Peluang usaha

Peluang Bisnis Bimbingan Belajar : Ini 6 Tips Paling Penting Saat akan Merintis Usaha

Saat ini peluang bisnis bimbingan belajar sudah banyak dilakoni oleh banyak orang sebagai cara untuk mendapatkan keuntungan. Peluang bisnis bimbingan belajar bisa dilakukan oleh siapa saja yang memiliki kecintaan terhadap dunia pendidikan.

Hal yang lebih menggembirakan lagi bisnis bimbingan belajar ini bisa dilakukan oleh mahasiswa yang baru saja menyelesaikan perkuliahannya. Dengan bekal pendidikan perguruan tinggi, apalagi ditambah dengan mengambil jurusan pendidikan, bukanlah hal sulit untuk menjalankan bisnis ini.

Menjadi wirausahawan dengan menjalankan bisnis jasa seperti bimbingan belajar sangat terbuka lebar bagi para alumni sarjana pendidikan. Mengembangkan usaha dengan melakukan keterampilan yang dimiliki merupakan hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan.

Ditambah lagi dengan fakta bahwa sebagian besar murid SD – SMA biasanya mengikuti bimbingan belajar untuk menunjang pendidikan mereka. Peluang bisnis bimbingan belajar menjadi hal yang bisa dilakukan bagi mereka yang jeli melihat peluang.

Memulai bisnis bimbingan belajar perlu memilki persiapan yang matang. Mulai dari niat yang sunguh-sungguh untuk menjalani usaha sampai kepada teknik pemasaran yang baik kepada calon pelanggan anda.

Merancang strategi sukses sangatlah penting yang bertujuan agar usaha yang kita jalankan tidak berhenti ditengah jalan. Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips untuk menjalankan bisnis bimbingan belajar bagi mereka yang tidak sabar ingin memulainya.

Bisnis Bimbingan Belajar

Apa Konsep Bimbingan Belajar yang Dibangun

Anda sebagai pengusaha harus tahu seperti apa konsep bimbingan belajar yang akan kembangkan. Pertama anda harus menentukan jenis siswa yang anda bidik dalam usaha yang anda jalankan. Membidik siswa SD, SMP, SMA atau ke semuanya anda jadikan pasar secara langsung. Dalam menentukan jenis siswa yang akan menjadi konsumen anda, ketahui terlebih dahulu kemampuan anda dan juga tenaga pengajar yang lainnya.

Dikarenakan anda masih seorang pemula dalam dunia mengajar, adalah lebih bijak jika anda membidik siswa SD terlebih dahulu sebagai langkah awal. Baru setelah lambat laun anda bisa mulai mengembangkan konsep ke depan dengan mangajar siswa SMP dan SMA.

Hal kedua yang berkaitan dengan konsep bimbingan belajar adalah anda harus menentukan jenis bimbingan belajar yang anda bangun. Tentukan jenis bimbingan belajar antara privat dan kelas. Dalam menentukan jenis bimbingan belajar, anda harus mempertimbangkan modal yang dimiliki dalam memulai usaha.

Jika anda memiliki jumlah modal yang besar, maka konsep kelas bisa anda terapkan didalam usaha bimbingan belajar. Dengan modal yang besar, anda bisa menyewa tempat yang strategis untuk memulai usaha bimbingan belajar.

Konsep Alternatif

Namun jika terkendala dalam hal modal jangan khawatir, anda masih bisa menjalankan usaha bimbingan belajar. Caranya adalah dengan menerapkan pola bimbingan belajar privat kepada para siswa. Dengan pola seperti ini, anda tidak membutuhkan tempat yang besar sebagai tempat usaha. Sistem mendatangi siswa ke rumah merupakan cara efisien dalam tahap awal usaha bisnis bimbingan belajar.

Kemudian konsep selanjutnya adalah tentang franchise atau mulai sendiri. Ada banyak sekali bimbingan belajar yang menawarkan sistem franchise yang bisa anda gunakan. Dengan franchise anda sebagai pelaku usaha tidak perlu memulai usaha dari nol, karena sistem yang dikembangkan telah mapan dan anda tinggal menjalankan saja.

Namun kekurangan menggunakan sistem franchise adalah kita sebagai pelaku usaha akan terikat dengan aturan yang diterapkan. Sehingga ide untuk melakukan inovasi dalam bisnis sulit diterapkan. Ditambah lagi dengan kenyataan bahwa biaya franchise bimbingan belajar sangatlah besar untuk memulainya.

Cari Rekan Bisnis dan Dukungan dari Banyak Pihak

Peluang bisnis bimbingan belajar akan terasa jauh lebih mudah dilakukan jika mendapatkan banyak bantuan didalamnya. Bekerjasama dengan banyak orang akan menjadikan usaha bimbingan belajar yang anda jalankan jaug lebih mudah dan ringan.

Ajaklah teman-teman yang memiliki mimpi yang sama dalam usaha yang dirintis. Mulailah bekerja sama membangun usaha bimbingan belajar yang kalian bangun. Anda bisa membagi tugas kepada masing-masing rekan untuk memudahkan usaha yang dijalankan. Sebagai contohnya anda bisa membagi tugas terkait pemasaran usaha, mencari tenaga pengajar yang akan menjadi tentor bimbingan, dan tugas yang lainnya.

Dengan adanya pembagian tugas dengan teman-teman yang mendukung, beban kerja anda mengembangkan usaha akan lebih ringan dilakukan.

Banyaknya jaringan juga akan menjadikan usaha anda lebih mudah dikenal oleh banyak orang. Anda bisa menawarkan jasa bimbingan belajar anda kepada saudara atau adik teman-teman anda. Selanjutnya mereka bisa mengajak teman sekolah untuk ikut masuk ke dalam bimbingan belajar anda.

Dengan cara ini, jaringan bisa sangat menguntungkan karena anda bisa menekan biaya pemasaran. Dana pemasaran itu pun bisa digunakan untuk hal yang lain dalam pengembangan usaha.

Kualitas Tentor Menentukan Kepuasan Murid Anda

Peluang bisnis bimbingan belajar merupakan bisnis yang menekankan kepada jasa yang anda berikan. Jasa yang anda berikan adalah ilmu dan pelayanan dalam mengajar anak murid anda. Jika anda tidak memperhatikan kualitas para tenaga pengajar yang anda rekrut, maka bisa dipastikan pelanggan anda akan berkurang dengan sendirinya.

Bagaimana mendapatkan tenaga pengajar yang berkualitas ?

Cara yang paling mudah untuk diterapkan adalah dengan merekrut orang yang telah anda kenal baik. Anda pasti telah mengetahui sifat orang yang telah lama anda kenal dan telah hafal cara mereka berkomunikasi. Manfaatkanlah hal ini dan rekrutlah orang yang bukan hanya memiliki hardskill tapi juga softskill untuk menghadapi para murid.

Jangan hanya berfokus mencari tenaga pengajar yang memiliki kompetensi namun tidak memiliki softskill yang baik dalam mengajar. Jika mereka memiliki sifat yang temperamen dan tidak sabar menghadapi anak-anak, mereka bukanlah tentor yang cocok untuk usaha yang anda kembangkan.

Anda bisa merekrut adik tingkat anda semasa kuliah dulu untuk menjadi tenaga pengajar di bimbingan belajar anda. Rekrutlah adik tingkat yang telah memasuki masa akhir studi, karena mereka pasti memiliki lebih banyak waktu untuk menjadi tentor.

Cari adik tingkat yang memang memiliki kompetensi untuk mengajar dan menyukai dunia pendidikan. Jangan hanya merekrut adik tingkat yang anda kenal baik namun tidak memiliki kemampuan sam sekali dalam bidang pengajaran.

Kekuatan Promosi Menentukan Keberlangsungan Usaha

Melakukan kegiatan promosi sangat penting agar usaha bimbingan belajar yang anda rintis dapat terus berkembang ke depan. Promosi bertujuan untuk lebih mengenalkan usaha anda kepada banyak calon pelanggan yang akhirnya dapat membantu berkembangnya bisnis.

Datanglah menemui pasar yang anda bidik untuk sekedar melakukan promosi usaha bimbingan belajar. Bagikan brosur usaha kepada murid-murid SD, SMP, SMA yang anda target. Bisa juga dengan datang kerumah warga yang memiliki anak untuk memperkenalkan usaha bimbingan belajar anda. Menyebarkan brosur harus dilakukan secara rutin dan berkala, jangan hanya sekali saja dan setelah itu selesai.

Agar brosur yang anda tawarkan menarik para siswa untuk membacanya, jangan hanya menekankan brosur pada tulisan saja. Buatlah desain brosur yang menarik dengan tambahan gambar-gambar agar para siswa tersebut mau membaca brosur yang dibagikan. Membuat brosur yang menarik merupakan cara efektif agar brosur tersebut tidak berakhir di dalam kotak sampah.

Promosi Itu Sangat Vital

Awal tahun pelajaran merupakan berkah bagi anda yang melihat peluang usaha bimbingan belajar. Akan ada banyak sekali para siswa yang mencari tempat bimbingan belajar untuk memperbaiki nilai mereka disekolah.

Jadikan momen ini untuk mendapatkan murid sebanyak-banyaknya, tambahkan diskon untuk menjadikan tawaran anda lebih menarik. Sebagai contohnya, memberikan diskon bagi mereka yang berprestasi disekolah dan mendapatkan peringkat dikelas merupakan cara yang cukup efektif mendapatkan pelanggan.

Cara yang tidak kalah efektif adalah dengan membuat iklan dimedia cetak. Media cetak pasti akan dilihat oleh kebanyakan orang tua para murid. Jika anda bisa memberi keyakinan lewat iklan, para orang tua tersebut pasti akan membawa anak mereka untuk mengikuti bimbingan belajar yang anda bangun.

Terakhir, jangan sepelekan kekuatan word of mouth dalam melakukan promosi usaha. Usaha yang memiliki kualitas yang baik pasti akan tersebar dari mulut ke mulut. Hal ini pasti akan sangat menguntungkan anda sebagai pelaku usaha karena tidak perlu repot-repot dengan masalah promosi.

Cara seperti ini juga sangat terbukti efektif menjaring pasar yang baru. Dikarenakan orang akan cenderung percaya kepada teman sendiri yang menyebarkan berita bagus tentang usaha anda, dibandingkan dengan tim marketing anda.

Melihat Peluang Bisnis Bimbingan Belajar Harus Jeli Memilih Lokasi

Jika sistem usaha bimbingan belajar yang anda rintis adalah bimbel kelas, maka kebutuhan akan lokasi harus anda pertimbangkan. Lokasi yang jauh dari tempat siswa bermukim akan menyulitkan mereka untuk mengakses bimbingan belajar anda. Apalagi siswa yang anda bidik adalah para siswa SD yang pasti belum bisa mengendarai motor dan naik kendaraan umum sendiri.

Anda harus mengetahui lokasi yang dekat dengan para siswa anda bermukim sebagai tempat usaha. Pastikan juga lokasi tersebut mudah dilihat oleh banyak orang agar usaha anda dapat lebih dikenal oleh masyarakat.

Sebagai pesaing baru dalam dunia bisnis bimbingan belajar, anda juga harus berada jauh dari pemain lama. Para pemain lama pasti lebih memiliki pasar dan lebih dikenal oleh banyak orang dibandingkan anda. Jika anda berada lokasi yang berdekatan dengan pemain lama, maka anda akan kesulitan untuk menjaring pasar untuk memilih bimbel anda.

Memilih lokasi yang dekat dengan pasar dan jauh dari pemain lama akan menjadi strategi yang ampuh menjaring usaha bimbingan belajar. Para pelajar tersebut pasti cenderung memilih bimbingan belajar anda sebagai tempat belajar diluar sekolah. Jadi pastikan dengan sungguh-sungguh dalam memilih lokasi usaha.

Biayanya Berapa ?

Ditahap awal memulai peluang bisnis bimbingan belajar, biaya yang terjangkau perlu anda tekankan kepada para siswa. Anda harus meyakinkan terlebih dahulu bahwa bimbingan anda memiliki kualitas yang baik. Cara agar para siswa tersebut mengetahui kualitas bimbingan belajar anda, apabila mereka telah mencoba bimbel tersebut. Agar mereka bisa mencoba, pastikan biaya yang anda tawarkan lebih rendah sebagai langkah promosi.

Jadikan biaya yang murah sebagai cara awal untuk menarik pasar masuk ke dalam usaha bimbel yang anda bangun. Jika pasar sudah masuk dan mereka sudah tahu kualitas dari bimbel anda, anda bisa meningkatkan biaya. Namun jangan langsung meningkatkan biaya menjadi sangat tinggi, lakukanlah sedikit demi sedikit.


Loading...
Baca selengkapnya

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Artikel terkait

One Comment

  1. semakin beragang usaha di dunia internet, dari hal yang tidak mungkin bisa jadi kenyataan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close