuat anda perlu berpikir berulang-ulang saat hendak memutuskan antara membuka usaha sendiri (Wirausaha) dengan konsekuensi jam kerja yang semakin tinggi. Modal tidak kembali, bahkan harus tabah saat mendapati perusahaan dilanda krisis hingga berakhir kebangkrutan.

Loading...

Atau anda bisa tetap menjadi seorang kariawan pada suatu perusahaan dengan jam kerja yang sudah disepakati (8 jam perhari). Gaji lancar tiap bulannya, dan tentunya tinggal cari pekerjaan lain juka suatu saat perusahaan tempat bekerja mengalami kebangkrutan.

Apa saja faktor pendukung untuk memajukan usaha

Adapun yang tidak kalah penting dalam menciptakan usaha (berwirausaha) yang mampu bersaing dan mengalami perkembangan yaitu dengan memperhatikan beberapa faktor pendukung, faktor tersebut antara lain :

1#  Faktor Lokasi

Faktor lokasi yang dimaksud merupakan pemilihan tempat yang strategis untuk membangun bisnis dan usaha anda. Tempat yang strategis tidak hanya dilihat dari ramai tidaknya masyarakat yang berlalu lalang di sekitar tempat tersebut, tetapi dilihat juga berdasarkan konsumen yang anda targetkan.

Jadi misalkan anda ingin membuat sebuah usaha warung makan, maka lokasi yang tepat adalah di sekitaran sekolah atau kantor untuk memudahkan mencari konsumen. Yaitu murid sekolahan atau pegawai kantoran yang hendak mencari makan siang.

Atau pada saat membuka usaha souvenir, maka lokasi yang strategis adalah tempat-tempat wisata. Untuk menargetkan tourist asing dan lokal untuk membeli souvenir anda sebagai hadiah dan oleh-oleh.

2# Faktor Promosi

Membangun usaha di tempat yang strategis dan tertarget, hanya mampu mendatangkan konsumen sebanyak 45% saja.

Sisanya kemana . . . ?

55% masyarakat lain tidak pernah mengunjugi tempat anda berjualan, sehingga mereka benar-benar tidak mengetahui akan keberadaan bisnis anda di tempat tersebut. Oleh karena itu melakukan promosi dan memasang iklan menjadi cara yang sangat jitu untuk mendatangkan konsumen lebih banyak lagi.

Terlebih jika anda mengetahui teknik pemasaran via online. Tentu akan lebih menguntungkan lagi karena produk anda berkesempatan dilihat dan dibeli oleh pengguna internet dari seluruh dunia.

Baca Juga :

3# Faktor Partner dan Karyawan

Membuat usaha bersama seorang teman atau sahabat merupakan sebuah hal yang sangat menyenangkan. Terutama modal awal dalam berwirausaha akan semakin kecil karena di bagi berdasarkan jumlah teman yang tergabung (patungan uang modal).

Tetapi tidak selamanya mendirikan usaha bersama teman itu memberikan kemudahan, karena sedekat apapun seorang sahabat pastinya memiliki perbedaan dalam pola pikirnya. Hal ini jugalah yang menyebabkan usaha yang dijalankan bersama teman atau partner sangat beresiko terjadinya perpecahan. Bahkan lebih buruk lagi bila usaha tersebut sampat bubar.

Hal yang sama apabila anda terlalu buru-buru merekrut kariawan dalam usaha anda yang masih seumur jagung. Hal ini justru akan membawa dampak negatif yang lebih besar ketimbang dampak positifnya. Sehingga anda disarankan tidak membuat usaha bersana banyak orang untuk mengurangi resiko perbedaan pendapat (rekomendasi : 2 orang saja). Dan perlu yakin juga sebelum benar-benar mantab untuk merekrut kariawan pada perusahaan yang anda bangun tersbut.

Baca Juga : Strategi Tepat Dalam Merekrut Karyawan Baru

10 Tanda Bahwa Anda Akan Meraih Sukses di Kemudian Hari

12 Tanda Bahwa Anda Akan Meraih Sukses di Kemudian Hari

Dalam tulisan ini pula saya akan memberikan beberapa tanda-tanda atau karakter yang berpotensi mendatangkan kesuksesan di kemudian hari bagi siapa saja yang memilikinya. Saya juga harap anda adalah salah satu dari jutaan orang yang beruntung dengan miliki karakter “khas” pewirausaha yang sukses tersebut.

1#  Anda lebih tertarik untuk beraksi ketimbang banyak bicara

Merencanakan ini dan itu, bicara ini dan itu, tapi ujung-ujungnya tidak dilaksanakan.

