Peluang usaha

Peluang Usaha Kursus Mengemudi : Simak Tips Menjalankan dan Strategi Pemasarannya

Peluang usaha kursus mengemudi saat ini semakin terbuka lebar untuk dijalalankan. Hal ini mengingat semakin banyaknya masyarakat yang membeli mobil baik secara tunai ataupun kredit. Bukan Cuma itu saja kemudahan kredit untuk mendapatkan sebuah mobil juga menjadi salah satu faktor semakin banyaknya masyarakat yang bisa memiliki mobil saat ini.

Namun, kemampuan masyarakat untuk membeli sebuah mobil sering kali tidak diimbangi dengan kemampuan mereka untuk mengendarai mobil. Kesempatan inilah yang menjadikan peluang usaha kursus mengemudi masih terbuka lebar untuk memberikan keuntungan bagi pelakunya.

Usaha Kursus Mengemudi

Namun, sebelum anda membuka usaha kursus mengemudi ada baiknya mempersiapkan segala keperluan bisnis dengan baik agar usaha yang dijalankan tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Berikut ini beberapa tips dalam menjalankan usaha kursus mengemudi dan strategi pemasaran yang bisa anda terapkan.

Anda Membutuhkan Mobil

Hal yang utama harus anda miliki saat berniat menjalankan usaha kursus mengemudi mobil adalah dengan mempersiapkan mobil yang akan anda gunakan untuk mengajarkan para peserta didik nantinya.

Jika anda tidak memiliki mobil maka akan sangat sulit sekali bagi anda untuk menjalankan usaha kursus mengemudi mobil. Sulit bukan berarti tidak bisa, Cuma disaat anda tidak memiliki modal sebuah mobil maka anda harus mencari alternatif solusi agar usaha tersebut dapat berjalan.

Sebagai contohya anda bisa mengajak teman anda untuk bekerja sama dalam menjalankan usaha kursus mengemudi mobil.  Jadi saat sistem ini dijalankan anda harus berbagi keuntungan usaha dengan teman yang memiliki mobil tersebut.

Atau bisa juga dengan bekerja sama dengan para pemilik rental mobil yang anda kenal akrab dan bisa diajak untuk bekerja sama menjalankan usaha kursus mengemudi mobil. Sistemnya tetap sama dengan bekerja sama dengan teman, anda masih harus berbagai keuntungan dengan mereka.

Namun hal tersebut tidak akan terjadi jika anda memiliki mobil sendiri untuk dijadikan modal melakukan usaha kursus mengemudi mobil. Semua keuntungan yang anda dapatkan akan masuk semua kedalam kantong anda dan tidak perlu membagi keuntungan dengan pihak manapun.

Jadi, pilihlah berbagai pilihan diatas dengan bijak dan mempertimbangkan berbagai konsekuensi serta manfaatnya masing-masing.

Usaha Kursus Mengemudi

Bagaimana Jika Ingin Membeli Sendiri Mobil ?

Jika anda ingin menggunakan mobil sendiri dan saat ini belum memiliki mobil untuk menjalankan usaha kursus mengemudi mobil tidak perlu khawatir. Anda bisa membeli mobil bekas yang masih memiliki kondisi yang baik dan layak digunakan untuk memulai usaha ini. Dengan harga yang lebih rendah dibandingkan harga mobil yang baru anda bisa menekan modal awal untuk pengadaan mobil usaha.

Sistem pembayarannya pun tidak perlu anda lakukan secara tunai, pilihlah metode pembayaran kredit yang bisa diangsur perlahan-lahan. Jadi anda hanya perlu menyiapkan dana untuk DP mobil dan sisa pembayarannya bisa diangsur menggunakan laba yang diperoleh dari usaha kursus mengemudi mobil.

Dalam pengadaan mobil yang akan digunakan untuk menjalankan usaha anda juga harus memiliki mobil yang paling banyak digunakan masyarakat saat ini. Hal ini perlu anda lakukan agar para peserta didik dapat benar-benar merasa kondisi yang sama saat mereka mengemudikan mobil miliki mereka nantinya.

Satu lagi anda memerlukan dua tipe mobil dalam menjalankan usaha kursus mengemudi mobil yaitu mobil yang memiliki kendali manual dan satu lagi mobil yang memiliki kendali otomatis.

