Kisah InspiratifUlasan Bisnis

3 Miliarder Muda dengan Kesuksesan Kekayaan Luar Biasa

Banyak anak muda sekarang yang menginginkan untuk menjadi orang sukses seperti para tokoh dunia yang mana ia telah menjadi miliarder muda seperti para tokoh di bawah ini. Sebenarnya untuk menjadi sukses itu ada banyak sekali rintangan dan halangan, terutama jika masih muda, pasti dengan pikiran yang masih labil akan menjadikan banyak masalah.

Dengan adanya orang orang sukses seperti halnya mereka, setidaknya kita bisa mendapatkan pelajaran dari kegigihan dia, kerja kerasnya, dan bagaimana strateginya untuk bisa menjadi orang sukses. Maka dari itu, mulai sekarang, anda jangan hanya melihat kesuksesan seseorang dari luar saja, namun lihatlah seberapa besar usahanya untuk bisa mencapai kesuksesan tersebut.

Karena banyak orang yang melihat kesuksesan seseorang itu hanya datang dari keberuntungan belaka, namun sebenarnya dibalik itu ada hal yang mereka tidak sampaikan ke orang banyak. Ya memang, kita mungkin bisa meniru usaha mereka untuk bisa sukses, namun pada kenyataannya itu tidak seperti yang dibayangkan. Bahkan untuk bersaing dengan orang yang seangkatan dengan kita saja sulit tercapai.

Perjalanan Miliarder Muda yang Patut anda Tiru

Inilah beberapa miliarder muda yang bisa anda jadikan teladan jika ingin berada di posisi seperti mereka. Mereka ini sejak muda sudah tumbuh bakat untuk berbisnis. Sehingga masih muda mereka sudah mendapatkan banyak keuntungan. Langsung saja inilah beberapa miliarder muda tersebut.

1. Bill gates

Miliarder Muda

Sebagai orang nomor 1 dunia yang dinobatkan sebagai orang terkaya ini memang begitu banyak memiliki kisah yang patut dijadikan teladan mengenai kisah hidupnya. Miliarder muda satu ini memiliki kekayaan lebih dari 1000 triliun atau menurut data dari google, dia memiliki kekayaan senilai 82,9 miliar USD.sejak tahun 1995 hingga tahun 2016 ia masih mendapatkan gelar orang terkaya di dunia. Kecuali pada beberapa tahun ia pernah hengkang dari peringkat pertama seperti tahun 2008 dan lainnya.

Hal inilah yang menyebabkan dia menjadi seorang terkaya di dunia, bahkan sangat jauh diatas steve jobs yang merupakan saingan bisnisnya sejak awal dan yang duluan sukses. Ya walaupun saat ini dia bukan sebagai CEO dari microsoft, tapi dengan kepemilikan saham sekitar 2,5% dari microsoft masih memberikan penghasilan yang lumayan baginya.

Kesuksesan miliarder muda ini tak pernah terlepas dari bakatnya dibidang teknologi. Sejak kecil Ia memang sudah menyukai pemrogaman. Selain itu, kecerdasannya dan strategi untuk mengembangkan bisnisnya itu sudah melekat dalam dirinya. Sehingga ia terus menerus berkembang menjadi orang sukses seperti saat ini.

Bill gates atau yang memiliki nama lengkap yaitu William Henry “Bill” Gates III ini lahir di Seattle, Washington, tanggal 28 Oktober 1955. Bisa dibilang ia merupakan keturunan orang yang mapan. Karena ibunya menjabat sebagai anggota dewan direktur bank, sementara ayahnya adalah seorang pengacara yang bisa dibilang kondang.

Mulai tertarik komputer saat umur 13 tahun

bill-gate-young

Miliarder muda ini mulai tertarik dengan dunia bisnis sedari kecil. Bayangkan saja, sejak ia usia 13 tahun, dia sudah tertarik akan dunia komputer dan pemrogaman. Semakin bertambah umurnya ia terus menerus menambah pengetahuan mengenai dunia pemrogaman.

Bill bersama Paul allen mengembangkan microsoft hingga seperti saat ini. Ya bisa dibilang karena kerja sama mereka ini memberikan penghasilan yang bisa dibilang luar biasa besar bukan?

Nah pendapatan bill gates ini sekarang lebih besar dari investasi kepada beberapa perusahaan. Diantaranya yaitu: Cascade Investments LLC (perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang investasi dan holding di AS), TerraPower (perusahaan jasa desain untuk reaktor nuklir), Corbis (jasa pemberi lisense dan juga hak cipta pada gambar digital), bgC3 (perusahaan sebagai wadah bagi para pemikir).