Hanya bisa berbicara, atau bahasa gaulnya OMDO. Yap, seperti itulah kata yang tepat untuk menyebut mereka yang hanya bisa berkata-kata dan membuat perencanaan tapi tidak pernah mereka laksanakan. Seakan kata-kata tersebut hanya menjadi angin lalu.

Mirisnya lagi banyak sekali orang dengan karakter seperti ini. Di tengah maraknya orang-orang berperilaku seperti ini apabila anda masih merasa bukan salah-satu dari mereka, maka anda adalah calon orang sukses di kemudian hari.

Sikap anda yang lebih memilih diam dan tidak mengumbar-umbar janji, serta anda yang lebih senang melakukan perencanaaan dengan matang dan bertindak dengan cepat. Maka hal tersebut telah menjadi nilai lebih dalam aspek kehidupan anda.

Aksi-aksi nyata yang sering anda tunjukkan tidak hanya bermanfaat bagi karier bisnis anda, melaikan berguna juga untuk menumbuhkan rasa kepercaan orang banyak terhadap perkataan dan diri anda.

2# Anda selalu berusaha bangkit saat orang lain meremehkan mimpi besar anda

 Sukses di Kemudian Hari

Jika anda terlahir dari keluarga yang sederhana, mungkin memiliki mimpi yang terlalu tinggi merupakan bahan “olok-olokan” untuk orang di sekitar anda.

Apa salahnya saya memiliki mimpi dan cita-cita yang tinggi ?

Sejujurnya semua orang memiliki haknya untuk menentukan cita-citanya sendiri, bahkan cita-cita yang diluar batas dan sering dianggap mimpi oleh orang lain. Toh, teknologi yang kita gunakan sekarang adalah hasil pencapaian dari mimpi tokoh-tokoh yang dulunya sering diremehkan dan dianggap tidak mungkin terjadi.

Apabila anda sering mendapat olokan atas mimpi yang anda miliki. Tetapi tidak memperdulikan olok-olokan tersebut dan selalu berusaha bangkit untuk menunjukkan bahwa anda dapat mewujudkannya. Maka anda termasuk dalam orang-orang yang memiliki mental seorang pengusaha, mental seorang yang akan menemui kesuksesannya di kemudian hari.

Tugas anda sekarang hanyalah terus berusaha, usaha, dan usaha  untuk membuktikan pada mereka yang menghina anda bahwa anda bisa meraih apa yang menurut orang lain mustahil.

3# Anda memiliki atau menguasai suatu bidang (skill)

Skill atau kemampuan merupakan hal yang tidak lepas dari peluang kesuksesan seseorang di kemudian hari. Jika anda mempunyai ketertarikan pada suatu bidang, maka fokuslah pada bidang tersebut hingga anda benar-benar menguasainya.

Meskipun anda tidak memiliki pendidikan yang tinggi, tapi jika anda fokus untuk mempelajari bidang tersebut bahkan hingga mampu menguasainya lebih dari mereka yang mendapatkannya dari jalur pendidikan. Maka anda benar-benar luar biasa.

Kemampuan yang benar-benar ahil dalam suatu bidang tidak hanya memberikan anda kemudahan dalam mencari pekerjaan. Tetapi akan memudahkan anda dalam mengembangkan usaha apabila anda memutuskan untuk menjadi seorang wirausaha.

Namun dalam mempelajari suatu keahlian anda perlu benar-benar konsiten akan hal tersebut, jangan sampai anda “tergiur” dengan keahilan orang lain. Lalu memutuskan untuk ikut mempelajari bidang keahilan orang tersebut, dengan meninggalkan apa yang telah anda pelajari selami ini.

Ingat : Kuci sukses adalah Konsisten.

4# Selalu merencanakan sebelum mengambil keputusan

Meraih Sukses di Kemudian Hari
Handsome via https://www.pexels.com

Jika anda merupakan seseorang yang selalu melakukan perencanaan sebelum mengambil sebuah keputusan. Maka hal tersebut merupakan cerminan dari sikap anda yang akan membawa sukses di kemudian hari kepada anda.

Bagaimana tidak, anda yang sedari awal selalu mempertimbangkan kemungkinan baik dan buruknya sesuatu sebelum mengambil keputusan secara tidak langsung. Itu menunjukkan bahwa anda adalah orang yang dapat dipercaya, dan orang yang memiliki keinginan untuk maju, serta mengembangkan usahanya.

Tindak perencanaan ini menjadi hal yang sangat penting, agar sebelum mengambil keputusan anda dipastikan telah melakukan analisa, penelitian, serta mengolah data-data. Yang sangat berkemungkinan terjadi apabila anda mengambil keputusan tersebut.

