Peluang usaha

Peluang Bisnis Waralaba : Sukses Mengelola Usaha Meskipun Bekerja Sebagai Karyawan

Peluang bisnis waralaba bisa anda coba jika ingin terjun ke dunia bisnis namun tetap bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan. Cara seperti ini bisa anda lakukan sebagai bentuk pembelajaran sebelum anda benar-benar meninggalkan perusahaan tempat bekerja.

Sistem yang telah tersusun dan manajemen yang baik menjadikan peluang bisnis waralaba banyak dilirik oleh pelaku usaha pemula. Keuntungan dan tambahan pendapatan biasanya menjadi alasan utama mereka terjun ke dunia bisnis waralaba. Namun, sebelum mengenal lebih jauh tentang bisnis waralaba ada baiknya kita mengenal dengan singkat apa itu bisnis waralaba.

Apa Itu Waralaba ?

peluang bisnis waralaba

Agar memudahkan, pengertian waralaba secara simpel adalah kita sebagai pembeli waralaba berhak untuk menjual suatu produk atau jasa dan menggunakan merek dagang serta prosedur bisnis yang sama dengan pihak yang menawarkan waralaba.

Sebagai contohnya, saat kita sudah membeli hak waralaba dari pihak Mc donalds, berarti kita memiliki hak untuk menjual dan menjalankan bisnis Mc Donalds. Kita berhak untuk  menggunakan prosedur penjualan, resep yang mereka gunakan, warna khas dari Mc Donalds, dan juga yang lainnya.

Sehingga dengan sistem ini, kita bisa memiliki peluang bisnis waralaba dengan perusahaan terkenal dan juga besar tanpa harus bersusah payah membangunnya dari awal.

Apa yang Perlu Kita Siapkan ?

Mengetahui Apa yang Disukai

Hal yang pertama kali perlu untuk kita persiapkan dalam memulai bisnis waralaba adalah mengetahui apa yang kita suka. Dengan mengetahui apa yang kita sukai menjadikan bisnis yang dijalankan terus berjalan dan tidak berhenti ditengah jalan.

Hal ini dikarenakan bisnis yang kita sukai akan senantiasa dijalankan meskipun kita menghadapi masalah ditengah-tengah jalan. Tanpa itu kemungkinan bisnis waralaba berhenti ditengah jalan akan sangat besar, apalagi ditambah dengan faktor bahwa kita tidak berpengalaman dalam dunia bisnis.

Baca : Mau Usaha Tanpa Modal ? 4 Hal Berikut Bisa Kamu Terapkan

Disaat kita menemukan bisnis yang kita sukai, perasaan nikmat untuk menjalankan bisnis tersebut pasti akan muncul. Menikmati aktivitas bisnis yang dijalankan membuat ide-ide kreatif akan terus bermunculan untuk mengembangkan bisnis. Setiap proses usaha waralaba yang dijalankan dengan senang hati akan menghasilkan sebuah keuntungan yang memuaskan.

peluang bisnis waralaba

Jika anda suka kegiatan masak-memasak, pilihlah peluang usaha waralaba di bidang kuliner. Banyak usaha waralaba makanan dan minuman yang bisa anda pilih dan kembangkan sebagai alternatif pendapatan.

Jika anda memiliki jiwa pendidik yang besar dan ingin berkontribusi dalam mengembangkan pendidikan, pilihlah waralaba bimbingan belajar. Waralaba bimbingan belajar pasti sangat benyak diminati oleh para siswa untuk meningkatkan prestasi belajar mereka.

Jadi pilihlah peluang usaha waralaba yang anda suka untuk menjalankannya. Jika sudah memilih kita lanjut ke tahapan selanjutnya.

Modal Harus Disiapkan

Walaupun modal bukanlah faktor yang utama, namun modal perlu untuk kita persiapkan sebelum memulai usaha waralaba. Ingat, usaha waralaba kita gunakan sebagai batu loncatan sebelum benar-benar terjun kedunia bisnis. Mengingat dunia bisnis penuh resiko, jadi kita harus pandai-pandai mengelolanya. Tipsnya, jangan langsung mengeluarkan modal untuk membeli waralaba yang mahal biayanya. Jika hal ini dilakukan, mengingat belum adanya pengalaman yang baik dalam bisnis, resiko kegagalan dan kerugian besar bisa menimpa anda.

Pilihlah usaha waralaba yang dibutuhkan disekitar anda dengan biaya yang relatif terjangkau. Sebagai contohnya, dengan modal uang 10 juta rupiah anda sudah bisa membuka usaha waralaba makanan atau minuman dengan menggunakan booth kecil. Dengan uang sebesar itu anda sudah mendapatkan perlengkapan dan peralatan untuk memulai usaha serta bahan baku untuk memulai usaha.