Selain itu, miliarder muda satu ini juga mendirikan yayasan amal bill and melinda gates untuk bantuan bidang pendidikan dan kesehatan. Ia juga mendirikan bisnis filantropi. Mengenai apa itu filantropi, intinya adalah suatu bisnis yang menggunakan strategi membantu sosial untuk meningkatkan penjualan.

Hal yang bisa anda tiru dari miliarder muda ini adalah, suka berbagi, selalu bekerja keras membangun cita cita, terus belajar, punya taktik dan strategi yang bagus dalam bisnis, dan selalu menyisihkan uang untuk investasi, baik investasi untuk dunia, atau investasi dengan membantu sosial, lingkungan dan juga pendidikan.

Sebenarnya ada banyak lika liku yang harus dijalani untuk menjadikannya sukses, namun yang perlu diperhatikan juga adalah, bahwa jika kita tidak putus asa dan selalu bersemangat, maka berbagai halangan itu akan menyigkir dengan sendirinya.

2. Mark Zuckerberg

Miliarder Muda

Siapa yang gak tahu si Marks sih om? Ya Mark ini adalah seseorang yang memiliki pengaruh besar bagi dunia di abad ini. Ia adalah pendiri sosial media terbesar saat ini yaitu Facebook. Dengan ratusan juta bahkan milyaran pengguna, facebook ini berkembang menjadi sosial media paling disukai oleh berbagai kalangan, mulai dari anak muda hingga orang tua sekalipun.

Mark atau yang memiliki nama lengkap Mark Elliot Zuckerberg ini lahir di kota White Plains, New York pada tanggal 14 Mei 1984. Ia menciptakan facebook pada tahun 2004 bersama teman sekampusnya yaitu Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, dan Chris Hughes.

Pada tahun 2008 ia dinobatkan sebagi miliarder termuda. Pada tahun 2010, Mark memiliki saham facebook sekitar 24%. ini tentunya sangat memberikan pendapatan yang besar. Dan pada tahun 2011 dia memiliki total kekayaan senilai 17,5 miliar dollar, dan tahun ini memiliki kekayaan 50% lebih banyak daripada bill gates, yaitu 49,5 miliar usd.

Facebook begitu cepat tumbuh menjadi besar. Dan saat ini menurut riset, facebook dan google menguasai 54% periklanan dunia. Jadi bagaimana tidak kedua perusahaan ciptaan bill dan mark ini tumbuh berkembang dari waktu ke waktu.

Mark sebagai miliarder muda dunia, ia memiliki kekurangan. Ia menderita buta warna merah hijau, jadi hal inilah yang membuat facebook jarang ada warna itu, melainkan lebih dominan menggunakan warna biru. Ya dengan warna biru maka itu menjadi warna yang jelas baginya. Namun hal tersebut tidak menjadikan dirinya kehilangan semangat untuk terus belajar dan mengembangkan facebook.

Awal mula facebook

Miliarder Muda
Facebook profile 2005 original via http://time.com

Awalnya facebook dibuat untuk tujuan yang konyol. Namun semakin lama teman teman kelas justru banyak yang bergabung. Jadi hal ini menjadi trend kala itu. Bahkan banyak yang tidak menyangka dari hal tersebut bisa berkembang menjadi perusahaan besar seperti sekarang ini. Akhirnya karena tak punya banyak waktu untuk kuliah, ia akhirnya hengkang dari kuliah demi menjalankan projek facebook tersebut.

Ia dan juga teman temannya itu terus menerus berusaha untuk mengembangkan facebook. Mulai dari menyewa kamar sempit yang digunakan sebagai kantor, dan berpindah tempat dari satu ke yang lainnya. Perjalanan facebook terus berlanjut, mulai dari gugatan hingga tawaran. Facebook beberapa kali pernah ditawar oleh perusahaan besar. Namun disitu Mark tetap bersikukuh untuk mengembangkan bisnisnya. Ia mengatakan bahwa visi dan misi facebook adalah untuk membuat dunia semakin terbuka.

Anda bisa meniru Mark Zuckerberg mengenai kegigihan dia dalam mengelola suatu usaha bahkan hingga ia keluar dari kuliahnya. Selain itu, kita bisa meniru pola pikirnya, bahwa dalam membuat suatu proyek, kita perlu memiliki visi yang jelas, jadi tidak akan mudah terombang ambing oleh badai saat di tengah jalan nantinya. Semoga kita bisa meniru Mark sebagai milarder muda dunia.

3. Warren buffet

Miliarder Muda

Siapa yang kenal dengan Warren Buffet? Ia merupakan investor, pengusaha, sekaligus sebagai philanthropist yang berasal dari negara Amerika Serikat. Dia merupakan investor tersukses di dunia. Buffett juga menajadi seorang komisaris, direktur utama, sekaligus pemegang saham terbesar di Berkshire Hathaway.

Sejak imasih kecil miliarder muda ini sudah memiliki bakat untuk berinvestasi. Walau banyak rintangan dan halangan yang harus dihadapi, takdir membawanya menjadi orang sukses. Namun ia hidup tidak bergantung pada takdir, tapi usahanya itulah yang mengubah takdirnya sendiri. Ya walaupun ayahnya adalah anggota parlemen AS, bukan berarti itu menjadi alasan bagi buffet untuk bermanja menjaan begitu saja. Dia mencoba mandiri dan menghasilkan uang sendiri.

Miliarder muda ini lahir pada tanggal 30 Agustus 1930 dan sekarang ini sudah cukup tua, yaitu sudah menginjak umur 86 tahun. Ia lahir di kota Omaha, Nebraska, Amerika Serikat. Pada tahun 2015, ia mendapatkan gelar sebagai orang terkaya di dunia dengan kekayaan yang begitu besar. Saat ini ia memiliki jumlah kekayaan sebesar 72,3 miliar USD pada tahun 2016 ini.

Lika-liku yang dilakoni warren buffet

Miliarder Muda

Begitu luar biasa memang, hal itu sudah ia lakukan sejak dia masih kecil, saat itu ia masih berumur 6 tahun ia sudauh menjual permen karet.

Saat ia menginjak umur 11 tahun juga sudah mulai menampakan tandanya untuk menjadi orang sukses. Saat itu ia sudah menjadi loper koran/pengantar. Selain itu ia juga sering mencari bola golf disekitar lapangan guna dijual kembali kepada orang yang membutuhkan.

Saat saat itu juga miliarder muda ini pernah menjadi penjual pop corn. Mungkin gak ada yang nyangka bahwa salah satu jajaran orang terkaya dunia pernah menjual pop corn dalam pertandingan bola. Jadi kita juga gak perlu gengsi dan malu terhadap hal yang kita lakukan jika selama itu hal tersebut mendatangkan banyak uang.

Selain itu ia juga pernah menjadi penjual prangko, mencetak uang dari mesin pinball, hingga mendapatkan uang dari pacuan kuda. Memang banyak sekali lakon yang ia jalani, dan itulah yang terus mengasah kemampuannya untuk berbisnis.

Dan saat ia menginjak umur 14 tahu, dirinya sudah berhasil mengumpulkan uang senilai 1200 us dollar. Uang sebanyak itu digunakan untuk membeli tanah pertanian seluas 40 hektar dan disewakan kepada petani setempat untuk dikelola. Nah saat ini pula, miliarder muda ini memiliki intuisi yang semakin tajam dalam hal investasi. Penghasilan pun semakin hari semakin meningkat.

2 tahun berlalu, saat dia berumur 16 tahun, ia sudah memiliki kekayaan senilai 689 juta rupiah berkat kecerdasannya tersebut. Nah saat anda berumur 16 tahun, sudah punya berapa uang?

Ahli saham terbaik

Dia pernah membangun perusahaan, walau memberikan keuntungan hingga 30% tahun, ia menutupnya. Lalu saat ia berumur 35 tahun, ia membeli saham Berkshire Hartaway dengan harga saat itu berkisar antara 8 dollar perlembar. Setelah 3 tahun berselang, ia memiliki sebagian besar saham di perusahaan tersebut. Ia pun memiliki banyak uang, namun uang itu ia gunakan kembali untuk berinvestasi di berbagai jenis barang seperti halnya perusahaan permata, perusahaan makanan, perusahaan asuransi dan sebagainya.

Hal tersebut itulah yang menjadikan uang terus menerus bertambah dari waktu ke waktu. Dari dulunya saham Berkshire seharga 8 dollar usd perlembar, sekarang setelah 46 tahun, harga tersebut senilai 150 ribu usd untuk kelas A. sungguh pencapaian yang luar biasa setelah saham dibawah kendali dari buffet ini.

