Peluang usaha

Peluang Usaha Parfum Refill : Tips dalam Menjalankan Usaha dan Keunggulan yang akan Didapatkan

Usaha parfum refill merupakan peluang usaha yang bisa anda bidik jika anda berminat untuk memulai sebuah usaha. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang mementingkan penampilan dan daya tarik pribadi menjadikan usaha parfum refill semakin diminati oleh banyak masyarakat.

Parfum saat ini telah menjadi gaya hidup yang tidak terpisahkan dari masyarakat di perkotaan. Penggunaan parfum sering kali mereka pakai saat akan melakukan aktivitas keseharian seperti pergi bekerja, sekolah, dan pergi keluar.

Potensi permintaan dari banyak masyarakat inilah yang bisa dimanfaatkan untuk memulai usaha parfum refill sebagi bisnis anda kedepan.

Jika anda berminat untuk memulai usaha parfum refill, berikut beberapa tips sukses yang bisa anda manfaatkan sebagai pedoman dalam berwirausaha.

Pilihlah Lokasi Usaha Parfum Refill di Tempat yang Strategis

Pilihlah tempat usaha yang berada diperkotaan karena permintaan terhadap parfum refill paling banyak disana. Hal ini dikarenakan gaya hidup masyarakat perkotaan yang lebih sering menggunakan parfum dalam kesehariaannya dibandingkan dengan masyarakat dipedesaan.

Setelah itu pilihlah lokasi usaha yang mudah dijangkau oleh pembeli atau pasar yang anda target. Kebanyakan permintaan parfum datang dari para pekerja kantoran dan mahasiswa, maka dari itu anda harus menemukan cara untuk bisa berada dilokasi yang mudah mereka akses.

Sebagai contohnya anda bisa membuka usaha parfum refill di pinggir jalan yang sering dilewati para pekerja kantoran sebelum berangkat kerja. Bisa juga anda membuka lokasi usaha yang berada dekat dengan kampus agar para mahasiswa disana mudah menjangkau lokasi usaha anda.

Dekorasi Ruangan Usaha

Lokasi Usaha Via Alibaba.com

Usaha parfum refill merupakan bisnis yang perlu memperhatikan dekorasi ruangan dan kebersihan tempat usaha. Hal ini diperlukan agar para pelanggan yang datang merasa nyaman untuk memilih jenis parfum yang akan mereka beli dan tidak risih dengan tempat usaha yang kotor.

Bayangkan saja jika tempat usaha parfum refill anda kotor dan tidak terawat, maka para pelanggan pasti tidak akan yakin dengan kualitas parfum yang anda tawarkan kepada mereka dan lebih memilih untuk membeli parfum ditempat lain.

Selanjutnya anda juga harus bisa memastikan lokasi usaha anda terbebas dari bau-bau yang tidak sedap. Bau sampah atau bau selokan merupakan beberapa contoh bau yang harus anda pertimbangkan untuk dijauhi.

Bau-bau yang tidak sedap pasti akan menghilangkan minat para pembeli untuk membeli parfum ditempat anda.

Cara yang bisa anda terapkan untuk mencegah bau tidak sedap masuk kedalam tempat usaha anda adalah dengan menggunakan pintu kaca yang rapat didepan tempat usaha anda. Tambahkan juga penyejuk ruangan didalam tempat usaha anda agar para pengunjung yang datang merasa nyaman didalam ruangan.

Lokasi Usaha Alternatif

Jika anda tidak bisa menentukan tempat yang cocok untuk memulai usaha parfum refill, anda bisa memakai tempat usaha alternatif. Cobalah untuk menyewa satu booth kecil didalam mall sebagai tempat usaha anda. Banyaknya pengunjung yang datang ditambah dengan daya beli pengunjung yang tinggi disana bisa menjadi alternatif tempat usaha yang menguntungkan bagi anda.

Didalam mall juga anda tidak perlu khawatir dengan adanya bau-bau tidak sedap yang mengganggu kenyamanan pelanggan. Sebab di dalam mall pasti memiliki petugas kebersihan yang akan menjaga kebersihan disana.