Ingat hal ini, besar kecilnya modal bukanlah hal yang mempengaruhi sukses tidaknya bisnis waralaba yang dijalankan. Hal yang lebih menentukan adalah ide kreatif dan inovasi dalam menjalankan usaha. Jadi, jangan pernah takut untuk memulai usaha walaupun anda memiliki sedikit modal saat memulai.

Tentukan Dimana Anda Akan Berbisnis

Peluang bisnis waralaba yang anda pilih harus menyesuaikan dengan target pasar yang anda bidik dan jenis usaha yang dijalankan. Jika anda memilih untuk membuka usaha waralaba bimbingan belajar, maka lokasi yang dekat dengan pemukiman warga dan mudah untuk diakses haris anda pertimbangkan. Jika waralaba yang dipilih adalah usaha laundry, maka lokasi yang bisa dipilih adalah tempat yang dekat dengan kost para mahasiswa.

Jadi pilihlah lokasi usaha dengan mempertimbangkan pasar yang dibidik dan jenis usaha yang akan dijalankan. Jangan hanya berpatokan bahwa lokasi usaha harus ramai atau dilalui banyak orang. Banyak contoh usaha yang gagal walaupun lokasi usaha berada ditengah-tengah keramaian. Hal tersebut terjadi karena mereka tidak mempertimbangkan pasar dan jenis usaha yang dijalankan.

Tips dalam mendapatkan tempat usaha waralaba adalah mulai dengan menyewa tempat, jangan terburu-buru untuk membeli tempat usaha. Selain mempertimbangkan mahalnya harga beli, anda juga harus mempertimbangkan prospek usaha tersebut dimasa depan. Jika sudah yakin bahwa lokasi tersebut baik dimasa depan ditambah dengan modal yang cukup, maka mulailah untuk membeli tempat usaha.

Pelajari Bisnisnya, Jangan Tidak Diawasi

peluang bisnis waralaba

Walaupun peluang bisnis waralaba ini digunakan untuk menambah penghasilan dan pengetahuan awal dalam berbisnis. Tidak menjadikan anda lepas tangan dan hanya mengandalkan seorang pegawai untuk menjalankan usaha anda. Sebagai pemilik usaha waralaba anda juga harus aktif mempelajari bisnis yang sedang digeluti.

Pelajari sistem waralaba yang sedang anda jalankan, bagaimana ketentuan tentang bahan baku, fee royalty, dan laporan keuangan. Pelajari juga cara membuat makanan atau minuman yang anda jual, jika anda memilih waralaba makanan dan minuman.

Pahami cara melayani pelanggan dengan baik dan berkomunikasilah dengan mereka agar memahami apa yang diinginkan para pelanggan dari anda.

Awasi setiap saat usaha yang anda jalani dan lihat bagaimana situasinya setiap hari. Luangkan waktu saat istirahat kerja atau pulang dari pekerjaan untuk melihat bisnis waralaba yang anda jalankan.

Bersikap proaktif dengan menjalin komunikasi dengan pihak yang menjual waralaba. Berdiskusi dengan mereka bagaimana cara memasarkan produk, melayani pelanggan, dan hal-hal prosedur yang lain. Pemilik waralaba yang baik akan dengan senang hati membantu kesuksesan bisnis yang anda jalankan.

Memahami bisnis yang anda jalani menjadikan anda paham untuk melakukan evaluasi terhadap bisnis ke depannya. Jika anda buta dan tidak tahu sama sekali dengan bisnis yang sedang dijalankan, kemajuan dari bisnis yang djalankan akan sangat sulit untuk tercapai.

Peluang Bisnis Waralaba Memiliki Banyak Keuntungan

peluang bisnis waralaba

Peluang bisnis waralaba memang menawarkan banyak sekali keuntungan yang kita dapatkan. Keuntungan pertama yang akan kita dapatkan adalah kita tidak perlu memulai dari awal. Bisnis waralaba adalah bisnis yang telah dijalankan terlebih dahulu oleh pemilik waralaba. Sehingga manajemen bisnis telah terbangun dengan baik dan sudah diimplementasikan dalam usaha mereka.

Pemasaran juga telah dibangun dan dijalankan oleh pemilik waralaba, sehingga kita sebagai pembeli waralaba hanya perlu meneruskan sistem yang telah mereka bangun.