Periksa Kendaraan Anda

Selanjutnya hal yang perlu anda perhatikan saat membeli mobil untuk usaha adalah faktor keselamatan anda dan juga peserta didik dari kursus mengemudi anda. Jangan sampai hanya untuk menekan harga anda merelakan faktor keselamatan anda dan peserta didik.

Periksa dengan seksama setiap komponen mobil yang anda beli. Pastikan semua komponen keselamatan seperti rem tangan, sabuk pengaman, dan kendali stir aman dan tidak memiliki masalah apapun.

Usaha Kursus Mengemudi

Periksa juga lampu sen dan lampu peringatan berhenti telah berfungsi dengan sangat baik agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan saat membawa peserta didik ke jalan raya.

Tambahan selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk membuat peserta didik merasa aman dan nyaman saat belajar mengemudi adalah dengan melakukan modifikasi terhadap mobil yang anda miliki. Caranya adalah dengan menambahkan pedal rem dan kopling pada posisi instruksur mengemudi.

Hal ini dimaksudkan saat terjadi hal-hal yang berbahaya anda bisa segara melakukan tindakan dengan segera, sehingga anda dan peserta didik tidak celaka saat belajar mengemudi.

Mobil yang Dimiliki Harus Diasuransikan

Persiapan selanjutnya dalam menjalankan peluang usaha kursus mengemudi adalah dengan melakukan tindakan pencegahan atau sedia payung sebelum hujan.

Resiko kecelakaan pasti ada saat anda menjalankan usaha kursus mengemudi mobil, jadi untuk mengatasi masalah ini anda bisa mengalihkan resiko kepada pihak asuransi.

Ikutlah asuransi agar jika terjadi kecelakaan saat mengajarkan peserta didik, mobil anda bisa ditanggung biaya perbaikannya oleh pihaka asuransi tersebut.

Melakukan hal ini tentu berdampak positif bagi keberlangsungan usaha anda. Dimana anda selaku pelaku usaha tidak perlu takut akan merugi akibat kecelakaan yang terjadi pada usaha kursus mengemudi yang anda rintis.

Namun adalah lebih baik lagi jika anda mengcover diri sendiri dan juga peserta didik yang menjadi siswa di kursus mengemudi dengan asuransi tambahan. Disaat anda melakukan hal ini kepercayaan peserta didik dengan usaha anda pasti menjadi lebih meningkat dan mereka juga tidak akan takut mengeluarkan biaya pengobatan disaat terjadi kemungkinan kecelakaan menimpa mereka.

Temukan Guru Mengemudi yang Akan Membantu Anda

Disaat usaha kursus mengemudi yang anda dirikan masih dalam tahap merintis mungkin melakukan tugas menjadi guru mengemudi bisa anda lakukan. Tapi hal tersebut tidak berlaku lagi jika usaha yang anda dirikan telah memiliki jumlah peserta didik yang banyak. Sehingga mau tidak mau anda harus mencari bantuan yang akan membantu anda menjalankan usaha kursus mengemudi mobil ini.

Temukan guru mengemudi yang mahir mengendarai jenis mobil manual dan matic agar mereka mampu mengajarkannya kepada para peserta didik anda nantinya.

Pastikan guru mengemudi yang anda rekrut merupakan orang yang memiliki karakter yang sabar dan telaten. Hal ini akan sangat berguna untuk menghadapi para peserta didik yang memiliki aneka macam karakter. Jika guru mengemudi yang anda rekrut tidak memiliki sikap sabar tentu akan sangat sulit sekali bagi mereka menghadapi para peserta didik nantinya.

Akhirnya hasil pengajaran yang mereka berikan untuk peserta didik menjadi tidak optimal dan usaha kursus mengemudi yang anda jalankan tidak mendapatkan kepercayaan lagi dari para peserta didik.

Tenaga Kerja yang Lainnya

Disaat usaha yang didirikan semakin berkembang, anda pasti membutuhkan tambahan tenaga kerja selain guru mengemudi. Pertama anda kan membutuhkan staff frontliner yang akan melayani pelanggan disaat awal mereka mendaftar menjadi kursus mengemudi di tempat anda. Kedua anda juga akan membutuhkan tenaga kerja yang akan menangani kerusakan dan memperbaiki mobil saat terjadi masalah.

Jadi mulai sekarang pertimbangkanlah tenaga kerja tersebut untuk mendukung anda menyukseskan usaha yang akan didirikan

Lokasi Usaha yang Strategis

Lokasi usaha yang strategis akan memberikan keuntungan tersendiri bagi anda yang akan menjalankan peluang usaha kursus mengemudi mobil. Mendapatkan lokasi yang strategis tentu akan berdampak pada kesuksesan usaha yang anda jalankan nantinya. Lalu seperti apa lokasi strategis yang perlu anda pertimbangkan dalam memilih lokasi usaha kursus mengemudi mobil.

Pertama carilah lokasi yang akan memudahkan anda untuk melakukan promosi usaha yang sedang dijalankan. Lokasi yang dekat dengan jalan raya merupakan lokasi yang cocok bagi anda karena jalan raya banyak sekali orang yang berlalu lalang dan akan memudahkan anda untuk melakukan promosi usaha kursus mengemudi mobil.

Semakin seringnya masyarakat melihat usaha yang anda jalankan akan semakin besar pula kemungkinan usaha anda dilirik oleh calon peserta didik yang tertarik untuk belajar mengemudi.

Kedua carilah lokasi yang dekat dengan akses tempat anda mengajarkan mengemudi kepada para peserta didik.

Hal ini sangat diperlukan disaat anda baru pertama kali mengajarkan peserta didik yang belum pernah sama sekali memegang stir mobil.

Dengan semakin dekat usaha anda dengan jalan yang lengang dari pengendara akan semakin irit pula biaya bensin yang harus anda keluarkan untuk menuju lokasi latihan berkendara.

Kemampuan anda menekan biaya pengeluaran ini tentu akan menjadi daya kompetitif pada usaha anda. Sehingga anda mampu untuk menawarkan jasa kursus mengemudi dengan tarif yang lebih ringan dibandingkan dengan pesaing anda yang lain.

Teknik Pengajaran yang Baik

Peluang usaha kursus mengemudi merupakan usaha yang berada dalam lingkup jasa. Usaha dalam lingkup jasa harus benar-benar memperhatikan kepuasan pelanggan saat menggunakan jasa yang anda tawarkan.

Kepuasan pelanggan pada usaha kursus mengemudi terletak pada kemudahan mereka memahami materi yang anda ajarkan kepada mereka. Teknik pengajaran yang baik akan menjadi nilai tambah usaha dimata peserta didik yang mengikuti kursus yang anda jalankan.

Lakukan pengajaran dengan terlebih dahulu mengenalkan sistem kemudi kepada para peserta didik. Jelasakan kepada mereka dengan penjelsan yang singkat dan tidak bertele-tele. Hal ini diperlukan agar peserta didik anda tidak pusing dengan banyaknya teori yang anda ajarkan kepada mereka.

Apabila sistem kemudi telah dipahami peserta didik, selanjutnya mulailah untuk mengajarkan cara memindahkan perseneling kepada mereka. Bagi orang yang baru belajar tahapan ini merupakan tahap yang cukup memakan waktu untuk dipelajari. Jadi anda harus benar-benar sabar dan tidak terburu-buru saat mengajarkan peserta didik di tahap ini.

Teknik Lanjutan

Jika mereka sudah paham dan mampu memindahkan perseneling dengan baik barulah anda bisa mengajak mereka mengemudi dijalanan yang lengang untuk tempat latihan. Biasakan mereka untuk berada dijalan raya dengan melatih mereka masuk ke jalan yang memiliki banyak pengendara. Namun anda tetap harus mengawasi mereka agar jangan sampai keselamatan pengemudi lain terancam.

Jika tahap tersebut sudah dilalui peserta didik dengan baik sebenarnya mereka sudah mampu berkendara tapi belum maksimal.

Dikatakan masih belum maksimal karena mereka masih perlu anda ajarkan tentang berbagai macam teknik. Dimulai dari teknik parkir, bagaimana parkir paralel dan bagaimana jika mundur saat parkir. Bagaimana mengemudikan mobil dijalanan yang menanjak dan cara berhenti ditanjakan saat mengemudi. Selanjutnya bagaimana jika kondisi jalanan yang macet, apa yang harus dilakukan oleh peserta didik.

Jadi anda harus memberikan mereka pendalaman materi dalam mengemudi dijalanan. Hal ini bertujuan  agar disaat mereka telah selesai menjalani kursus di tempat anda, mereka telah benar-benar siap mengemudikan kendaraan yang dimiliki.

Biaya Kursus yang Kompetitif

Biaya kursus merupakan hal yang harus anda pertimbangkan saat menjalankan peluang usaha kursus mengemudi mobil. Biaya ini sangatlah vital mengingat inilah salah satu hal yang akan dipertimbangkan para peserta didik sebelum mereka menggunakan jasa yang kalian tawarkan.

Biaya kursus mengemudi mempertimbangkan beberapa faktor sebelum menentukannya. Faktor yang pertama adalah jenis mobil yang akan digunakan untuk melakukan kursus mengemudi. Faktor selanjutnya adalah faktor transmisi manual ataukah matic yang akan digunakan para peserta didik untuk mengikuti kursus.

Selain faktor diatas anda juga bisa melakukan survei terhadap beberapa pesaing tentang bagaimana cara mereka menentukan harga kursus. Langkah awal anda bisa memberikan harga promosi yang lebih murah dibandingkan para pesaing. Hal ini bertujuan untuk menarik minat peserta didik menggunakan jasa yang anda tawarkan.

Biaya kursus mengemudi juga bisa anda jadikan paket-paket agar lebih menarik minat peserta didik menggunakan jasa anda.

Pastikan disaat anda memberikan harga anda mendapatkan keuntungan yang cukup untuk menjalankan usaha. Jangan sampai hanya karena untuk menarik minat pelanggan anda menentukan harga dibawah biaya yang anda keluarkan. Tentu hal ini tidak baik dalam menjalankan sebuah usaha.

Teknik Pemasaran yang bisa Diterapkan Dalam Usaha Kursus Mengemudi

Ada banyak sekali teknik pemasaran yang bisa anda terapkan agar bisnis yang anda jalankan dapat menarik minat caon peserta didik nantinya.

Teknik pemasaran yang pertama adalah dengan melakukan pemasaran ke media massa tempat anda menjalankan usaha. Anda bisa menggunakan iklan baris yang ada pada harian lokal sebagai tempat anda melakukan promosi usaha.

Namun, jika anda ingin mendapatkan kepercayaan yang lebih tinggi dimata pelanggan anda bisa memasang iklan dikoran dalam bentuk gambar berwarna. Cara seperti ini tentu akan lebih meningkatkan kredibelitas perusahaan dimata pelanggan. Ditambah lagi anda bisa menjelaskan keunggulan kursus mengemudi dengan lebih baik dibandingan dengan menggunakan iklan baris.

Teknik pemasaran selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan memasang logo dan gambar perusahaan di mobil yang anda gunakan untuk mengajarkan peserta didik. Cara seperti ini sangat banyak digunakan oleh pelaku usaha kursus mengemudi karena memang terbukti lebih efisien dan tidak terlalu memakan banyak biaya yang harus dikeluarkan.

Namun meskipun tidak memakan banyak biaya cara seperti ini terbukti mampu menjadikan banyak masyarakat lebih mengenal usaha yang anda jalankan. Selanjutnya akan berpotensi datangnya pelanggan lain yang menggunkan jasa anda.

Pemasaran Itu Penting

Teknik Pemasaran ketiga yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Caranya adalah dengan menemukan pelanggan di pameran kendaraan yang diadakan didekat tempat usaha anda.

Banyak para pengunjung yang datang ke pameran kendaraan berpotensi untuk membeli mobil baru untuk keluarga mereka. Mereka inilah yang bisa anda jadikan target pasar dari jasa yang anda tawarkan.

Cobalah untuk membuat brosur yang paing menarik yang menjelaskan keunggulan usaha yang anda tawarkan. Lalu mulailah membagikan brosur tersebut kepada para masyarakat yang datang ke pameran tersebut.

Cara seperti ini cukup efektif apalagi jika anda memiliki komunikasi yang persuasif dalam mengenalkan usaha yang dijalankan.


Loading...
Baca selengkapnya

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close