Pahami Prospek Usaha

Usaha parfum refill dapat dikatakan sebagai jenis usaha paling laris di pasaran yang memiliki potensi yang baik dimasa depan. Hal ini dikarenakan penggunaan parfum bukan ditetukan berdasarkan musim tertentu atau bulan-bulan tertentu. Masyarakat menggunakan parfum untuk menunjang hampir sebagian besar aktivitas mereka.

Jadi selama anda mampu menyediakan jenis parfum yang banyak diminati dipasaran, prospek usaha parfum refill yang dijalankan akan terus manggiurkan untuk dijalankan.

Bibit Parfum yang Berkualitas

usaha parfum refill

Faktor yang menentukan banyaknya pelanggan yang datang ke tempat usaha anda adalah kualitas parfum refill yang ditawarkan. Meskipun anda telah mendekorasi ruangan dengan semenarik mungkin ditambah dengan kebersihan ruangan usaha tapi jika kualitas parfum yang anda tawarkan buruk, pelanggan pasti tidak akan kembali lagi datang ketempat usaha anda.

Lalu bagaimana agar kualitas parfum yang ditawarkan disukai oleh banyak pelanggan anda ?

Pertama adalah kemampuan anda untuk menyediakan bibit parfum yang memiliki kualitas yang terbaik untuk para pelanggan. Caranya adalah dengan mencari dan bekerjasama dengan distributor bibit parfum yang telah terbuti memiliki kualitas. Jika anda telah menemukan distributor tersebut ajaklah bekerja sama untuk keberlangsungan usaha anda.

Kedua, anda harus mengetahui aroma parfum yang disukai oleh banyak pelanggan anda. Sehingga dengan mengetahui permintaan para pelanggan anda dapat dengan mudah menyediakan bibit parfum untuk mereka.

Usahakan anda memiliki aroma parfum yang maskulin dan juga feminim untuk menyediakan permintaan dari pelanggan pria dan juga wanita. Hal ini perlu anda lakukan karena yang datang untuk membeli parfum ditempat anda bukan Cuma salah satu jenis gender saja tapi juga keduanya.

Selanjutnya, pahami juga cara menyimpan bibit parfum agar kualitas wanginya tetap baik dan tidak berubah. Pelajari lebih lanjut teknik ini dengan aktif bertanya dengan orang yang telah lebih dahulu memulai usaha parfum refill. Jika anda tidak mengetahui teknik penyimpanan bibit parfum, maka ini akan mempengaruhi kualitas parfum yang dihasilkan.

Kualitas parfum yang kurang baik akan menjadikan para pelanggan tidak akan kembali lagi untuk membeli parfum ditempat anda.

Berikan Botol Parfum yang Beragam

Parfum Via okezone.com

Hal selanjutnya yang harus anda perhatikan dalam memulai usaha parfum refill adalah ketersediaan beraneka macam botol parfum pada tempat usaha anda. Ketersediaan berbagai macam botol parfum ini membuat para pelanggan anda akan lebih mudah menentukan berapa ukuran yang akan mereka beli dengan menyesuaikan dana yang dimiliki.

Idealnya anda harus menyediakan botol ukuran 3 ml- 12 ml untuk bibit parfum dan botol ukuran 15 ml – 100 ml untuk parfum yang disemprot.

Selain ukuran botol yang bervariasi, anda juga perlu menyediakan botol parfum yang unik dan berbeda dari penjual parfum yang lain. Hal ini untuk memberikan nilai tambah dari usaha yang anda jalankan dibandingkan dengan usaha lain yang serupa dengan anda.

Botol parfum yang unik tentu akan menjadikan para pelanggan lebih tertarik untuk membeli parfum ditempat anda. Tampilan yang lebih menarik menjadi faktor utama mengapa banyak dari pelanggan yang menyukai botol yang unik untuk tempat parfum mereka.

Teknik Mencampur Bibit Parfum

Hal selanjutnya yang harus anda perhatikan sebelum memulai usaha parfum refill adalah dengan memahami cara mencampur bibit parfum yang ideal agar memiliki aroma yang tahan lama saat digunakan.

Kemahiran anda mencampur bibit parfum akan menentukan kualitas parfum yang anda hasilkan untuk para pelanggan dan akhirnya akan menentukan kepuasan pelanggan yang datang ke tempat usaha anda.

Teknik dasarnya adalah semakin banyak bibit parfum yang anda gunakan maka wangi yang dihasilkan akan semakin tahan lama. Namun dengan mempertimbangkan laba dan rugi tidak mungkin parfum yang ditawarkan 100 % bibit parfum karena itu tentu akan mempengaruhi harga jualnya.

Mengatasi masalah ini adalah lebih baik anda memberikan campuran dengan perbandingan 1 : 1, yaitu 50% bibit parfum dan 50% sisanya cairan alkohol yang khusus untuk parfum. Jadi dengan cara seperti ini misalnya ada pelanggan anda yang membeli 90 ml minyak wangi dari anda, maka campuran ideal yang pas adalah 45 ml bibit parfum dan 45 ml alkohol.

Mulailah Menjajal Pembeli Online

Pasar online merupakan pasar yang patut anda coba untuk memperluas pasar dari usaha parfum yang akan dijalankan. Sehingga disaat anda mulai memasarkan parfum via online, pembeli akan berdatangan dari seluruh penjuru Indonesia bukan Cuma disekitar wilayah tempat tinggal anda saja.

Tidak perlu khawatir jika anda tidak memiliki kemampuan untuk membangun website tempat anda memasarkan produk parfum. Anda bisa menggunakan berbagai macam marketplace yang tersedia gratis sebagai tempat anda berjualan di dunia maya. Tokopedia dan Bukalapak merupakan beberapa contoh marketplace yang bisa anda coba untuk menawarkan produk parfum via online.

Kedua marketplace diatas telah memiliki pengunjung yang sangat banyak setiap harinya. Jadi, dengan demikian anda sebagai pelaku usaha sudah dimudahkan dengan hal ini karena tidak perlu lagi capek-capek memasarkan barang dagangan anda.

Namun, hal yang perlu anda perhatikan saat memasarkan via online adalah kemampuan anda mengolah tampilan foto dan deskripsi produk yang menarik. Tampilkanlah foto parfum yang dijual dengan menarik dan jernih untuk dilihat pelanggan. Tampilan foto yang menarik merupakan salah satu faktor para pelanggan membeli barang yang dijual via online.

Tambahkan pula deskripsi foto dan produk semenarik mungkin agar para pengunjung yang datang semakin tertarik dengan produk yang anda tawarkan. Berikan kelebihan produk yang anda tawarkan dan jaminan yang anda tawarkan kepada mereka.

Kaidah Berdagang Online

Namun dalam menjual produk parfum secara online anda harus mematuhi beberapa kaidah yang berlaku, tujuannya agar pelanggan tidak merasa tertipu dengan anda selaku penjual.

Pertama, anda tidak diperkenankan menggunakan foto yang diambil dari internet atau foto milik orang lain. Fotolah produk anda yang sebenarnya untuk dipasang dimarketplace yang menjadi tempat anda berjualan. Foto yang diambil dari internet tidak 100% sama dengan produk yang anda tawarkan walaupun memiliki kesamaan. Hal ini akan membuat para pelanggan anda kecewa jika tetap anda lakukan.

Kedua, anda tidak boleh mendeskripsikan produk secara berlebihan. Deskripsikanlah produk apa adanya dan ungkapkan fakta produk dan kelebihan yang sebenarnya dan bukan dibuat-buat. Deskripsi prosuk yang berlebihan tidak akan membuat para pelanggan lebih percaya dengan produk yang anda tawarkan, mereka pasti akan meragukan produk yang anda tawarkan.

Jadi, jika anda memilih untuk memasarkannya via online lewat marketplace jangan pernah lupakan aturannya agar usaha yang anda jalankan tidak membuat anda merugi.

Ini Keunggulan Usaha Parfum Refill

Usaha Parfum Via Alibaba.com

Jika anda masih ragu untuk memulai usaha parfum refill, maka anda harus simak beberapa keunggulan yang bisa anda dapatkan dari usaha parfum refill yang dijalankan.

Keunggulan yang pertama, usaha ini memiliki prospek keuntungan yang sangat menggiurkan bagi para pengusaha pemula. Dimana dari parfum yang kita jual ternyata keuntungan yang didapatkan bisa mencapai 50% dari biaya yang harus dikeluarkan.

Keunggulan selanjutnya adalah tersedianya banyak distributor bibit parfum yang bisa anda dapatkan untuk memulai usaha.

Jadi sebagai pelaku usaha anda tidak perlu takut akan kehabisan bahan baku untuk membuat parfum.

Keunggulan ketiga dari usaha parfum adalah bibit parfum yang memiliki daya tahan yang sangat lama jika kita tahu teknik penyimpanannya dengan benar. Bibit parfum mampu bertahan selama kurang lebih 2 tahun dan tidak akan kadaluarsa.

Keungulan yang terakhir yang akan kita dapatkan saat memulai usaha parfum refill adalah kemudahan untuk mempelajari teknik meramu parfum. Jika anda termasuk orang yang tekun, maka kurang dari satu bulan anda sudah mampu menghafal aroma parfum dan memiliki keterampilan meramu berbagai jenis parfum untuk dijual kepada pelanggan.

Apa Kendala Menjalankan Usaha ?

Setiap usaha pasti memiliki kendala dalam menjalankannya begitu juga dengan usaha parfum refill yang akan anda jalankan. Dengan memahami kendala yang mungkin muncul dan terjadi anda bisa menentukan langkah untuk mengantisipasinya sehingga kendala tersebut dapat teratasi.

Kendala yang pertama, anda harus benar-benar memahami teknik penyimpanan parfum yang baik dan benar. Hal ini untuk mencegah parfum yang anda jual mengalami perubahan warna dan bau dikemudian hari. Jika ini terjadi kualitas parfum yang anda hasilkan akan menurun dan usaha anda tidak akan diminati oleh para pelanggan.

Kendala yang kedua adalah jika lokasi usaha anda mendirikan usaha adalah jauh dari kota. Jika ini yang terjadi anda akan kesulitan untuk membeli larutan etanol yang berfungsi untuk melarutkan parfum yang akan anda jual. Pastikan anda mengetahui toko kimia terdekat yang menjual cairan etanol untuk usaha anda.

Layani Pelanggan Anda

Usaha Parfum refill memang merupakan usaha yang menawarkan produk kepada pelanggan. Namun, hal ini bukan berarti meniadakan kualitas pelayanan yang anda berkan kepada para pelanggan yang datang ke tempat usaha.

Berikan pelayanan dengan ramah dan tersenyum agar mereka senang untuk datang kembali ke tempat usaha anda. Layani pertanyaan jika mereka mulai bertanya tentang kelebihan dan kekurangan pafum yang anda tawarkan.

Buatlah ruangan usaha anda senyaman mungkin dan bersih, pastikan juga tidak ada aroma yang kurang sedap didekat tempat usaha anda agar pengunjung nyaman saat mencari parfum.

Sediakan pula beberapa gelas yang berisikan biji kopi didalam tempat usaha anda. Gelas yang berisikan biji kopi ini perlu untuk menetralkan indera penciuman para pelanggan disaat mencoba berbagai jenis aroma parfum yang anda tawarkan.

Izinkan mereka untuk menghirup biji kopi tersebut sebelum mereka mencoba aroma parfum yang lain.

Pelayanan yang baik dengan mengetahui apa yang diinginkan pelanggan dan apa yang tidak mereka sukai akan menjadikan usaha yang anda jalankan dapat memiliki nilai positif.

Para pelanggan yang betah dengan pelayanan anda pasti akan kemabali lagi untuk datang membeli parfum ditempat anda. Jadi, jangan pernah menyepelekan pelayanan pelanggan saat memulai usaha parfum refill.


Loading...
Baca selengkapnya

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close