Andapun dapat menggunaakan hasil perencanaan tersebut untuk dijadikan sebagai tolak ukur akan keberhasilan dari program-program yang ditempuh oleh perusahaan anda. Serta memastikan perusahaan tersebut dapat berkembang dalam persaingan yang kian ketat.

5# Memiliki kemampuan untuk mengelola uang

Uang menjadi faktor utama dalam perjalanan membuat usaha semakin berkembang. Hal ini tentu saja di dasari oleh uang sebagai alat tukar akan semua barang yang diperjual belikan di dunia ini. Apabila anda tidak mampu mengelola uang maka habislah sudah kesempatan untuk sukses di kemudian hari.

Menunjukkan kemampuan dalam mengelola uang tidak hanya saat berhadapan dengan nominal yang besar saja, cobalah untuk belajar mengelola uang pengeluaran sehari-hari terlebih dahulu. Untuk anda yang masih berstatus sebagai kariawan, mungkin dengan megurangi jatah uang rokok, ngopi dan nongkrong menjadi salah-satu langkah besar untuk berhemat dan belajar mengelola uang.

Sehingga pada saat anda memutuskan untuk membuka sebuah usaha sendiri (Wirausaha) anda tidak akan dipusingkan lagi dengan hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan uang pendapatan dan uang pengeluaran.

Sedangkan keuntugan lain dari kemampuan pengelolaan uang. Yaitu anda jadi lebih terbiasa bergaya hidup sederhana dan mampu sukses lebih dahulu dibandingkan mereka yang bergaya hidup mewah-mewahan, alias boros.

6# Anda merupakan orang yang tidak takut gagal

Poin ke enam ini merupakan hal yang seharusnya dimiliki oleh orang yang berkeinginan sukses di kemudian hari. Anda yang telah mantab untuk mendirikan sebuah usaha, haruslah dibarengi dengan keyakinan bahwa suatu saat nanti usaha tersebut akan mengalami perkembangan serta mampu memberikan keuntungan untuk anda.

Kegagalan adalah guru terbaik dalam mencari tahu makna dan arti kehidupan.

Tetapi yang namanya berwirausaha kemungkinan untuk mengalami kegagalan pastinya ada, terlebih untuk anda yang masih pemula dan baru terjun ke dalam dunia wirausaha. Tapi dalam hal kegagalan, anda tidak perlu menjadi phobia dengan kata tersebut.

Tidak perlu terlalu takut pada saat mengambil keputusan yang berkonsekuensi mengalami kegagalan. Mereka yang telah sukses saat ini, pastinya pernah mengalami kegagalan di masa lalu, hanya saja terdapat perbedaan cara pandang akan suatu kegagalan.

Mereka cenderung menjadikan kegagalan sebagai sarana pembelajaran agar kedepannya menjadi tahu akan langkah dan keputusan yang diambil pada saat berhadapan dengan situasi seperti itu lagi.

7# Mampu memberikan rasa nyaman

Pada saat anda berhasil memberikan rasa nyaman kepada konsumen, maka ini menjadi salah satu nilai plus terhadap karier bisnis anda. Rasa nyaman yang sudah dirasakan oleh konsumen yang mengunjungi tempat usaha anda, secara otomatis membuat rasa aman mereka dalam berbelanja semakin bertambah.

Mereka akan lebih mudah dalam membelanjakan uang mereka di tempat anda, dan memberikan mereka rasa percaya kepada tempat usaha anda.

Keuntungan yang diadapatkan bila pelanggan merasa nyaman, yaitu kemungkinan yang sangat besar mereka akan kembali berbelanja di tempat anda. Bukan hanya mereka saja, keluarga, teman, dan tetanggapun akan mereka ajak untuk berbelanja di tempat anda.

Lagi-lagi hal ini dikarenakan mereka merasa puas akan pelayanan yang memberikan rasa aman, nyaman, serta faktor kepercayaan.

8# Tidak pernah berhenti mencari peluang

Kemampuan untuk melihat peluang merupakan hal wajib untuk anda yang ingin meraih sukses di kemudian hari, hal tersebut berkaitan langsung dengan permintaan pasar yang datang sesuai dengan perkembangan trend yang ada.

Seperti beberawa waktu lalu saat game Pokemon Go sedang dibahas secara hangat-hangatnya. Begitu banyak pelaku wirausaha skala kecil yang memanfaatkan ketenaran game tersebut untuk membuat produk berbau game Pokemon Go.

Tidak hanya berdasarkan trend saja, mencari peluang bisa dilakukan dengan banyak teknik dan analisa. Jadi, apabila anda merupakan seorang yang memiliki kelebihan tersendiri dalam melihat peluang bisnis. Maka anda adalah salah-satu dari jutaan orang beruntung yang memiliki karakter seorang pewirausaha yang berpotensi sukses di kemudian hari.