Apa yang dapat kita petik dari kesuksesan dia? Kita bisa belajar dari sikap dia, ketrampilan dia, dan juga strategi dalam berinvestasi. Kita bisa belajar banyak hal dari kesuksesan warren ini. Diantaranya adalah:

1. Memiliki perkiraan yang hampir selalu tepat

Ia memiliki instuisi yang sangat bagus dalam hal investasi. Termasuk saat sedang booming boomingnya orang melakukan saham di bidang teknologi atau saham dotcom, ia mulai cara sendiri. Ia suka melakukan pembelian saham di tempat yang memiliki potensi berkembang kedepannya.

Ia hanya mau melakukan pendanaan pada perusahaan yang masih eksis dan masih beroperasi dengan baik. Ia juga tidak suka membeli saham di perusahaan yang tidak terkenal. Dulu ia pernah ditertawakan karena tidak mau membeli saham dari perusahaan seperti microsoft, google, yahoo dan sebagainya yang merupakan saham dotcom. Namun sekarang dia yang menertawakan orang orang tadi karena saham dotcom tadi banyak yang hangus.

Ia tidak suka untuk ikut ikutan trend. Ia suka memilih dan berbuat sesuatu dengan cara dan gayanya sendiri. Karena jika sukses ya sukses sendiri, kalau bangkrut ya hanya bangkrut sendiri.

2. Investasi jangka panjang

Ia tidak suka saham yang bersifat sementara, atau jual lalu beli, beli lalu jual. Ia tidak menyukai hal semacam itu. Sebelum berinvestasi ia suka memprediksi bagaimana trend perusahaan kedepannya gimana. Apakah memiliki kemajuan dalam jangka panjang ataukah tidak.

Ia memiliki prinsip bahwa ia membeli bisninya itu sendiri, bukan membeli saham. Hal ini ia terapkan pada investasi di perusahaan coca cola. Karena ia melihat potensi jangka panjang pada saat itu, ia akhirnya membelinya. Pada tahun 1998 perusahaan ini mengalami penurunan profit, hingga saham meurun drastis. Nah saat naik atau turun, ia tidak tergoda untuk menjual saham tersebut. Bahkan ia masih mempertahankannya hingga saat ini.

Ia bukanlah spekulan saham. Spekulan saham ini membeli saham di waktu harga sedang turun dan menjualnya kembali disaat harga sedang naik. Ini adalah bisnis saham jangka pendek. Bahkan hal tersebut bisa disebut judi saham. Karena hari ini beli, nanti sore bisa kita jual kembali kedepannya. Ia tidak menyukai hal ini, ia lebih menyukai untuk memiliki saham dalam jangka panjang. Tidak mudah tertarik dengan pergerakan uang yang sedang terjadi di perusahaan.

3. Strategi yang sederhana

Ia tidak memiliki strategi yang begitu rumit dalam berinvestasi. Saat ia berinvestasi, ia mengikuti strategi dari Philip Fisher yang menekankan pada kriteria kualitatif dan benjamin graham yang menakankan pada hal kuantitatif. Ia menggabungkan kedua hal diatas untuk membuat strategi yang ampuh dan matang dalam berinvestasi.

4. Kemampuan saving money

Ia tidak suka menghambur hamburkan uang yang digunakan untuk berinvestasi. Ia suka menghemat uangnya daripada untuk hal hal yang tidak bermanfaat. Bahkan sebagai orang terkaya ke 3 di dunia, ia hanya memiliki 2 jet, 1 mobil mewah dan rumah sederhana.

5. Orang yang sederhana, ramah dan dermawan

Dia pernah berkata bahwa ia akan memberikan sebanyak 85% dari kekayaannya untuk disumbangkan melalui bill and melinda gates. Bahkan ia tak mewariskan harta untuk anaknya. Karena dia ingin anaknya bisa sukses dari usahanya sendiri. Sehingga ia tak suka untuk membelikan apapun yang membuat anaknya manja. Ia suka kesederhanaan. Bahwa ia lebih memilih untuk makan kentang goreng dan hamburger daripada harus makan makanan yang mahal, karena kata dia hal itu bisa berbagi kebahagiaan dan cinta bagi orang lain.

Demikianlah sedikit inspirasi yang bisa kita dapat dari ketiga miliarder muda ini. Semoga kita bisa meniru perilaku mereka dan mengikuti jejak kesuksesan mereka. Jika bermanfaat silakan share artikel ini. Terima kasih.


Loading...
Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close