Kedua, kita sebagai pembeli waralaba akan mendapatkan dukungan yang baik saat menjalankan usaha waralaba. Sebagai contohnya saat menjalankan waralaba makanan dan minuman, bahan baku dan resep selalu disediakan oleh pemilik waralaba. Jadi, kita tidak perlu bersusah payah untuk mencari pemasok bahan baku untuk memulai usaha waralaba.

Pihak pemilik waralaba juga pasti memberikan pelatihan kepada para pembeli waralaba mereka. Sehingga walaupun kita tidak memiliki pengalaman dalam berwirausaha, pelatihan dapat membantu anda menjadi pengusaha pemula.

Keuntungan selanjutnya yang didapatkan saat anda menjalankan usaha waralaba adalah bisnis waralaba biasanya sudah dikenal oleh masyarakat. Faktor inilah yang menjadikan waralaba merupakan bisnis yang menguntungkan. Dengan dikenalnya usaha oleh banyak orang membuat kita tidak perlu repot-repot untuk mengeluarkan biaya besar untuk memasarkan produk yang ditawarkan.

Namun, hal yang perlu diingat adalah walaupun usaha waralaba menawarkan keuntungan yang lebih baik dibandingkan memulai usaha dari awal. Sebagai pengusaha pemula kita harus jeli melihat peluang dan merealisasikannya. Jangan asal membeli waralaba tanpa mengetahui kekurangan bisnis ini.

Kekurangan Waralaba

Dalam melihat peluang bisnis waralaba harus mempertimbangkan juga kekurangan dalam menjalankan bisnis ini. Dalam usaha waralaba kita tidak memiliki kendali penuh dalam menjalankan usaha. Kita sebagai pembeli waralaba terikat unutk mengikuti sistem yang telah dijalankan oleh pemilik waralaba.

Ide-ide untuk berinovasi biasanya terbatas dengan sistem ini, sehingga menjadikan pembeli waralaba tidak bisa leluasa berkresi dengan bisnisnya.

Kekurangan kedua yang harus anda pertimbangkan dalam memulai usaha waralaba adalah adanya biaya dan pemotongan dari pemilik waralaba. Pemilik waralaba biasanya meminta royalty yang harus dibayarkan oleh pembeli waralaba dan juga ada bagian keuntungan yang harus dipotong. Dengan sistem ini, keuntungan yang kita miliki tidak sepenuhnya diperoleh dan dapat kita nikmati.

Ketiga, kekurangan waralaba khususnya waralaba makanan dan minuman adalah adanya batasan untuk memilih pemasok. Pemasok bahan baku biasanya sudah berasal dari pemilik waralaba, sehingga kita tidak bisa mendapatkan pemasok dengan harga yang lebih murah lagi. Hal ini dilakukan oleh pemilik waralaba untuk memastikan kualitas makanan dan minuman yang dihasilkan tidak berubah dan tetap memuaskan pelanggan.

Tips Sukses Dalam Menjalankan Usaha Waralaba Anda

Pemasaran Harus Terus Berlanjut

Walaupun usaha waralaba yang anda beli telah dikenal oleh banyak orang tidak menjadikan anda berhenti memasarkan usaha waralaba. Teruslah memasarkan usaha anda kapanpun dan dimanapun. Sebarkan brosur pemasaran ke tempat-tempat keramaian seperti saat acara car free day ataupun festival yang banyak dikunjungi oleh banyak orang. Kenalkan usaha waralaba yang anda jalani kebanyak orang agar keuntungan dapat terus meningkat di masa depan.

Uang Bukanlah Segalanya

Membeli waralaba hanya untuk mendapatkan uang semata akan menjadikan anda menjalankan usaha dengan setengah-setengah. Hal ini dapat terjadi karena saat usaha tersebut tidak menghasilkan uang seperti yang anda harapakan, anda akan kehilangan gairah untuk menjalankan usaha. Ingatlah, bahwa setiap usaha membutuhkan proses yang tidak instan, butuh perjuangan apapun usaha yang anda jalankan.

Fokus dan Bersemangatlah !

Banyak pengusaha pemula yang gagal dalam menjalani bisnis karena tidak memilki fokus. Saat usaha mereka tidak membuahkan hasil mereka mencoba usaha yang lain, terus berubah usaha dan berganti-ganti. Sikap tidak fokus dalam menjalankan usaha menjadikan anda tidak bisa mencapai hasil yag maksimal dalam hal apapun.

Jalankan usaha dan nikmati prosesnya, jangan berharap mendapatkan hasil secara instan. Terus bersemangat dan mengupayakan hasil yang maksimal. Dengan ini dapat dipastikan usaha yang anda jalani dapat membuahkan hasil dengan optimal.


Loading...
Baca selengkapnya

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close