9# Pintar melakukan promosi

Meraih Sukses di Kemudian Hari
Laughing secret via https://www.pexels.com

Produk ini sudah, produk itu juga sudah. Sekarang waktunya untuk promosi!!

Yoi, terkadang barang dagangan belum tentu laku karena tidak ada masyarakat yang mengetahui keberadaan produk tersebut di tempat anda (Masak iya, mau nunggu sampai orang datang ke tokomu). Ketimbang menunggu orang sampai jenggotan datang dan menanyakan ke produk ke toko, kenapa tidak anda yang menawarkan saja kepada orang tersebut (Ngiklan).

Tapi, cara promosi juga tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, karena salah-salah promosi malah membuat calon konsumen semakin menjauhi tempat usaha anda.

Teknik promosi yang ada saat ini ada dua macam, yaitu dengan jalur online dan juga offline. Untuk jalur offline dapat ditempuh dengan membuat iklan spanduk atau poster di tempat-tempat yang berpotensi dilalui banyak orang, atau bisa juga dengan memasang iklan di Televisi, Radio dan Koran.

Sedangkan untuk jalur online, bisa anda tempuh dengan menggunakan media seperti website, blog, forum jual beli, dan sosial media. Akan tetapi jangan sampai seperti yang sudah saya katakan tadi, promosinya harus benar-benar promosi (Tidak menyebar spam, dan tidak mengganggu).

10# Tidak takut kehilangan waktu tidur

Inilah karakter pembeda antara orang yang memilih membuat usahanya sendiri dan orang yang memilih bekerja menjadi karyawan di suatu perusahaan. Kalau anda pikir menjadi boss itu enak dan cukup tidur-tiduran di rumah, wah itu salah besar.

Ya, mungkin bisa tidur-tiduran kalau perusahaan sudah besar dan punya cabang di mana-mana. Tapi kalau untuk yang baru merintis, kerja mah bisa-bisa sampai 16 sampai 20 jam perharinya.

Lama banget . . ?

Tidurnya kapan coba ?

Ya itu sudah jadi resiko guys, jam tidur yang terpakai biasanya digunakan untuk mencari ide-ide dan inovasi baru untuk mengembangkan usaha ke arah yang lebih baik lagi. Nah, kalau sebagai pemilik usaha masih malas-malasan yaa kapan bisa suksesnya, terlebih untuk mereka yang masih baru merintis karier.

11# Mampu berteman dan berkolaborasi dengan siapa saja

Jika anda ingin sukses dengan cepat, tentu saja anda perlu memperluas jaringan pertemanan. Dengan memiliki teman dan kenalan yang banyak, otomatis anda akan semakin mudah dalam mendapatkan informasi-informasi yang mungkin dapat berguna untuk jalannya perkembangan usaha maupun diri anda.

Bahkan memiliki teman yang banyak dapat berguna juga untuk tempat saling belajar dan bertukar ilmu. Karena teman baru pastinya ilmu baru, dan ilmu merupakan senjata untuk membuat pencapaian-pencapaian luar biasa yang mampu membawakan kesuksesan di kemudian hari buat anda.

12# Mampu membuat sebuah karya inovatif dan kreatif

Hal terakhir dalam tanda bahwa anda akan meraih sukses di kemudian hari, yaitu anda mampu menciptakan sebuah produk atau barang jasa dengan selalu menyematkan hal-hal baru yang kreatif dan berbeda dari produk serupa.

Hal ini sangat berfungsi untuk menarik minat calon konsumen untuk membeli produk yang anda tawarkan, karena produk yang itu-itu saja akan membuat masyarakat bosan dan mereka senantiasa menggunakan produk anda apabila anda menawarkan pengalaman yang unik dari tiap-tiap karya produk anda.

Baca Juga : 8 Kiat Sukses dalam Membangun Usaha Bersama Teman

Itulah beberapa karakter dan tanda-tanda bahwa anda merupakan seseorang yang ditakdirkan untuk sukses di kemudian hari. Semoga anda yang merasa memiliki salah satu dari ke 12 tanda tersebut. Atau mungkin untuk anda merasa semuanya termasuk dalam kepribadian anda.

Tetap berjuang dan semangat terus dalam meraih kesuksesan anda, entah dengan menjadi karyawan maupun dengan berwirausaha.  Salam sukses 🙂


Loading...

Bagikan

Vilandus

Penulis

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Komentar

    Avatar

    Yang paling aku suka dari tulisan ini ya bagian “selalu berusaha bangkit saat orang lain meremehkan mimpi besar anda” 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *